cover
Contact Name
Reza Akbar
Contact Email
rezaakbaraplus@gmail.com
Phone
+6281254504942
Journal Mail Official
glorespublication@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tabrani Desa Saing Rambi Komplek Adenia 4A, Sambas Kalimantan Barat, Indonesia, Kode Pos 79460
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Irajagaddhita
ISSN : -     EISSN : 29866006     DOI : https://doi.org/10.59996
Irajagaddhita: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat focuses on studies and reports on community service in the social sector. The scope of Irajagaddhita: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat includes education, religion, law, economics, culture, humanities and various social issues. 
Articles 12 Documents
Model Program Pendampingan Belajar di Rumah Bagi Siswa MI Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 Moh. Fatkhuronji; Maskur Maskur; Ani Dekawati; Eka Khayanti; M. Khorul Anwar; M. Abdul Muhlis; Miftahul Haq
Irajagaddhita Vol. 1 No. 1 (2023): IRAJAGADDHITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v1i1.90

Abstract

Program Pendampingan belajar kepada siswa merupakan salah satu program kerja dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Setia Walisembilan yang dibimbing oleh DPL (Dosen Pendamping Lapangan), melakukan pendampingan pembelajaran pada era new normal pasca covid 19, di Desa Jurangagung, Kec. Plantungan, Kab. Kendal. Era new normal pascapandemi Covid-19 semua siswa melaksanakan belajar di rumah atau secara daring. Untuk siswa yang berada di zona hijau boleh melakukan pertemuan secara luring namun tetap mentaati protokol kesehatan guna mencegah bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19. Sedangkan belajar daring mengakibatkan siswa tidak dapat belajar maksimal seperti semula, yaitu pada saat pembelajaran normal. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu kesulitan tersebut, mulai dari penggunaan aplikasi dan pendampingan terhadap orang tua siswa bersama anaknya. Metode yang digunakan adalah wawancara, FGD, observasi, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan metode Miles and Huberman, melalui reduksi data dan simpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Menemukan permasalahan yang ada pada pembelajaran daring di MI Roudlotussybyan Jurangagung, yaitu selain belum banyak menggunakan aplikasi dalam pembelajaran daring, juga terkendala signal dikarenakan di daerah ini belum banyak tower yang masuk. 2) memberikan pendampingan belajar menggunakan aplikasi android selain whatsapp, yaitu google meet, google classroom dan zoom meeting. 3. Memberikan pendampingan berupa bimbingan belajar sebagaimana guru private.
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Kampanye Efektif dan Media Promosi pada Bank Sampah Kelurahan Gaga Tangerang Vicky Windasari; Moehammad Shadiq Helmy; Angestika Wilandari; Viani Naufalia
Irajagaddhita Vol. 1 No. 1 (2023): IRAJAGADDHITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v1i1.93

Abstract

Penguasaan dalam sebuah aplikasi sangat penting saat ini apalagi pada era digitalisasi yang keseluruhan elemennya sangat erat kaitannya dengan penggunaan gadget dan multimedia. Bagi sebuah organisasi ataupun komunitas hal ini juga sangat penting untuk mempublikasikan program-program organisasi ataupun sebagai media promosi dimana seluruh masyarakat akan mengenal hasil-hasil dan karya yang telah dihasilkan dari organisasi. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada para pengurus, anggota dan warga sekitar bank sampah Kel. Gaga Kota Tangerang terhadap penggunaan salah satu aplikasi design yaitu canva agar para peserta mengenal dan dapat menggunakannya. Dalam hal ini salah satunya juga memberikan pemaparan berbagai macam jenis media publikasi dan promosi serta alur penggunaan aplikasi canva secara detail dan terperinci. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu pemaparan, pelatihan, sesi sharing dan praktik secara langsung. Pelatihan dilaksanakan dengan daring kepada peserta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Diharapkan setelah dilakukannya kegiatan pengabdian ini, para peserta memiliki pengetahuan dan kemampuan serta menambah keahlian dan memperkaya pemahaman khususnya aplikasi canva untuk menunjang aktivitas kampanye efektif maupun promosi pada bank sampah.
Pemecahan Konflik Interpersonal Tenaga Pendidik di Raudhatul Athfal Nurul Huda 1 Langkaplancar Putri Nurlela Sari; Rohiman Rohiman
Irajagaddhita Vol. 1 No. 1 (2023): IRAJAGADDHITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v1i1.94

