cover
Contact Name
Dwi Wulandari
Contact Email
dwiwulandari@uny.ac.id
Phone
+628985590697
Journal Mail Official
dwiwulandari@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Sungging
ISSN : -     EISSN : 29883601     DOI : https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2
Sungging adalah jurnal hasil penelitian, penciptaan, dan pemikiran yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS UNY. Jurnal Sungging memfasilitasi hasil penelitian, penciptaan, dan pemikiran para peneliti, akademisi, perupa, desainer, profesional, dan praktisi dalam bidang seni rupa, kriya, desain, dan pembelajarannya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2023): Sungging Edisi Juli - Desember" : 10 Documents clear
Nilai spiritual karya Andi Kartojiwo Diajeng Anganthi Sae; Damascus Heri Purnomo
Sungging Vol 2, No 2 (2023): Sungging Edisi Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v2i2.64367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aliran dan makna dalam lukisan karya Andi Kartojiwo. Jenis metode penelitian ini menggunakan metode, dekriptif, kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada aliran, makna, pendapat para seniman, pengajar, dan pengelola sanggar seni mengenai lukisan karya Andi Kartojiwo. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi data. Sedangkan, Teknik analisis data yang digunakan antara lain tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Aliran dalam lukisan karya Andi Kartojiwo dengan judul “Si Tinggil”,“Terbang Mencari-cari”,“Aroma terapi”,“Cumbu Karang”, dan “Beban Tertinggal” termasuk aliran surealisme karena keseluruhan pada lukisan tersebut memiliki simbol obyek dan suasana yang bersifat imajinasi atau di alam mimpi. Sedangkan lukisan yang berjudul “Langse (Adigang, Adigung, Adiluhung)” termasuk aliran realisme karena terdapat nilai nyata atau obyek nyata. (2) Makna yang terdapat dalam keenam lukisan Andi Kartojiwo mengangkat unsur-unsur nilai spiritual yang berupa nilai-nilai kehidupan yaitu menggambarkan dorongan semangat baik dalam menghadapi hidup seperti masalah-masalah kehidupan.
Interior deaf space pada ruang kelas tunarungu di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi Lina Nurohmatin; Dwi Retno Sri Ambarwati
Sungging Vol 2, No 2 (2023): Sungging Edisi Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v2i2.63990

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui desain interior deaf space pada ruang kelas tunarungu di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi dan memberikan analisis serta solusi terhadap desain interior sekolah tersebut agar sesuai dengan kebutuhan penggunanya; (2) memberikan pemahaman tentang kebutuhan interior anak tunarungu dalam lingkungan pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak tunarungu SLBN Dr Radjiman Wedyodiningrat Ngawi. Objek penelitian adalah Interior Deaf Space pada Ruang Kelas Tunarungu. Data diambil dari hasil wawancara, observasi, dan dianalisis melalui pemahaman studi literatur dan triangulasi data, kemudian disusun dalam bentuk deskriptif dan direduksi sesuai dengan fokus permasalahan yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ruang kelas tunarungu SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi kurang sesuai dengan prinsip interior Deaf Space oleh Hansel Bauman. Beberapa kekurangannya berada pada prinsip jangkauan sensorik (sensory reach), mobilitas dan kedekatan (mobility and proximity) dan warna. Visibilitas dan sirkulasi kurang baik karena masih terdapat sudut siku-siku, pintu dengan bukaan mengarah keluar dan lebar koridor yang kurang luas, banyak terdapat pilar-pilar yang besar sehingga mengganggu keluasaan pandangan dan tidak terdapat warna biru. Namun, prinsip interior Deaf Space lainnya telah diterapkan dengan cukup baik, sehingga cukup mendukung pembelajaran siswa secara efektif.
Multimedia pembelajaran prakarya kerajinan serat alam berbasis Website Glide App Isti Nurrohma; Martono Martono
Sungging Vol 2, No 2 (2023): Sungging Edisi Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v2i2.64382

