cover
Contact Name
Ahmad Mushollin
Contact Email
colin.ahmad@gmail.com
Phone
+6285733183665
Journal Mail Official
jurnalstaika@gmail.com
Editorial Address
JL. Raya Daendels, Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62264
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27981266     DOI : 10.62750/staika
Staika Journal is a journal that publishes research articles in the form of development, qualitative, quantitative research, literature studies, theory applications, and critical analysis studies in the field of Islamic education. The scope of this journal discusses Islamic education which includes current issues, problems, policies and educational practices, as well as offering novelty and practical implications in the development of education, both primary, secondary and higher education.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)" : 7 Documents clear
STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRAKTIK MUAMALAH ANTAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH 16 PONDOK PESANTREN KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN Zakhiru Rahma Zaha
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62750/staika.v4i2.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pendidik agar dapat lebih bijak dalam meningkatkan praktik muamalah antar siswa di lingkungan sekolah. Pelajaran akhlak dan muamalah merupakan pelajaran yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa terutama dalam membentuk kepribadian yang bersosial. Siswa akan dapat mengaitkan kegiatan sehari-hari yang dilakukannya dengan pendidikan akhlak yang dipelajarinya. Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai tingkah laku seseorang melanggar norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat. Hal ini disebabkan perkembangan teknologi yang banyak berpengaruh terhadap kehidupan sosial anak seperti, televisi dan handphone yang banyak menyajikan hal-hal yang dapat mempengaruhi anak-anak baik anak kecil maupun remaja. Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) tanpa dibarengi iman dan takwa (IMTAK) menyebabkan kehidupan tidak bisa berjalan dengan seimbang, karena itu siswa perlu dibekali dengan keduannya sehingga dapat menjadi manusia yang sempurna dan berakhlak mulia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan. A. Strategi yang dilakukan guru PAI untuk meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran Lamongan, yaitu memberikan contoh perilaku yang baik, menjadi uswatun hasanah, melakukan model pembelajaran dengan melalui pendekatan, melakukan pendekatan secara langsung, praktik secara langsung dengan cara yang menyenangkan, mengadakan kegiatan berhubungan dengan muamalah. B. Peran Guru PAI dalam usaha meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran Lamongan, antara lain: Menjadi uswatun hasanah, Memberi nasehat, Mentransfer ilmu, Mengajar dengan inovatif dan efektif, Peran guru di sekolah dan masyarakat. C. Metode yang digunakan Guru PAI untuk meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran Lamongan, yaitu: 1. Metode Diskusi, 2. Metode Tanya Jawab, 3. Metode Demonstrasi. D. Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Guru PAI dalam usaha untuk meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran Lamongan. 1. Faktor Pendukung. a. Adanya motivasi dari orang tua, b. Kerja sama dari kabag pendidikan dan wali murid, c. Faktor teknologi, d. Faktor guru, e. Faktor lingkungan, f. Motivasi siswa, g. Guru yang aktif. 2. Faktor Penghambat. a. Orang tua yang mekengkang anak, b. Kurangnya komitmen guru, c. Penyalahgunaan teknologi, d. Kurangnya pengawasan guru, e. Faktor teman, f. Orang tua yang kurang memperhatikan tingkah laku anak, g. Karakter anak. h. Kondisi dan situasi kelas, i. Kecerdasan anak. E. Nilai yang diberikan Guru PAI dalam usaha meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran Lamongan. 1. Nilai Kebenaran, 2. Nilai Tanggung jawab sosial, 3. Nilai Kesopanan, 4. Nilai kedisiplinan. Strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan praktik muamalah antar siswa adalah dengan menerapkan beberapa cara di antaranya guru memberikan contoh perilaku yang baik, berdiskusi, memberikan nasehat, menjadi uswatun hasanah, melakukan model pembelajaran melalui pendekatan personal, melakukan pendekatan secara langsung dengan siswa, praktik secara langsung dengan cara yang menyenangkan, serta mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan muamalah.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEIMANAN DIPESANTREN AL-ISLAM TENGGULUN LAMONGAN Zunaidah
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62750/staika.v4i2.41

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (a) Memahami pandangan kyai dan para ustadz pesantren al-Islam Tenggulun tentang pendidikan keimanan, (b) Menjelaskan tentang implementasi pendidikan keimanan di pondok pesantren al-Islam Tenggulun Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu Pesantren al-Islam Tenggulun Lamongan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul sebagaimana adanya disusun, diinterpretasikan kemudian dianalisis, untuk selanjutnya diambil kesimpulan. Temuan penelitian ini yaitu meliputi: Pertama, pendidikan keimanan mendapatkan perhatian lebih di pondok pesantren al-Islam, karena para pengasuh pesantren ini berpandangan bahwa seluruh detik kehidupan seorang muslim berporos dan bertolak darinya. Kedua, pendidikan keimanan di pesantren ini adalah dengan mendalami maksud dari keimanan kepada Allah, keimanan kepada malaikat-malaikat Allah, keimanan kepada kitab-kitab Allah, keimanan kepada rasul-rasul Allah, keimanan kepada hari akhir, dan keimanan kepada qadha’ dan qadar Allah.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PACIRAN Ahmad Mushollin; Anita Nurmayanti
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62750/staika.v4i2.42

