cover
Contact Name
Zakhiru Rahma
Contact Email
zakhiruismail@gmail.com
Phone
+6285730027288
Journal Mail Official
zakhiruismail@gmail.com
Editorial Address
STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan Jln. Raya Daendels KM. 74,2 Paciran Lamongan 62264 Jawa Timur
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
ISSN : 25025821     EISSN : 27981266     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Staika, Jurnal Penelitian dan Pendidikan with ISSN 2798-1266 is the journal of the Muhammadiyah Paciran Islamic Higher Education, published periodically every year as a scholarly academic platform for the study of Islamic education. The editorial board invites experts and academics to contribute their thoughts in the form of research results in accordance with their respective disciplines. Original manuscripts that have not been published in other media are welcomed. The editorial board reserves the right to select and edit submitted manuscripts without compromising the substance of the authors ideas. Published by Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Paciran for February and September
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)" : 7 Documents clear
Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem : Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem Zunaidah
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar hubungan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri dengan prestasi belajar dalam bidang studi Bahasa Arab. Sehingga dengan mengetahui kondisi yang demikian maka guru akan lebih memberikan tekanan pada aspek yang mempunyai hubungan lebih kuat pada keberhasilan belajar Bahasa Arab. Metode yang digunakan di antaranya adalah metode penentuan populasi dan sampel, metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes membaca Al-Qur’an dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data menggunakan teknik analisa korelasi product moment angka kasar dari person dan hasil perhitungan 0,808. Setelah diketahui harga atau nilai korelasi tersebut, selanjutnya dikonsultasikan dengan “r” tabel pada taraf signifikan 1% = 0,354 sedangkan taraf signifikan 5% = 0,273 jadi “r” yang diperoleh lebih besar dari “r” tabel dengan perbandingan sebagai berikut: 0,808 > 0,354 atau 0,808 > 0,273. Dilihat dari data di atas yaitu “r” yang diperoleh berada jauh di atas batas signifikan maka dengan demikian kita menolak hipotesis nihil yang berbunyi “Kemampuan membaca Al-Qur’an tidak ada pengaruh dalam peningkatan prestasi belajar Bahasa Arab santri kelas 1 di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan”. Dan menerima hipotesis kerja yang berbunyi “Kemampuan membaca Al-Qur’an berpengaruh terhadap prestasi belajar Bahasa Arab santri kelas 1 di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan.” Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Bahasa Arab santri kelas 1 di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan mempunyai pengaruh yang tinggi, yaitu dengan hasil angka indek terakhir adalah 0,808.
FRESH IJTIHAD MUHAMMADIYAH TENTANG SUMBER DAYA AIR DALAM KAJIAN POLITIK ISLAM: FRESH IJTIHAD MUHAMMADIYAH TENTANG SUMBER DAYA AIR DALAM KAJIAN POLITIK ISLAM Maslahul Falah
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas fresh ijtihad Muhammadiyah seputar Sumber Daya Air atau Fikih Air dalam putusan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah yang sudah ditanfidzkan oleh PP Muhammadiyah. Putusan Tarjih ini dikaji dari berbagai aspek, yang paling tidak mempunyai tiga hal pokok, yakni sekumpulan nilai dasar (al-qiyam al-asasiyyah), prinsip universal (al-ushul al-kulliyyah) dan rumusan implementatif (al-ahkam al-far’iyyah) yang bersumber dari agama Islam mengenai air. Hal ini menunjukkan bahwa air itu sendiri sangat urgen bagi makhluk hidup, yang karenanya perlu narasi dan konsep Fikih Air yang benar benar layak untuk dijadikan panduan dan pedoman warga Muhammadiyah, khususnya, untuk memahami, bersikap, mengimplementasikan dalam kehidupan nyata. Gagasan dan teori yang bagus sangat patut manakala diijtihadi untuk dihadirkan dalam ranah publik yang lebih beragam, disebabkan urgensinya air itu sendiri. Ijtihad tersebut dalam konteks ini adalah fresh ijtihad dengan menggunakan perangkat kekuasaan politik Islam.