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gaya manajemen konflik dalam pemecahan konflik interpersonal tenaga pendidik di RA Nurul Huda 1 Langkaplancar (2) Faktor penghambat dalam pemecahan konflik interpersonal tenaga pendidik di RA Nurul Huda 1 Langkaplancar . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di RA Nurul Huda 1 Langkaplancar. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah RA Nurul Huda 1 Langkaplancar, sedangkan objek penelitian ini adalah gaya manajemen konflik dan faktor penghambat dalam pemecahan konflik interpersonal tenaga pendidik di Sekolah RA Nurul Huda 1 Langkaplancar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya manajemen konflik dalam pemecahan konflik interpersonal tenaga pendidik di Sekolah RA Nurul Huda 1 Langkap lancar yaitu: (a) memakai setrategi kolaborasi, (b) memakai strategi akomodasi, dan (c) memakai strategi kompromi. (2) Faktor penghambat dalam pemecahaan Konflik Interpersonal Tenaga Pendidik di Sekolah RA Nurul Huda 1 Langkaplancar: (a) tidak adanya keterbukaan konflik, (b) dan kesalahpahaman karena kesalahan komunikasi.
Metode Bimbingan Konseling Klasikal Behavioristik dalam Penanganan Bolos Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangandaran Asep Nursabit; Selly Setiawati
Irajagaddhita Vol. 1 No. 2 (2023): IRAJAGADDHITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v1i2.95

Abstract

Metode penanganan konflik siswa yang diakibatkan oleh kebijakan sekolah mengenai penanganan pelanggaran dalam hal seringnya membolos sekolah, dengan metode klasikal dan metode behavioristik bertujuan untuk mengefektifkan penanganan konflik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan datanya melalui wawancara terhadap narasumber. Penanganan konflik dengan metode klasikal yang digunakan oleh guru bimbingan koseling, dilaksanakan dengan menggunakan konsep analisis permasalahan, penentuan konsep, pengambilan keputusan, pelaksanaan, dan evaluasi konflik. Penanganan ini dilaksanakan dalam mengatasi konflik yang terjadi pada peserta didik, dengan studi kasus penanganan konflik bolos sekolah yang dilakukan oleh peserta didik. Tahapan penanganan dan peninjauan konflik selain dengan metode klasikal, digunakan juga metode pendekatan behavioristik. Pendekatan behaviorostik dijadikan sebagai landasan dalam pendekatan mengatasi konflik yang terjadi. Metode tersebut lebih mendalami proses pendekatan secara pisikologis dan personal terhadap siswa yang mengalami konflik. Dari kedua meode yang digunakan, sudah banyak konflik yang terselesaikan dengan baik, dan masih bisa direhabilitasi. Tidak ada siswa yang melampaui SP 3 yang berisi sanksi dikembalikan terhadap orang tua.
Upaya Peningkatan Kemitraan Kerja di SMK Al-Masturiyah Langkaplancar Anggi Mahmud Sidik; Fitri Handayani; Reiga Rahmatulloh
Irajagaddhita Vol. 1 No. 2 (2023): IRAJAGADDHITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v1i2.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja yang meliputi: perencanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja; pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja; dan pengendalian strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi data primer dan sekunder, metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja di SMK Al-Masturiyah Langkaplancar terdiri dari beberapa kegiatan. (1) Perencanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja dilakukan dari tahap menetapkan tujuan, menentukan sasaran, membuat kesepakatan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU), Menyiapkan kompetensi, Penanaman attitude dan koordinasi pengurusan. (2) Pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja meliputi proses sinkronisasi kurikulum, komunikasi sekolah, dan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin). (3) Pengendalian strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja dilaksanakan dengan dua cara yang pertama pengendalian pelaksanaan dan yang kedua pengendalian pelaksanaan.
Pendampingan Ekonomi Kreatif melalui Ecoprint di Desa Bojongkondang Anggi Mahmud Sidik; Ayu Wulandari; Asep Nursabit; Erniawati Erniawati; Tia Fitriani
Irajagaddhita Vol. 1 No. 1 (2023): IRAJAGADDHITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v1i1.99