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah dampak pandemi COVID-19 yang kini mulai merambah kedunia pendidikan, sehingga pemerintah berupaya untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan. Dengan adanya kebijakan tersebut maka sekolah menerapakan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau pembelajaran daring (dalam jaringan). Salah satu aplikasi gratis dan familiar yang diterapkan dalam pembelajaran daring di SMA Muhammadiyah 6 Paciran adalah aplikasi Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 pada mapel PAI, untuk mengetahui keefektifan pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 terhadap peserta didik pada mapel PAI, untuk mengetahui keefektifan pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 terhadap guru PAI pada mapel PAI. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Proses pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 pada mapel PAI meliputi (a) Tujuan Pembelajaran mapel PAI (berkompetisi dalam kebaikan) agar peserta didik terbiasa dalam membaca Al-Quran, senantiasa selalu berbuat kebaikan dalam kehidupan sehari-hari (b) materi pembelajaran: guru memberikan materi lebih rinci, (c) media pembelajaran: guru menggunakan media berupa video, (d) metode pembelajaran: guru menggunakan metode Tanya jawab, (e) strategi: dengan menyampaikan point-point penting dan khusus anak pondok, guru bekerjasama dengan ustad untuk mengawasi pada saat pembelajaran berlangsung (f) Hasil penilaian pembelajaran google classroom bahwa sebanyak 5 anak tidak mencapai KKM dan akan diberi tugas tambahan dan 14 anak sudah mencapai KKM. (2) Keefektifan pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 terhadap peserta didik pada mapel PAI : (a) Untuk peserta didik rumahan, proses pembelajaran google classroom ditengah pandemic COVID-19 sangat efektif sekali namun kurang efisien karena tidak tatap muka secara langsung (b) Untuk peserta didik pondokan, proses pembelajaran google classroom ditengah pandemic COVID-19 kurang efektif dan kurang efisien sekali karena fasilitas tidak medukung, lingkungan yang tidak kondusif dan tidak tatap muka secara langsung. (3) Keefektifan pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 terhadap guru PAI pada maple PAI :Dengan adanya pembelajaran google classroom sangat efektif memudahkan guru PAI dalam menyampaikan materi PAI ditengah pandemic COVID-19 namun kurang efisien karena tidak tatap muka secara langsung.
Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak Di TAPAS (Taman Pembinaan Anak Sholeh Darul Qalam) Sedayulawas Brondong Lamongan. Yusuf Wibisono
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62750/staika.v4i2.44

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bahwa pengajaran pendidikan Islam kepada anak didik sangatlah penting dalam membentuk karakter anak. Pengajaran pendidikan Islam, yaitu pengajaran nilai-nilai ajaran Islam, kepada anak didik tidak hanya dapat membentuk ahklaq baik mereka tapi juga meningkatkan kecerdasan spiritual mereka. Kecerdasan spiritual dibutuhkan untuk menjadi penyeimbang kecerdasan intelektual, dengan kedua kecerdasan tersebut anak didik akan menjadi pribadi yang unggul. Peneletian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang berbentuk kualitatif phenomenologik dengan menempuh metode Grounded, yakni bermaksud menemukan teori baru berdasarkan data-data yang dijumpai di lapangan, atau mengembangkan rumusan teori / mengembangkan konseptualisasi teorotik berdasarkan data-data tersebut. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pendidikan Islam mampu meningkatkan kecerdasan spiritual anak didik yang ditunjukkan dengan perubahan prilaku baik mereka. (2). Pendidikan Islam yang diberikan adalah dengan mengajarkan anak didik: a. Pengetahuan tentang Allah dan Rasul (ma’rifatullah wa ma’rifatur rasul); tauhid uluhiyah dan rububiyah, asma’ dan sifat, kalimat-kalimat thoyibah, mengenalkan nama-nama nabi dan rasul dan menceritakan sejarah, keutamaan kepribadaian dan mukjizat mereka, b. Syariah; ibadah wajib (mahdhoh), sholat berjamaah, membaca alQur’an dan do’a sehari-hari, c. Ahklaq; mengucapkan salam, berjabat tangan, berkata jujur, menepati janji dan taat kepada orang tua dan guru.
KONSEP AL-QUR’AN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Tematik Surat Luqman Ayat 12-19) M. Hambal Shafwan
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62750/staika.v4i2.45

