cover
Contact Name
Cepri Maulana
Contact Email
ceprimaulana@upi.edu
Phone
+6282214319956
Journal Mail Official
ekonomi_fpeb@upi.edu
Editorial Address
Jalan Dr. Setiabudhi Nomor 229 Bandung 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia
ISSN : 29874904     EISSN : 27211401     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Manuscripts for JPEI should fall within one of the following categories, Research in economics and education, Economic content, Economic instruction, Innovations in pedagogy, hardware, materials, and methods for treating traditional and newer subjects. Reports on the status and events that influence academic economists such as the labor market, the status of women and minorities, and developments within graduate and undergraduate programs.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia. Mei 2020" : 6 Documents clear
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI SAAT AWAL PANDEMI COVID-19 Fazar Nuriansyah
Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia. Mei 2020
Publisher : Pendidikan Ekonomi FPEB Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya aturan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan tentang pelaksanaan Pendidikan pada masa pandemic Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media pembelajaran online yang digunakan selama perkuliahan oleh dosen dan mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia. Sampel dari penelitian ini sebanyak 136 mahasiswa dari total populasi sebanyak 258 orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan survei, teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung jumlah jawaban responden dari setiap pernyataan.
HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DENGAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 Kinanti Geminastiti Hilmiatussadiah
Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia. Mei 2020
Publisher : Pendidikan Ekonomi FPEB Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya edaran menteri pendidikan dan kebudayaan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dalam pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19), hal ini menyebabkan semua satuan pendidikan melaksanakan pembelajaran secara daring termasuk di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia. Penenlitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran hasil belajar yang diperoleh mahasiswa saat awal diberlakukannya pembelajaran jarak jauh menggunakan daring. Metode penelitian menggunakan deskriptif melalui survei dengan memberikan kuisioner kepada mahasiswa. Populasi adalah mahasiswa pendidikan ekonomi S1 angkatan 2017, 2018 dan 2019 sebanyak 258 orang dengan sampel sebanyak 105 orang yang bersedia mengisi google form. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung persentase data dari setiap indikator.
KESIAPAN DAN KETERSERAPAN LULUSAN PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UPI DI DUNIA KERJA Neti Budiwati; Kinanti Geminastiti Hilmiatussadiah; Fazar Nuriansyah
Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia. Mei 2020
Publisher : Pendidikan Ekonomi FPEB Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prodi Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu Prodi tertua di UPI yang secara filosofis UPI sebagai lembaga pendidikan guru memiliki misi  utama yaitu mendidik calon calon guru dan tenaga kependidikan yang diperlukan dalam membangun pendidikan nasional Indonesia. Permasalahan mendasar yang dihadapi Prodi Pendidikan UPI tentu seiring dangan permasalahan di tinngkat universitas memerlukan kajian. Sejalan dengan perkembangan statuta UPI, Prodi Pendidikan Ekonomi perlu bebenah diri dalam melahirkan lulusan-lulusan yang siap pakai dan dapat terserap di dunia kerja, yaitu dengan siap menyenggarakan layanan pendidikan bagi mahasiswa secara profesional. Dengan profil lulusan utamanya guru ekonomi di sekolah menengah, dan profil tambahan sebagai asisten peneliti dan wirausahawan di bidang pendidikan ekonomi, Prodi Pendidikan Ekonomi perlu melakukan tracer study sehingga memiliki gambaran bagaimana respon dunia kerja terhadap para lulusan prodi. Sebagai salah satu program studi yang telah mapan yang terakdreditasi BAN PT dengan kualifikasi sangat baik (A), sangat wajar jika lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi memiliki daya saing unggul di dunia kerja. Hal ini tampak dari hasil observasi kinerja lulusan yang mengajar di sekolah baik di SMP, SMA maupun SMK, rata-rata memiliki nilai kinerja yang sangat baik. Keberhasilan lulusan didunia kerja juga terlihat dari hasil tracer study terhadap kepuasan pengguna lulusan, yang menilai baik terhadap kinerja lulusan. 
