cover
Contact Name
Elfi Rahmadhani
Contact Email
elfirahmadhani88@gmail.com
Phone
+6281363118102
Journal Mail Official
elfirahmadhani88@gmail.com
Editorial Address
Jl. Persiapan Gelengang No. 5, Kp. Simpang Empat, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Indonesia
Location
Kab. aceh tengah,
Aceh
INDONESIA
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research
ISSN : 30309077     EISSN : 30254795     DOI : https://doi.org/10.61683/jome.v1i02
Core Subject : Education,
MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research is an open accessible platform. The main objective of this Journal is to provide a forum for national or international scholars, academics, and researchers to share ideas in the field of multidisciplinary education. MALEWA journal focuses on: Mathematics Education Islamic Religious Education Language Education Natural Science Education Social Science Education Educational Counseling Childhood Education Curriculum and Teaching Methodology Educational Technology Evaluation of Education Management and Leadership Education Vocational Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research" : 5 Documents clear
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Lembar Peserta Didik dengan Pembelajaran Langsung Santi, Nirmala; Srirahayu, Weni
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i01.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pembelajaran langsung. Metode penelitian ini yakni eksperimen dengan jenis eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan LKPD, dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Setelah perlakuan diberikan, dilanjutkan dengan pemberian tes hasil belajar kognitif kepada kedua kelas penelitian. Dari data tes hasil belajar kognitif siswa diperoleh bahwa kedua kelas penelitian tidak berdistribusi normal dan memiliki variansi berbeda. Kemudian dilanjutkan dengan analisis statistik yakni uji Mann-Whitney. Hasil analisis statistik ini diperoleh bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 kurang dari probabilitas 0,05 (0,002 < 0,005). Jadi, pengambilan keputusan uji Mann-whitney maka disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajaran menggunakan LKPD lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran langsung
Motivasi Berhias dan Kaitannya dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri di Teratak Baru Pesisir Selatan Astuti, Puji; Nasril; Zakirman
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i01.3

Abstract

This study is motivated by the existence of important phenomena or problems that need to be examined, especially the problem of young women dressing themselves in New Teratak. This study aims to investigate the biogenetic, sociogenetic, and theogenetic reasons young women in Teratak Baru decorate themselves. Seven young women with criteria ranging in age from 19 to 21 participated in the qualitative method with a descriptive approach. The results indicate that young women decorate themselves to please and satisfy themselves, to attract community attention, and to worship Allah SWT. However, some of the seven young women still lack confidence despite having decorated because of physical factors such as acne and body fat, and they also have little understanding of what decoration is permitted in Islam.
Pendidikan Politik Pemilih Pemula Pada Pemilihan Umum (PEMILU) Tahun 2024 Di Kabupaten Aceh Tengah Sutrisno; Rif’atussa’adah Sitorus Pane, Siti
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i01.4

Abstract

Pesta demokrasi di Indonesia dilaksanakan tahun 2024 dan menjadi momentum bersejarah bagi rakyat Indonesia. Pemilu akan dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama yaitu pemilu serentak untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden/Wakil Presiden, serta anggota DPRD Provinsi dan Kab/Kota. Sedangkan, tahap kedua merupakan pemilu serentak untuk memilih kepala daerah (Pilkada) Gubernur, Bupati/Walikota serentak secara nasional. Desain pemilu tahun 2024 yang berbeda dari pemilu sebelumnya tentunya menjadi perhatian bersama terlebih pemilih pemula. Pemilih pemula harus diberikan edukasi politik agar terbangun pengetahuan politik yang baik dan tercipta kesadaran berdemokrasi agar berpartisipasi secara maksimal pada pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendidikan politik sangat diperlukan bagi para pemilih pemula sebagai bentuk pengenalan dan preferensi politik menjelang pemilu 2024; (2) Pemilih pemula di Kab. Aceh Tengah sudah mendapatkan informasi maupun pendampingan langsung tentang tata cara pemilu 2024 dari penyelengara pemilu dan media massa RRI Takengon di Kabupaten Aceh Tengah. Kata kunci: Pendidikan Politik, Pemilih Pemula, Pemilu 2024, Aceh Tengah
Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri Takengon Sari, Rahmahidayati
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i01.6

Abstract

This study aims to look at the learning motivation of TBI IAIN Takengon students. Learning motivation is directly related to the enthusiasm for learning. The research method chosen in this research is descriptive qualitative research using the research instrument is observation. The informants of this study were students of English Tadris at IAIN Takengon. The data analysis technique uses the Miles and Huberman approach using 3 steps, namely: reduction, display and verification. The conclusion of this study is that most students give their assignments on time, although there are some students who do not give assignments according to the agreed schedule. There are still students who are late or don't even attend online lectures. Most of the students seem to pay attention to the material taught by the lecturer. So it can be said that the learning motivation of TBI IAIN Takengon students is quite good.
Perilaku Sosial Remaja Peminum Minuman Keras di Desa Sibargot Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara Yusuf, Riski; Afnibar; Wusqo, Urwatul
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i01.8

Abstract

Remaja sebagai generasi penerus bangsa, diharapkan menjadi anggota masyarakat berpendidikan dan berperilaku baik. Kenyataanya banyak remaja melakukan perilaku menyimpang, seperti minum-minuman keras. Untuk itu peneliti ingin melihat lebih detil perilaku sosial mereka, di lingkungan keluarga, masyarakat, dan teman sebaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah remaja, masyarakat, dan teman sebaya. Dengan menggunakan teknik purposive sampling Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) Perilaku sosial remaja peminum-minuman keras di lingkungan keluarga, yaitu:, hubungan interaksi, komunikasi remaja peminum-minuman keras dengan keluarga tidak harmonis, karna orang tuanya tidak setuju minum-minuman keras; 2) Perilaku sosial remaja peminum-minuman keras di lingkungan masyarakat melihat remaja minum-minuman keras di warung tempat remaja berkumpul. Masyarakat sering menegur karena menimbulkan ketidaknyamanan. Bahkan melaporkan kepada kepala desa karena ada remaja yang melakukan pencurian; dan 3) perilaku sosial remaja peminum-minuman keras di lingkungan sesama teman peminum, remaja bergaul seperti biasa mereka minum-minuman keras ketika larut malam. Ketika ada teman mereka memiliki masalah mereka membantu untuk menyelesaikan. Mereka juga membantu iuran untuk membeli minuman keras ketika mereka sudah berkumpul di samping itu mereka tidak memaksa teman mereka yang tidak ikut minum bersama.

Page 1 of 1 | Total Record : 5