cover
Contact Name
Imam Fahrur Rozi
Contact Email
imam.rozi@polinema.ac.id
Phone
+6285233139738
Journal Mail Official
jip@polinema.ac.id
Editorial Address
Politeknik Negeri Malang Jl. Soekarno Hatta No.9, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141 Phone: (0341) 404424-404425 Fax: (0341) 404420
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika Polinema (JIP)
ISSN : 26146371     EISSN : 2407070X     DOI : https://doi.org/10.33795/jip
The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer Vision Information Retrieval Machine Learning Information System Internet of Things Computer Security Technology Enhanced Learning Education Technologies Digital Forensic Wireless Sensor UI/UX research JIP (Jurnal Informatika Polinema) publishes comprehensive research articles and invited reviews by leading expert in the field. Papers will be selected that high scientific merit, impart important new knowledge, and are of high interest to computer and information technology.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)" : 11 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERHOTELAN BERBASIS KOMPUTASI AWAN Ence Achmad; Banni Satria; Yan Watequlis
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i2.94

Abstract

Sistem Informasi Perhotelan Konvensional seringkali diimplementasikan secaraon-premise dimana pengguna dihadapkan permasalahan seperti tingginya biaya pengadaan infrastruktur hingga pemborosan sumber daya yang diperlukan untuk melakukan instalasi, maintenance dan versioning sistem. Kehadiran dari Cloud Computing telah menjadi segmen yang bertumbuh sangat cepat dalam industri informasi dan teknologi. Cloud Computing menawarkan karakteristik-karakteristik yang unik untuk bisa mengatasi masalah-masalah yang biasa dihadapi pada penerapan sistem informasi konvensional. Pada penelitian ini, penulis menerapkan Cloud Computing dengan model Software as a Service pada Sistem Informasi Perhotelan untuk mengetahui apakah Cloud Computing dengan model Software as a Servicedapat mengatasi permasalahan yang muncul apda penerapan Sistem Informasi Perhotelan Konvensional.
ANALISIS DAN RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERAMALAN TINGKAT PENJUALAN PRODUK TELKOM Excellina Excellina; Yan Watequlis Syaifudin; Mungki Astiningrum
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i2.95

Abstract

PT. Telkom sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang selalu berusaha meningkatkan dan menjaga kualitas layanannya mencoba memasuki potensi pasar dari pengguna internet dengan menyediakan layanan akses internet lewat produknya TDSL (Tube Data Sheet Locator) dan Telepon. Agar dapat bersaing dengan perusahaan lain, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mendapatkan sumber informasi yang akurat untuk membuat rencana di masa depan atau peramalan. Tujuan dari pembuatan sistem informasi ini adalah mengadopsi analisa forecasting secara manual ke dalam sebuah sistem informasi agar lebih praktis, dengan pemrograman php dan MySql sebagai databasenya. Selain itu, digunakan Double exponential smoothing, Moving average dan Least Squares sebagai metodenya sebagai dasar untuk pengambilan keputusan dalam jangka waktu tertentu. Setelah dilakukan observasi pada PT. Telkom, Tbk Blitar, didapat hasil yaitu data historis penjualan produk TDSL dan Telepon pada tahun 2008-2012 untuk dianalisa. Dari ketiga metode yang dipakai pada sistem ini kemudian dihitung forecast error-nya dengan menggunakan metode Mean Error. Dari analisa yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem peramalan ini dapat digunakan untuk mengetahui prediksi/peramalan penjualan produk Telkom pada masa mendatang, sehingga dapat membantu PT. Telkom, Tbk Blitar untuk menentukan pengambilan kebijakan dalam penjualan kedepannya.
APLIKASI PENDETEKSI KEMIRIPAN PADA DOKUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN KARP Inta Widiastuti; Cahya Rahmad; Yuri Ariyanto
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i2.96

Abstract

Kemiripan dokumen merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengetahui penjiplakan dalam dokumen. penjiplakan adalah mencuri hasil karya orang lain dan mengakuinya sebagai karya sendiri, tanpa menyertakan referensi ke sumber aslinya. Praktik penjiplakan ini sering terjadi mengingat menyalin dokumen orang lain dapat dilakukan dengan mudah dengan proses yang bernama copy-paste. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan suatu hal yang dapat digunakan untuk membantu mendeteksi kemiripan dokumen dengan membandingkan pattern (pola) yang ada pada dokumen teks. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Algoritma Rabin Karp. Algoritma Rabin Karp dapat mendeteksi similarity (kemiripan) di dalam dokumen. Algoritma ini menggunakan hashing untuk menemukan substring(suatu bagian dari string) dalam sebuah teks dengan menggunakan K-gram. Fungsi hashing adalah untuk mengubah suatu jenis data menjadi beberapa bilangan bulat sederhana. Jumlah Karakter yang digunakan sebagai pattern dalam hashing disebut sebagai K-gram. Bilangan bulat hasil dari tersebut akan menjadi tolok ukur untuk mengetahui berapa similarity yang ada pada dokumen tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi pendeteksi kemiripan dengan membandingkan 2 dokumen. Penelitian ini memperlihatkan bahwa algoritma ini dapat berkerja dengan baik dalam mendeteksi kemiripan dokumen dengan memperlihatkan prosentase similarity yang ada pada dokumen tersebut.
WEB PEMBUAT PUISI OTOMATIS MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO Laras Palupi P; Cahya Rahmad; Dwi Puspitasari
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i2.97

