cover
Contact Name
FEBRY ICHWAN BUTSI
Contact Email
ichwan.butzi@gmail.com
Phone
+6281275054947
Journal Mail Official
judika@fisip.uisu.ac.id
Editorial Address
Departemet of Communication Science Faculty of Social and Political Sciences, Islamic University of North Sumatra, 20143, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JUDIKA
ISSN : -     EISSN : 29636043     DOI : http://dx.doi.org/10.30743/jdkik.v1i2
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UISU. Judika merupakan jurnal yang didedikasikan untuk mendiseminasikan artikel ilmiah dari para akademisi, praktisi, dan peminat kajian Ilmu Komunikasi dari lintas perguruan tinggi baik lokal, nasional, bahkan internasional. Kajian yang dimuat ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian kehumasan, komunikasi organisasi, komunikasi kelompok, komunikasi pemasaran, psikologi komunikasi dan kajian lain yang relevan dengan Ilmu Komunikasi. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yakni pada bulan Januari dan Juli. Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi telah terindeks di Google Scholar, serta telah memiliki e ISSN yang diterbitkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional, Direktorat Repositori Multimedia dan Penerbitan Ilmiah dengan nomor 2963-6043.
Articles 16 Documents
POLA KOMUNIKASI DALAM PEMBINAAN KARAKTER ISLAM PADA ANGGOTA BADAN KOMUNIKASI PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA (BKPRMI) KOTA MEDAN Junedi Singarimbun; Hans Prayoga
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2023): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i2.7519

Abstract

Dalam organisasi BKPRMI memiliki Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Dakwah Sumber Daya Manusia (LPPDSDM) yang dapat mengatasi permasalahan karakter islam pada remaja terutama pada anggota BKPRMI di kota medan. Dikarenakan ketaqwaan diri seseorang kepada Allah SWT bisa naik dan turun, dan bagaimana jika pemuda dan remaja masjid memiliki ketaqwaan yang rendah kepada Allah SWT dan terjerumus kedalam perbuatan yang negatif maka dari itu LPPDSDM BKPRMI Kota Medan berupaya melakukan pembinaan dan pengembangan karakter pemuda islam dengan cara meningkatkan pemahaman pengetahuan islam terhadap anggota BKPRMI di kota Medan agar tujuan organisasi dapat tercapai. Sehingga tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahaui bagaimana cara pendekatan komunikasi dalam pembujukan secara logika dan proses penyampaian pesan yang dilakukan oleh pengurus sehingga dapat mempengaruhiemosi anggota. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa Melakukan proses pemahaman terhadap anggota tidak hanya dari kegiatan kajian tentang agama tetapi juga dari kegiatan-kegiatan sosial dan keilmuan lainnya, LPPDSM DPD BKPRMI Kota Medan membuat program untuk anggota dan masyarakat untuk pembinaan karakter islam dengan cara SOSMED (Sosial, Manajemen Diri, Dakwah), LMD (Latihan Manajemen Dakwah) I, Pelatihan IMTAQ (Iman dan Taqwa), kajian-kajian dari Masjid ke Masjid. Peningkatan kualitas pemahaman anggota tentang ajaran-ajaran Islam tentu memiliki hubungan erat dengan perbaikan karakter atau akhlak.
EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DISBUDPAR PEMKO MEDAN MEMPERKENALKAN MASJID RAYA AL-OSMANI SEBAGAI DESTINASI WISATA RELIGI PADA MILENIAL Ridwan Nasution; Sri Alfridayanti
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6264

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian mengenai tingkat efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Medan dalam memperkenalkan Masjid Raya Al-Osmani sebagai destinnasi wisata religi kepada kelompok milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, data kepustakaan serta wawancara kepada informan utama yaitu  pengunjung yang termasuk dalam kelompok milenial dan informan pendukung Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Kota Medan, Kepala Sub Koordinator Bidang Cagar Budaya Kota Medan, dan Ketua Badan Kenaziran Masjid Raya Al-Osmani. Hasil penelitian terhadap efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Medan dalam memperkenalkan Masjid Raya Al-Osmani kepada kelompok milenial masih belum efektif dan masih harus ditingkatkan lagi dalam hal promosi serta pengadaan sarana dan prasarana. Hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang dilakukan dan observasi penelitian.
MITIGASI BANALITAS KORUPSI DI INDONESIA DALAM KOMUNIKASI POLITIK HANNAH ARENDT Yohanes Probo Sasongko; Erwin Setyawan
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2023): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i2.7575