INTERNALISASI NILAI DAN BUDAYA ISLAMI DI SEKOLAH (Studi Pengembangan PAI dari Teori ke Aksi di SD Islam al-Huda Sedayulawas): INTERNALISASI NILAI DAN BUDAYA ISLAMI DI SEKOLAH (Studi Pengembangan PAI dari Teori ke Aksi di SD Islam al-Huda Sedayulawas) Zakhiru Rahma Zaha
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (a) mengetahui urgensi internalisasi nilai dan budaya religius di sekolah, (b) meneliti strategi SD Islam al-Huda dalam menginternalisasi nilai dan budaya islami di sekolah, (c) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program internalisasi nilai dan budaya religius di SD Islam al-Huda. Temuan penelitian ini yaitu meliputi: 1) SD Islam al-Huda Sedayulawas merasa perlu untuk mengelola budaya dalam hubungannya dengan meningkatkan mutu sekolah secara kultural, hal ini mengacu pada visi pendirinya, membangun generasi khairu ummah yang dipengaruhi oleh cita-cita internal dan tuntutan eksternal yang melingkupinya, maka dilaksanakanlah program internalisasi nilai dan budaya religius. 2) Gerakan ini diimplementasikan dengan pengembangan budaya akhlakul karimah dan pelaksanaan beberapa ibadah secara bersama-sama ketika di sekolah. 3) Adapun faktor pendukung dan juga penghambat dalam penerapan internalisasi nilai dan budaya religius di SD Islam al-Huda meliputi: Faktor pendukungnya yaitu adanya komitmen dari top manajemen, dedikasi warga sekolah, adanya sistem reward and punishment, dan ketersediaan fasilitas pendidikan yang representatif. Faktor penghambatnya yaitu orang tua siswa belum terbiasa dengan program-program internalisasi nilai dan budaya islami di area sekolah, belum optimalnya penerapan sanksi, serta kekhawatiran koordinator pelaksana akan persepsi masyarakat sebagai sekolah yang banyak aturan dan bergaris keras.
Pengaruh Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Terhadap Kepatuhan Tata Tertib Siswa Di MA Muhammadiyah 05 Paciran: Pengaruh Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Terhadap Kepatuhan Tata Tertib Siswa Di MA Muhammadiyah 05 Paciran Ali Fauzi
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan pengalaman belajar yang secara langsung di semua lingkungan dan seumur hidup. Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui bimbingan mengajar yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik untuk bermain di berbagai lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana prestasi siswa dalam bidang studi aqidah akhlak. mengetahui keadaan sesuai dengan urutan siswa, dan membuktikan keberadaan aqidah pengaruh moral prestasi siswa agar kepatuhan belajar di Madrasah Aliyah 05 Weru Paciran Lamongan Muhammadiyah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan cara untuk menggambarkan penggunaan data kuantitatif, penelitian dapat dianalisis segera dan dapat dihitung dengan alat pengukur sederhana. Dalam hal ini digunakan Teknik Korelasi Product Moment (Pearson), karena teknik dianggap tepat untuk mencari tingkat hubungan antara dua variabel. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara, kuesioner, dan skala penilaian. Dari analisis data menunjukkan bahwa saat hasil perhitungan produk r dari 0,769 dibandingkan dengan nilai r di signifikansi Tabel dari 5% dan 1% pada jumlah N (14) maka variabel X dengan variabel Y, prestasi belajar moral aqidah dan aturan kepatuhan suswa di Madrasah Aliyah 05 Weru Paciran Lamongan Muhammadiyah.
Pengaruh Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kemampuan Berinteraksi Sosial Siswa MA Muhammadiyah 05 Paciran: Pengaruh Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kemampuan Berinteraksi Sosial Siswa MA Muhammadiyah 05 Paciran yusuf wibisono
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial selalu melakukan interaksi sosial untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Interaksi sosial merupakan syarat mutlak individu untuk bertahan hidup. Kemampuan berinteraksi sosial individu berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Interaksi sosial melibatkan diri dan lingkungan sekitarnya. Cara interaksi sosial yang dilakukan remaja berbeda-beda antara remaja yang satu dengan remaja yang lain. Hal tersebut biasanya berkenaan dengan pola pikir dan kapasitas remaja tersebut dalam memandang dirinya sehingga ia merasa bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu dibidang atau disisi yang lain atau dibagian dimana ia mampu melakukannya, sehingga kita dapat melihat bahwa ada remaja yang melakukan interaksi sosial dengan kasar (arogan) dan ada remaja yang berinteraksi sosial dengan luwes (interaksi sosial dengan baik maka ia akan mudah diterima oleh lingkungannya tetapi jika ia melakukan interaksi sosial dengan jelek maka ia akan sulit diterima oleh lingkungannya). Oleh sebab itu pendidikan pelajaran aqidah akhlak bertujuan untuk menumbuhkan pola tingkah laku atau berinteraksi sosial siswa yang bulat melalui latihan kejiwaan, kecerdasan, penalaran, perasaan dan indera. Dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode penyebaran angket kepada 31 siswa. Adapun hasil data-data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. = Dari hasil penelitian terdapat hasil analisis statistik variabel bebas (Pelajaran Aqidah Akhlak) yang berpengaruh sedang terhadap variabel terikat (Kemampuan berinteraksi sosial siswa). Dalam artian jika pelajaran aqidah akhlak di MA Muhammadiyah 05 baik, maka kemampuan berinteraksi sosial siswa akan baik juga. Hal ini diperoleh dengan dengan perhitungan yang menggunakan “Korelasi Product Moment” Besarnya hasil dari “r” kerja adalah 0,510 yang letaknya antara 0,40 sampai 0,599, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh pelajaran aqidah akhlak terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas XI MA Muhammadiyah 05 Paciran Lamongan adalah sedang.
