cover
Contact Name
Rafika Sari
Contact Email
lppmp@ubharajaya.ac.id
Phone
+6285228023815
Journal Mail Official
jucosco@ubharajaya.ac.id
Editorial Address
Jurnal Jucosco Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Jl. Perjuangan No.81, Marga Mulya, Kec. Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17143
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO)
ISSN : -     EISSN : 27749037     DOI : https://doi.org/10.31599/jucosco.v4i1
Jucosco merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan hasil karya ilmiah yang bersumber dari program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian implementasi dari program pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat yang dapat dipertanggungjawabkan serta disebarluaskan secara nasional maupun internasional.
Articles 65 Documents
Penerapan Sistem Informasi Keuangan Pada SMK Catur Global Bekasi Andy Achmad H.; Rafika Sari; Aida Fitriyani; Rosiana Disiati Prabandari
Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/jucosco.v1i1.428

Abstract

Sistem Keuangan merupakan serangkaian sistem yang dapat membantu manajemen perusahaan untuk mengambil suatu keputusan yang memberikan pengaruh pada perusahaan sehingga perusahaan mampu menghadapi tantangan dari perusahaan-perusahaan yang sejenis. Penyajian data keuangan yang sistematis dan akurat dalam periode akuntansi yang tepat, melakukan kontrol secara tepat terhadap aset perusahaan, mengumpulkan dan menyimpan data tentang segala aktivitas dan transaksi keuangan, serta membuat efisiensi biaya dan waktu terhadap kinerja keuangan merupakan hal penting dalam pengelolaan perusahaan. Oleh karena itu, sebagai upaya melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian pada masyarakat, kami tim dosen dari Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, program studi Teknik Informatika, bermaksud mengadakan pelatihan Penerapan Sistem Keuanganpada sebuah sekolah yaitu SMK Catur Global Bekasi. Penerapan Sistem Informasi Keuangan pada murid-murid dan karyawan SMK Catur Global Bekasi berupa pemanfaatan pada menu Finansial Control dan yang terdapat pada Sistem Informasi Akuntansi. Dimana menu tersebut berfungsi untuk mengakses setiap transaksi keuangan baik uang masuk maupun keluar, seperti proses pengentrian pada setiap pos biaya diberbagai akun kas dan bank lalu diberikan chart of account sehingga dapat diketahui tujuan dan sumber uang masuk pada setiap transaksi. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi setiap individu siswa dan karyawan sekolah sehingga menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
Lentera UMKM-Pendampingan UMKM Regie’s Production Berbasis Teknologi di Masa Pandemi Covid-19 IEEE HAC & SIGHT Project Hani Harafani; Verra Sofica; Sandra Dewi Saraswati; Indah Suryani; E. Fina Endriana
Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/jucosco.v1i1.430

Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) is one of the drivers of development and the Indonesian economy. In the midst of the Covid19 pandemic, MSMEs are challenged to exist and survive all forms of existing threats. Starting from the decline in people's purchasing power to result in the fall of MSMEs due to this uncertain condition. In addition, health threats are also not spared MSME players serve and transact with buyers, physical contact is one of the causes of transmission of the Covid19 virus. The formulation of the problem of community service is how MSME actors can market their products during a pandemic and can take advantage of platforms or technology so that there is no need to make direct contact with buyers. The purpose of this community service is to provide continuous coaching in an integrated manner with the help of recommended technology (Halosis, Canva, Web lantera-umkm.com). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak pembangunan dan perekonomian Indonesia. Di tengah kondisi pandemi Covid19 UMKM ditantang untuk dapat eksis dan bertahan menghadapi segala bentuk ancaman yang ada. Mulai dari merosotnya daya beli masyarakat hingga berakibat jatuhnya UMKM karena kondisi yang tidak pasti ini. Selain itu ancaman kesehatan juga tidak luput. Pelaku UMKM melayani dan bertransaksi dengan pembeli, adanya kontak fisik menjadi salah satu penyebab penularan virus Covid19. Rumusan masalah dari pengabdian masyarakat ini adalah bagaimana pelaku UMKM dapat memasarkan produknya di masa pandemi dan dapat memanfaatkan platform atau teknologi sehingga tidak perlu melakukan kontak langsung dengan pembeli. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini memberikan pembinaan terus menerus secara terpadu dengan bantuan teknologi yang direkomendasikan (Halosis, Canva, Web lentera-umkm.com).
Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Google Drive Dan Google Form Untuk Guru Endang Retnoningsih; Endang Retnoningsih; Solikin Solikin; Indra Muis; Kristiana Widiawati
Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/jucosco.v1i1.441

