cover
Contact Name
Ikhsan Ikhsan
Contact Email
ikhsan_mrsm@yahoo.co.id
Phone
+6281311280092
Journal Mail Official
jurnal@iicet.org
Editorial Address
Jl. Bunda I No. 19 Padang - West Sumatera - Indonesia 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24778524     EISSN : 25028103     DOI : http://dx.doi.org/10.29210/020233270
Core Subject : Education,
Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed in the journal. Authors are requested to prepare a manuscript in accordance with the Instructions for preparation of manuscript and then to follow the Author Guidelines for submission. Before the manuscript is submitted to the editorial team, please make sure that your paper is prepared using the journal paper template. The authors must refer to JPPI for writing format and style (Please download and use as a template for the initial manuscript submission). This will ensure fast processing and publication. Any papers not fulfilling the requirements based on the guidelines to authors or focus and scope, with great regret will not be processed and automatically rejected. The author who will submit the manuscript after deadline of submission as long as meet the requirement for publication in this journal will be process for next issue. The paper submission and reviewing procedures in JPPI will be processed with the web-based system via the Open Journal System (OJS) by Public Knowledge Project (PKP). We strongly prefer to receive manuscripts via our online submission system. With using our OJS system, authors can upload manuscript files (text, figures, and supplementary information) directly to our office and check on the status of Reviews their manuscripts during the review process.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)" : 9 Documents clear
PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SDN 26 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN Alizarman Alizarman
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/020159

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa kelas V SDN 26 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman dalam pembelajaran IPA, yang mana penyampaiannya  berupa teori sehingga konsep materinya masih kurang dipahami siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diselenggarakan guru lebih bersifat penyampaian dengan penggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Padahal pembelajaran IPA dapat dilaksanakan dengan menyenangkan, karena tanpa disadari siswa pembelajaran IPA sering mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dapat dilakukan dengan membimbing, menuntun, mengarahkan, serta memotivasi siswa untuk mencari tahu sendiri materi yang ingin dipelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual di kelas V SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan,  pengamatan dan refleksi. Nilai ketuntasan belajar IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, di mana ketuntasan belajar siswa siklus I dengan rata-rata 64% dan pada siklus II adalah 92%. Selain itu, siswa telah terlatih untuk mencari tahu, mengujicobakannya di dalam kelompok belajar dan kemudian mengkomunikasikannya kepada teman yang lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 32 SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN VIVIYUNG VIVIYUNG
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/0201515

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran (teaching centered) sehingga hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang menjadikan siswa pusat pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri 32 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, tes, dan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 32 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Dari hasil belajar siswa yang dilakukan pada penilaian proses pada aspek afektif diperoleh nilai 62,0 serta pada aspek psikomotor 64,0 dan aspek kogitif untuk penilaian hasil pada siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata 62,0 dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II  yaitu pada penilaian proses aspek afektif dengan nilai rata-rata  86,0 serta pada aspek psikomotor 86,0 dan pada aspek kognitif untuk penilaian hasil diperoleh nilai dengan rata-rata 81,0.
UPAYA PELAKSANAAN SENAM SKJ 2008 TERHADAP PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI SISWA SD N 27 GAUNG KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK Eriasfa Eriasfa
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/0201510

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kesegaran jasmani siswa, yang salah satunya dipengaruhi oleh senam SKJ 2008 yang diikuti siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen lapangan yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan senam SKJ 2008 terhadap kesegaran jasmani siswa SD N 27 Gaung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD 27 Gaung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok dari kelas I sampai VI dengan jumlah 203 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive random sampling, yaitu ditetapkan hanya siswa puteri kelas V SD N 27 Gaung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok yang berjumlah 11 orang sebagai sampel. Kriteria, menguasai SKJ 2008 dengan baik. Hipotesis yang diajukan yaitu, terdapat pengaruh yang berarti latihan senam SKJ 2008 terhadap kesegaran jasmani siswa SD Negeri 27 Gaung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Teknik pengambilan data menggunakan tes TKJI sebelum dan sesudah perlakuan senam SKJ 2008 terhadap siswa. Data yang telah terkumpul digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t. Sebelum uji t dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari uji hipotesis yang menggunakan statistik uji t dapat disimpulkan yaitu, “terdapat pengaruh yang berarti pada latihan senam SKJ 2008 terhadap peningkatan kesegaran jasmani siswa SD N 27 Gaung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok dengan perolehan thitung 3,35 > ttabel 2,36 pada taraf signifikan α 0,05”. Dengan demikian latihan SKJ 2008 dapat meningkatkan kesegaran jasmani siswa SD N 27 Gaung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOAL CERITA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III SDN 22 LUBUK ALUNG Yeliherti Yeliherti
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/0201516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mendeskripsikan: 1) Rencana pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, dan 3) Peningkatan hasil belajar soal cerita melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah Peningkatkan Hasil Belajar Soal Cerita Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman”? Penelitian ini dilakukan di SDN 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas III semester II SDN 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jumlah siswanya yaitu 25 orang, 10 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa hanya memperoleh nilai rata-rata 5,6. Kemudian setelah diadakan tes akhir siklus 1, siswa memperolrh nilai rata-rata menjadi 6,8. Dan tes akhir siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 8,46. Jadi dilihat dari rata-rata yang diperoleh siswa dengan menggunakan pendekatan CTL hasil pembelajaran siswa dapat ditingkatkan
PENINGKATAN STATUS GIZI DAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES SISWA SD NEGERI 22 KOTO BARU KECAMATAN KUBANG KABUPATEN SOLOK Hafridarli Hafridarli
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/0201511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) Status gizi terhadap hasil belajar penjasorkes siswa di SD Negeri 22 Koto Baru Kecamatan Kubang, b) Kesegaran jasmani terhadap hasil belajar penjasorkes siswa di SD Negeri 22 Koto Baru Kecamatan Kubang dan c) Status gizi dan kesegaran jasmani secara bersama-sama terhadap hasil belajar penjasorkes siswa di SD Negeri 22 Koto Baru Kecamatan Kubang. Masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut: 1) Seberapa besar kontribusi status gizi terhadap hasil belajar penjasorkes siswa di SD Negeri 22 Koto Baru Kecamatan Kubang. 2) Seberapa besar kontribusi kesegaran jasmani terhadap hasil belajar penjasorkes siswa di SD Negeri 22 Koto Baru Kecamatan Kubang dan 3) Seberapa besar kontribusi status gizi dan kesegaran jasmani secara bersama-sama terhadap hasil belajar penjasorkes siswa di SD Negeri 22 Koto Baru Kecamatan Kubang. Hasil penelitian menunjukkan Status gizi (X1) berkontribusi terhadap hasil belajar penjasorkes (Y)  siswa di SD Negeri 22 Koto Baru Kecamatan Kubang sebesar 17,31%. Kesegaran jasmani (X2) berkontribusi terhadap hasil belajar penjasorkes siswa di SD Negeri 22 Koto Baru Kecamatan Kubang sebesar 18,49%. Status gizi (X1) dan kesegaran jasmani (X2) secara bersama-sama berkontribusi terhadap hasil belajar penjasorkes siswa di SD Negeri 22 Koto Baru Kecamatan Kubang sebesar 31,02%.
PENGGUNAAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS IV SDN 27 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN YENI ELFIDA
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/0201517