Abstract

Perbuatan korupsi adalah sebuah tindakan yang merendahkan manusia tersebut sebagai pelakunya.  Korupsi dalah bentuk kejahatan yang tidak  memiliki riwayat penanggulangan yang baik. Oleh sebab itu, perbuatan korupsi yang menjadi pekerjaan rumah bangsa kita menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengatasinya. Dalam perspektif Hannah Arendt, korupsi dilihat sebagai perbuatan yang banal, artinya korupsi sebagai bentuk budaya yang salah dan dibenarkan. Hal ini adalah bentuk kesesatan berpikir secara kreatif dan hilangnya nilai- nilai moral yang ada pada diri manusia tersebut. Perbuatan korupsi harus dihapuskan dengan berbagai kebijakan yang ada dan regulasi segala hal, terutama menciptakan mentalitas yang sadar dan bernalar sehat juga bagaimana memberikan sanksi yang cukup berat kepada pelaku korupsi, sehingga perbuatan korupsi dapat dilampaui dengan baik. Pada penelitian ini, dengan mengambil tema komunikasi politik, metode yang dipakai sebagai usaha untuk membedah secara menyeluruh serta mengembangkan penjelasan secara terstruktur mengenai pemahaman dan bentuk- bentuk yang perlu diperhatikan mengenai tindakan korupsi. Maka, metode yang digunakan yakni, dengan menggunakan metode kualitatif, melalui studi telaah analisis  pada teori komunikasi politik yang dirumuskan oleh Hanna Arendt. Terkait dengan upaya mengatasi perbuatan korupsi di Indonesia, Ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan dapat mereduksi perbuatan korupsi yang telah merugikan masyarakat dan pemerintah. Pertama,  Pembenahan terhadap system pengawasan dan pembenahan hukum. Kedua, seluruh pola pendidikan di Indonesia haruslah diubah. Ketiga, dalam konteks upaya pembenahan yang lebih mendalam, korupsi haruslah dibuat menjadi “korup”.
REPRESENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI TERHADAP PERBEDAAN RAS PADA FILM GREEN BOOK Reyhan Alzhilansyah Suherman; Yogi Muhamad Yusuf; Charisma Asri Fitrananda
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6440

Abstract

Penelitian berjudul representasi nilai-nilai toleransi terhadap perbedaan ras pada film Green Book ini bertujuan untukmengetahui bagaimana makna denotasi, konotasi, mitos dan pesan yang ingin disampaikan dalam Film Green Book. Peneliti menggunakan analisis semiotika yang dikembangkan oleh Roland Barthes dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara studi Pustaka, observasi, serta wawancara sehingga makna denotasi, konotasi, mitos serta pesan yang ingin disampaikan dalam Film Green Book. Hasil penelitian, ditemukan makna denotasi, konotasi serta mitos dalam Film GreenBook. Melalui teori semiotika Roland Barthes, peneliti dapat memahami pesan atau simbol-simbol baik tersurat maupun tersirat melalui adegan dalam film dan dialog antar karakter dalam film Green Book. Sehingga pesan dan kritik terhadaptindakan rasisme, prasangka buruk terhadap perbedaan ras, serta pentingnya menumbuhkan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sosial dapat tersampaikan secara baik kepada penonton menggunakan film sebagai salah satu media komunikasi visual.
ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TENTANG PROGRAM 100 HARI KINERJA WALI KOTA MEDAN DI MEDIA ONLINE Febry ichwan butsi; Mei Andriani Hutabarat
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2023): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i2.7518