Abstract

Abstract The learning process has shifted from conventional to technology-based. In line with the development of science, in the learning process there is a paradigm shift where the learning process must be oriented towards active learning students (student active learning). The teacher is expected to be able to present a fun learning process for students by using various learning media, so that the teacher must be creative in providing material to students. Learning media using google drive, bit.ly, and google forms are technology-based learning media that increases teaching and learning to be active and innovative with the internet. Therefore it is necessary to conduct training on making learning media using google drive, bit.ly, and google forms for teachers of SMAN 15 Bekasi City, so that they can improve their ability to implement distance learning in the adaptation period of new habits. The results of the implementation of the activity obtained an assessment of 55.2% which was Very Good in terms of material, participant responses, the relevance of the material to the participants' needs; 43.6% assessment has been good related to the material and presentation techniques; and 1.2% has had enough for one day of implementation, but it still needs additional time in providing training materials to see the participants' response was very good from this training activity. Keywords—ict; google; teachers; learning media; students. Abstrak Proses pembelajaran mengalami pergeseran dari konvensional menjadi berbasis teknologi. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka dalam proses pembelajaran terjadi perubahan paradigma dimana proses pembelajaran harus berorientasi pada siswa belajar aktif (student active learning). Guru diharapkan dapat menghadirkan proses belajar yang menyenangkan bagi siswa dengan menggunakan berbagai media pembelajaran, sehingga guru harus kreatif dalam memberikan materi kepada siswa. Media pembelajaran menggunakan google drive, bit.ly, dan google forms merupakan media pembelajaran berbasis teknologi meningkat belajar mengajar menjadi aktif dan inovatif dengan internet. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan google drive, bit.ly, dan google forms untuk Guru SMAN 15 Kota Bekasi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa adaptasi kebiasaan baru. Hasil pelaksanaan kegiatan diperoleh penilaian 55.2% telah Baik Sekali dari sisi materi, respon peserta, keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta; penilaian 43.6% telah Baik terkait materi dan teknik penyajian; dan 1.2% telah cukup selama satu hari pelaksanaan, namun masih perlu waktu tambahan dalam pemberian materi pelatihan melihat respon peserta yang Baik Sekali dari kegiatan pelatihan ini. Kata kunci— ict; google; guru; media pembelajaran; siswa.
Kampaye Edukatif Pemanfaatan Lahan Pekarangan Melalui Media Sosial Santi Purwanti; Jaja; Yusup Firmansyah; Kekey Nugraha
Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/jucosco.v1i1.451

Abstract

Media sosial merupakan wadah untuk memberikan informasi yang sangat efektif untuk penyebaran yang lebih luas dan memberikan informasi yang lebih interaktif bagi penyedia dan penerima informasi. Dalam hal ini media sosial digunakan untuk memberikan motifasi kepada warga terkait dengan pelaksanaan program warung hidup. Warung hidup merupakan tanaman yang dapat di tanam di lahan pekarangan warga yang mana dengan adanya warung hidup ini bisa memenuhi kebutuhan dapur seperti halnya sayuran, bumbu dan buah buahan, dalam pengabdian masyarkat ini warung hidup difokuskan kepada tanaman yang dapat meningkatkan imunitas daya tahan tubuh dalam rangka pencegahan dan penanggualangan covid-19. Kampanye edukasi melalui media sosial kepada masyarakat mengenasi pemanfaatan Lahan Pekarangan sebagai Media Tanam untuk Ketahanan Pangan dan Imunitas Tubuh dalam Penanggulangan Covid-19, merupakan tema yang akan diangkat dalam pengabdian masyarakat dengan program utama warung hidup. Metode yang diterapkan dalam pengabdian masyarakat yaitu dengan dilakukannya penilaian tiga sesi penilaian dengan melalui empat kriteria yaitu keragaman tanaman, budidaya yang dilakukannya, kerapihan terhadap penataan tanaman dan kreativitas dalam mengemas tanaman obata keluarga (TOGA). Dari hasil kegiatan ini masyarakat memiliki motivasi dan keinginan untuk melakukan pengelolaan warung hidup di pekarangan rumah masing-masing dan dari hasil penilaian yang dilakukan oleh tim, dihasilkan tiga juara, yaitu juara satu, dua dan tiga.
Penerapan Literasi TIK pada Ibu-Ibu Pengajian Masjid Al Hikmah Jakarta Dwi Budi Srisulistiowati; Rakhmi Khalida; Siti Setiawati
Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/jucosco.v1i1.453

