cover
Contact Name
Habibah
Contact Email
financeunzah@gmail.com
Phone
+6285236408812
Journal Mail Official
habibahputry6@gmail.com
Editorial Address
Jl. PB. Sudirman No.360 Kraksaan, Probolinggo Jatim 67282 Telp/Fax. (0335) 842178
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
Finance
ISSN : 30250579     EISSN : 30249864     DOI : -
Finance: Journal of Accounting and Finance is a journal managed by the Islamic Banking Study Program at Zainul Hasan Genggong Islamic University and in collaboration with the professional organization, the Association of Islamic Economists. with a professional organization, namely the Association of Islamic Economists. This journal is published twice a year (May and October). This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic banking, Islamic finance, Islamic microfinance institutions, non-bank financial institutions, Islamic capital markets, Islamic economics and Islamic finance. financial institutions, Islamic capital markets, Islamic economics and other themes related to Islamic finance. with Islamic finance.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023" : 7 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN HARGATERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOME INDUSTRYSONGKOK DI DESA SUKODADI KECAMATAN PAITON KABUPATENPROBOLINGGO Abd. ghafur; Zelinda Larissa
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada home industry songkok di Desa Sukodadi Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian analisis regresi linear berganda. Alat analisis yang digunakan yaitu SPSS versi 25. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan sampel yang diambil sebanyak 25 orang konsumen yang membeli produk lebih dari tiga kali. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan (2) kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (3) harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (4) kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
ANALISIS PERSEPSI KEPERCAYAAN, RESIKO DAN MANFAAT TERHADAP PENGGUNA BSI MOBILE Fio Aditya Martin; Arinda Faradella Novianti; Iis Winda Wati; Fanila Riska Ayu
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui persepsi kepercayaan, manfaat, dan resiko terhadap penggunaan BSI Mobile yang sudah dirasakan setelah adanya hacker yang membuat data nasabah terbongkar. Pada artikel ini penulis menggunakan metode kualitatif pada pendekatan study case. Hasil penelitian yang didapat ialah tidak ada hal yang paling signifikan yang dapat mengurangi kepercayaan nasabah terhadap penggunaan BSI Mobile. Sehingga nasabah tetap merasa aman dan nyaman. Meski beberapa waktu BSI Mobile dan seluruh layanan sempat mengalami gangguan. Akan tetapi responden tidak khawatir terhadap hal tersebut.
MENGANALISIS KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE Munawarotul; Muhammad Yuda Prastia; Rani Sintiawati Dewi; Reva Azimatul Himmah; Zayyinatud Daraini
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelian online telah menjadi salah satu cara transaksi paling populer dan efektif saat ini. Namun, meskipun banyak pilihan yang tersedia, keputusan pembelian yang baik masih merupakan hal yang biasa. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kepercayaan, persepsi risiko, dan persepsi harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor kepercayaan, persepsi risiko, dan persepsi harga dalam jual beli Online. Artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini kami menemukan bahwa setiap orang memiliki persepsi yang berbeda dalam menanggapi jual beli online, dan untuk mengasosiasikan jual beli online dengan ekonomi Islam, kami menemukan bahwa jual beli Online diperbolehkan selama objek atau barang yang dijual tidak haram dan tidak mengandung unsur riba, penipuan (gharar) dan perjudian (maisyir).
