cover
Contact Name
Entar Sutisman
Contact Email
entarsutisman@uniyap.ac.id
Phone
+6281357630423
Journal Mail Official
entarsutisman@uniyap.ac.id
Editorial Address
Gedung I Lantai 6 Kampus Universitas Yapis Papua, Jl. Dr. Samratulangi No.11 Dok V Atas Jayapura
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
The Journal of Business and Management Research
ISSN : -     EISSN : 26144190     DOI : https://doi.org/10.55098
Core Subject : Economy, Social,
The Journal of Business and Management Research, sebagai sarana dan media untuk mepublikasikan hasil riset dan penelitian ilmu manajemen dibidang manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan manajemen keuangan daerah. Jurnal ini diterbitkan oleh program magister manajemen Universitas Yapis Papua, secara berkala per semester (setiap enam bulan), Jurnal ini juga terbuka bagi para mahasiswa, para akademisi, para praktisi baik negeri maupun swasta, pemerintah, BUMN maupun perusahaan swasta yang tertarik untuk mempublikasikan hasil riset dibidang ilmu manajemen
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): ISSN : 2614-4190 - The Journal of Business and Management Research - Januari 2021" : 7 Documents clear
MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN UNTUK MENGATASI GAP ANTARA PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA UD. ANWARUDIN DAN APMS ANWARUDIN Susiana Susiana; Sjamsiar Husen; Khusnul Khotimah; Entis Sutisna; Yendra Yendra
The Journal of Business and Management Research Vol 4 No 1 (2021): ISSN : 2614-4190 - The Journal of Business and Management Research - Januari 2021
Publisher : Magister Manajemen Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55098/tjbmr.v4i1.40

Abstract

Studi ini bertujuan untuk: menganalisis pengaruh Customer experience terhadap kepuasan pelanggan pada UD. Anwarudin dan APMS Anwarudin, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada UD. Anwarudin dan APMS Anwarudin, pengaruh customer experience terhadap loyalitas pelanggan pada UD. Anwarudin dan APMS Anwarudin, dan pengaruh customer experience secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan pada UD. Anwarudin dan APMS Anwarudin. Penelitian ini berupa studi kasus. Yang dimaksud dengan studi kasus adalah suatu penelitian yang dilakukan terhadap objek tertentu yang populasinya terbatas, sehingga kesimpulan yang diambil terbatas pada objek yang diteliti (Sugiyono, 2005:50). Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran secara mendetail latar belakang, sifat-sifat dan karakter yang khas dari kasus maupun status dari individu yang kemudian hasilnya dijadikan suatu hal yang bersifat umum. Dalam penelitian ini digunakan metode survey. Survey yang dilakukan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan UD. Anwaruddin dan APMS Anwaruddin dengan cara pemberian butir-butir pernyataan yang dituangkan dalam sebuah kuisioner dan nantinya akan diisi oleh karyawan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, Kepusan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Customer experience berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan Customer experience secara tidak langsung berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan UD. Anwarudin dan APMS Anwarudin.
ANALISIS KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING : STUDI PADA PEMBELI PRODUK MADU BINA MARGA WAMENA Wahyuni N; Sulistiowati Sulistiowati; Muhdi B. Hi. Ibrahim; Andri Irawan; Mansur M; Fachrudin Pasolo
The Journal of Business and Management Research Vol 4 No 1 (2021): ISSN : 2614-4190 - The Journal of Business and Management Research - Januari 2021
Publisher : Magister Manajemen Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55098/tjbmr.v4i1.41

