cover
Contact Name
Ahmad Mukhlasin
Contact Email
hazharialvan2193@gmail.com
Phone
+6285712383804
Journal Mail Official
hazharialvan2193@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kemerdekaan Barat No 17 Kesugihan Kidul Kabupaten Cilacap Jawa Tengah
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam
ISSN : -     EISSN : 27751775     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian bidang dakwah dan komunikasi. Jurnal HUJJAH terbit dua kali dalam setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2023)" : 4 Documents clear
ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE DALAM PEMBERITAAN MANTAN POLITIKUS PDI PERJUANGAN YANG KEMUDIAN MENDUKUNG PRABOWO SEBAGAI CALON PRESIDEN DI PEMILU TAHUN 2024 (KOMPAS DAN DETIK NEWS) Aziz Aziz Al Majid; anas azhimi qalban
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 7 No. 2 (2023)
Publisher : Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/hjh.v7i2.636

Abstract

Abstract In today's digital era, as a container that provides a place for audiences and even individuals, where they have the same interest in finding and reading information, the web is the answer to the above statement. This is in line with the rapid growth of Information Technology both in developed countries and in developing countries, namely the availability of the internet, which can be accessed anytime and from anywhere. As a new media, mass media in the form of online news can be found in Kompas and Detik News. Framing analysis needs to be known to provide a concept for the use of images in a media report, it is necessary to look at it from various points of view. In choosing a fact has two probabilities that is what can be chosen in terms of (news section), then what can be discarded (which section is not reported). This depends on how the media sees the interesting part of news. Pan and Kosicki say that framing in media discourses is a way of social awareness that involves at least three main keys, namely the source, the journalist or reporters, and the audience. This is done to attract readers to an important part of a text in the news. The units observed in a structure there are several things that can be explained. In understanding the culture that concerns the basis of human social life is regulated, while framing analysis used by translators in testing media discourse. Keyword: Online Media, Framing, Kompas.com, and Detik News.
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR USTADZAH DAN SANTRI PUTRI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP Ziana Nur Alifah; Ismah Ismah
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 7 No. 2 (2023)
Publisher : Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penerapan strategi komunikasi sangat dibutuhkan komitmen dan kerja sama dalam pelaksanaan strategi interaksi antara dua orang atau LEBIH dalam kelompok, terutama dalam bentuk tatap muka. Dalam pondok pesantren sebagai salah satu pendidikan non formal yang telah memberikan ruang pada santrinya dalam menghadapi kehidupan yang semakin rumit. Pondok pesantren turut andil dalam membentuk karakter yang merupakan bentuk nilai dari perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap perasaan, perkaataan, dan perbuatan berdasarkan norma- norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. zaman sekarang yang serba canggih, dengan informasi sudah mudah di dapatkan seperti media sosial. Tidak sedikit santri sekarang yang terpengaruh dengan budaya yang tidak sesuai dengan karakter yang baik.. Maka dari itu perlu adanya perhatian khusus bagi para ustadzah seperti komunikasi interpersonal. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif (field research), penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat diperoleh dengan menggunakan prosedur- prosedur statistic atau cara-cara lain dan kuantifikasi. Hasil penelitian ini adalahPendekatan yang dilakukan oleh ustadzah kepada para santri dilakukan dengan pendekatan komunikasi interpersonal dengan cara berkomunikasi pada saat ngobrol santai atau dalam proses belajar mengajar. Strategi komunikasi interpersonal yang dilakukan ustadzah dengan santri adalah dengan mengetahui kondisi dari anak terlebih dahulu, mealui media komunikasi dan obrolan yang intens. Faktor pendukung dalam proses komunikasi antara ustadzah dengan santri adalah keakraban dan keterbukaan. Faktor penghambat dalam proses komunikasi yang pertama adalah bahasa,latar belakang santri, perilaku santri. Kata kunci: strategi komunikasi interpersonal, karakter santri, pondok pesantren
