cover
Contact Name
Muhamad Nurul Hana
Contact Email
mnurulh@upi.edu
Phone
+628156222309
Journal Mail Official
jrppk@upi.edu
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia
ISSN : 2301721X     EISSN : 25281178     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” adalah jurnal berkala yang terbit satu tahun 2 kali pada setiap bulan April dan Oktober, diterbitkan oleh Masyarakat Pendidikan Kimia Indonesia (MAPIKI). Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” fokus pada hasil studi bidang pendidikan kimia. Jurnal ini memuat artikel-artikel pada bidang berikut: - Pengajaran & Pembelajaran dalam pendidikan kimia - Pembelajaran Materi dalam pendidikan kimia - Media Pembelajaran Kimia - Evaluasi & Penilaian dalam pendidikan kimia - Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam pendidikan kimia - Pendidikan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) - Strategi Pembelajaran Kandungan Kimia dalam pendidikan kimia - Eksperimen Laboratorium Sekolah dalam pendidikan kimia
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2023)" : 10 Documents clear
PENYUSUNAN BAHAN AJAR LAJU REAKSI BERBASIS KONTEKS PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI REBUNG BAMBU DENGAN METODE 4STMD Egi Permana; Omay Sumarna; Sjaeful Anwar
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v11i1.57939

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyusun bahan ajar laju reaksi dengan dengan konteks pembuatan pupuk organik cair dari rebung bambu. Metode penelitian yang digunakan yaitu Development Research dari Richey Klein (2004) yang terdiri dari tiga tahap yaitu design, development dan evaluation. Tahap pertama dilakukan optimasi untuk mengetahui kondisi optimum dalam pembuatan pupuk organik cair dari rebung bambu sebagai dasar penyusunan bahan ajar. Percobaan pembuatan pupuk organik dilakukan untuk memperoleh informasi terkait faktor yang mempengaruhi laju reaksi fermentasi yang dapat dikembangkan dalam prosedur praktikum. Faktor tersebut adalah jenis rebung bambu, massa rebung, volume larutan EM4, dan luas permukaan rebung bambu. Tahap berikutnya adalah pengembangan bahan ajar dengan menggunakan metode Four Steps Teaching Material Development (4STMD) yang terdiri empat tahap yaitu seleksi, strukturisasi, karakterisasi, dan reduksi didaktik. Hasil pengembangan bahan ajar pada tahap seleksi diperoleh materi laju reaksi yang sesuai dengan tuntutan kurikulum, benar secara keilmuan dan konteks laju reaksi. Pada proses strukturisasi diperoleh peta konsep, struktur makro dan multiple representasi. Tahap karakteristik berupa uji keterbacaan kepada siswa sebanyak 18 orang. Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa teks yang dikembangkan mudah 92 % dan sulit 8% dengan keterbacaan 75,21%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajaryang sudah disusun termasuk dalam kategori sebagian besar bahan ajar ini mudah untuk dibacaoleh siswa.
KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PENYELESAIAN SOAL-SOAL HITUNGAN MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN wiwin Winiawati; Hernani Hernani
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v11i1.58171

Abstract

Kesulitan belajar yang dialami peserta didik berimplikasi pada rendahnya hasil belajar dan menghambat pada keberhasilan proses pembelajaran materi berikutnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal hitungan pada materi sifat koligatif larutan, menggunakan soal tes berbentuk essay. Partisipan pada penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XII MIPA 1 dan 3 di salah satu SMAN Kabupaten Garut tahun ajaran 2022/2023. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) untuk sub materi kenaikan titik didih rata-rata peserta didik yang sudah paham konsep sebesar 63,89%, belum faham konsep 20,14%, dan tidak faham konsep sebesar 15,97%; (2) untuk sub materi kenaikan tekanan uap sebesar 41,67% sudah faham konsep, sebesar 8,33% peserta didik belum memahami konsep, dan 50% peserta didik tidak memahami konsep; sedangkan untuk sub materi tekanan osmosis rata-rata peserta didik yang sudah paham konsep yaitu 73,15%, sebesar 17,59% peserta didik belum memahami konsep, dan 9,26% peserta didik tidak memahami konsep. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa kesulitan siswa pada materi sifat koligatif larutan adalah: (1) menghubungkan konsentrasi larutan dengan besaran massa dan volume, (2) menghubungkan faktor Van’t hoff dengan besaran koligatif yang sesuai, serta (3) penyelesaian akhir soal yang menghubungkan rumus besaran sifat koligatif dengan besaran-besaran lainnya yang sudah diperoleh dari tahap sebelumnya.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA PRAKTIKUM HUKUM GAY LUSSAC (PERBANDINGAN VOLUME) BERBASISVIRTUAL LAB Erika Magdalena; Wiwi Siswaningsih; Ali Kusrijadi; Nahadi Nahadi; Triannisa Rahmawati
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v11i1.57940