ANALISI KEPERCAYAAN, PRESEPSI RESIKO, DAN PRESEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE Abdullah Faqih; Anisah Tur Rodiyah; Siti Nurhaliza; Faizatur Rohmah
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi telah mengubah cara belanja masyarakat dengan melakukan transaksi secara online. Jika dulu transaksi berlangsung secara offline, yang mana penjual dan pembeli harus saling bertemu, namun sekarang hal ini tidak diperlukan lagi. Konsumen tinggal melihat barang di website penjual dan jika cocok pembeli dapat melakukan pemesanan dan melakukan pembayaran melalui transfer bank maupun dengan menggunakan uang elektronik, bahkan bisa dicicil dengan menggunakan fitur paylater. Meskipun banyaknya keunggulan yang telah disebutkan diatas masih banyak faktor yang mempengaruhi keputusan oembelian online, seperti kepercayaan, resiko, dan harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor kepercayaan, resiko, dan harga dalam keputusan pembelian online. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model etnografi, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini kami memperoleh bahwa setiap orang memeliki presepsi yang berbeda dalam keputusan pembelian online. Namun, dari narasumber yang kami wawancarai kebanyakan faktor hargalah yang membuat mereka memutuskan untuk melakukan pembelian online.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN, DIGITAL MARKETING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT GENERASI Z PADA BANK SYARIAH (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM ZAINUL HASAN (UNZAH) GENGGONG Mohammad Khoerul Huda; Hayatul Millah
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari literasi keuangan, digital marketing, dan brand image terhadap minat generasi z pada bank syariah. Peneliti menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Universitas Zainul Hasan Genggong dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Metode analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis uji regresi linier berganda,uji asumsi klasik, dan menggunakan uji hipotesis yang diolah menggunakan aplikasi dari SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkann bahwa literasi keuangan mempunyai pengaruh terhadap minat generasi Z. Berdasarkan hasil uji T disimpulkan bahwa literasi keuangan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat generasi Z untuk menjadi nasabah di perbankan syariah. Secara parsial, pengaruh literasi keuangan terhadap minat generasi Z pada bank syariah adalah sebesar 4.589 dengansignifikansi sebesar 0,000 dimana nilai thitung lebih besar dari ttabel dan nilai signifikan kurang dari alpha 0,05.
PENERAPAN AKAD KONVENSIONAL DAN SYARIAH PADA PEMBIAYAAN DI PT. ADIRA  FINANCE SYARIAH SATELLIT BALUNG Abd. ghafur; Nur istianah putri
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to analyze the application of conventional contracts and sharia contracts applied to financing at PT. Adira Finance Syariah balung. In the current rapid economic era, PT. Adira Finance Syariah operates in the leasing sector where there is an agreement between the two parties, namely between the Company and the consumer, with the provision of rental payments within the agreed agreement time. When paying the rent, conventional and sharia leasing is applied. There is a comparison between financing conventional contracts and sharia contracts. In conventional leasing, a contract with an interest system is used as the objective. Meanwhile, in sharia leasing, a murabahah (sale and purchase) contract is used, whereas the advantages of the sharia contract itself are in terms of profit margin. The application of these two contracts is to further understand the business leases that are applied in leasing companies. The purpose of writing this report is to determine the differences between conventional leasing contracts and sharia leasing contracts. The type of data the author uses is secondary or external data. This research uses a qualitative descriptive research method.
ANALISIS FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) & DIGITAL MARKETING PADA BSI KCP LUMAJANG S PARMAN Ahmad Fajri ahmadfajri
Finance : Journal of Accounting and Finance Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Nomor 1, Mei 2023
Publisher : Finance : Journal of Accounting and Finance

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The development of Financial Technology  in Indonesia has recently been very rapid. This has changed people's lifestyles in various sectors, one of which is the financial sector which has an impact on financial services institutions in the banking sector. Financial Technology is a new technology and innovation that aims to compete with traditional financial methods in delivering financial services, in which there are new applications, processes, products or models that aim to make it easier for society. This financial technology has its own opportunities and challenges to achieve goals from both the bank and customer sides. This research aims to find out the fintech used at BSI KCP Lumajang S Parman, and how digital marketing developments at BSI Lumajang S Parman have increased customers.To identify these problems, this study uses a type of qualitative research. The data collection techniques were carried out using previous research reports, observations, interviews, and documentation. Based on the research that has been done, this research shows that 1) the fintech used at BSI KCP Lumajang S Parman is BSI Mobile and BSI Net which contain various features that make it easy to make transactions. 2) Digital marketing used at BSI KCP Lumajang S Parman namely Whatsapp and Email.

Page 1 of 1 | Total Record : 7