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen, pengaruh konsumen terhadap keputusan pembelian, pengaruh produk terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen. Analisis yang akan digunakan penulis adalah kuantitatif, Penentuan jumlah sampel berdasarkan pendapat Ferdinand (2000) menyarankan ukuran sampel yang sesuai untuk alat analisis SEM adalah antara 100-200 responden dengan maksud agar dapat digunakan dalam mengestimasi interpretasi dengan SEM. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 150 orang. Data analisis dengan menggunakan IBM SPSS AMOS 22 dan Sobel.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Kualitas suatu produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen pada produk madu bina marga Wamena. Jadi semakin baik kualitas suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen, maka semakin tinggi pula kepercayaan konsumen.2. Kepercayaan konsumen mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin tinggi kepercayaan konsumen terhadap suatu produk maka dapat dipastikan dapat meningkatkan omset penjualan.3. Kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Produk Madu Bina Marga Wamena. Semakin berkualitasnya suatu produk maka dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.4. Kualitas produk Madu Bina Marga Wamena mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen pada Produk Madu Bina Marga Wamena.
PERAN SEMANGAT KERJA UNTUK MENGATASI GAP ANTARA PENEMPATAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI PAPUA Yeti Indrawati; Suratini Suratini; Achmad Idrus; Arry Pongtiku; Irwan Adam Labo
The Journal of Business and Management Research Vol 4 No 1 (2021): ISSN : 2614-4190 - The Journal of Business and Management Research - Januari 2021
Publisher : Magister Manajemen Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55098/tjbmr.v4i1.42

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Semangat Kerja Untuk Mengatasi Gap Antara Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Provinsi Papua. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan kuisioner, menggunakan sumber dari penelitian terdahulu dan metode observasi ataupengamatan langsung. Analisis yang akan digunakan penulis adalah kuantitatif, yang menggunakan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Papua yang berjumlah 197 orang. yang mana sampel ini diambil keseluruhan dari populasi dengan teknik penarikan sampel jenuh. Data analisis dengan menggunakan IBM SPSS AMOS 22 dan Sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penempatan kerja secara tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja pegawai melalui semangat kerja, artinya secara tidak langsung penempatan kerja dapat meningkatkan kinerja pegawai apabila pegawai semangat dalam bekerja pada Dinas Perhubungan Provinsi Papua.
PENGARUH PENERAPAN SAP BERBASIS AKRUAL, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI MODERASI PADA PEMERINTAH KABUPATEN JAYAPURA Yusrianti Yusrianti; Entar Sutisman; Yana Ermawati; Ridwan Rumasukun; Septyana Prasetianingrum
The Journal of Business and Management Research Vol 4 No 1 (2021): ISSN : 2614-4190 - The Journal of Business and Management Research - Januari 2021
Publisher : Magister Manajemen Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55098/tjbmr.v4i1.43

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara Penerapan SAP Berbasis Akrual, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pengendalian Intern terhadap Kualitas laporan Keuangan, Penerapan SAP Berbasis Akrual terhadap Kualitas laporan Keuangan dengan moderasi Komitmen Organisasi, Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas laporan Keuangan dengan moderasi Komitmen Organisasi, dan Pengendalian Intern terhadap Kualitas laporan Keuangan dengan moderasi Komitmen Organisasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam upaya menjawab masalah dan mencapai tujuan penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Moderated Regression Analysis (MRA.) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan SAP Berbasis Akrual, Kompetensi SDM, Pengendalian Intern berpengaruh positif signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Pemerintah Kabupaten Jayapura. Komitmen Organisasi memoderasi semu (Quasi Moderator) dengan memperkuat pengaruh Penerapan SAP Berbasis Akrual terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Pemerintah Kabupaten Jayapura, Komitmen Organisasi memoderasi murni (Pure Moderator) dengan memperkuat pengaruh Kompetensi SDM terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Pemerintah Kabupaten Jayapura, dan Komitmen Organisasi memoderasi murni (Pure Moderator) dengan memperkuat pengaruh Pengendalian Intern terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Pemerintah Kabupaten Jayapura.
MOTIVASI, DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN YAHUKIMO PAPUA Juliance Pusop; Muhammad Yamin Noch; Duta Mustajab; Saling Saling; Yustus Maudul
The Journal of Business and Management Research Vol 4 No 1 (2021): ISSN : 2614-4190 - The Journal of Business and Management Research - Januari 2021
Publisher : Magister Manajemen Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55098/tjbmr.v4i1.44

