cover
Contact Name
Tarmiji Siregar
Contact Email
tarmijisir@gmail.com
Phone
+6285275356446
Journal Mail Official
journalpedagogik@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pengabdian No 395 Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Pedagogik : Jurnal Pendidikan dan Riset
Published by CV. Edu Tech jaya
ISSN : -     EISSN : 30257719     DOI : -
Core Subject : Education,
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education and Community Dedication. Articles published in journals are the results of research or areas of educational and comunity dedication thought carried out by researchers, teachers, lecturers, and education students. Detailed information for article loading and article instructions is provided in each issue.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024)" : 10 Documents clear
Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Membantu Siswa Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Dalam Berbahasa di Pondok Pesantren Al-Abraar Faujiah Harahap, Afifatul
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku sopan santun dalam berbahasa serta pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk membantu siswa meningkatkan perilaku sopan santun dalam berbahasa di pondok pesantren Al-Abraar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru bimbingan konseling. Objeknya adalah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk membantu siswa meningkatkan perilaku sopan santun dalam berbahasa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku sopan santun dalam berbahasa yang di terapkan siswa masih belum sesui dengan etika berbahasa, upaya yang di lakukan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan perilaku sopan santun dalam berbahasa sangat berpengaruh terhadap peningkatan perilaku sopan santun dalam berbahasa, ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh dalam upaya meningkatkan perilaku sopan santun dalam berbahasa di pondok pesantren Al-Abraar, antara lain adalah: Lingkungan sekitar, guru dan orangtua.
Pengaruh Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Rasa Kurang Percaya Diri Bagi Mahasiswa Amaliyah Lubis, Hilda; Syaukani, Syaukani; Wahyuni, Sri
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aimed of this study was to know the effects of counseling in overcoming the lack of confidence of students in the departement Islamic Education Guidance and Counseling 6th semester. The research methodology of this study used quantitative approach with the kind of research quasy experiment non-equivalent control group design. The research was done at UINSU Medan. The population of this research were the entire students at the department of Islamic Education Counseling and Guidance 6th semester. The samples of this research were chosen from class bkpi-1 as an experiment class and bkpi-2 as a control class. Tho total samples were 40 students.Result of the study showed that there is an influence of counseling guidance in overcoming the lack of confidence of thhe students at the department of Islamic Education Guidance and Counseling 6th semester. It was proved by the results of Pos-test. The value of control class students is (69.55) and the value of experimental class students is (80.45). Therefore, this researchs conclude that guidance and counseling have a positive and significant impact on students' confidence at the departement of Islamic Education Counseling and Guidance 6th semester: Based on the results of data analysis using simple linear regression tests that it is significant value of 0.05 where the value is less than 0.05 or T <0.05, and the value of regression coefficient of guidance and counseling is 1.621, and the So, it can be conclude that group guidance has a positive influence on confidence levels of the students.
Kerja Sama Guru Bimbingan Konseling Dengan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Membentuk Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tanjungbalai Khoiriah Sitorus, Intan
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bentuk kerja sama guru BK dan guru PAI dalam membentuk akhlak siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tanjungbalai. (2) Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kerja sama Guru BK dan Guru PAI dalam membentuk akhlak siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tanjungbalai.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data ada tiga cara yaitu: observasi, wawancara, studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk pelaksanaan dari kerja sama yang dilakukan guru BK dengan guru PAI dalam membentuk akhlak dengan saling membagi tugasnya masing-masing. (2) Faktor pendukung: (1) Tersedianya buku-buku Agama Islam dan Bimbingan Konseling (2) Antara Guru PAI dan Guru BK memiliki visi misi yang sama. (3) Guru BK dan Guru PAI di Madrasah ini saling mengerti satu sama lain dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Sedangkan faktor penghambat: (1) Guru PAI dan Guru BK terkadang tidak yakin dengan kemampuan nya masing-masing dalam membentuk akhlak siswa di Madrasah ini. (2) Perbedaan cara atau metode antara Guru PAI dengan Guru BK (3) Ketika Guru BK memberikan nasihat kepada siswa tersebut, siswa itu ada yang main-main dan tidak mendengarkan apa yang Guru BK dan Guru PAI sampaikan.
