cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journallucerna@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Actual Insight
ISSN : 27765067     EISSN : 27755932     DOI : https://doi.org/10.56393/lucerna.v2i1.1535
Core Subject : Education,
Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran didirikan untuk memberi cahaya penerang bagi kemajuan ilmu, terutama di bidang pendidikan dan pengajaran. Naskah-naskah yang layak diterima dan bisa diproses secara blind review lebih pada penelitian lapangan dan bisa juga dalam library research. Jurnal ini secara khusus mengajak para peneliti seperti: dosen, guru, mahasiswa, para praktisi pendidikan, dan para pengambil kebijakan pendidikan untuk berpartisipasi dalam menerbitkan naskah ilmiah. Jurnal ini menerima kajian-kajian dengan menggunakan isu aktual, pendekatan studi kasus, review artikel terstruktur (systematic literature review), kajian kritis pada kebijakan pendidikan, penelitian tindakan kelas, dan sejenisnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): November" : 5 Documents clear
Pengaruh Reinforcement Terhadap Pencerminan Kristalisasi Moral Siswa Dalam Sila Ke Dua Pancasila Lelyesti Anggraini; Suciati Suciati; Ludovikus Bomans Wadu
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2022): November
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v2i2.144

Abstract

Kajian akan menilitik mengenai ada pengaruh pembelajaran reinforcement terhadap pencerminan kristalisasi moral siswa dalam sila ke-dua Pancasila di SMK Negeri 2 Malang. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif. Jenis metode digunakan survei. Peneliti memilih populasi kelas XI jurusan keperawatan sebanyak 139 siswa. Masa pandemi respon siswa menjadi menurun di karenakan pembelajaran daring jadi respon yang bia di peroleh mulai dari enam puluh sampai dengan tujuh puluh persen. Pengumpulan sampel memerlukan teknik Simple Random Sampling. dengan taraf kesalahannya sebasar 5%. Untuk memperoleh data, menggunakan angket reinforcement dan moral siswa, serta dokumentasi untuk menjelaskan profil sekolah. Untuk menguji Instrumen menggunakan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi dipilih uji normalitas dan linieritas, uji hipotesis memakai uji F. Dari pengujian instrumen dan asumsi terpenuhi. Selanjutnya hipotesis uji F diketahui nilai sig sebesar 0,024 < 0,050, artinya terdapat pengaruh signifikan antara Reinforcement dan pencerminan kristalisasi moral siswa dalam sila ke-2 Pancasila di SMK Negeri dua Malang.
Penerapan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas XI Agus Andreas Tampubolon
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2022): November
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v2i2.992

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan upaya menerapkan media pembelajaran dalam rangka untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data didasarkan pada sumber literatur dan pengamatan. Data dianalisis dengan pembacaan teks dan memberi pemahaman baru dari teks tersebut terkait. Hasil penelitian yang ditemukan, pertama kegiatan pembelajaran menggunakan media berupa video dan power point yang menarik yang dapat mempermudah proses belajar mengajar serta kegiatan pembelajaran lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Kedua, cara  merancang  media  yang  efektif  dan  efisien  dalam  pencapaian  tujuan pembelajaran yaitu: (1) media harus dirancang sederhana mungkin sehingga jelas dan mudah  dipahami  oleh  siswa;  (2)  media  hendaknya  dirancang  sesuai  dengan  pokok bahasan yang akan diajarkan; (3)  media hendaknya dirancang tidak terlalu rumit dan tidak  membuat  anakanak  menjadi  bingung;  (4)  media  hendaknya  dirancang  dengan bahan-bahan sederhana, tetapi tidak mengurangi makna dan fungsi  media  itu  sendiri;  (5)  media  dapat  dirancang  dalam  bentuk  model,  gambar, bagan berstruktur.
Pembiasaan sebagai Bentuk Penerapan Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Logas Tanah Darat Irma Yanti
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2022): November
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v2i2.993

Abstract

Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 4 Logas Tanah Darat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru alam membentuk karakter religius melalui metode pembiasaan diantaranya berupa pembiasaan pembacaan yasin, kuliah tujuh menit, dan sholat zuhur berjamaah. Adapun faktor pendukung dalam membentuk karakter religius peserta didik diantaranya adanya dukungan dari orang tua, komitmen bersama warga sekolah, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya yaitu latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran peserta didik, dan lingkungan atau pergaulan peserta didik.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Yulya Afnita
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2022): November
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v2i2.994

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati penerapan pembelajaran kooperatif dengan tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengenakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data yang didapat adalah data kuantitatif dan kualitatif, maka untuk data motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran diolah secara kualitatif dengan menghitung skor dari deskripsi masing-masing kolaborator dari setiap siklus yang dilakukan, serta angket motivasi yang diberikan setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar PKn. Berdasarkan hasil observasi, pada kondisi awal siswa yang mencapai kriteria sangat aktif hanya 6 orang siswa atau hanya 17,6% , kemudian bertambah menjadi 7 orang siswa atau 20,6% pada siklus 1, bertambah lagi menjadi 9 orang siswa atau 26,5% pada siklus 2 pertemuan 1, kemudian pada siklus kedua pertemuan 2 bertambah menjadi 20 orang siswa atau 58,8% dan di akhir siklus menjadi 31 orang siswa atau mencapai 91,2%.
Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah di SMKN 1 Rengat Barat Inhu Riau Reti Yuliana
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2022): November
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v2i2.995

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penanaman nilai-nilai religius melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah. Selain itu, strategi dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menggambarkan atau menafsirkan keadaan mengenai masalah yang akan diteliti menggunakan kata-kata bukan angka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, siswa, para guru, dan guru agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, nilai religius yang ditanamkan melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah di SMKN 1 Rengat Barat adalah nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilai akhlak, nilai keteladanan. Kedua, strategi dalam menanamkan nilai-nilai relgiusitas melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah di SMKN 1 Rengat Barat adalah reward and punishment, keteladanan, pembiasaan, ajakan (persuasive), aturan atau norma-norma, dan penciptaan suasana religius di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5