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bahwa dalam dunia pendidikan agar menghasilkan pelajar yang baik, sesuai yang diharapkan, maka pengajaran pendidikan Islam yang mengajarkan tentang aqidah dan akhlak adalah hal yang penting, tidak hanya menitik beratkan pada kecerdasan intelektualnya saja tanpa diimbangi dengan kemampuan emosional. Penelitian ini merupakan kajian pustaka (library reasech) yang bersifat kualitatif. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode dokumentasi dapat dimanfaatkan untuk menguji, menafsirkan, bahkan untuk meramalkan. Kemudian data tersebut dikelola dengan metode analitis (tahlili). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Kecerdasan emosional dapat menuntun serta membimbing potensi manusia untuk membentuk pribadi yang bijaksana dalam menjalankan kehidupan sehari-hari yakni dalam berinteraksi dengan baik, cerdas dalam berucap, serta bijak dalam berucap. (2). Materi kecerdasan emosional yang terdapat pada surat Luqman ayat 12-19 meliputi pengajaran tentang penanaman aqidah yakni menjadikan Allah sebagai pegangan hidup, dan akhlak. (3). Ajaran pendidikan kecerdasan emosional yaitu untuk membentuk insan kamil yakni dengan menanamkan pelajaran aqidah yang benar, pemeliharaan karakter melalui ibadah dan penanaman akhlak.
MANAJEMEN PREVENTIF MAJLIS TAKLIM MUHAMMADIYAH AL-HUSAINI SIDOMULYO KENJERAN DALAM MENANGGULANGI PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA REMAJA DI KOTA SURABAYA Din Muhammad Zakariya
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62750/staika.v4i2.46

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin maraknya peredaran narkoba dari kalangan elit hingga masyarakat bawah, berbagai macam masalah yang terjadi pada masyarakat saat ini, mulai dari pegaulan bebas, narkoba, kekerasan, krisis akhlak serta moral. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Ancaman Bahaya Narkoba Pada Remaja di Kota Surabaya? (2) Bagaimana Manajemen Preventif Majlis Taklim Muhammadiyah al-Husaini dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba di Kota Surabaya ? (3) Bagaimana Strategi Dakwah Majlis Taklim Muhammadiyah al-Husaini dalam Mencegah Bahaya Narkoba di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik deskriptif dari hasil penelitian. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba pada kehidupan remaja sangatlah buruk. Ancaman ini dapat diantisipasi melalui berbagai upaya hukum, baik secara persuasif maupun preventif. Peranan bimbingan Majlis Taklim Muhammadiyah al-Husaini dalam mencegah bahaya narkoba pada remaja di Kota Surabaya sangat tepat dilakukan melalui pendekatan teologi (agama) dalam bentuk pendidikan Islam dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang bermuatan religius sehingga para generasi tenang memperoleh pengetahuan tentang ajaran Islam yang dapat dijadikan bekal dalam mengatasi pergaulan bebas yang kini kian merambah dan menjadi trend di kalangan remaja saat ini.
Model Penyelenggaraan Daurah Tahfidzul Qur’an Dalam Peningkatan Perolehan Santri di Pondok Pesantren Karangasem : Model Penyelenggaraan Daurah Tahfidzul Qur’an Dalam Peningkatan Perolehan Santri di Pondok Pesantren Karangasem Mufti Labib Abdurrahman
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62750/staika.v4i2.64

Abstract

Era revolusi industri 4.0 berdampak pada perubahan beragam aspek dalam peradaban umat manusia. Tidak terkecuali yang terjadi di ruang lingkup pondok pesantren seperti yang terjadi di pondok pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Pondok pesantren Karangasem Paciran Lamongan memiliki program daurah Tahfidzul Qu’an, dan tentunya program ini memberikan dampak dalam peningkatan perolehan santri di pondok pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Dalam penelitian ini penelitian menelaah terkait proses, strategi dan evaluasi serta persepsi santri terhadap penyelenggaraan daurah Tahfidzul Qur’an. Dalam manajemen program daurah Tahfidzul Qur’an sangat baik, hal ini dibuktikan melalui programnya yang dapat bertahan dan menambah minat santri untuk mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Program daurah Tahfidzul Qur’an memiliki tujuan dalam mencetak mubalig dan mubalighah yang tersebar di wilayah pantura. Adapun dalam strategi dan evaluasinya, pondok pesantren menggunakan beberapa cara diantaranya peningkatan mutu muhafidh dan muhafidhoh, peningkatan mutu fasilitas dalam penyelenggaraan daurah Tahfidzul Qur’an, komunitas wali santri program daurah melalui whatsapp, dan memberikan penghargaan kepada santri yang memiliki hafalan. Adapun dalam persepsi santri yang telah mengikuti program daurah Tahfidzul Qur’an, Bagi santri selain meningkatkan spiritual, program daurah Tahfidzul Qur’an memberikan dapat memberikan pembelajaran kemandirian, intelektual, dan menambah kepercayaan diri.

Page 1 of 1 | Total Record : 7