cover
Contact Name
Habibah
Contact Email
financeunzah@gmail.com
Phone
+6285236408812
Journal Mail Official
habibahputry6@gmail.com
Editorial Address
Jl. PB. Sudirman No.360 Kraksaan, Probolinggo Jatim 67282 Telp/Fax. (0335) 842178
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
Finance
ISSN : 30250579     EISSN : 30249864     DOI : -
Finance: Journal of Accounting and Finance is a journal managed by the Islamic Banking Study Program at Zainul Hasan Genggong Islamic University and in collaboration with the professional organization, the Association of Islamic Economists. with a professional organization, namely the Association of Islamic Economists. This journal is published twice a year (May and October). This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic banking, Islamic finance, Islamic microfinance institutions, non-bank financial institutions, Islamic capital markets, Islamic economics and Islamic finance. financial institutions, Islamic capital markets, Islamic economics and other themes related to Islamic finance. with Islamic finance.
Articles 14 Documents
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN HARGATERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOME INDUSTRYSONGKOK DI DESA SUKODADI KECAMATAN PAITON KABUPATENPROBOLINGGO Abd. ghafur; Zelinda Larissa
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada home industry songkok di Desa Sukodadi Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian analisis regresi linear berganda. Alat analisis yang digunakan yaitu SPSS versi 25. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan sampel yang diambil sebanyak 25 orang konsumen yang membeli produk lebih dari tiga kali. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan (2) kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (3) harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (4) kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
ANALISIS PERSEPSI KEPERCAYAAN, RESIKO DAN MANFAAT TERHADAP PENGGUNA BSI MOBILE Fio Aditya Martin; Arinda Faradella Novianti; Iis Winda Wati; Fanila Riska Ayu
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui persepsi kepercayaan, manfaat, dan resiko terhadap penggunaan BSI Mobile yang sudah dirasakan setelah adanya hacker yang membuat data nasabah terbongkar. Pada artikel ini penulis menggunakan metode kualitatif pada pendekatan study case. Hasil penelitian yang didapat ialah tidak ada hal yang paling signifikan yang dapat mengurangi kepercayaan nasabah terhadap penggunaan BSI Mobile. Sehingga nasabah tetap merasa aman dan nyaman. Meski beberapa waktu BSI Mobile dan seluruh layanan sempat mengalami gangguan. Akan tetapi responden tidak khawatir terhadap hal tersebut.
MENGANALISIS KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE Munawarotul; Muhammad Yuda Prastia; Rani Sintiawati Dewi; Reva Azimatul Himmah; Zayyinatud Daraini
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelian online telah menjadi salah satu cara transaksi paling populer dan efektif saat ini. Namun, meskipun banyak pilihan yang tersedia, keputusan pembelian yang baik masih merupakan hal yang biasa. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kepercayaan, persepsi risiko, dan persepsi harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor kepercayaan, persepsi risiko, dan persepsi harga dalam jual beli Online. Artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini kami menemukan bahwa setiap orang memiliki persepsi yang berbeda dalam menanggapi jual beli online, dan untuk mengasosiasikan jual beli online dengan ekonomi Islam, kami menemukan bahwa jual beli Online diperbolehkan selama objek atau barang yang dijual tidak haram dan tidak mengandung unsur riba, penipuan (gharar) dan perjudian (maisyir).