KANTIN KEJUJURAN SEBAGAI PENGUJI SPIRITUAL MAHASISWA DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Muhamad Parhan
Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia. Mei 2020
Publisher : Pendidikan Ekonomi FPEB Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam perkembangan jual beli saat ini, ada beberapa perubahan sistem. Dimana ada yang disebut dengan Kantin Kejujuran, yaitu pembeli mengambil makanan/barang, menaruh uang, dan mengambil kembalian sendiri. Hal itu dilakukan tanpa adanya penjual yang menunggu dagangannya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada beberapa fakultas di Universitas Pendidikan Indonesia. Adanya Kantin Kejujuran harusnya membantu spiritual mahasiswa meningkat. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Kantin Kejujuran, pelaksanaan Kantin Kejujuran dan dampak Kantin Kejujuran terhadap spiritual penjual dan pembeli. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan kantin kejujuran merupakan salah satu upaya peningakatan spiritual mahasiswa dalam empat aspek yaitu kesadaran, kebenaran, pengarahan diri dan bersyukur. Namun berdasarkan tanggapan responden penjual, masih ada unsur ketidakrelaan saat pendapatan tidak sesuai dengan jumlah barang dan menjadi rugi. Artinya, kantin kejujuran belum sepenuhnya menjadi peningkat spiritual mahasiswa, karena masih banyak yang menanfaatkannya dengan berbuat licik seperti tidak membayar atau mengambil kembalian lebih.
PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN ANIMASI ANALISIS GRAFIS Disman Disman; Susanti Kurniawati; Rosa Ariani Sukamto
Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia. Mei 2020
Publisher : Pendidikan Ekonomi FPEB Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan metode pembelajaran yang didukung oleh penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiwa pada permasalahan dan solusi fenomena ekonomi makro. Slaha satu bentuk analisis ekonomi makro adalah dengan menggunakan grafis yang berfungsi menjelaskan fenomena, proses terjadinya masalah ekonomi dan mekanisme kerja kebijakan. Melalui pembelajaran ceramah tanpa bantuan penggunaan media pembelajaran interaktif yang selama ini masih sering dilakukan, peserta didik menyatakan kurang memahami. Kurangnya pemahaman atas fenomena, proses dan mekanime kebijakan itu terjadi menyebabkan peserta didik tidak dapat mengkritisi kondisi yang terjadi dan tidak dapat berpikir rasional. Keterampilan berpikir kritis diperlukan untuk menganalisis, mengevaluasi dan berperilaku rasional ekonomi. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah adalah metode pembelajaran berbasis masalah, yang didukung oleh media animasi dalam menampilkan grafik. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan metode pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan animasi grafis yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan melalui quasi eksperimen terhadap mahasiswa Pendidikan Ekonomi UPI. Pengembangan metode dan media pembelajaran ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa metode pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media pembelajaran interaktif dalam bentuk animasi analisis grafis mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran makro ekonomi. Media yang dihasilkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi.
EFISIENSI PRODUKSI USAHA MANISAN CIANJUR Fakhri Muthahari; Eeng Ahman; Navik Istikomah
Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia. Mei 2020
Publisher : Pendidikan Ekonomi FPEB Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat efisiensi produsen manisan di Kabupaten Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan faktor produksi pada industri manisan di Kabupaten Cianjur berdasarkan Data Envelopment Analysis (DEA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpul data. Populasi dalam penelitian ini adalah produsen manisan di Kabupaten Cianjur yang tersebar di empat kecamatan bejumlah 16 responden dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan DEA, alat yang digunakan yaitu dengan menggunakan software OSDEA. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (i) faktor produksi industri manisan (input) di Kabupaten Cianjur adalah modal kerja, bahan baku, tenaga kerja, bahan bakar, dan bahan penolong. (ii) Penggunaan faktor-faktor produksi belum mencapai efisiensi optimum dimana modal kerja, bahan baku, tenaga kerja, bahan bakar, dan, bahan penolong belum mencapai titik optimum, baik berdasarkan analisis model CRS 1 dan VRS 1. Tingkat skala produksi industri manisan di Kabupaten Cianjur dengan metode DEA berada pada kondisi skala usaha yang menurun (Decreasing Return to Scale). Dalam keadaan demikian, proporsi penambahan faktor produksi akan menghasilkan tambahan produksi yang proporsinya lebih kecil.

Page 1 of 1 | Total Record : 6