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih ini kita dihadapkan dengan banyaknya pemberitaan yang diperoleh dari media daring (online). Dalam hal kinerja 100 hari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Medan, di mana momen ini merupakan agenda penting yang tidak boleh terlewatkan untuk diberitakan oleh media yang dimana ikut dalam memberitakan pemberitaan 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Hal ini sangat membahayakan karena bila informasi hanya dikuasai oleh sekelompok orang yang memiliki kepentingan, hal ini akan berdampak pada penggiringan opini. Analisis framing akan menyebabkan  pergeseran pemahaman pembaca terhadap berita karena persepsi rakyat bisa diubah setelah mengonsumsi berita berdasarkan sebuah berita. Media online disini berupaya membentuk opini public bagi kehendak media tersebut, Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pembingkaian media terhadap kinerja 100 hari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Dari kedua media online ini, diambil masing-masing 3(tiga) berita yang akan diteliti. Metode analisis ini ditinjau dari 4(empat) struktur framing : struktur sintaksi, skrip, tematik, dan retoris. Temuan penelitian menunjukkan bahwa konstruksi berita yang dilakukan oleh Waspada.co.id lebih banyak membuat kritikan terhadap program kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Konstruksi yang dibuat oleh HarianSIB.com justru lebih mendukung kebijakan yang dilakukan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Perbedaan yang menonjol dalam kedua media tersebut terdapat pada unsur skrip.
Opini Mahasiswa FISIP USIU Terhadap Pelayanan Pembuatan e KTP di Disdukcapil Kotamadya Medan Raden Deni Admiral; Anggi Tri Novita
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6266

Abstract

Penelitian ini akan menyajikan hasil penelitian tentang opini mahasiwa FISIP UISU terhadap kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Teori yang digunakan adalah Kinerja, Komunikasi Organisasi, dan Opini, Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif yang merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Penelitian ini dilakukan di kampus Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Selanjutnya lokasi penelitian berada di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan alasan penulis memilih lokasi ini adalah karena penulis ingin mengetahui tentang  kinerja, mekanisme dan prosedur dalam penerbitan E-KTP. Dalam penelitian ini kriteria yang akan dipakai adalah mahasiswa FISIP UISU angkatan 2015 sampai 2017 yang telah memiliki E-KTP Kota Medan. Jumlah mahasiswa FISIP UISU angkatan 2015-2017 adalah 125 orang. Dari hasil pra penelitian dari 125 orang mahasiswa FISIP UISU angkatan 2015-2017 hanya terdapat 17 orang mahasiswa yang telah memiliki E-KTP Kota Medan.Teknik pengumpulan data dalam metode ini meliputi metode Wawancara Terarah, Observasi, dan Kuesioner. Analisa data merupakan kegiatan setelah data dari seluruh responden atau sumber data lain terkumpul. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik.Penelitian ini menggunakan data kuantitatif untuk menghasilkan kesimpulan penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Analisis deskriptif adalah metode yang digunakan untuk mendeskripsikan variable, yaitu variabel kinerja pegawai. Hasil penelitian menunjukan opini mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan 2015-2017 terhadap kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan secara umum  menghasilkan opini yang sangat baik terutama di dalam proses komunikasi. Terdapat Opini mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan 2015-2017 terhadap kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan yang kurang baik dalam perilaku kinerja dan work performance.Tingkat kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan dalam pembuatan E-KTP dalam taraf cukup memuaskan dikarenakan hasil dari opini mahasiswa mayoritas memberikan jawaban yang baik.
HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU BERSALIN DI. UPTD. PUSKESMAS PATILUBAN MUDIK TAHUN 2023 Erlina Hayati
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2023): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i2.7730