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan dan kekreatifan masyarakat terhadap seni yang terealisakan dalam Pendampingan Ekonomi Kreatif Bojongkondang Melalui Ecoprint yang meliputi: cara dan teknik pengolahan sampah organik menjadi karya seni, pelaksanaan lapangan teknik pengembangan sampah organik menjadi karya seni, pengendalian program lanjutan terkait pengembangan cara dan teknik dalam pengelolaan sampah organik menjadi karya seni, Kegiatan ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Reasearch). Tim melakukan observasi sekaligus partisipasi ke setiap dusun dan kepada ibu-ibu Kader PKK yang ada di Desa Bojongkondang. Kemudian tim kembali melakukan aksi terjun lapangan dan berdiskusi kembali dengan para elemen yang ada di setiap dusun guna meningkatkan keaktifan dan kekreatifan terhadap seni bagi masyarakat Bojongkondang. Evaluasi kegiatan dilakukan selama empat minggu (satu bulan). Tim melakukan observasi berdasarkan setiap tahapan, mulai dari 3 Feberuari sampai 2 Maret 2023. Kegiatan ini dinilai berhasil karena kegiatan Pendampingan Ekonomi Kreatif Bojongkondang Melalui Ecoprint berlangsung lancar. Berdasarkan kegiatan ini, diperoleh bahwa kegiatan ecoprint merupakan salah satu kegiatan yang cocok dikembangkan di daerah pedesaan. Kegiatan ecoprint juga dapat meningkatkan kreativitas warga Desa Bojongkondang dengan memanfaatkan potensi alam yang ada. Selain itu, kegiatan ecoprint menambah kegiatan Komunitas Wanita ibu ibu kader PKK yang dapat meningkatkan perekonomian desa. Seluruh peserta pelatihan merespon secara positif kegiatan ini. Mereka beranggapan bahwa pelatihan tersebut dapat menambah pengetahuan dan keterampilan bagi mereka.
Pengukuran Arah Kiblat Masjid Tazkirul Muslimin Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas Reza Akbar
Irajagaddhita Vol. 1 No. 1 (2023): IRAJAGADDHITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v1i1.100

Abstract

Pengukuran arah kiblat ini didorong oleh keinginan jamaah untuk memperoleh kepastian arah kiblat di Masjid Tazkirul Muslimin Selakau Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Pengukuran dihadiri oleh ta’mir masjid dan ketua pengurus Masjid setempat. Pengukuran dilakukan pada tanggal 11 Februari 2022 di Masjid Tazkirul Muslimin Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Tahapan dalam pengukuran ini dibagi menjadi tiga bagian sederhana yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir atau finalisasi. Berdasarkan pengukuran yang sudah dilakukan diperoleh beberapa poin penting. Pertama, arah kiblat masjid Tazkirul Muslimin adalah 67o 49’ 36” dari utara jarum kompas ke arah barat laut. Hasil pengukuran ini sama tidak jauh berbeda dengan arah kiblat masjid asal Pada akhir kegiatan, penulis memberikan berita acara. pembuatan berita ccara pengukuran arah kiblat dimaksudkan untuk memberikan dokumen kepastian dan keterbukaan metode yang digunakan.
Menanamkan Pendidikan Karakter Siswa SD dan MI Se-Desa Bojongkondang melalui Tayangan Animasi “Nussa dan Rara” Hamidah Hamidah; Irpan Nulhak; Malik Fajar; Vina Siti Nurohmah
Irajagaddhita Vol. 1 No. 1 (2023): IRAJAGADDHITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v1i1.101