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis pada topik Hukum Gay Lussac melalui virtual lab yang dapat digunakan guru dalam menilai siswa pada tingkat SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan dan validasi. Penelitian dilakukan pada 15 siswa kelas XI di salah satu SMA diKota Bandung yang dibagi dalam tiga kelompok. Instrumen yang dikembangkan berupa soal keterampilan (task) dan rubrik penilaian berdasarkan KD 4.10 dengan enam indikator dan delapan soal keterampilan yang memiliki empat rubrik penskoran pada setiap soal keterampilan. Kualitas instrumen ditentukan dengan validitas isi berdasarkan para ahli yang terdiri dari dua dosen Pendidikan Kimia dan tiga guru kimia serta uji reliabilitas inter-rater yang dilakukan secara daring yang diperoleh dengan cara menilai pengetahuan siswa tentang keterampilan berpikir kritis praktikum melalui LKS yang berisi pertanyaan keterampilan berpikir kritis berdasarkan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan nilai CVR=1 dan reliabel dengan nilai Cronbach Alpha pada rentang 0.750 dengan kategori baik hingga 1.000 dengan kategori sangat baik, serta dinyatakan praktis dengan nilai kepraktisan 89%.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERMOKIMIA BERBASIS MATERIAL LOKAL UNTUK MEMBANTU PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA Sukasih Sukasih; Cindy Lestari; Muhamad Nurul Hana; Ijang Rohman; Gun Gun Gumilar; Rahmat Setiadi; Heli Siti Munawaroh; Abraham Mora
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v11i1.60599

Abstract

Media memiliki peran penting dalam membantu peserta didik mencapai hasil dan tujuan pembelajaran secara optimal. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan media pembelajaran yang mengintegrasikan bahan-bahan yang terdapat di sekitar siswa untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi termokimia. Kelayakan media yang dikembangkan dievaluasi melalui penilaian materi, media, dan respon pengguna. Keefektifan media pembelajaran diukur melalui pencapaian ketuntasan belajar siswa terhadap nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada penelitian dan pengembangan ini digunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Validasi media oleh guru sejawat menunjukkan bahwa media pembelajaran termokimia berbahan dasar material lokal yang dikembangkan sesuai dengan tuntutan materi dan telah memenuhi kriteria menarik, praktis, dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran termokimia. Hampir seluruh siswa memberikan tanggapan positif terhadap media yang dikembangkan dan menilai bahwa media termokimia berbahan dasar material local dapat membantu pengembangan aspek bekerjasama dan berkomunikasi siswa. Penilaian terhadap ulangan harian siswa selama tiga tahun menunjukkan bahwa hampir sebagian besar siswa memperoleh nilai yang lebih tinggi dibandingkan nilai KKM, yang mengindikasikan bahwa media yang digunakan efektif dalam membantu pencapaian ketuntasan belajar siswa. Media yang dikembangkan menyediakan alternatif inovasi pembelajaran yang mampu membantu pencapaian ketuntasan belajar siswa.
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERTEKSTUAL DENGAN POGIL PADA SUBMATERI PENGARUH KATALIS TERHADAP LAJU REAKSI YANG BERPOTENSI MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK Nanda Amalia Febriyani; Tuszie Widhiyanti; Budiman Anwar
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v11i1.57942

