cover
Contact Name
Baiq
Contact Email
jmet.inlic@gmail.com
Phone
+6282188150380
Journal Mail Official
jmet.inlic@gmail.com
Editorial Address
Jl. Buldozer Kompleks PU Malengkeri Kota Makassar
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan
ISSN : -     EISSN : 29868327     DOI : 10.35914
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan merupakan jurnal yang dikelola oleh Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia. Jurnal ini akan memuat hasil penelitian mutakhir (paling lama 2 tahun yang lalu) pada bidang Ekonomi, Management, Akuntansi dan bidang-bidang lain yang terapannya sangat berhubungan dengan bidang ekonomi. Penelitian tersebut harus memenuhi syarat ilmiah baik yang dilakukan oleh individu dosen, dosen secara berkelompok maupun dosen berkolaborasi dengan mahasiswa bimbingannya.
Articles 16 Documents
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada CV. Roti Beta di Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara Ardi Winardi; Nurjannah; Rudianto
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Roti Beta di Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel 30 responden dan incidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan CV. Roti Beta di Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara.Kedua, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan CV. Roti Beta di Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara.Kemudian yang terakhir yaitu, kualitas produk berpengaruh signifikanterhadap loyalitas pelanggan CV. Roti Beta di Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel Revan Motor di Desa Lalong Kecamatan Walendrang Adianta Adi; Nurjannah; Rudianto
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan dalam mempertahankan konsumen merupakan satu prestasi tersendiri yang mencerminkan kehandalan perusahaan tersebut dalam menjaga kualitas produk yang dihasilkan perusahaan baik barang maupun jasa. Salah satu usaha yang sekarang ini banyak diminati masyarakat yaitu usaha di bidang jasa seperti bengkel kendaraan bermotor. Penelitian ini di lakukukan pada Bengkel Revan Motor di Desa Lalong Kecamatan Walendrang. Waktu penelitian ini diperkirakan dilakukan dalam waktu kurang lebih dua bulan yaitu pada bulan Januari – Februari 2023.Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda sebagaimana yang telah diuraikan pada hasil dan pembahasan yaitu 1) Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Revan Motor di Desa Lalong Kecamatan Walenrang. 2) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Revan Motor di Desa Lalong Kecamatan Walenrang. 3) Harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Revan Motor di Desa Lalong Kecamatan Walenrang.
Analisis Bauran Pemasaran dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada Indomaret Nyiur Kota Palopo Milka; Nurjannah; Nasruddin Djunaedi
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan usaha retail saat ini di Indonesia semakin mengalami peningkatan yang sangat pesat. Bagi perusahaan yang bergerak dibidang retail, meningkatkan kepuasan konsumen adalah hal yang penting dan tidak boleh diabaikan karena secara umum memuaskan konsumen merupakan tujuan untuk kesuksesan sebuah perusahaan. Retailpun menjadi sebuah kebutuhan baru bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup. Selain menjadi tujuannya, kepuasan konsumen merupakan aspek strategi dalam memenangkan persaingan dan mempertahankan citra perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada Indomaret Nyiur Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan metode regresi sederhana. Sampe dalam penelitian ini sebanyak 40 responden yang melakukan pembelian berulang pada Indomaret Nyiur Kota Palopo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Indomaret Nyiur Kota Palopo
Pengaruh Beban Kerja dan Konflik Kerja terhadap Stres Kerja Pegawai Desa pada Kantor Desa Tanjong Kabupaten Luwu Marsal; Suparman Manuhung; Natasya
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Beban Kerja dan Konflik Kerja terhadap Stres Kerja Pegawai Desa pada Kantor Desa Tanjong Kabupaten Luwu. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara serta kuesioner. Jumlah sampel 23 responden. Analisis data : analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, Uji F, Uji T, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian bahwa beban kerja dan konflik kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap stres kerja Pegawai Desa dengan nilai sig 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, secara parsial beban kerja berpengaruh signifikan terhadap stres kerja Pegawai Desa pada Kantor Desa Tanjong Kabupaten Luwu dengan nilai sig 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, sedangkan konflik kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap stres kerja Pegawai Desa pada Kantor Desa Tanjong Kabupaten Luwu dengan nilai sig 0,944 yang lebih besar dari 0,05.
Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Tuuk Eatery Kota Palopo Dhedi Al Kauzar S.; Nurjannah; Nurhuda Nurhuda
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Tuuk Eatery Kota Palopo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Jenis data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan juga kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan 100 responden. Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran (7P) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, secara parsial produk, tempat, promosi, proses dan tampilan fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Harga dan SDM berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
Pengaruh Jumlah Tindak Pidana dan Jumlah Kunjungan Wisatawan Terhadap Pertumbuhan ekonomi Baiq Candra Herawati; Siti Soraya; Erwin Suhendra; Gilang Primajati; Phyta Rahima; Ni Putu Nanik Hendayanti
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan tolak ukur bagi kesejahteraan masyarakat. Ekonomi yang baik tidak lepas dari minimnya tingkat kirminalitas yang terjadi di suatu wilayah serta adanya dukungan sektor pariwisata yang dijadikan sebagai lahan pekerjaan dan perputaran ekonomi masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan hubungan dan pengaruh dari tindak pidana dan kunjungan wisata terhadap pertumbuhan ekonomi. Metode yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel tindak pidana memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05. Sedangkan variabel kunjungan pariwisata memiliki nilai signifikansi lebih besar dari 0.05. Hal ini dapat menjelasakan bahwa variabel tindak pidana memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Model regresi linier berganda yang terbentuk memiliki nilai R-Square tinggi yaitu 92,2 %, mengandung makna bahwa variabel tindak pidana dan jumlah kunjungan wisatawan mampu menjelaskan model pertumbuhan ekonomi yang terbentuk. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh informasi bahwa perlunya meminimalisir terjadinya tindak kriminalitas sehingga pola pikir masyarakat mengarah pada perbaikan sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi masyarakat daerah.