Abstract

Puisi adalah karangan sastra yang cara penulisannya terikat oleh bait, baris, irama, sajak, keindahan kata, dan isi. Dikatakan terikat sebab dalam penulisan puisi tidak diungkapkan secara panjang lebar seperti karangan prosa, tetapi harus memperhatikan banyaknya baris atau larik dalam bait dan harus memperhatikan irama persajakkan suku kata akhir. Hasil survey membuktikan bahwa tidak banyak orang dapat menulis puisi. Untuk itu dibuatlah web pembuat puisi otomatis menggunakan metode Monte Carlo untuk mempermudah orang membuat puisi. Monte Carlo adalah sebuah metode pengembangan dari metode pencarian acak yang paling sederhana dalam menyelesaikan suatu permasalahan tanpa harus melibatkan banyak operasi matematika dan struktur data yang rumit. Sistem ini dibuat dengan cara menerima input tema dari user, kemudian sistem akan menampilkan hasil puisi baru. Cara kerjanya yaitu sistem akan mengacak kata awal 90% dari tabel kata awal dan 10% dari tabel kata menggunakan metode Monte Carlo. Untuk kata kedua, ketiga hingga ke-n, sistem akan mengacak kata sesuai tema yang telah dipilih berdasarkan frekuensi yang sering dipakai dalam bank puisi. Hasil dari sistem digunakan untuk membantu orang-orang untuk mengekpresikan perasannya lewat hasil mesin pembuat puisi ini. Pengujian dilakukan dengan dua cara, yaitu pengujian sistem admin serta pengujian yang mengikutsertakan user dalam memberikan penilaian hasil mesin pembuat puisi. User menjalankan aplikasi dengan mencoba masing-masing tema sebanyak tiga kali. Dari hasil tersebut dapat dinilai rata-rata bahwa aplikasi ini baik atau sudah mencukupi dalam membantu orang membuat puisi.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TIKET KAPAL EXPRESS BAHARI 1C GRESIK – BAWEAN BERBASIS WEB M. Farid Husni Mubarok; Ariadi Retno Tri Hayati Ririd; Nurudin Santoso
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i2.98

Abstract

Dengan kemudahan adanya internet penyedia jasa khususnya pada PT Pelayaran akan dimudahkan dalam menjalankan bisnisnya, karena dalam penyampaian informasi dan pengolahan data penjualan dapat dicapai dengan membangun sebuah web. Web saat ini adalah sarana terbaik sebagai sarana informasi dan promosi. Dengan adanya web ini diharapkan dapat mengurangi antrian saat calon penumpang membeli tiket kapal diloket. Karena proses penjualan tiket yang masih dilakukan secara manual, sehingga penyedia tiket akan kualahan dalam melayani calon penumpang dalam waktu bersamaan saat ramai-ramainya khususnya pada musim mudik. Maka dibangunlah sebuah sistem informasi penjualan tiket untuk meningkatkan perbaikan pelayanan penjualan tiket dan untuk memudahkan calon penumpang membeli tiket. Sistem Informasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan HTML serta menggunakan basis data Mysql. Dengan fitur pengaturan jadwal keberangkatan, mengelola booking, memperbaharui informasi dan menyediakan laporan.
SISTEM MANAJEMEN PENGELOLAHAN HOTEL UMM INN BERBASIS WEBSITE Muhammad Ghulam Asshokin; Deddy Kusbianto Purwoko Aji; Ariadi Retno Tri Hayati Ririd
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i2.99