Abstract

Banyak peserta didik yang mengalami kesulitan belajar ketika membangun pengetahuannya. Hasil tafsiran peserta didik terhadap konsep terkadang tidak utuh/lengkap dan tidak sesuai dengan konsep yang sebenarnya yang disampaikan oleh para ahli. Hal ini menimbulkan miskonsepsi pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran intertekstual dengan POGIL pada submateri pengaruh katalis terhadap laju reaksi yang berpotensi meningkatkan pengetahuan konsep dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RD) yang dibatasi hingga tahap pengembangan produk awal. Dalam Penelitian ini digunakan instrumen penelitian format kesesuaian indikator penguasaan konsep dengan kompetensi dasar pengetahuan dan deskripsi label konsep, serta kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan indikator penguasaan konsep dan indikator keterampilan berpikir kritis yang divalidasi oleh 2 orang dosen ahli dari program studi kimia dan pendidikan kimia. Strategi pembelajaran yang dikembangkan mempertautkan tiga level representasi kimia dengan langkah-langkah pembelajaran POGIL. Secara umum, hasil validasi dinyatakan valid dengan beberapa saran perbaikan dari validator. Indikator penguasaan konsep yang diperoleh sesuai dengan kompetensi dasar pengetahuan, label konsep, dan deskripsi label konsep. Indikator penguasaan konsep yang diperoleh meliputi menjelaskan katalis heterogen, menjelaskan katalis heterogen, dan menjelaskan pengaruh katalisterhadap laju reaksi.
IDENTIFIKASI DAN PERBAIKAN KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI SENYAWA HIDROKARBON Santi Susanti; Siti Aisyah; Vidia Afina Nuraini; Asep Kadarohman
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v11i1.61100

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dalam memahami senyawa hidrokarbon dan upaya guru untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami konsep konsep sulit tsb. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match dengan kartu sebagai media pada saat tes berlangsung. Sampel penelitian terdiri atas 38 siswa kelas XI salah satu SMA Negeri di Garut. Pengumpulan data dilakukan dengan tes uji kompetensi penguasaan konsep melalui soal esai, serta wawancara dan angket untuk mengetahui hubungan kesulitan belajar dengan motivasi belajar. Data hasil tes diolah dalam bentuk persentase untuk mengetahui jumlah siswa yang nilainya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Data hasil angket diolah dalam bentuk persentase untuk mengetahui tingkat motivasi siswa. Ditemukan, pada siklus satu materi alkana 45% siswa mencapai nilai ketuntasan belajar dengan nilai KKM 70, siklus dua materi alkena, 75% dan siklus tiga materi alkuna, 89%. Siswa mengalami kesulitas dalam memahami konsep kekhasan atom karbon, penulisan struktur Lewis dan struktur ikatan kovalen. Upaya guru meningkatkan pemahaman siswa tehadap konsep kekhasan atom karbon, penulisan struktur Lewis dan struktur ikatan kovalen serta pendampingan teman sejawat dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajarisenyawa hidrokarbon.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA SUBTOPIK IDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT LARUTAN PENYANGGA DALAM MAKANAN KEMASAN Nurazizah Inayati; Wawan Wahyu; F.M Titin Supriyanti; Hokcu Suhanda; Asep Suryatna
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v11i1.57943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKPD praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada subtopik identifikasi sifat-sifat larutan penyangga dalam makanan kemasan yang dapat diterapkan di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan dan deskriptif. Langkah penelitian yang dilakukan yaitu tahap pengembangan (kajian kurikulum 2013, kajianpustaka inkuiri, penyusunan indikator, penyusunan instrumen, penyusunan dan optimasi prosedur praktikum, pembuatan LKPD praktikum inkuiri) dan tahap evaluasi (validasi dan uji coba terbatas). Sumber data pada penelitian ini adalah LKPD praktikum kimia SMA kelas XI yang beredar, 9 siswa kelas XI salah satu SMA di Kota Bandung, 3 orang dosen Departemen Pendidikan Kimia FPMIPA UPI, 2 orang dosen Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan 2 orang guru kimia SMA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian guru dan dosen, lembar observasi keterlaksanaan tahapan inkuiri, pedoman jawaban siswa terhadap tugas-tugas dalam LKPD yang dikembangkan, serta angket respon siswa. Hasilketerlaksanaan praktikum menggunakan LKPD yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik (90%). Penilaian guru dan dosen terhadap aspek kesesuaian LKPD dengan konsep, tata bahasa, indikator keterampilan inkuiri, tata letak dan perwajahan termasuk kategori sangat baik (83,62%). Respon siswa terhadap praktikum menggunakan LKPD yang dikembangkan termasuk kategori baik (80,55%). LKPD yang dikembangkan cukup mudah dipahami serta dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar. Secara umum, LKPD praktikum inkuiri terbimbing pada subtopik Identifikasi Sifat-Sifat Larutan Penyangga Dalam Makanan Kemasan dapat diterapkan di sekolah.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE PADA MATERI KONSEP REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI Ratu Syifa Khaerun Nisa Herawan; Muhammad Nurul Hana; Heli Siti Halimatul
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v11i1.57946