Peningkatan Kesejahteraan melalui Pemberdayaan Masyarakat Pesisir berbasis Pengelolaan Berkelanjutan di PPI Lappa Kabupaten Sinjai Andi Mustamin
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kesejahteraan melalui pemberdayaan masyarakat pesisir berbasis pengelolaan berkelanjutan sebagai salah satu upaya memperkuat hubungan masyarakat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode studi kasus dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Lappa Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Temuan dari penelitian ini adalah pemberdayaan masyarakat pesisir berbasis pengelolaan berkelanjutan, mayoritas masyarakat yang bekerja sebagai nelayan dan penjual ikan kering. Keberadaan penjual ikan kering sangat bermanfaat bagi masyarakat dan tetap terus dipertahankan karena bagian dari kearifan lokal. Untuk pengembangkan produk yang lebih baik lagi, maka harus memperbaiki kualitas produk, inovasi produk, brand/merek, dan strategi marketing dengan pemanfaatan teknologi agar produk digunakan konsumen. Selain itu, keterlibatan masyarakat sangat diperlukan dalam program pemberdayaan yang tentunya dilibatkan sebagai pelaksana program, perencana dan pembuatan program yang akan bertanggung jawab atas pelaksanaan program hingga tuntas dan terjaga keberlanjutnya. Harapannya, implementasi program pemberdayaan tersebut dengan tujuan utama dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir
Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Semangat Kerja Pegawai Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Luwu Baharman Supri
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap semangat kerja pegawai pada Kantor Pertanahan Kabupaten Luwu. Rentang waktu penelitian 3 bulan yaitu dari bulan Januari sampai dengan Maret 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Kantor Pertanahan Kabupaten Luwu dengan jumlah 20 orang melalui teknik sampling jenuh. Teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh yaitu (a) hasil uji secara parsial menunjukan bahwa variabel lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap semangat kerja pegawai pada Kantor Pertanahan Kabupaten Luwu. (b) Hasil uji secara simultan juga diperoleh bahwa variabel lingkungan kerja dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh terhadap semangat kerja pegawai pada Kantor Pertanahan Kabupaten Luwu dengan persentase pengaruh sebesar 94,80% dan sisanya sebesar 5,20% dipengaruhi oleh faktor lain yang diteliti.
Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi Di Bursa Efek Indonesia Lisa Yanti; Dely Pongtiku; Jummawati Jummawati; Muhammad Haekal Yunus
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan Vol. 1 No. 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pertumbuhan perusahaan dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sector farmasi di bursa efek Indonesia . Metode yang di gunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dengan jumlah sampel 6. Data yang digunakan adalah data sekunder data yang diperoleh dari dalam dan luar perusahaan dengan melihat dokumen-dokumen seperti laporan keuangan perusahaan dan literatur yang dapat menunjang pembahasan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan dan kebijakan deviden secara simultan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor farmasi di Bursa Efek Indonesia. Pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan manufaktur sub sektor farmasi di Bursa Efek Indonesia. Kebijakan deviden tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur sub sektor farmasi di bursa efek Indonesia.
Pengaruh Manajemen Aktiva Terhadap Profitabilitas Pada PT Semen Tonasa Kabupaten Pangkep Muhammad Tamrin
Jurnal Manajemen dan Ekonomi Terapan Vol. 1 No. 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Perusahaan PT. Semen Tonasa yang merupakan salah satu industri semen terbesar di kawasan Indonesia Bagian Timur. Analisa Pengaruh Manajemen Aktiva terhadap Profiabilitas pada Industri Semen PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji f dan uji t dimaksud untuk mengetahui pengaruh variable independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (ά = 44,3) dan uji determinasi digunakan untuk mengukur kebaikan sesuai (goodnests of fit) garis regresi. Manajemen Aktiva secara simultan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas dengan tingkat signifikan sebesar 0,05, R square (R2) Manajemen Aktiva terhadap Profitabilitas sebesar 0,443, sisanya merupakan faktor yang tidak diikutkan dalam penelitian ini. Profitabilitas secara simultan mempunyai pengaruh signifikan sebesar 0,666.R Square (R2) Manajemen Aktiva terhadap Profitabilitas sebesar, 0,443 berarti kemampuan variasi menjelaskan Return on Asset (ROA) sebesar 1.880, sisanya merupakan faktor yang tidak diikutkan dalam penelitian ini. Manajemen Aktiva  dinyatakan berpengaruh terhadap Profitabilitas karena mempunyai tingkat signifikan lebih kecil dari ά = 0,05.

Page 1 of 2 | Total Record : 16