cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
j.pustakaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya No.64, Dusun Besar, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38224
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
JPI
ISSN : 27211592     EISSN : 27211592     DOI : https://doi.org/10.62159/jpi.vXXX
Jurnal Pustaka Indonesia published Three times a year (April, Agustus and December ) as a medium of distributing scientific research in the field of language, literature , and the Indonesian language and literature education. Jurnal Pustaka Indonesia is published in collaboration between the Yayasan Darussalam Bengkulu and the Association of Indonesian Language and Literature Lecturer (ADOBSI).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2021): Desember" : 5 Documents clear
Korelasi Aktivitas Siswa Membaca Buku Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Tebat Karai Elva Ariyani
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 3 (2021): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i3.310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi minat baca dengan prestasi belajar. Jenis penelitiannya adalah observasional analitik. Sumber data ada tiga yaitu nilai angket kebiasaan atau minat membaca siswa, angket pandangan siswa terhadap keberadaan perpustakaan dan pemanfaatannya, serta prestasi siswa dan hubungannya dengan kegiatan membaca di perpustakaan. Populasinya adalah siswa SMP Negeri 2 Tebat Karai kelas VII dan VIII Unggulan semester II tahun pelajaran 2021/2022. Terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIIIA, VIIIB. Jumlah siswa 141 orang. Sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kebiasaan membaca siswa tergolong tinggi, yaitu rata-rata skor 36,4. Begitu pula dengan opini siswa tentang pentingnya perpustakaan. Para siswa yang menganggap perpustakaan sangat penting tergolong tinggi dengan ratarata skor 31,2
Keterlaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Selama Masa Pandemi (Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas) Di SMA Negeri 3 Seluma Gusni Harimurti
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 3 (2021): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i3.331

Abstract

Indonesia menghadapi pandemi sejak pemerintah mengumumkan kasus pertama penyakit coronavirus 2019 (Covid19) pada Maret 2020. Hampir setiap bidang kehidupan terkena dampaknya, termasuk sektor pendidikan. Covid19 telah menyebar dengan cepat ke hampir seluruh negara, termasuk Indonesia, menjadikan epidemi tersebut sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020 oleh World Health Organization (WHO). Di bidang pendidikan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menerapkan kebijakan Rumah Belajar (BDR), khususnya bagi lembaga pendidikan yang berada di zona kuning, jingga, dan merah. Merujuk pada keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Administrasi Pemerintahan dan Dalam Negeri tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021 dan Tahun Pelajaran 2020/2021 tahun ajaran. periode COVID-19. Kini pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka terbatas karena pandemi ini mulai mereda dengan semakin berkurangnya jumlah korban dari covid-19 ini. Sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dilakukan secara tatap muka walaupun dengan jumlah peserta yang terbatas. Penelitian ini akan mengkaji mengenai keterlaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia selama masa pandemi (pembelajaran daring hingga pembelajaran tatap muka terbatas) di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Seluma). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif menggunakan analisis secara mendalam. Ada dua jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari sumber pertama hasil dari wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber-sumber terpercaya seperti dari artikel, buku, dan website yang berkaitan dengan penelitian tersebut. Responden yang dipilih adalah guru yang mengajar matapelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 3 Seluma yang sedang melakukan pembelajaran tatap muka terbatas selama pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini, dilakukan teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur pada guru yang mengajar matapelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 3 Seluma yang telah melaksanakan pembelajaran secara daring dan sedang melakukan pembelajaran tatap muka terbatas selama pandemi COVID-19. Meskipun memiliki banyak kendala selama proses pembelajaran saat masa pandemic ini, namun dapat disimpulkan bahwasanya pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Seluma berjalan dengan baik
Kepribadian Tokoh Pada Novel “Tenung” Karya Risa Saraswati (Kajian Psikologi Sastra) Dina Meilandari; Aryani Aryani
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 3 (2021): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i3.336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga karakter tokoh yang terdapat dalam Novel Tenung karya Risa Saraswati dan Dimas Aditio. Dengan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Sigmund Freud yang berupa id, ego dan superego. Pengumpulan data dengan cara mengelompokan data sesuai kategorinya. Dengan teknik baca, simak dan catat. Data penelitian berupa data primer. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakter jiwa manusia itu terdiri dari tiga faktor yaitu id, ego, dan superego salah satu diantaranya dapat dikatakan memang sudah terbentuk sejak lahir. Secara naluriah banyak keinginan dari dalam diri yang harus terpenuhi dengan berbagai cara pemuasannya. Akan tetapi, harus diimbangi juga dengan norma-norma sosial yang ada dalam lingkungan
Kajian Sosiologi Sastra Dalam Novel Cermin Jiwa Karya S. Prasetyo Utomo Vivi Alviah Nurfadilah
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 3 (2021): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i3.337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan sosiologi yang dicerminkan pengarang dalam Novel S. Prasetyo Utomo “Cermin Jiwa”; (2) Mendeskripsikan gambaran sosial dalam novel S. Prasetyo Utomo “Cermin Jiwa”; (3) Untuk mengetahui pengaruh sosial novel Cermin Jiwa terhadap masyarakat. Objek penelitian ini adalah novel “Cermin Jiwa” yang diterbitkan oleh S. Prasetyo Utomo tahun 2017, dengan jumlah 264 halaman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosiologi sastra Rene Wellek dan Austin Warren, meliputi sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca dan pengaruh sosial karya sastra. Jenis dan metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode analisis deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kata dan kalimat yang berkaitan dengan sosiologi sastra dalam novel Cermin Jiwa karya S. Prasetyo Utomo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Latar belakang sosial budaya pengarang novel Cermin Jiwa, yaitu S. Prasetyo Utomo merupakan sastrawan yang masih menjunjung tinggi adat istiadat dan budaya; (2) Masalah sosial yang digambarkan pada novel ini adalah masalah kriminalitas yang dilakukan pihak pabrik dengan menyewa orang-orang yang pro untuk melakukan kekerasan terhadap masyarakat yang kontra pendirian pabrik, korupsi, disorganisasi keluarga, dan masalah lingkungan yang terjadi akibat pendirian pabrik; (3) Pengaruh sosial novel Cermin Jiwa terhadap pembaca mempunyai pesan positif, pesan yang disampaikan oleh pengarang dapat diterima dengan baik oleh para pembaca
Pengaruh Penggunaan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Kelas XI IPS B SMA Negeri 10 Kota Bengkulu Hengki Satrisno; Ixsir Eliya; Rice Mairani Anggriani
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 3 (2021): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i3.342

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu yang beralamat di Jl. Raya Padang Kemiling Kota Bengkulu, pada siswa kelas XI IPS B dengan populasi sebanyak 32 siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang berjenis regresi linier atau menggunakan uji T. Uji persyaratan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas untuk mengetahui apakah data pada penelitian ini bersifat normal, homogen dan linier. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS B SMA Negeri 10 Kota Bengkulu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5