Konflik Interpersonal Individu Ditinjau Dari Intensitas Kepribadian Lesmana, Gusman; Pradisty, Nabawi; Lubis, Fatria
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konflik merupakan sebuah konsekuensi logis dari komunikasi antara dua pihak. Dalam kehidupan bermasayarakat,seseorang dimanapun dan kapanpun tidak lepas dari konflik.Tujuan dari dibuat artikel kapita selekta yang berfokus pada konflik interpersonal individu ditinjau dari intensitas kepribadian adalah untuk memberikan pemahaman kepada pembaca bahwa setiap individu memiliki konflik didalam kehidupannya. Konflik seringkali dipandang negatif karena merugikan semua pihak, baik yang terlibat konflik maupun pihak disekitarnya. Namun konflik juga mempunyai jiwa atau semangat untuk memperbaiki diri, karena kehidupan adalah proses dialektis. Konflik yang dampaknya sangat buruk dapat mempunyai fungsi yang positif seperti memperkuat solidaritas kelompok yang cukup longgar, dapat menyebabkan anggota masyarakat yang terisolasi menjadi turut berperan aktif, selain dapat dijadikan sebagai fungsi komunikasi antar anggota kelompok.
Efektivitas Layanan Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Binjai Indrie Ambarsari, Anindya; Hasibuan, M. Fauzi
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional pada siswa SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan konseling individual menggunakan pendekatan cognitive behavior theraphy (CBT). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa yang mengalami kecerdasan emosional rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang mengalami kecerdasan emosional ditinjau dari beberapa indikator antara lain kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati, dan keterampilan sosial. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan individual menggunakan pendekatan cognitive behavior theraphy. (2) terdapat perbedaan yang signifikan keverdasan emosional siswa pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan konseling individual. (3) terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment).
Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Keterbukaan Diri Siswa di SMA Swasta Budisatrya Medan Maslan, Maslan
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan bagaimana peran guru BK dalam mengembangkan keterbukaan diri siswa, 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterbukaan diri siswa di SMA Swasta Budisatrya Medan. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah wakil kepala kesiswaan, guru bimbingan dan konseling, wali kelas dan siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data dari Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data menggunakan teknik Credibility, Transferability, Depandibility dan Confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Peran yang digunakan dalam mengembangkan keterbukaan diri ialah dengan menggunakan teknik konseling individual, dan teknik bimbingan klasikal. Terdapat empat faktor yang mempengaruhi keterbukaan diri diantaranya, efek diadik dimana individu hanya akan terbuka jika orang lain terbuka, topik pembahasan, kepribadian serta perceraian orang tua.Layanan konseling individual yang diberikan pada siswa disesuaikan dengan kebutuhan dan masalah siswa itu sendiri. Pelaksanaan layanan konseling individual di SMA Swasta Budisatrya Medan dilakukan pada saat siswa memiliki masalah yang membutuhkan untuk menggunakan teknik layanan konseling individual, sehingga siswa mengetahui bagaimana dampak dan mampu memecahkan masalahnya bersama dengan guru Bimbingan dan Konseling.
Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Waktu Pada Siswa Kelas VIII di MTs. Madinatussalam Tembung Natasyah, Nurul; Siregar, Alfin; Aziz Rusman, Abdul
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dapat meningkatkan disiplin waktu pada siswa di kelas VIII MTs Madinatussalam Tembung. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre test posttest. Penelitian dilaksanakan di Sekolah MTs Madinatussalam Tembung JL.Sidomulyo Pasar IX Dusun XIII Desa Sei Rotan Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Madinatussalam dengan sampel sebanyak 10 anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan Angket Disiplin Waktu dengan teknik analisis data menggunakan uji-t (Paired-Samples T-test). Berdasarkan hasil penelitian bimbingan kelompok dengan teknik Self Managemen dalam meningkatkan disiplin waktu siswa kelas VIII MTs Madinatussalam Tembung dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan rata-rata skor disiplin waktu dari sebelum Pretest mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self Managemen adalah 38,20 dengan standard deviasi 2,65, nilai minimum yang diperoleh sebesar 35 dan nilai maksimumnya sebesar 42 dan setelah Posttest mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self Management meningkat menjadi sebesar 44,30 dengan standard deviasi 1.418, nilai minimum yang diperoleh sebesar 43 dan nilai maksimumnya sebesar 47.Dari hasil uji-t menggunakan bantuan program SPSS versi 22 diperoleh nilai disiplin waktu siswa signifikasi pada bimbingan kelompok dengan teknik self management sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi 0.000 < 0.05, sehingga hasil pengujian hipotesis menolak H0 atau menerima Ha dalam taraf signifikansi 5% artinya ada Bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif dalam meningkatkan disiplin waktu pada siswa kelas VIII MTs Madinatussalam Tembung.