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran masih ditemukan faktor media belajar yang kurang mendukung. Karena itu  penelitian bertujuan untuk: (1) mengembangkan materi, (2) mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan Website Glide App untuk mengikuti perkembangan transformasi digital, (3) mendeskripsikan penerapan multimedia Website Glide App. Serta (4) mendeskripsikan kelayakan multimedia Website Glide App. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development (RD) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 32 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Materi Prakarya Kerajinan bebasis Website Glide App dikembangkan melalui 5 tahap yaitu a) Analisis; b)Desain; c)Development; d)Impementasi; e)Evaluasi. (2) Multimedia Pembelajaran Website Glide App layak digunakan berdasarkan penilaian dari  a) Ahli materi, b) Ahli media, c) Praktisi Pembelajaran  dengan rata-rata hasil kelayakan adalah 91,53% (Sangat Layak) (3) Hasil penilaian siswa terhadap media pada ujicoba perorangan 88,3% (Sangat Layak), uji coba kelompok kecil 96,1% (Sangat Layak) dan ujicoba lapangan 91,4% (Sangat Layak). Berdasarkan analisis peningkatan hasil pretest dan posttest dengan menggunakan gain score, Media Pembelajaran Website Glide App efektif digunakan.
Masalah dan alternatif solusi penerapan Kurikulum Merdeka pada konsentrasi keahlian Seni Patung SMK Negeri 3 Kasihan Naufal Nuur 'Azmii; Dwi Wulandari
Sungging Vol 2, No 2 (2023): Sungging Edisi Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v2i2.66063

Abstract

Tujuan penelitian studi kasus intrinsik ini yaitu untuk mendeskripsikan isi, penerapan oleh guru, masalah pada penerapan, dan penyelesaian masalah Kurikulum Merdeka yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah khususnya pada Konsentrasi Keahlian Seni Patung SMK Negeri 3 Kasihan. Data penelitian yaitu hasil observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi, display, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian yaitu isi Kurikulum Merdeka meliputi karakteristik, tujuan, pengaturan beban belajar, penetapan konsentrasi, P5, PKL, Ekstrakurikuler, rencana dan pengelolaan pembelajaran, pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional. Penerapan Kurikulum Merdeka meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Masalah yang terjadi yaitu masih kurangnya pemahaman guru mengenai Kurikulum Merdeka, masih ada guru yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, dan belum diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran kejuruan. Penyelesaian masalah oleh pihak sekolah yaitu sosialisasi IHT, mencari metode dan materi pembelajaran yang sesuai karakteristik yang berpusat pada siswa, dan penggabungan elemen-elemen menjadi satu proyek pembelajaran.
Ornamentasi figur Ronggolawe dan kudanya untuk desain tas kulit wanita berbasis budaya Fika Nur Happy; Ismadi Ismadi
Sungging Vol 2, No 2 (2023): Sungging Edisi Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v2i2.64435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan proses penciptaan tas kulit dengan ornamen figure Ronggolawe dan kudanya, mendesain tas dan ornamen yang terispirasi dari figur Ronggolawe dan kudanya, dan mendeskripsikan hasi, penyajian dan publikasi tas dengan ornamen figur Ronggolawe dan kudanya dengan teknik hias pyrography sebagai teknik hias permukaan kulit.Penciptaan karya kriya kulit ini dilakukan sesuai dengan metode penciptaan karya seni Gustami, SP. yaitu eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. Dalam tahap eksplorasi kegiatan yang dilakukan adalah mencari data melalui observasi di kabupaten Tuban,kunjungan industri kulit dan studi pustaka. Tahap selanjutnya adalah tahap perancangan, pada tahap ini dilakukan pembuatan gambar kerja dan pembuatan gambar ornamen dilakukan. Tahap yang terakhir adalah tahap perwujudan, dalam tahapan ini dilakukan proses berkarya sesuai dengan rancangan. Karya dikerjakan dengan teknik hias pyrography dan hand made dalam proses pembuatan setiap partisinya.Hasil penciptaan karya berjumlah delapan. Karya-karya tersebut adalah dua hobo bag, dua kelly bag, satu bucket bag, dua massage bag dan satu clutch bag. Semua karya berbahan kulit pull up dan nabati memiliki ornamen ronggolawe yang dikerjakan dengan teknik hias pyrography sebagai ciri khas. Warna yang digunakan pada semua karya adalah warna alami dari kulit yang menonjolkan kesan klasik. Kelebihan karya terlihat dari desain yang original dan setiap bagian dikerjakan kehati-hatian dan ketelitian tinggi dengan tujuan menghasilkan karya yang unik.
Potret seni rupa inklusif: Perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran siswa tunarungu di SLB Ma'arif Muntilan Onten Purbasari; Eni Puji Astuti
Sungging Vol 2, No 2 (2023): Sungging Edisi Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v2i2.64283