ANALISI KEPERCAYAAN, PRESEPSI RESIKO, DAN PRESEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE Abdullah Faqih; Anisah Tur Rodiyah; Siti Nurhaliza; Faizatur Rohmah
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi telah mengubah cara belanja masyarakat dengan melakukan transaksi secara online. Jika dulu transaksi berlangsung secara offline, yang mana penjual dan pembeli harus saling bertemu, namun sekarang hal ini tidak diperlukan lagi. Konsumen tinggal melihat barang di website penjual dan jika cocok pembeli dapat melakukan pemesanan dan melakukan pembayaran melalui transfer bank maupun dengan menggunakan uang elektronik, bahkan bisa dicicil dengan menggunakan fitur paylater. Meskipun banyaknya keunggulan yang telah disebutkan diatas masih banyak faktor yang mempengaruhi keputusan oembelian online, seperti kepercayaan, resiko, dan harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor kepercayaan, resiko, dan harga dalam keputusan pembelian online. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model etnografi, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini kami memperoleh bahwa setiap orang memeliki presepsi yang berbeda dalam keputusan pembelian online. Namun, dari narasumber yang kami wawancarai kebanyakan faktor hargalah yang membuat mereka memutuskan untuk melakukan pembelian online.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN, DIGITAL MARKETING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT GENERASI Z PADA BANK SYARIAH (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM ZAINUL HASAN (UNZAH) GENGGONG Mohammad Khoerul Huda; Hayatul Millah
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari literasi keuangan, digital marketing, dan brand image terhadap minat generasi z pada bank syariah. Peneliti menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Universitas Zainul Hasan Genggong dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Metode analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis uji regresi linier berganda,uji asumsi klasik, dan menggunakan uji hipotesis yang diolah menggunakan aplikasi dari SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkann bahwa literasi keuangan mempunyai pengaruh terhadap minat generasi Z. Berdasarkan hasil uji T disimpulkan bahwa literasi keuangan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat generasi Z untuk menjadi nasabah di perbankan syariah. Secara parsial, pengaruh literasi keuangan terhadap minat generasi Z pada bank syariah adalah sebesar 4.589 dengansignifikansi sebesar 0,000 dimana nilai thitung lebih besar dari ttabel dan nilai signifikan kurang dari alpha 0,05.
PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERDASARKAN PP NOMOR 71 TAHUN 2010 PADA LAPORAN KEUANGAN DINAS PUPR KABUPATEN PROBOLINGGO Yelni; Abd Ghafur; Zahida I'tisoma Billah
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Nomor 2, Oktober 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan Standar Akuntansi pemerintahan (SAP) berbasis akrual yang baik dalam penyusunannya akan mempengaruhi opini yang diberikan oleh BPK terhadap Laporan Pengelolaan keungan Daerah. Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD Kabupaten Probolinggo untuk kesepuluh kalinya secara berturut-turut mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Standar Akuntansi Berbasis Pemerintahan Berdasarkan PP Nomor 71 Tahun 2010 pada  Laporan Keuangan Di Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penyusunan Laporan Keuangan di Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo Berdasarkan PP Nomor 71 Tahun 2010. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan pada penyusunan laporan keuangan Dinas PUPR Tahun Anggaran 2022 sudah diterapkan sepenuhnya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi dalam Penerapan Standar Akuntansi pada Laporan Keuangan di Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sarana Dan Prasarana keduanya sangat berpengaruh dalam penyusunan laporan keuangan.
STRATEGI DINAS KOPERASI, USAHA MIKRO, PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN PROBOLINGGO DALAM PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI DIGITALISASI PEMASARAN (STUDI KASUS DKUPP KABUPATEN PROBOLINGGO) Maretha; Nuruddin Armanto; Nuntupa
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Nomor 2, Oktober 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UMKM di Kabupaten Probolinggo tentunya sangat banyak, namun masih banyak pelaku UMKM yang belum bisa memanfaatkan digitalisasi pemasaran. Untuk mencapai lingkup yang lebihluaspelaku UMKM harusmanfaatkandigitalilasipemasaransebagai salah satu media untuk dapat memperluas dan memasarkan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian dalamPemberdayaan UMKM melaluiDigitalisasiPemasaran dan Hambatandalam Pemberdayaan UMKM melalui Digitalisasi Pemasaran.Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Probolinggo telah berjalan dengan baik. Tetapi masih ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya yaknibanyaknya pelaku UMKM yang belum mengerti tentang teknologi dan cara penggunaannya, adanya pelaku UMKM yang belum mempunyai media sosial,rendahnya minat dan kesadaran pelaku usaha mikro dalam mengikuti perkembangan zaman, kurangnya pengetahuan sumber daya manusia di bidang teknologi.Sehingga dapat dipahami bahwa strategi yang sudah dilaksanakan belum sepenuhnya berjalan optimal dalam pelaksanaannya.
