cover
Contact Name
Dwi Wulandari
Contact Email
dwiwulandari@uny.ac.id
Phone
+628985590697
Journal Mail Official
dwiwulandari@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Sungging
ISSN : -     EISSN : 29883601     DOI : https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2
Sungging adalah jurnal hasil penelitian, penciptaan, dan pemikiran yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS UNY. Jurnal Sungging memfasilitasi hasil penelitian, penciptaan, dan pemikiran para peneliti, akademisi, perupa, desainer, profesional, dan praktisi dalam bidang seni rupa, kriya, desain, dan pembelajarannya.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2022): Sungging Edisi Januari - Juni" : 9 Documents clear
Relevansi pemahaman nirmana terhadap kemampuan penyusunan ruang tepat guna dalam desain interior Dwi Wulandari; Muhammad Arsyad Halim; Rizki Firmansyah; Melina Yuni Astuti; Wisnu Lintang Tranggana
Sungging Vol 1, No 1 (2022): Sungging Edisi Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v1i1.54538

Abstract

Perancangan ruang dalam atau yang biasa disebut desain interior bertujuan untuk memecahkan masalah manusia dalam menciptakan tatanan ruang beserta elemen-elemen pendukungnya. Dalam menghasilkan desain interior yang tepat guna, banyak desainer yang kurang memperhatikan sisi artistik keindahan visual dalam desain dan hanya membuat desain secara standar sesuai dengan kebutuhan saja. Yang dianggap dapat mempengaruhi hal tersebut yaitu kurangnya pemahaman desainer tentang prinsip komposisi nirmana sebagai pengetahuan dasar dalam seni rupa yang dapat diterapkan dalam penataan ruang interior. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis relevansi antara pemahaman prinsip komposisi nirmana terhadap kemampuan desain interior. Menggunakan metode analisis systematic literature review, ditemukan bahwa nirmana merupakan dasar acuan dan pengetahuan tentang kepekaan dalam keindahan atau artistik secara visual.   Unsur visual yang berada dalam desain interior di antaranya adalah titik, garis, bidang dan ruang. Unsur-unsur tersebut perlu dirancang dengan prinsip seperti harmoni, kesatuan, keseimbangan, proporsi dan irama. Penggunaan dan cara penyusunan elemen desain interior yang tepat memberikan kesan emosional dan suasana kepada pengguna ruang. Memahami dan mampu menerapkan komposisi nirmana dapat memberi  pengaruh   yang  besar terhadap  kemampuan desain interior.
Kritik lukisan surealistik karya Oktaviyani Refsi Monika Sakti; Sigit Wahyu Nugroho
Sungging Vol 1, No 1 (2022): Sungging Edisi Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v1i1.58796

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses penciptaan karya lukis surealistik terkait makna, tema, dan persepsi terhadap estetika lukisan karya Oktaviyani berdasarkan pendekatan kritik seni rupa. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Pada subjek penelitian ini adalah tiga karya lukis Oktaviyani yang berjudul Deep Healing (2020), Tell Me a Story (2018) dan Moonchild (2016). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Pada keabsahan data dilakukan dengan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Setelah pengumpulan data maka dapat disimpulkan hasil penelitian yaitu: Langkah dalam penelitian karya lukis berupa Kritik Seni Rupa yang terdiri dari, a) deskripsi lukisan yang berjudul Deep Healing (2020), Tell Me a Story (2018) dan Moonchild (2016), (b) analisis formal dengan keseluruhan elemen membentuk kesatuan yang harmonis dan dengan goresan kuas yang halus dan bertekstur, c) interpretasi, d) evaluasi. Pada kesimpulan pada makna dan tema lukisan Surealistik Oktaviyani yang menggambarkan figur fiktif seni dan unsur seni rupa seperti warna, garis, tekstur, bentuk dan gelap terang yang diekspresikan dalam bentuk karya imajiner yang terkandung dalam lukisan Oktaviyani agar lebih peduli terhadap hak-hak hidup, menghormati segala perbedaan di sekelilingnya, dan peduli terhadap tindakan bullying yang semakin berkembang dan memprihatikan.
Mengembangkan ekpresi jiwa anak dengan berseni Komala Nur Malika; Hajar Pamadhi
Sungging Vol 1, No 1 (2022): Sungging Edisi Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v1i1.57555