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, hasil pembelajaran seni rupa, dan karakteristik karya seni rupa pada siswa tunarungu kelas I, II, dan V SLB Ma’arif Muntilan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif tentang mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, hasil pembelajaran, dan hasil karya seni rupa siswa tunarungu. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data melalui triangulasi teknik, dan triangulasi data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persiapan pembelajaran seni rupa belum menyusun RPP yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa tunarungu. 2) Pelaksanaan pembelajaran seni rupa meliputi kegiatan pendahuluan (membuka dengan salam, doa, kesiapan siswa dalam menerima pelajaran). Pelaksanaan pembelajaran seni rupa menggunakan metode oral, metode manual, metode mencontoh, dan metode ekspresi bebas). Kegiatan inti (mengamati, menanya, komunikasi), kegiatan penutup (penilaian, dan ditutup dengan salam). 3) Hasil pembelajaran melalui karya seni rupa yang dihasilkan siswa tunarungu tidak menggunakan sistem penilaian ke dalam rapot. Berdasarkan karakteristik karya seni rupa anak adalah naturalisme semu, realisme awal, pra bagan, dan bagan. Beberapa siswa tunarungu perkembangan seninya cukup pesat sehingga memiliki kemampuan gambarnya juga baik. Namun, ada yang perkembangannya masih lambat, dan keterbatasan penguasaan bahasa isyarat oleh guru. 
Peranan kepala sekolah dalam efektivitas pembelajaran daring dengan Google Sites di sekolah menengah atas Denny Wahyu Triawan
Sungging Vol 2, No 2 (2023): Sungging Edisi Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v2i2.70670

Abstract

This study aims to analyze the role of the Principal in terms of policy, leadership and technology management in schools during the online learning process during the pandemic, and also to review the factors in the process. SMA Swadaya Bandung as the venue for this research during the 2020 academic year. The research uses a qualitative approach with the phenomenological method. Data collection techniques using questionnaires and interviews. The subjects used in this study were several teachers of SMA Swadaya Bandung. The results of this study indicate that the principal's leadership has an important role in influencing, mobilizing, developing and empowering all available resources by learning at SMA Swadaya Bandung using the whatsapp group application, google classroom, and google site. Offline learning is not implemented because it is still in a pandemic condition. The supporting factors for online learning at SMA Swadaya Bandung are gadgets, laptops, internet quotas, and TVRI broadcasts. While the inhibiting factors for online learning include the teacher not fully explaining the material and managing Google product facilities, the interests and motivation of students, and economic factors.
Instrumen penilaian antarteman dalam penciptaan karya poster mata pelajaran Desain Publikasi Wisnu Lintang Tranggana; Bambang Prihadi
Sungging Vol 2, No 2 (2023): Sungging Edisi Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v2i2.64218