Abstract

  Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode inkuiri pada pembelajaran IPS di kelas IV SD. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan rancangan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri  di kelas IV SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS  dengan menggunakan metode inkuiri  di kelas IV SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Dan 3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan  menggunakan metode inkuiri di kelas IV SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Masalah penelitian tindakan kelas ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana rancangan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri di kelas IV SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri di kelas IV SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman? 3) Bagaimana hasil belajar  IPS dengan menggunakan metode inkuiri di kelas IV SDN 15 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman? Penelitian ini diadakan di SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV. Jumlah kelas pada SD ini sebanyak 6 kelas yaitu kelas 1-6. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV  SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada semester II tahun ajaran  2012/2013. Hasil pembelajaran siswa meningkat yaitu dari tes awal dengan rata-rata 5,6 tes akhir siklus I 7,2 dan tes akhir siklus II 8,38
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS IV SDN 13 IV KOTO AUR MALINTANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN Lely Lely
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/0201512

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2013 di kelas  IV SDN 13 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman menunjukkan bahwa pembelajaran matematika masih dilaksanakan secara konvensional. Dimana dalam proses pembelajaran guru mendominasi pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ceramah. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini direncanakan untuk dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 13 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman. Hal ini dapat dilihat dari (1) kemampuan siswa untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan matematika, (2) kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis dan sitematis, dan (3) ketuntasan belajar yang semula hanya 59% pada siklkus I meningkat menjadi 86,4% pada akhir siklus II.
PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS KELAS V SDN 22 LUBU ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMA Yuli Harfi
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/0201518

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik hanya duduk, diam, dengar, dan mencatat materi yang disampaikan guru. Jenis penelitian ini adalah PTK dan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, dengan jumlah peserta didik 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu yang terdiri dari dua siklus. Pada pertemuan kedua peserta didik sudah mulai terbiasa dengan pembelajaran kooperatif, sehingga aktivitas peserta didik meningkat.  Dari hasil observasi  aktivitas peserta didik dari 62,5% siklus I pertemuan 1 menjadi 81,25% pertemuan 2 pada siklus I dan menjadi 90,6% pada siklus II. Sementara itu hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari rata-rata 72,2 pada siklus I menjadi 80,7 pada siklus II.  Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI METODE BERMAIN JAWABAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDN 27 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN Sari Baganti
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/0201513

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnyakemampuan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III. Faktor penyebab rendahnya kemampuan menulis siswa yaitu kurangnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran, guru sering menggunakan metode ceramah sehingga tidak meningkatkan daya pikir dan kemampuan menulis siswa.Tujuan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui metode bermain jawaban. Rumusan masalah penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis siswa melalui metode bermain jawaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN 27 Batang Anaiyang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi pelaksanaan proses pembelajaran guru, lembar observasi kemampuan menulis siswa, dan tes hasil belajar kemampuan menulis siswa. Berdasarkan hasil penelitiandiketahui rata-rata nilai siswa meningkat dari 68,00 pada siklus I menjadi 77,05 pada siklus II dan ketuntasan belajar siklus I dengan persentase 55,00%, menjadi 80,00%. Dari hasil analisis lembar observasi kegiatan siswa diperoleh rata-rata persentase dari observer siklus I 37.05%, sedangkan siklus II 71,25% sehingga dalam kategori baik.Hal ini berarti target indikator dalam penelitian ini berhasil dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode bermain jawaban berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat menggunakan  menggunakan model bermain jawabanuntuk meningkatkan kemampuan menulis serta hasil belajar kemampuan menulis siswa. 

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 1 (2024): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Inpress (2024) Vol 9, No 4 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 9, No 3 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 9, No 2 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 9, No 1 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 8, No 4 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 8, No 3 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 8, No 2 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 8, No 1 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 7, No 4 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 7, No 3 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 7, No 2 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 7, No 1 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 6, No 2 (2020): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 6, No 1 (2020): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 5, No 2 (2019): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 5, No 1 (2019): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 4, No 2 (2018): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 4, No 1 (2018): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 1 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 2, No 2 (2016): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 2, No 1 (2016): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) More Issue