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pentingnya aktivitas berseni lewat menggambar dan mewarnai sebagai bentuk dari pengembangan ekspresi jiwa anak serta wujud dari pengembangan kreativitas anak dalam pendidikan seni. Kegiatan berseni baik dilakukan sejak dini karena pada usia dini anak memiliki tingkat kreativitas dan rasa keingintahuan yang tinggi. Pada pendidikan seni di TK dapat dilakukan mulai dengan hal yang identik disukai oleh anak-anak yaitu menggambar dan mewarnai sebagai wujud ekpresi jiwa anak yang dituangkan dama berbagai warna dan coretan garis ke dalam kertas. Dalam penelitian diketahui bahwa dengan memadukan kegiatan bermain dan belajar lewat berseni dapat melatih anak untuk menuangkan ekspresi dan ide kreatif lewat arahan pendidik untuk membantu mengarahkan kreativitas anak agar kebih terstruktur. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui observasi dan dokumentasi di TK ABA Perumnas.
Pengembangan video edukasi fotografi jurnalistik sebagai media pembelajaran Burhan Faris Setyawan; Aran Handoko
Sungging Vol 1, No 1 (2022): Sungging Edisi Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v1i1.54739

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui langkah pengembangan dan kelayakan video edukasi fotografi jurnalistik metode EDFAT sebagai media pembelajaran. Bentuk penelitian berupa pengembangan model ADDIE Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Validasi oleh ahli materi fotografi, ahli media pembelajaran dan ahli bahasa. Subjek penelitian sebanyak 22 anggota baru angkatan 2022 UKM SERUFO UNY. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penilaian kelayakan media dan review anggota menggunakan skala Likert 5. Kualitas media pembelajaran dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif deskriptif persentase. Hasil pengembangan berupa video edukasi materi fotografi dasar dan fotografi jurnalistik metode EDFAT. Hasil penelitian 1) Langkah pengembangan: analisis kebutuhan, desain media, pengembangan produk, implementasi produk, produk akhir. 2) Kelayakan media menunjukkan skor validasi ahli materi sebesar = 96,66% kategori “Sangat baik”. Validasi ahli media pembelajaran = 87,36% kategori “Sangat Baik”, validasi ahli bahasa = 80% kategori “Baik”. Subjek uji coba mendapatkan skor 86,94% kategori “Sangat Baik”.
Peran pendidikan seni dalam penuangan ekspresi emosi anak Ellyana Khizqia Kurniawati
Sungging Vol 1, No 1 (2022): Sungging Edisi Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v1i1.57556

Abstract

Pembentukan karakter anak dapat mempengaruhi karena adanya pembiasaan atau repetisi akan perilaku dan tingkah yang baik sehingga baik sadar maupun tidak sadar nantinya anak dapat menerapkan kebiasaan baik anak tersebut. Anak membutuhkan bimbingan untuk merespon permasalahan dan perasaan yang dialaminya. Merasa emosi, marah, sedih, kecewa, takut adalah hal yang wajar sebagai manusia, cara mengontrol dan cara melepaskan emosi tersebut dapat diatur. Mendidik anak untuk dapat mengontrol dan melepaskan emosinya kedalam hal yang positif supaya tidak didominasi oleh perilaku buruk dalam melepaskannya perlu diajarkan. Dalam hal ini, peran pendidikan seni sangat penting dan dibutuhkan. Pendidikan seni berperan untuk mengembangkan karakter dan aspek dalam tiap individu anak-anak. Dengan belajar menggambar bentuk-bentuk dasar dapat melatih motoric anak, untuk melatih anak meniru objek sekitar, meningkatkan kemampuan inovatif anak, memilih warna dan membedakan warna untuk melatih kepekaan mata anak, serta pengeksekusian dikertas untuk menuangkan ekspresi emosi yang sedang dialami anak melalui goresan dan warna.
Bunga melati sebagai ornamen penciptaan keramik tempat minum Adnan Dani Pratama; Muhajirin Muhajirin
Sungging Vol 1, No 1 (2022): Sungging Edisi Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v1i1.54740