Abstract

Tulisan ini menyoroti tentang minimnya minat baca masyarakat yang menjadi satu faktor yang menyebabkan berita bohong tersebar luas dengan mudah. Pengaruh internet telah dirasakan mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Rajin membaca dan pemahaman akan internet sebagai salah satu bentuk media digital dirasa perlu ditanamkan harus dipahami dalam kesadaran diri setiap individu untuk lebih bijak dalam penggunaannya. Solusi lainya adalah kegiatan sosialisasi terhadap literasi digital dirasa perlu dilakukan secara intensif kepada seluruh masyarakat. Kegiatan sosialisasi terhadap literasi digital dilakukan dosen informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya menjadi bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Masjid Al-HIkmah Duren Sawit Jakarta Timur. Materi yang diberikan pada Penerapan Literasi TIK pada Ibu - Ibu Pengajian Masjid Al-Hikmah Duren Sawit, Jakarta, yaitu cara mengakses informasi yang efektif dan efisisien yang tepat dan bermanfaat, perlindungan generasi-generasi muda dari penyimpangan seksual, dan menangkal berita hoax serta sekilas tentang UU ITE. Capaian dalam kegiatan literasi ini dapat meningkatkan budaya literasi masyarakat, membuka pengetahuan untuk memerangi berita bohong di kalangan masyarakat, menaikan indikator kualitas Sumber Daya Manusia, tak kalah dahsyatnya, dalam hal menulis, ketika tulisan menjadi media untuk menularkan ilmu yang bermanfaat, maka akan mendapat ganjaran pahala jariyah yang bertubi-tubi, walau sang penulisnya telah mati berkalang tanah.
Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi Herlawati; Fata Nidaul Khasanah; Rafika Sari
Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/jucosco.v1i1.454

Abstract

Guru sebagai fasilitator bukan hanya sebagai pendidik dan pengajar saja pada abad 21 ini. Guru dituntut mempunyai kemampuan lebih dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus mampu memadukan pembelajaran, konteks yang bermakna dan harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengakses materi pembelajaran setiap saat dan memberikan penilaian formatif yang adil, salah satunya dengan menggunakan konsep gamifikasi. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, perlu adanya kegiatan pembelajaran interaksi yang baik antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran secara daring. Salah satunya menggunakan aplikasi Mentimeter, yang merupakan aplikasi berbasis website yang dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan survey dalam suatu kegiatan seminar atau pembelajaran. Metode pelaksanaan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimulai dari koordinasi dengan pihak mitra untuk mendiskusikan tentang banyaknya peserta, dan tanggal pelaksanaan, dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan menggunakan aplikasi daring dan bagian akhir melakukan koordinasi dengan mitra terkait pelaporan dari kegiatan pengabdian ini. Mitra dari kegiatan ini adalah SMA Negeri 14 Kota Bekasi. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini pihak mitra dapat memahami mengenai aplikasi Mentimeter dan mengetahui bagaimana membuat media interaktif dalam proses pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Mentimeter sebagai upaya mewujudkan program pemerintah merdeka belajar.
Implementasi Sistem Informasi Sekolah Berbasis WEB pada Muhammadiyah Boarding Lab School (MBLS) Kecamatan Setu Kabupaten Tambun Prima Dina Atika; Hadi Kusmara; Sugiyatno; Mukhlis
Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/jucosco.v1i1.457

Abstract

Teknologi Informasi membantu penyampaian informasi dalam bentuk visual baik secara elektonik maupun non elektronik (media cetak) yang di dalamnya mempunyai arti penyempurnaan pesan untuk dipublikasikan. media penyampaian sebuah pesan kepada peserta didik. Muhammadiyah Boarding Lab School adalah lembaga pendidikan sekaligus sebagai pesantren Ma’had Tahfizul Qur’an yang dibawah naungan Pempinan Daerah Kabupaten Bekasi sehingga untuk mempermudah penyampain informasi kepada wali santri yang saat ini mukim di pesantren Muhammadiyah pada tahap awal perlu dibuatkan WEB untuk keperluan diatas, selain itu untuk mempercepat. Adapun pembuatan media informasi selama ini untuk menyampaikan kepada wali santri sering terkendala karena sumber daya manusia (SDM), sehingga wali santri kurang dapat mengikuti perkembangan santri. Menjawab permasalahan tersebut maka dibuat Sistem Informasi WEB Sekolah. Kata kunci—Web; Pelatihan
Pelatihan Pembuatan Toko Online Untuk Staf dan Akademisi Ubhara Jaya R. Wisnu Prio Pamungkas; Ahmad Fathurrozi; Prio Kustanto; Andy Achmad H.
Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/jucosco.v1i1.489