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuat banyak perusahaan di bidang administrasi perhotelan mulai mengembangkan sistem yang menggunakan teknologi informasi. Salah satu cara adalah dengan menggunakan aplikasi berbasis web. Pemesanan sistem informasi berbasis web dikembangkan di Hotel UMM INN. Sistem ini mengelola data pemesanan check-in dan check-out proses. Sistem informasi reservasi dikembangkan oleh model air terjun, dan dibangun dengan PHP dan PhpMyAdmin sebagai alat untuk membantu mengelola database MySQL dan editor teks Dreamweaver Sistem informasi reservasi dapat memberikan kemudahan kepada resepsionis hotel dan pelanggan dalam membuat reservasi. Selain itu, pengunjung juga dapat memperoleh semua informasi dan berita tentang fasilitas yang ada di Hotel UMM INN. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas untuk memastikan konsumen menghabiskan waktu dengan spesial. Manfaatkan wi-fi di tempat-tempat umum, lift, transfer bandara/hotel, restoran yang disediakan hotel. Televisi, pembuat kopi/teh, ruangan bebas rokok, fasilitas menyetrika, ruang duduk dapat ditemukan di setiap kamar. Untuk meningkatkan jumlah bermalam para tamu, hotel ini menawarkan fasilitas rekreasi seperti taman. Suasana yang ramah dan pelayanan yang terbaik adalah apa yang dapat konsumen harapkan selama tinggal di UMM Inn.
RANCANG BANGUN LAYANAN E-COMMERCE BERBASIS SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE Alfian Ardiyanta R; Imam Fahrur R; Rudy Ariyanto
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i2.100

Abstract

Layanan e-Commerce merupakan suatu aplikasi yang dapat membantu merchant dalam pembuatan online shop. Dalam pembangunan Layanan e-Commerce metode untuk arsitektur aplikasi yang dapat digunakan adalah Service Oriented Architecture (SOA). SOA adalah suatu teknologi arsitektur pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan Service, memungkinkan hubungan dan pertukaran data atau informasi antar bagian menjadi mudah dan merupakan solusi dalam menghadapi permasalahan dalam bidang pengolahan data atau informasi suatu organisasi yang terus berkembang. Berdasarkan analisis SOA pada layanan e-Commerce dihasilkan 10 service utama yaitu merchant service, login service, kategori service, produk service, order service, confirmation payment service, customer service, setting service, akun bank service, dan blog service. Dalam penelitian ini service utama dirancang dan implementasikan pada aplikasi Layanan e-Commerce menggunakan web services. Simpulan dari penelitian ini, perancangan dan penerapan suatu e-Commerce bagi organisasi yang bisnis prosesnya terus berubah dan berkembang mengikuti kebutuhan sangat tepat menggunakan analisa dan perancangan berbasis Service Oriented Architecture dengan menggunakan Web Service.
OPTIMASI PENJADWALAN SIDANG SKRIPSI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK NEGERI MALANG Alfian Dwi Cahyo; Imam Fahrur R; Rudy Ariyanto
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i2.101

Abstract

Pada saat ini pembuatan jadwal sidang skripsi di Jurusan Elektro Program Studi Teknik Informatika masih dibuat secara manual oleh koordinator skripsi. Pembuatan jadwal tersebut membutuhkan waktu yang banyak dalam pemilihan dosen penguji agar tidak bentrok. Dengan memiliki suatu aplikasi berupa optimasi penjadwalan sidang tentu saja sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan-keuntungan pada koordinator sidang.. Maka dari itu perlu dibuat sebuah aplikasi untuk membantu koordinator skripsi dalam pembuatan jadwal tersebut. Pembuatan optimasi penjadwalan sidang skripsi ini mengadopsi aturan yang telah dibuat oleh koordinator sidang skripsi kemudian dimasukkan ke dalam dalam bahasa php. Pada proses penjadwalan tersebut pembagian ruang, waktu, mahasiswa dan dosen dilakukan secara otomatis oleh sistem. Jadi dosen pembimbing tidak boleh menguji mahsiswa yang dibimbingnya, salah satu dosen pembimbing harus hadir pada saat mahasiswa yang dibimbingnya tersebut melakukan sidang. Dosen penguji sidang tersebut tidak boleh menguji di ruang yang lain pada sesi yang sama. Pemilihan ruang, waktu, mahasiswa serta dosen penguji diacak oleh sistem denga. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini berhasil membuat penjadwalan sidang skripsi secara otomatis dan hasil penjadwalan sidang tersebut telah memenuhi peraturan yang telah dibuat oleh koordinator sidang skripsi. Sehingga optimasi penjadwalan sidang skripsi yang telah dibuat sudah optimal
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA BURUNG KENARI DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR Ari Rahmawati; Dwi Puspitasari; Hendra Pradibta
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i2.102

Abstract

Burung kenari banyak diminati, maka dalam pemeliharaannya diperlukan informasi yang tepat. Salah satu informasi yang diperlukan adalah solusi penanganan terhadap penyakit burung kenari. Saat ini solusi penanganan penyakit hanya didapatkan dari dokter hewan sehingga untuk mempermudah pemilik burung kenari mendapatkan informasi diagnosa penyakit dan solusi penyakit pada burung kenari.Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah sistem pakar diagnosa penyakit pada burung kenari dengan metode Certainty Factor(CF) agar didapatkan keakuratan atau ketepatan perhitungan dalam mendiagnosis gejala penyakit pada burung kenari. Sistem ini dikembangkan dengan menganalisis gejala-gejala penyakit yang diinputkan kemudian diolah dan diperhitungkan dengan CF. Hasil diagnosa sistem menampilkan penyakit yang diderita burung kenari dan memberikan solusi pada penyakit dengan nilai prosentase certainty factor terbesar.
PENGEMBANGAN SISTEM PENCARIAN LOKASI KULINER DI KOTA MALANG DENGAN LOCATION BASED SERVICE Fitri Maharany; Ulla Delfana Rosiani; Dyah Ayu Irawati
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i2.103