Abstract

Penulisan Tugas Akhir Karya Seni ini bertujuan untuk menjelaskan konsep, mendeskripsikan proses, mendeskripsikan hasil penciptaan tempat minum keramik dengan inspirasi bunga melati, sajian, dan publikasi. Metode penciptaan tempat minum ini melalui beberapa tahapan yaitu eksplorasi, perencanaan, dan perwujudan. Hasil dari penciptaan produk keramik tempat minum dengan teknik putar centering. 1) Desain motif karya mendeskripsikan ide gagasan yaitu bunga melati dengan mengambil motif serta warnanya dan di masukkan ke dalam karya tempat minum. 2) Menerapkan proses penciptaan dari persiapan alat dan bahan, proses pembentukan sesuai gambar kerja, dekorasi, pembakaran biskuit, pengglasiran, pembakaran glasir, serta yang terakhir adalah pengecekan akhir untuk memastikan karya sudah siap untuk dipamerkan. 3) Hasil karya berjumlah 27 karya, dengan 7 tema dan bentuk yang berbeda, dengan memperlihatkan aspek-aspek sebagai berikut : 1) Aspek bahan, 2) Aspek ergonomi, 3) Aspek estetika, 4) Aspek ekonomi.
Perancangan Desain Interior Studio Keramik Dengan Konsep Smart Studio Titania Agusti; Dwi Retno Sri Ambarwati
Sungging Vol 1, No 1 (2022): Sungging Edisi Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v1i1.55391

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan konsep smart studio dalam perancangan Studio Keramik Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS UNY dengan memperbarui fasilitas ruang, pengoptimalan sarana dan prasarana, mementingkan aspek psikologis penghuni ruang, serta memanfaatkan kemajuan teknologi untuk fasilitas pendidikan. Metode yang digunakan penelitian dan pengembangan dengan langkah yang dilakukan yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain secara terbatas. Hasil perancangan menunjukkan bahwa: (1) Smart studio sebagai solusi keterbatasan ruang studio keramik FBS UNY dengan penerapan open plan, lantai mezzanine, room devider, lantai dan plafon ekspos, dan pemasangan drain gutter. Merancang furnitur multifungsi dan memberikan fasilitas lengkap sebagai penunjang aktivitas belajar. Menambahkan aksen dinding, kalimat motivasi, dan pemasangan poster. Penggunaan otomatisasi dan pemanfaatan teknologi mutakir pada studio, serta menerapkan wastafel daur ulang. (2) Hasil perancangan dipresentasikan menggunakan gambar kerja 2 dimensi, gambar perspektif 3 dimensi, dan video presentasi
Pengembangan puzzle edukasi protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19 untuk anak usia dini Avivudin Avivudin; Eni Puji Astuti
Sungging Vol 1, No 1 (2022): Sungging Edisi Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v1i1.54537

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kurangnya pemahaman anak mengenai protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media puzzle edukasi protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 untuk anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah RD (Research and Development). Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap pertama studi pendahuluan, meliputi analisis kebutuhan dan studi literatur. Tahap kedua pengembangan produk, meliputi perancangan desain, pembuatan flowchart, storyboard, pengumpulan bahan pendukung, produksi media puzzle, dan pengemasan produk. Tahap ketiga uji coba produk. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan tiga subjek yaitu ahli media, ahli materi dan uji coba lapangan terbatas. Hasil penelitian ini menunjukkan media puzzle dengan konsep perminan jigsaw puzzle bermuatan materi protokol Kesehatan 3M yang dikembangkan layak untuk digunakan dan dari uji coba lapangan terbatas anak-anak dapat memahami protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19.
Pengembangan komik the Fallen of The Greatest (cerita Mahabarata) Rizqi Batik An Naafi’u; Arsianti Latifah
Sungging Vol 1, No 1 (2022): Sungging Edisi Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v1i1.54742

Abstract

Pengembangan komik yang berjudul The Fallen Of The Greatest memiliki tujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan cerita wayang pada masyarakat luas, khususnya pembaca dengan usia minimal tujuh belas tahun, serta dapat membantu dalam penelitian sastra. Komik ini  dikembangkan dengan metode RD, dengan tahapan-tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi produk. Setelah melalui metode tersebut komik kemudian dipasarkan dengan cara diunggah dalam platform digital. Hasil penelitian dan pengembangan berupa komik dari ahli komik mendapatkan skor 83% dengan nilai “A” atau “Sangat Baik”, dan layak dari segi gambar, warna, alur cerita dan bahasa. Ahli Pewayangan memberikan skor 80%  dengan  nilai “B” atau “Baik”, dan layak dalam segi alur cerita, sejarah, bahasa dan gambar. Pembaca memberi skor 94% dengan nilai “A” atau “Sangat Baik” dan layak dari segi gambar, warna, alur cerita dan bahasa. Dapat ditarik kesimpulan bahwa komik ini layak diunggah dalam platform digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 9