Kolaborasi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Membina Karakter Peserta Didik di MAN 1 Medan Nurhayani, Nurhayani; Simanungkalit, Semiana
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Upaya yang dilakukan oleh guru bidang studi Akidah Akhlak dalam pembinaan karakter ialah dengan metode pendekatan, pembiasaan dan pemberian nasehat. Upaya yang dilakukan guru Bimbingan Konseling dalam pembinaan karakter peserta didik dengan wawancara,memberikan layanan orientasi,layanan informasi dengan menggunakan metode yang bersifat klasikal. Kerjasama yang dilakukan oleh guru bidang studi Akidah Akahlak dan guru Bimbingan Konseling sudah sesuai dalam bidang masing-masing. Dimana guru bidang studi Akidah Akhlak pendekatan religius melalui pembelarajan didalam kelas dan guru Bimbingan Konseling akan mengawasi dan membina karakter peserta didik di luar kelas. Adapun bentuk kolaborasi yang dilakukan ialah bentuk kolaborasi informal artiya kolaborasi yang dilakukan atas kesepakatan kedua belak pihak tanpa adanya perintah atau aturan dari kepala sekolah.
Upaya Meningkatkan Resiliensi Siswa Korban Bullying Melalui Layanan Konseling Individual di SMA Negeri 1 Padang Bolak Widya Safitri Harahap, Widya; Nasution, Fauziah; Walad Ahkas, Akmal
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan resiliensi siswa korban bullying melalui layanan konseling individu di SMA Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan pendekatan kualitatif deksriptif, yang dilakukan oleh peneliti dengan mempertimbangkan latar belakang masalah yang terjadi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Padang Bolak yang mendapatkan layanan konseling individual dengan tema bullying. Adapun teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan konseling individual yang dilakukan untuk meningkatkan resiliensi siswa korban bullying melalui layanan konseling individual di kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Padang Bolak mengalami peningkatan dari tiap-tiap tindakan yang dilakukan. Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan orang siswa, Namun 24 siswa tidak terjadi peningkatan proses resilensi siswa, sehingga pada siklus I belum mencapai target 75% dan hanya mencapai 22,6%. Kemudian pada siklus II berdasarkan hasil penilaian observasi dan penyebaran instrumen dan diketahui bahwa terjadi peningkatan resilensi siswa korban bully pada 24 orang siswa dan 1 siswa tidak terjadi peningkatan, sehingga pada siklus II sudah mencapai target 77,4% .
Hubungan Antara Kinerja Guru Bimbingan Konseling Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII di MTs. Negeri 1 Asahan Febrianti, Annika
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kinerja guru bimbingan dan konseling dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di MTS Negeri 1 Asahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dengan menggunakan teknik random sampling atau sampel acak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar ke 30 responden di kelas VIII MTS Negeri 1 Asahan. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis. Pengelolaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistics versi 23 dan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,373 dan rtabel sebesar 0,361, terdapat hasil korelasi sebesar 0,373 > 0,05 pada taraf signifikansi 5% dan berada pada interpretasi (0,200-0,399) pada kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak dan terdapat hubungan antara kinerja guru bimbingan konseling dengan kedisiplinan belajar siswa yang berada pada interprestasi (0,200-0,399) dan termasuk ke dalam kategori rendah. Penelitian ini bermakna bahwa rendahnya hubungan kinerja guru BK dengan kedisipliann belajar siswa dapat terjadi dari faktor lain yang tidak diteliti seperti kondisi keluarga, lingkungan kelas serta sekolah, diri sendiri, dan guru di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10