Abstract

Era industri 4.0 dimana era adanya disrupsi ekonomi dimana dapat menggerus sistem-sistem pasar yang selama ini telah berjalan secara tradisional, fenomena toko-toko atau pasar-pasar menjadi sepi pengunjung dengan banyaknya bermunculan toko-toko online menyebabkan para pelaku penjual di toko harus mau tidak mau beralih dari toko fisik menjadi toko digital. Salah satu upaya yang harus kita lakukan adalah melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bisa dimulai dari individu atau perorangan. Juga tidak kalah penting adalah kegiatan di dunia pendidikan, karena tidak terkecuali permasalahan pandemi ini berimbas pada Perguruan Tinggi. Bagi individu pelaku bisnis, dalam hal ini adalah yang mau berkembang untuk dapat prioritas dalam edukasi serta pendampingan. Penyelenggaraan dapat diadakan di Fakultas ataupun ruang aula Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) kampus Bekasi dengan materi mencakup perencanaan pembuatan toko online, registrasi ke channel toko online atau ke market place untuk membuka toko online. Materi yang akan disajikan ini dibuat sederhana namun dapat dipahami oleh semua yang hadir dari akademisi hingga staff universitas, dan yang pasti harus mudah dipraktekkan dalam usahanya. Harapan ke depan dengan adanya pelatihan ini diharapkan munculnya toko-toko online dari para individu atau perorangan. Sehingga kebutuhan masyarakat akan dapat dipenuhi oleh toko online ini. Bahkan jika masing-masing staff dan akademisi akan berkembang maka hasil-hasilnya akan dapat dipasarkan dieksport sampai manca negara melalui toko online.
Inisiasi Edukasi Kreatif Pelatihan E-Learning Di SMK Panjatek Bekasi Indah Dwijayanthi Nirmala; Dwipa Handayani; Hendarman; Ratna Salkiawati
Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/jucosco.v1i1.493

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dari penerapan teknologi sebagai salah satu langkah untuk menjaga kualitas dan keberhasilan proses belajar mengajar. Saat ini telah banyak berkembang berbagai teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dunia pendidikan, salah satunya pembelajaran secara daring. E-learning merupakan sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung pengembangan kegiatan belajar mengajar dengan media internet, intranet atau media komputer yang lain, dengan adanya e-learning memungkinkan terjadinya proses pendidikan tanpa melalui tatap muka langsung dan pengembangan ilmu pengetahuan kepada pelajar bisa dilakukan dengan mudah. Salah satu strategi dalam menyusun pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar yaitu dilakukan inisiasi kegiatan edukasi kreatif dengan menggunakan aplikasi EDMODO yang sangat dibutuhkan untuk menyesuaikan kondisi belajar mengajar secara daring/online karena kondisi pandemi Covid 19. Kata kunci: Pendidikan,teknologi, komputer, internet, aplikasi elektronik, EDMODO, Covid 19
Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Ibu-Ibu PKK Perumahan Taman Jatisari Permai Bekasi Dwi Budi Srisulistiowati; Khairunnisa Fadhilla Ramdhania; Siti Setiawati; Sri Rejeki
Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/jucosco.v1i1.508

Abstract

This paper describes about entrepreneurial activities that carried out by woman in Perumahan Jatisari, Bekasi. The concept of economic activity that is integrated with advances in information technology is one of the solutions that can support employment issues and simultaneously support the growth and prosperity of a nation's economy. Entrepreneurship online can be accepted as an alternative way to develop entrepreneurs in Indonesia. The form of buying and selling via the internet is known as e-commerce, and Indonesia has considerable opportunities in the online market. This era provides a large scope for organizing activities in new, innovative, transparent, and accurate so that information processing will be faster and easier. As a developing country, Indonesia continues to improve its network infrastructure by following various developments in information technology which will lead to an era in which the use of the internet has begun to become a daily necessity for all activities. Towards a digital economy marked by the growing development of business or trade transactions that utilize online media.