Peranan Mata Pelajaran Al-Islam Terhadap Moralitas Siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran: Peranan Mata Pelajaran Al-Islam Terhadap Moralitas Siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran Umi Rosyidah
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada penelitian ini permasalahan yang muncul adalah " adakah peranan mata pelajaran Al-Islam terhadap moralitas siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran Lamongan?". Berdasarkan permasalahan yang diajukan tersebut , maka hipotesis yang muncul adalah : Ha : " Ada hubungan positif antara peranan mata pelajaran Al-Islam terhadap moralitas siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran Lamongan" Penelitian ini meliputi bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Islam, bagaimana moralitas siswa, dan bagaimana peranan mata pelajaran Al-Islam terhadap moralitas siswa di SMP Muhammadiyah 14 Paciran Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di SMP Muhammadiyah 14 Paciran Lamongan. Dengan sampel penelitian 30 siswa kelas VII A yang . Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Berdasarkan data di lapangan dan hasil analisis data, ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Islam terlaksana dengan baik. Moralitas siswa berkembang pesat, banyak perubahan perilaku yang dialami dari yang dulunya tidak baik menjadi baik. Prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran Al-Islam sudah berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Korelasi data menunjukkan r hitung 0,90 > r tabel 0,367 pada taraf signifikansi 5% yang tingkat korelasinya sangat kuat atau sangat tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara peranan mata pelajaran Al-Islam terhadap moralitas siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran Lamongan atau Ha diterima dan Ho ditolak.
PROBLEMATIKA EKSTRAKURIKULER TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 9 BRONDONG : PROBLEMATIKA EKSTRAKURIKULER TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 9 BRONDONG Mushollin Ahmad
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu perbuatan yang sangat terpuji dan mulia. Hukum menghafal Al-Qur’an adalah fardu kifayah. Apabila sebagian orang melakukannya, maka gugurlah dosa dari yang lain. Dalam ajaran Islam, menghafal Al-Qur’an merupakan sebuah perintah dari Allah. Hal ini ditunjukkan dengan firman Allah yang pertama turun yaitu surat Al-‘Alaq yang dimulai dengan kata iqra’ atau perintah membaca merupakan kata pertama dan alangkah pentingnya jika diulang dua kali. Adapun keutamaan membaca dan menghafal Al-Qur’an adalah individu yang mengamalkan akan menjadi sebaik-baik orang, dinaikkan derajatnya oleh Allah. Al-Qur’an memberikan syafa’at kepada orang yang membacanya. Al-Qur’an merupakan ayat-ayat Allah yang berupa kalamullah yang diturunkan dengan bahasa arab, yaitu satu-satunya bahasa yang terjaga dengan baik. Hal ini semata-semata karena Allah yang menjaga Al-Qur’an. Dalam menjaga dan memelihara Al-qur’an SMA Muhammadiyah 9 Brondong mempunyai suatu program yakni ekstrakurikuler tahfidzulqur’an. Tujuan penulisan ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidzulqur’an, mendeskripsikan problematika ekstrakurikuler tahfidzulqur’an dan mendeskripsikan solusi terhadap problematika ekstrakurikuler tahfidzulqur’an dalam minat menghafal al-qur’an siswa di SMA Muhammadiyah 9 Brondong. Penulisan ini menghasilkan; 1) pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidzul qur’an dilaksanakan seminggu dua kali pada hari sabtu dan senin pukul 11.00 untuk kelas XI dan XII dan pada hari rabu dan kamis untuk kelas X, materi dimulai dari juz 30, metode yang diberikan sesuai dengan kemampuan peserta didik, bentuk evaluasinya berupa ujian maupun lomba-lomba yang diikutsertakan, serta usaha dalam meningkatkan anak yakni dengan memotivasi peserta didik, 2) problematika yang sering dihadapi anak yaitu: penentuan waktu yang kurang tepat dan durasi yang singkat, kesadaran muroja’ah rendah, serta peserta didik mengalami kejenuhan dan kelelahan, 3) solusi dari problematika tersebut yaitu: mengoptimalkan waktu semaksimal mungkin dengan hal-hal yang menyenangkan, mengingatkan reorientasi pada tujuan tahfidz al-qur’an, dan selalu mensupport dan memotivasi peserta didik dalam menghafal al-qur’an.

Page 1 of 1 | Total Record : 7