cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journalmelior@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Published by Actual Insight
ISSN : 27765180     EISSN : 27755924     DOI : https://doi.org/10.56393/melior.v3i2.147
Core Subject : Education,
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia memfokuskan untuk menerima riset-risetnya di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini didirikan dengan dasar bahwa para peneliti memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih baik dari situasi yang sebelumnya, terutama dalam hal: kebijakan, desain pendidikan, sumber daya guru, sampai ke praktik-praktik pembelajaran di dalam kelas. Hasil-hasil riset bisa dari para pemikir dan praktisi di bidang pendidikan dan pembelajaran, baik itu ilmuwan, dosen, guru, dan mahasiswa. Jurnal ini menerima kajian-kajian dengan menggunakan isu aktual, systematic literature review, case study approach, dan kajian lapangan. Metode yang digunakan bisa kajian teoritis, dan empiris.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Mei" : 5 Documents clear
Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata Dwi Yani; Setyaningsih Rachmania
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 3 No. 1 (2023): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v3i1.1555

Abstract

Kesulitan belajar adalah problematika yang menyebabkan siswa sulit mengikuti proses belajar dan sulit menggapai tujuan pembelajaran. Empat aspek pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat Sekolah Dasar yaitu: menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan guna menjelaskan kesulitan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dan faktor penyebabnya di kelas V Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasilnya sebanyak 17 siswa yang mengalami kesulitan belajar Bahasa Indonesia disebabkan oleh faktor internal, siswa kesulitan dalam aspek menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Faktor eksternal, ketertinggalan karena dampak pandemi Covid-19 serta guru masih menerapkan strategi konvensional dan tidak menggunakan media pembelajaran. Dapat disimpulkan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata masih kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia karena faktor internal dan eksternal.
Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Nurul Fadilah
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 3 No. 1 (2023): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v3i1.1633

Abstract

Perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini sudah berkembang dan dimanfaatkan dalam semua aspek kehidupan manusia, salah satunya dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Proses belajar mengajar saat ini sudah mengarah kepada metode pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang didalamnya harus menggunakan informasi secara elektronik guna menunjang keberhasilan proses pembelajaran yang sebenarnya. Saai ini juga sudah banyak media pembelajaran yang diimplementasikan dalam proses belajar dan mengajar diruang kelas, baik secara tatap muka atau secara e-learning. E-Learning merupakan salah satu media pembelajaran yang saat ini sangat banyak digemari dan dimanfaatkan oleh tenaga pengajar, baik guru maupun dosen untuk menunjang pembelajaran secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan E-Learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-learning sangat bermanfaat dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Dimana proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dilakukan secara online, baik menggunakan E-Learning maupun perkuliahan secara virtual.
Pembentukan Sikap Bela Negara Bagi Siswa Melalui Kegiatan Saka Wira Kartika di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh Erna Hayati; Maimun Maimun; Khaidir Marzuki
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 3 No. 1 (2023): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v3i1.1647

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini adalah menurunnya semangat nasionalisme dan patriotisme di antara generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kegiatan proses pembentukan sikap bela negara bagi siswa melalui kegiatan Saka Wira Kartika di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh, (2) mengetahui faktor pendukung dan hambatan-hambatan Saka Wira Kartika dalam pembentukan sikap bela bagi siswa di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Komando Distrik Militer 0102/BS. Data dikumpulkan menggunakan tiga observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Saka Wira Kartika di Komando Distrik Militer 0102/BS merupakan kegiatan rutinitas yang melibatkan teori dan praktek meliputi krida navigasi darat, krida pioneering, krida mountainering, krida survival, dan krida penanggulangan bencana. Kemudian faktor penghambat yaitu siswa yang bentrok kegiatan antara aktifitas di sekolah dan di Saka Wira Kartika, dan selain itu faktor pendukung diantaranya terdiri dari bantuan dari sekolah, pemerintah, dan peminjaman sarana dan prasarana dari Kwartir Cabang Pramuka setempat.
Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran PPKn Yose Ari Nopianur; Sri Artati Waluyati; Ardiansyah Saputra
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 3 No. 1 (2023): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v3i1.1649

Abstract

Penelitian ini di lakukan karena kurangnya keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hal ini terjadi sebagai akibat dari guru yang terus menggunakan metode ceramah di dalam kelas dan juga kurangnya penggunaan media pembelajaran maupun teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian tindakan kelas ini ialah discovery leraning yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus diselesaikan dalam dua kali pertemuan dan meliputi empat proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. 34 peserta didik kelas VII.6 SMP Negeri 10 Palembang dijadikan sebagai subjek penelitian. Observasi, pendokumentasian, dan pengujian digunakan sebagai metode pengumpulan data. Rata-rata hasil aktivitas peserta didik menurut penelitian pra siklus adalah 42,55%, dibandingkan pada siklus I sebesar 63,50% dan meningkat sebesar 83,50% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas pada materi penerapan kerjasama dan gotong royong.
Studi Membangun Karakter Kerjasama Orang Tua Dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Reza Septiana; Thoriq Abdul Aziz
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 3 No. 1 (2023): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v3i1.1650

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap sistem pendidikan dengan metode pembelajaran daring sebagai solusi yang ditawarkan agar sistem pembelajaran tetap berjalan. Diperlukan adanya sinergi kerja sama antara guru dan orang tua membangun semangat karakter kerja sama dalam kegiatan belajar. Kegiatan pembelajaran ini merupakan sistem baru dan mempengaruhi terhadap motivasi belajar serta keadaan siswa secara besar. Penelitian ini merupakan bagian dari systematic narrative review dengan menggunakan pendekatan analisis terhadap artikel ilmiah terpublikasi dengan hasil sebagai berikut: 1) adanya keterkaitan berat antara motivasi belajar dengan dukungan kerja sama orang tua dan guru 2) karakter kerja sama dibangun sebagai hal penting untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa 3) orang tua memberikan semangat stimulus dan menyediakan lingkungan belajar kondusif di rumah sebagai cara membangun karakter kerja-sama motivasi belajar peserta didik 4) guru merupakan pengarah dan fasilitator pembelajaran untuk memberikan arahan agar pembelajaran berjalan dengan maksimal meskipun dilaksanakan dengan sistem daring.

Page 1 of 1 | Total Record : 5