Abstract

Penelitian pengembangan instrumen penilaian antarteman ini digunakan untuk penilaian proses dan hasil penciptaan karya poster pada mata pelajaran Desain Publikasi kelas XI DKV di SMK N 3 Kasihan. Tujuannya adalah sebagai alat ukur kemampuan siswa, memudahkan guru dalam melakukan penilaian yang valid, objektif, dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang dipakai adalah RD (Research Development). Dengan model pengembangan instrumen penilaian antarteman penciptaan karya poster menggunakan 4-D yang meliputi proses (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang dikembangkan berupa rubrik dan lembar penilaian produk hasil karya poster dengan model analitik dan pendekatan penilaian antarteman. Instrumen penilaian divalidasi oleh dosen bidang keahlian Pendidikan Seni Rupa dan guru SMK bidang keahlian Desain Komunikasi Visual dengan nilai rata-rata 93,04% dengan kategori sangat baik. Pelaksanaan uji coba instrumen dilakukan terhadap 32 siswa subjek penelitian di kelas XI DKV 2. Analisis nilai reabilitas instrumen penilaian poster dihitung menggunakan rumus Alpha SPSS versi 23 dengan hasil nilai 0,8860,7 yang berarti reliabel. Hasil pelaksanaan instrumen penilaian memperoleh data minimum nilai siswa sebesar 49,33 dan maksimum nilai 87. Hasil nilai dari 32 siswa yang diuji coba memiliki nilai rata-rata 66,16 dengan standar deviasi 11,17.
Perancangan user interface game edukasi Topeng Panji sebagai media pelestarian kebudayaan Sekar Hapsaritta Rayshantti; Novan Edo Pratama; Dian Prajarini
Sungging Vol 2, No 2 (2023): Sungging Edisi Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v2i2.70716

Abstract

Topeng Panji merupakan bentuk visual yang ditransformasikan dari kisah Panji. Salah satu dusun yang membuat topeng Panji adalah Dusun Bobung, Gunungkidul. Saat ini, minat terhadap pengenalan seni dan budaya di kalangan generasi menurun, khususnya di Dusun Bobung. Beberapa di antaranya lebih tertarik pada permainan digital, sehingga menimbulkan berkurangnya keinginan untuk mengenal budaya, terutama topeng Panji. Berdasarkan hasil evaluasi yang diperoleh dari metode design thought , sebagian dari mereka kurang tertarik pada budaya karena tidak adanya media yang menyenangkan untuk mengenal budaya. Oleh karena itu, diperlukan media pelestarian yang menarik, interaktif, dan menyenangkan untuk mengenal topeng Panji dari Dusun Bobung dengan mendesain antarmuka pengguna game edukasi. Melalui desain ini, generasi muda dapat mengenal budaya topeng Panji Dusun Bobung dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. Desain ini mampu menjadi solusi terhadap permasalahan yang ada. Dari hasil uji coba yang dilakukan kepada 26 pengguna, 84,6% menyatakan bahwa antarmuka pengguna game edukatif ini mudah Dipahami.
Pictorial book Asal-usul Candi Bajangratu: Media pelestarian cerita rakyat Retno Suci Agustin; Aran Handoko
Sungging Vol 2, No 2 (2023): Sungging Edisi Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sungging.v2i2.64385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media  pelestarian cerita rakyat di Kabupaten Mojokerto menggunakan sebuah picture book yang efektif, efisien serta komunikatif. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya  kesadaran masyarakat, dalam  menjaga dan melestarikan kebudayaan. Penelitian Research Development (RD) ini mengacu pada model penelitian ADDIE  yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch pada tahun 2009. Analisis SWOT  digunakan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan media. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan cara kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian berupa picture book  berjudul Dewi Arimbi berukuran 23 x 23 cm dengan bahan kertas ivory 310 gram pada sampul dengan finishing doff dan art paper 150 gram pada isi buku. Picture book Dewi Arimbi disusun dengan tahapan pembuatan layout kasar, komprehensif layout, dan final artwork. Ilustrasi dibuat secara tradisional dengan gaya semi-realis dan penggunaan dimensi chromatic menggunakan kombinasi teknik wet on wet dan wet on dry dengan media cat air diatas kertas. Buku ini dilengkapi dengan merchandise berupa totebag dan kalender meja yang digunakan untuk membangun awareness audiens terhadap picture book  Dewi Arimbi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10