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter bagi siswa SD dan MI Desa Bojongkondang agar peserta didik mampu mempertahankan budaya lokal yang menjunjung tinggi akhlakul karimah. Kami melihat lingkungan Desa Bojongkondang hampir menyerupai lembang yang memilki potensi wisata mendunia maka perlu bagi masa depan anak-anak Desa Bojongkondang menyiapkan karakter yang mempertahankan budaya local. Jangan sampai mereka terpengaruh oleh budaya asing yang masuk ke Desa Bojongkondang. Pendidikan karakter yang kami berikan kepada peserta didik adalah bagaimana mereka harus menghargai guru, pelajaran, waktu, teman belajar, dan dapat menjadi individu yang memiliki sifat sopan santun dan berakhlaqul karimah terhadap orang lain. Dengan memiliki karakter yang baik, mereka bisa menjadi penerus bangsa yang berkualitas dan berahlakul karimah. Untuk menjadi pemimpin tidak hanya dengan ilmu yang tinggi tapi mempunyai akhlak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode PAR (Participatory Action Research) dengan memberikan pemahaman pada siswa melalui video. Ini ditujukan agar mereka mudah memahami dan merasa nyaman menerima tayangan film. Tayangan film menceritakan tentang pentingnya sopan santun, menghargai orang lain, bertoleransi, dan menghargai sesama. Pendidikan karakter ini diadakan di SDN 2 Bojongkondang yang diikuti oleh para siswa SD dan MI se-Desa Bojongkondang. Selanjutnya, tim melakukan aksi dengan terjun langsung ke lapangan dengan mengadakan penyuluhan mengenai pendidikan karakter. Tim juga mengevaluasi apakah penyuluhan tersebut berhasil atau tidak. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari seluruh tenaga pengajar yang ada di Desa Bojongkondang. Selain anak didik mendapatkan ilmu yang bermanfaat, tenaga pengajar jugga merasa terbantu karena anak didiknya mengetahui karakter-karakter yang baik dan bermanfaat.
Bimbingan Belajar bagi Murid MI di Desa Tedunan Demak Ina Khusnul Khotimah; Maskur; Moch. Fatkhuronji; Sholehah; Ulil Albab; M. Arief Hidayatulloh
Irajagaddhita Vol. 1 No. 2 (2023): IRAJAGADDHITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v1i2.157

Abstract

Bimbingan belajar direncanakan oleh tim pengabdian kepada masyrakat STAI Walisembilan Semarang, kolaborasi dengan dosen, berawal dari studi pendahuluan, terlihat Desa Tedunan Demak, perbatasan dengan Kab Jepara, terlihat belum adanya Lembaga bimbel, maka tim PkM mahasiswa mengadakan bimbel gratis selama satu bulan. Bimbel tersebut memberdayakan beberapa masyarakat, dan mahasiswa dibimbing oleh dosen pengampu, bimbel tersebut ditujukan kepada murid MI, Adapun materinya adalah mulai dari Matematika, IPA, Pendidikan Agama Islam yang terdiri dari (Alquran, Fiqh, Tauhid dan yang terkait dengan materi yang ada di MI). metode yang digunakan dalam hal ini adalah reading guide, dengan membantu mengerjakan tugas dan membantu memahamkan mata pelajaran siswa. Hasil dari bimbingan tersebut pada ulangan harian terjadi peningkatan yang signifikan.
Pengelolaan Parkir di Kota Sambas Silvia Ningsih
Irajagaddhita Vol. 1 No. 2 (2023): IRAJAGADDHITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v1i2.275

Abstract

Fasilitas parkir merupakan suatu kebutuhan pengguna kendaraan yang semakin hari semakin bertambah. Seringkali terjadi di masyarakat adanya pelanggran berupa parkir liar yang dapat menimbulkan permasalahan lalu lintas. Penelitian ini didorong oleh fenomena parkir liar yang terjadi di masyarakat. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian dengan wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas dan masyarakat. Observasi dilakukan di beberapa titik lokasi yaitu Pasar pagi Jl. Pendidikan, Dekat jembatan dan simpang tiga, Wilayah sekitar Taman Lunggi : Jl. Sultan Moh. Tsyafiuddin,dan Jl. Pembangunan Kota Sambas. Pengelolaan Parkir di Tepi Jalan Umum di Kota Sambas menunjukkan pengolaan yang sudah efektif, namun beberapa pengguna memang masih belum memiliki kesadaran yang baik mengenai akibat dari parkir liar. Di bagian akhir tulisan ini, peneliti memberikan beberapa rekomendasi kepada pemerintah dan masyarakat dari hasil penelitian ini.

Page 1 of 2 | Total Record : 12