Abstract

Kota Malang merupakan salah satu kota tujuan wisata. Wisata yang disajikan tidak hanya berupa wisata alam, tetapi juga wisata kuliner. Perkembangan kuliner di Malang menjadi semakin pesat sehingga semakin banyak pula wisatawan yang ingin mengunjunginya. Namun, karena keterbatasan informasi membuat permasalahan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi kuliner tersebut.Oleh karena itu, dikembangkan sebuah Sistem Pencarian Lokasi Kuliner di Kota Malang dengan Location Based Service(LBS) yang menggunakan sistem operasi Android. LBS adalah implementasi dari mobile GIS (Geographic Information System), yang menampilkan posisi secara geografis keberadaan posisi pengguna dari perangkat mobile melalui GPS (Global Positioning System) sehingga dapat mengidentifikasi lokasi seperti lokasi kuliner dari pengguna. Sistem Pencarian Lokasi Kuliner di Kota Malang ini dapat menampilkan informasi mengenai lokasi kuliner di kota Malang. Sistem ini mempunyaibeberapa fitur yaitu, menemukan lokasi kuliner terdekat, pencarian berdasarkan kategori dan rating, menampilkan rute menuju lokasi kuliner, menambahkan review lokasi kuliner, memberikan rating lokasi kuliner, serta menambahkan lokasi kuliner baru. Dengan fitur tersebut maka Sistem Pencarian Lokasi Kuliner di Kota Malang ini dapat menyajikan informasi dan pencarian lokasi kuliner di Kota Malang ke dalam sebuah sistem dengan pendekatan teknologi informasi serta referensi tambahan bagi pihak-pihak yang memerlukan informasi berkaitan dengan kuliner yang dapat membantu mengembangkan obyek kuliner tersebut.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 2 (2024): Vol 10 No 2 (2024) Vol. 10 No. 1 (2023): Vol 10 No 1 (2023) Vol. 9 No. 4 (2023): Vol. 9 No. 4 (2023) Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023) Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023) Vol. 9 No. 1 (2022): Vol 9 No 1 (2022) Vol. 8 No. 4 (2022): Vol 8 No 4 (2022) Vol. 8 No. 3 (2022): Vol 8 No 3 (2022) Vol. 8 No. 2 (2022): Vol 8 No 2 (2022) Vol. 8 No. 1 (2021): Vol 8 No 1 (2021) Vol. 7 No. 4 (2021): Vol 7 No 4 (2021) Vol. 7 No. 3 (2021): Vol 7 No 3 (2021) Vol. 7 No. 2 (2021): Vol 7 No 2 (2021) Vol. 7 No. 1 (2020): Vol 7 No 1 (2020) Vol. 6 No. 4 (2020): Vol 6 No 4 (2020) Vol. 6 No. 3 (2020): Vol 6 No 3 (2020) Vol. 6 No. 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020) Vol. 6 No. 1 (2019): Vol 6 No 1 (2019) Vol. 5 No. 4 (2019): Vol 5 No 4 (2019) Vol. 5 No. 3 (2019): Vol 5 No 3 (2019) Vol. 5 No. 2 (2019): Vol 5 No 2 (2019) Vol. 5 No. 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018) Vol. 4 No. 4 (2018): Vol 4 No 4 (2018) Vol. 4 No. 3 (2018): Vol 4 No 3 (2018) Vol. 4 No. 2 (2018): Vol 4 No 2 (2018) Vol. 4 No. 1 (2017): Vol 4 No 1 (2017) Vol. 3 No. 4 (2017): Vol 3 No 4 (2017) Vol. 3 No. 3 (2017): Vol 3 No 3 (2017) Vol. 3 No. 2 (2017): Vol 3 No 2 (2017) Vol. 3 No. 1 (2016): Vol 3 No 1 (2016) Vol. 2 No. 4 (2016): Vol 2 No 4 (2016) Vol. 2 No. 3 (2016): Vol 2 No 3 (2016) Vol. 2 No. 2 (2016): Vol 2 No 2 (2016) Vol. 2 No. 1 (2015): Vol 2 No 1 (2015) Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015) Vol. 1 No. 3 (2015): Vol 1 No 3 (2015) Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015) Vol. 1 No. 1 (2014): Vol 1 No 1 (2014) More Issue