STRATEGI DAKWAH PONDOK PESANTREN AN NAHL PADA MASYARAKAT DI PURBALINGGA Marchza Putri Alvita; Tuti Munfaridah
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 7 No. 2 (2023)
Publisher : Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehidupan masyarakat tidak akan terlepas dari yang namanya ajaran agama Islam. Pondok pesantren dan masyarakat tidak dapat dipisahkan. Awal berdirinya pondok pesantren An Nahl masyarakat sekitar masih memandang sebelah mata, karena mereka beranggapan lembaga pendidikan semacam pondok pesantren masih asing dimata ataupun ditelinga masyarakat sekitar. Sebagai masyarakat yang masih awam dengan ajaran agama Islam tentu sangat terganggu dengan hadirnya pondok pesantren An Nahl yang dimana hari-harinya dipenuhi dengan kegiatan pengajian. Seiring berjalannya waktu, masyarakat menjadi sadar bahwa adanya Pondok Pesantren An Nahl penting bagi kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah yang digunakan Pondok Pesantren An Nahl dalam menghadapi masyarakat. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat, serta keberhasilan dakwah yang disampaikan oleh Pondok Pesantren An Nahl. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan moetode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah Pondok Pesantren An Nahl dan masyarakat Desa Karangreja. Hasil penelitian ini adalah strategi dakwah Pondok Pesantren An Nahl pada masyarakat Desa Karangreja yang menghasilkan dakwah yang efektif. Faktor penghambat yang tidak menjadikan pupusnya Pondok Pesantren An Nahl dan justru menambah semangat. Keberhasilan dakwah Pondok Pesantren An Nahl dilihat dari perubahan masyarakat dari moral, tingkah laku dan peningkatan ekonomi. Berdasarkan data yang dikumpulkan menghasilakn kesimpulan bahwa Pondok Pesantren An Nahl menggunakan strategi tilawah dan ta’lim, selain strategi dakwah, Pondok Pesantren An Nahl juga menggunakan pendekatan pendidikan, psikologi, komunikasi, struktural, dan ekonomi. Adapun metode yang digunakan adalah metode mau’idzhah hasanah dan ceramah. Yang terbukti masyarakat antusias mengikuti pengajian yang disediakan oleh Pondok Pesantren An Nahl.
STRATEGI KOMUNIKASI BIRO PELITBANG DALAM MENINGKATKAN SIKAP ENTREPRENEUR GENERASI MUDA DI PONDOK PESANTREN AL IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP Nur Sabi’is; Mochamad Taufiqurrochman Abdul Aziz Zein
Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 7 No. 2 (2023)
Publisher : Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latarl belakang masalahl ini adalah dalam menjalanil kehidupannya seseorangl tidak akanl terlepas daril yang namanyal komunikasi. Sepertil yang dilakukanl oleh pihakl Pondok Pesantrenl Al-Ihyal ‘Ulumaddin Kesugihanl Cilacap dalaml upaya meningkatkan sikap entreprenenur para generasi mudanya. Dalam menghadapi revolusi industry santri di tuntut untuk berperan aktif serta mandiri di segala tatanan kehidupan. Tanpa meninggalkan tugas utamanya yaitu mengaji. Selain itu juga untuk membekali santri dalam bidang enterpreneurship, supaya nantinya tidak gagap ketika sudah hidup di masyarakat, bukan hanya bisa membaca Kitab Kuning, akan tetapi lihai dalam dunia enterpreneur. Tujuanl dari penelitianl ini adalahl untuk mengetahuil strategi komunikasil Biro Pelitbang yang digunakanl oleh Pondokl Pesantren All Ihya ‘Ulumaddin dalaml meningkatkan sikap entreprenenur generasi muda melalui kegiatan pelatihan, keterampilan dan pengembangan (Pelitbang). Pendekatanl yang digunakanl dalam penelitianl ini adalahl pendekatan kualitatifl yang menjelaskanl fenomena yangl sedalam-ldalamnya. Penelitian inil menggunakan teoril komunikasi linterpersonal. Subjek dalaml penelitian inil adalah Pondokl Pesantren All Ihya ‘Ulumaddinl dan Biro Pelitbang. Teknikl pengumpulan datal yang digunakanl ialah lobservasi, wawancara danl dokumentasi. Sedangkanl untuk analisisl data penelitil menggunakan modell Milles andl Hubermen melaluil tahap reduksil data, penyajianl data danl penarikan lkesimpulan. Secara lumum, tujuan pokokl di adakanya kegiatan pengembanganl adalah agarl para santril dapat mengembangkanl potensi yangl ada padal dalam dirinya, terkaitl dengan ilmul pengetahuan danl keterampilan. Pondokl pesantren secaral umum mempunyail peranan sebagail lembaga pendidikanl non formall yang mempunyail andil besarl terhadap terbentuknyal individu musliml yang menguasail ilmu lagama, berpengetahuan luasl dan ber-akhlakull karimah (mempunyail akhlak yangl terpuji) sehinggal mampu untukl mengaplikasikan ilmunyal dalam kehidupanl bermasyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 4