Abstract

Upaya pencegahan kecemasan ibu primigravida dalam menghadapi persalinan dapat dikurangi dengan meningkatkan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE). Ibu primigravida dapat mengetahui melalui informasi komunikasi terapeutik yang dilakukan petugas kesehatan dilayanan kesehatan yang membagikan pelayanan terapeutik pada ibu primigravida. Semakin baik komunikasi terapeutik yang diberikan oleh petugas kesehatan, akan semakin terus menjadi rendah tingkat kecemasan yang dialami oleh ibu primigravida. . Jenis penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat observasional dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan model cross sectional. Dimana variabel independen dan variabel dependen diteliti secara satu waktu untuk melihat hubungan komunikasi terapeutik bidan dengan tingkat kecemasan ibu bersalin  dalam menghadapi persalinan di Puskesmas Patiluban mudik tahun 2023.Data diperoleh dengan cara menyebarkan daftar pertanyaan (kuesioner digital) kepada responden yang sebelumnya sudah bersedia untuk diambil datanya dan mengisi lembar informed consent terlebih dahulu.. Pengelola data adalah langkah langkah yang digunakan untuk menganalisis data yang sudah diperoleh melalui tahap editing, koding, proses, cleaning data. Analisis data dilakukan bertahap yaitu analisis Univariat dan Bivariat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa distribusi frekuensi komunikasi terapeutik pada ibu Brsalin dalam menghadapi persalinan di UPTD. Puskesmas Patiluban Mudik Tahun 2023 dengan mayoritas komunikasi terapeutik kurang. Dengan indikator kurangnya petugas kesehatan menggali pikiran serta perasaan responden dalam memecahkan masalah yang dialami. Distribusi frekuensi tingkat kecemasan ibu Bersalin  dalam menghadapi persalinan UPTD. Puskesmas Patiluban Mudik  2023. dengan mayoritas tingkat kecemasan ibu Bersalin mengalami cemas sedang.  Dengan indikator yang dialami ibu yaitu situasional kecemasan dan pengalaman subjektif mempengaruhi kecemasan. Terakhir Berdasarkan hasil analisa statistik dengan menggunakan uji chi square diperoleh p value 0,000 dapat disimpulkan p value (0,000) (0,05) sehingga dinyatakan bahwa H0 ditolak yang artinya terdapat Hubungan Komunikasi Terapeutik Bidan  Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Bersalin  Di UPTD. Puskesmas Patiluban Mudik tahun 2023.
STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM PENANGANAN SAMPAH DI KAMPUNG CIBUNUT BERWARNA KOTA BANDUNG Azmi Herdiyanti Mustikawati; Dhini Ardianti; Vera Hermawan
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi lingkungan yang dilakukan kampung Cibunut Berwarna Kota Bandung dalam penanganan sampah., dalam hal ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, dan seleksi dan penggunaan media yang dilakukan kampung cibunut dalam penanganan sampah. Cibunut Berwarna dikenal sebagai kampung perkotaan yang menjadi Kawasan percontohan Bebas Sampah di Kota Bandung dengan mengusung konsep Kampung Berwarna yang disimbolkan melalui mural tentang pesan-pesan lingkungan dan tematik lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan diperoleh gambaran bahwa dalam kegiatan strategi komunikasi lingkungan yang dilakukan di kampung cibunut yaitu dengan memahami karakteristik masyarakat, adanya peran fasilitator atau pegiat lingkungan, adanya mural atau gambar mengenai kegiatan penanganan sampah, adanya unsur persuasif dan edukatif untuk mengajak masyarakat melalui “door to door education”, senam pagi, dan adanya media tatap muka serta media  informasi dan komunikasi melalui whatsapps grup sebagai wadah informasi dan juga publikasi pemberitaan yang masif di media massa online tentang metamorfosis perubahan dari kawasan Kumuh menjadi kampung kreatif sebagai kawasan edukasi lingkungan yang konsisten menjalankan pemilahan dan penanganan sampah di kampung  Cibunut Berwarna Kota Bandung.
EFEKTIFITAS FECEBOOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DIMSUM PUTRA SEBAGAI PRODUK UKM DI KECAMATAN DELITUA KABUPATEN DELI SERDAN Ridwan Nasution; Indri Audrelia Saskia
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2023): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i2.7517