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivai, Disiplin dan Lingkungan Kerja teradap Kinerja Pegawai . Penelitian di laksanakan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Yahukimo Pengambilan data dilakukan pada tanggal 28 November sampai dengan 4 Desember 2019. Metode Penelitian yang digunakan adalah sampling jenuh (sensus) dengan teknik penyebaran kuesioner dengan jumlah anggota populasi 35 pegawai. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda menggunakan program SPSS . Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai, motivasi berpengaruh dan signifikan antara motivasi terhadap kinerja pegawai , (2). Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai, Disiplin tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai, (3). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja pegawai menunjukkan bahw Lingkungan Kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja, (4). Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Lingkungan Kerja Secara Simultan Terhadap Kinerja bahwa variabel penelitian yang meliputi motivasi, disiplin dan lingkungan kerja secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja pegawai. dengan demikian yang menyatakan bahwa variabel motivasi, disiplin dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, terbukti dan diterima.
PENGARUH PROFESIONALISME TERHADAP KEPUASAN KERJA MELALUI KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAYAPURA Nurhayati Gandura; Abdul Rasyid; Yana Amelia Yunus; Roslina Roslina; Abdul Hafid Jusuf
The Journal of Business and Management Research Vol 4 No 1 (2021): ISSN : 2614-4190 - The Journal of Business and Management Research - Januari 2021
Publisher : Magister Manajemen Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55098/tjbmr.v4i1.45

Abstract

Studi ini bertujuan untuk: menganalisis pengaruh Mengetahui dan Studi ini bertujuan untuk: Mengetahui dan menganalisis pengaruh profesionalisme terhadap kepuasan kerja pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Mengetahui dan menganalisis pengaruh profesionalisme terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Mengetahui dan menganalisis pengaruh profesionalisme terhadap kepuasan kerja melalui kinerja pegawai pada DinasKependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Analisis dilakukan dengan menggunakan path analisis (analisis jalur). Di mana langkah pertama yang dilakukan adalah mengetahui pengaruh profesionalisme terhadap kinerja pegawai yang diukur dengan menggunakan unji t, kemudian langkah kedua menguji pengaruh profesionalisme terhadap kepuasan kerja yang diukur dengan menggunakan unji t serta menganalisis pengaruh profesionalisme terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja dengan menggunakan analisis jalur. Penelitian ini menggunakan rancangan explanative (konfirmatif). Data yang diteliti dalam studi ini adalah data kuesioner yang disebarkan kepada responden mengenai profesionalisme, kinerja pegawai dan kepuasan kerja. Alat analisis data menggunakan SEM AMOS 22. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa Profesionalisme berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Profesionalisme berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Profesionalisme berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Dengan demikian maka, melalui kepuasan kerja, pengaruh profesionalisme terhadap kinerja karyawan mampu ditingkatkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap kinerja Personel, Penempatan kerja terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap kinerja Personel, Penempatan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja Personel, dan Penempatan kerja melalui pengembangan Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap kinerja Personel.
PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KOMPETENSI MELALUI KINERJA PEGAWAI BALAI PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT PAPUA Ratna Ratna; Abdul Rasyid; Zakaria Zakaria; Ahmad Jusmin; Imran S. M. Nur
The Journal of Business and Management Research Vol 4 No 1 (2021): ISSN : 2614-4190 - The Journal of Business and Management Research - Januari 2021
Publisher : Magister Manajemen Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55098/tjbmr.v4i1.46

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Beban Kerja terhadap Kompetensi melalui Kinerja Pegawai Balai Pengembangan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Papua. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan kuisioner, menggunakan sumber dari penelitian terdahulu dan metode observasi atau pengamatan langsung. Analisis yang akan digunakan penulis adalah kuantitatif, yang Populasi dalam penelitian ini berjumlah 140 orang pegawai dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Komitmen Organisasi (X3) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadapkinerja (Y) pegawai BPPAUD dan Dikmas Papua. Komitmen organisasi Pegawai yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap organisasi cenderung akan lebih baik kinerjanya dan juga akan lebih lama bertahan di organisasinya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7