PERAN DINAS KOPERASI, USAHA MIKRO, PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN PROBOLINGGO DALAM MENJAGA STABILITAS HARGA KEBUTUHAN POKOK MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH(Studi Kasus Bidang Perdagangan DKUPP Kabupaten Probolinggo) Lailatul Ainun Fachriyah; Nuruddin Armanto; Ahmad Fajri
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Nomor 2, Oktober 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Indonesia barang yang sering mengalami ketidakstabilan harga adalah barang-barang kebutuhan masyarakat yang sering disebut sembako terutama saat menjelang hari raya Idul Fitri, natal dan tahun baru. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan (1) untuk mengetahui kondisi harga bahan pokok di pasar (2) untuk mengetahui peran Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Probolinggo dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok (3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Probolinggo sejalan dengan tugas dan wewenang Al Hisbah. Metode penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif, dengan melakukan wawancara dan observasi terhadap Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Probolinggo. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Probolinggo yaitu dengan mengawasi roda perekonomian seperti mengecek ketersediaan barang, keakuratan alat ukur pedagang dan juga melakukan pencatatan harga sembako untuk dikirimkan ke Provinsi yang selanjutnya dipublikasikan kepada masyarakat.  
IMPLEMENTASI AKAD IJARAH PADA PEMBIAYAAN MULTIJASA DI KOPERASI BMT MASLAHAH CABANG CONDONG GADING PROBOLINGGO (Studi Kasus Bidang Perdagangan DKUPP Kabupaten Probolinggo) Eka Amiati Ningsih; Yeni Kartikawati; Nuntupa
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Nomor 2, Oktober 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan ekonomi masyarakat  saat ini banyak Lembaga  Keuangan Syariah Non Bank  yang bisa membantu melayani pemenuhan kebutuhan konsumtif masyarakat seperti kebutuhan anggota dalam bidang kesehatan dan pendidikan dengan menggunakan akad ijarah. Begitu juga dengan  Baitul Maal wat Tamwil (BMT). BMT pada dasarnya menganut sistem yang sama dengan Bank Syariah, yaitu konsep bagi hasil berdasarkan kesepakatan antara BMT Maslahah dengan anggota. Hal ini peneliti tertarik untuk membahas, di BMT Maslahah Cabang Condong tersedia kredit atau pembiayaan salah satunya adalah akad ijarah pada pembiayaan multijasa yang mana implementasi multijasa ini untuk mendapatkan manfaat atas suatu jasa. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi akad ijarah pada pembiayaan multijasa yang diterapkan di BMT Maslahah Cabang Condong. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara   pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi ataupun sumber-sumber data lainnya yang terdapat pada BMT Maslahah Cabang Condong. Hasil dari penelitian ini bahwasanya implementasi pembiayaan multijasa merupakan salah satu pembiayaan konsumtif dalam memenuhi kebutuhan akan manfaat atas suatu jasa. Implementasi Pembiayaan yang digunakan adalah dengan menggunakan akad Ijarah yaitu akad pemindahan hak guna (manfaat) atas suatu barang atau jasa dalam waktu tertentu melalui pembayaran sewa. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan ekonomi masyarakat  saat ini banyak Lembaga  Keuangan Syariah Non Bank  yang bisa membantu melayani pemenuhan kebutuhan konsumtif masyarakat seperti kebutuhan anggota dalam bidang kesehatan dan pendidikan dengan menggunakan akad ijarah. Begitu juga dengan  Baitul Maal wat Tamwil (BMT). BMT pada dasarnya menganut sistem yang sama dengan Bank Syariah, yaitu konsep bagi hasil berdasarkan kesepakatan antara BMT Maslahah dengan anggota. Hal ini peneliti tertarik untuk membahas, di BMT Maslahah Cabang Condong tersedia kredit atau pembiayaan salah satunya adalah akad ijarah pada pembiayaan multijasa yang mana implementasi multijasa ini untuk mendapatkan manfaat atas suatu jasa. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi akad ijarah pada pembiayaan multijasa yang diterapkan di BMT Maslahah Cabang Condong. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara   pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi ataupun sumber-sumber data lainnya yang terdapat pada BMT Maslahah Cabang Condong. Hasil dari penelitian ini bahwasanya implementasi pembiayaan multijasa merupakan salah satu pembiayaan konsumtif dalam memenuhi kebutuhan akan manfaat atas suatu jasa. Implementasi Pembiayaan yang digunakan adalah dengan menggunakan akad Ijarah yaitu akad pemindahan hak guna (manfaat) atas suatu barang atau jasa dalam waktu tertentu melalui pembayaran sewa. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan ekonomi masyarakat  saat ini banyak Lembaga  Keuangan Syariah Non Bank  yang bisa membantu melayani pemenuhan kebutuhan konsumtif masyarakat seperti kebutuhan anggota dalam bidang kesehatan dan pendidikan dengan menggunakan akad ijarah. Begitu juga dengan  Baitul Maal wat Tamwil (BMT). BMT pada dasarnya menganut sistem yang sama dengan Bank Syariah, yaitu konsep bagi hasil berdasarkan kesepakatan antara BMT Maslahah dengan anggota. Hal ini peneliti tertarik untuk membahas, di BMT Maslahah Cabang Condong tersedia kredit atau pembiayaan salah satunya adalah akad ijarah pada pembiayaan multijasa yang mana implementasi multijasa ini untuk mendapatkan manfaat atas suatu jasa. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi akad ijarah pada pembiayaan multijasa yang diterapkan di BMT Maslahah Cabang Condong. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi ataupun sumber-sumber data lainnya yang terdapat pada BMT Maslahah Cabang Condong. Hasil dari penelitian ini bahwasanya implementasi pembiayaan multijasa merupakan salah satu pembiayaan konsumtif dalam memenuhi kebutuhan akan manfaat atas suatu jasa. Implementasi Pembiayaan yang digunakan adalah dengan menggunakan akad Ijarah yaitu akad pemindahan hak guna (manfaat) atas suatu barang atau jasa dalam waktu tertentu melalui pembayaran sewa.
STRATEGI MARKETING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI  HDI FAMILY CENTER KRAKSAAN PROBOLINGGO DALAM PERSPEKTIF SYARIAH Qomariyah; Nuruddin Armanto; Ahmad Fajri
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Nomor 2, Oktober 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era sekarang strategi marketing telah menjadi tolok ukur dalam berkembangnya dunia bisnis. Kondisi pasar yang semakin meluas dapat medorong para pengusaha untuk menerapkan strategi pemasarannya dengan baik. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran, hal ini dapat menarik minat beli terhadap produk dari para konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing dalam meningkatkan penjualan produk HDI Family Center Kraksaan dalam perspektif syariah. Pada Penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Selain itu dalam pengambilan data yang digunakan adalah dari data sekunder yang bersumber dari publikasi yang meliputi jurnal ilmiah, buku, website. Dan bersumber dari wawancara. Hasil Penelitian ini Sebagai berikut dapat di tunjukkan bahwasanya strategi marketing dapat di terapkan dalam meningkatkan penjualan dengan menggunakan metode mix marketing. Selain itu, juga ada targeting dan sigmenting yang menjadia cuanp enting dalam strategi marketing.

Page 1 of 2 | Total Record : 14