Abstract

Salah satu kemajuan teknologi saat ini yakni Facebook, banyaknya media-media sosial yang berkembang dari hari ke hari membuat facebook terus mengupgrade fitur-fitur baru yang dimana fitur-fitur tersebut lebih memfokuskan untuk membantu para pelaku usaha dalam mempromosikan produk produk secara praktis. UKM Dimsum Putra merupakan usaha dimsum yang cukup sukses karena mempunyai cukup banyak resseler di beberapa kota khususnya di Sumatera dan memiliki 8 karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas facebook dalam meningkatkan penjualan dimsum putra sebagai produk UKM di Kecamatan Delitua Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan dan menggambarkan efektivitas facebook dalam meningkatkan penjualan Dimsum Putra sebagai produk UKM. Penentuan lokasi peneltian yaitu Dimsum Putra di Kecamatan Delitua Kabupaten Deli serdang. Waktu penelitian dilakukan selama 4 bulan yaitu bulan. Infroman dalam penelitian ini adalah pemilik Dimsum Putra. Dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti ternyata promosi yang dilakukan facebook dalam meningkatkan penjualan produk Dimsum Putra belum sepenuhnya efektiv, hanya sampai sebatas penasaran namun belum sampai melakukan pembelian atau tindakan. Dari beberapa pesan yang masuk melalui masseger atau whatsapp calon konsumen hanya menanyakan ketersedian produk dan harga produk. Calon konsumen hanya sekedar ingin tahun harga dan setelah di respon mereka tidak mendapatkan respon kembali.
Strategi Komunikasi Pemasaran Ayam Penyet Cabe Hijau Menarik Minat Pengunjung Zakaria Siregar; Risha Aulia Irwandari
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2023): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v1i1.6267

Abstract

Resto Ayam Penyet Cabe Hijau adalah salah satu restoran yang muncul di Kota Medan, resto ini yang memanfaatkan peluang pasar tersebut.Tingkat kompetisi antara pelaku usaha restoran semakin ketat dan kompetitif. Kompetisi tersebut menuntut Resto Ayam Penyet Cabe Hijau melakukan penyesuaian dalam menyusun strategi-strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Kini restoran tidak hanya menjadi tempat makan dan minum saja, tetapi juga menjadi tempat sosialisasi, pertemuan antar anggota keluarga, teman, rekan kerja, atau sekedar melepas penat. Aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran adalah dikarenakan berhasilnya pertukaran informasi antara dua arah antara restoran dan konsumen. Dalam situasi ini, restoran dan konsumen dihubungkan melalui informasi mengenai produk kepada konsumen, sedangkan bagi konsumen informasi yang didapat digunakan sebagai referensi untuk kunjungan dan melakukan pembelian. Dengan demikian, keberhasilan merebut hati konsumen banyak ditentukan oleh keberhasilan komunikasi pemasaran yang dijalankan.Strategi komunikasi Resto Ayam Penyet Cabe Hijau dalam mempromosikan tempat wisata kulinernya ini menjadi fokus dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Media Sosial, Komunikasi Pemasaran, Strategi Pemasaran, dan Promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif memulai kegiatan penelitiannya dengan suatu focus, pertanyaan, permasalahan, maupun teknik pengumpulan data tertentu.Lokasi penelitian di Resto Ayam Penyet Cabe Hijau, Jalan Sunggal, No.278 Medan, Sumatera Utara. Kemudian melakukan Tanya jawab kepada informan yang lebih spesifik melalui app whatsapp.Data yang diperoleh akan dianalisis dan dikaji melalui pendekatan kualitatif naratif, yaitu dengan mengungkapkan data, menguraikan data dengan mendeskriptifkan data yang diperoleh dari penelitian, baik data primer maupun data sekunder dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami kemudian data yang diperoleh diuraikan serta dikembangkan berdasarkan teori yang ada.Kesimpulan penelitian ini adalah Ayam Penyet Cabe Hijau menggunakan berbagai strategi pemasaran bagi produk mereka, Promosi menggunakan komunikasi interpersonal yang pertama dengan teknik word of mouth, Kedua menggunakan komunikasi interpersonal dengan teknik public relations, Ketiga melalui komunikasi media social yang menjadi strategi komunikasi pemasaran utama.

Page 1 of 2 | Total Record : 16