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang memberikan kemudahan bagi kita untuk belajar dan memperoleh informasi yang kita butuhkan hanya melalui smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis smartphone berupa aplikasi pada materi konsep reaksi reduksi dan oksidasi. Metode yang digunakan adalah Developmental Research dengan model pengembangan ADDIE. Penentuan karakteristik media dilakukan menggunakan analisis wacana. Kualitas dari segi materi dan media dinilai menggunakan lembar review dosen ahli. Uji coba terbatas dilakukan menggunakan lembar tanggapan peserta didik dan pendidik terhadap 5 (lima) orang peserta didik dan 3 (tiga) orang pendidik. Berdasarkan penentuan karakteristik media diperoleh bahwa media gambar digunakan untuk menjelaskan konsep reaksi reduksi dan oksidasi berdasarkan pengikatan dan pelepasan oksigen, serta media animasi digunakan menjelaskan materi Konsep reaksi reduksi dan oksidasi berdasarkan transfer elektron dan perubahan bilangan oksidasi, penentuan bilangan oksidasi, oksidator dan reduktor, serta reaksi autoredoks. Hasil lembar review dosen ahli dan lembar tanggapan pendidik menunjukkan bahwa konten, navigasi, tampilan, dan kualitas media dari media pembelajaran berbasis smartphone yang dikembangkan sudah kayak sehingga dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, hasil tanggapan peserta didik menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan menarik dan mudah digunakan.
PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN SHARING AND JUMPING TASK MATERI PENENTUAN KADAR ALKALI DENGAN CARA TITRASI ASAM BASA MENGGUNAKAN INDIKATOR KUBIS MERAH UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK Anna Haerunnisa; Asep Supriatna; Sumar Hendayana
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v11i1.57938

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran profil keterampilan kolaboratif peserta didik pada implementasi desain pembelajaran sharing and jumping task pada materi Penentuan Kadar Alkali dengan cara Titrasi Asam Basa Menggunakan Indikator Kubis merah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain Didactical Design Research (DDR) menggunakan analisis transkrip dan LKPD. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar validasi desain pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, rekaman audio, serta video. Hasil yang diperoleh berupa desain pembelajaran yang tersusun atas problem peserta didik, prediksi respon peserta didik dan antisipasi pendidik. Desain pembelajaran ini terdiri atas tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Profil keterampilan kolaboratif yang paling banyak muncul yaitu indikator 1 bertanya, indikator 2 berbicara atau berpendapat, dan indikator 4 bekerja sama.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI HIDROLISIS GARAM Tegar Budiman; Ijang Rohman; Rahmat Setiadi
Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jrppk.v11i1.58108

Abstract

Perkembangan teknologi telah mancapai dunia pendidikan sehingga memunculkan metode pembelajaran baru yaitu m-learning. Teknologi Smartphone menjadi pengunaan yang paling banyak dan sistem android yang paling dominan dibandingkan dengan sistem lainnya. Penelitian inibertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis android pada materi hidrolisis garam. Metode penelitian yang digunakan adalah Development Research dengan model pengembangan ADDIE. Penentuan karakteristik media maupun media dilakukan pada tahap analisis. Kelayakan segi materi dan media dilakukan dengan review oleh ahli dari segi media dan segi materi. Uji coba terbatas dilakukan menggunakan lembar tanggapan pendidik dan peserta didik terhadap 3 orang pendidik dan 5 orang peserta didik. Berdasarkan kajian karakteristik materi ajar dan media, diperoleh bahwa simulasi digunakan untuk menguji nilai pH berbagai macam larutan garam. Berdasarkan review dan uji coba terbatas yang dilakukan diperoleh bahwa multimedia yang dikembangkan diategorikan layak, dan dapat digunakan oleh peserta didik maupun pendidik.

Page 1 of 1 | Total Record : 10