cover
Contact Name
Sulton Nawawi
Contact Email
sulton.bio@gmail.com
Phone
+6285789933439
Journal Mail Official
danadyaksahistorica@gmail.com
Editorial Address
Ruang Jurnal FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Jl. Jenderal Ahmad Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Kota Palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Danadyaksa Historica
ISSN : 27980324     EISSN : 2807565X     DOI : https://doi.org/10.32502/jdh.v1i1
Core Subject : Education, Social,
Danadyaksa historica merupakan jurnal pendidikan sejarah dan ilmu sejarah yang memiliki arti penjaga kejayaan sejarah. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk menampung berbagai artikel yang berkaitan dengan pendidikan sejarah dan ilmu sejarah. Sehingga jurnal ini dapat menambah wawasan dan khazanah ilmu pengetahuan khususnya di bidang sejarah.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2024): Danadyaksa Historica" : 8 Documents clear
Pengaruh Budaya Hindu dan Perkembangan Ekonomi yang Pesat di Gunung Bromo dan Tebing Breksi Ghefira, Ifa Ghefira; Safitri, Sani; Susanti, Helen
Danadyaksa Historica Vol 4, No 1 (2024): Danadyaksa Historica
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jdh.v4i1.8166

Abstract

Wisata Gunung Bromo dan Tebing Breksi merupakan dua tempat wisata yang berbeda tempat tetapi memiliki kesamaan dalam hal budaya dan perkembangan wisata. Akan tetapi, penelitian tentang hal tersebut masih perlu ditingkatkan karena belum banyak yang membahasnya. Artikel ini mengungkap bagaimana pengaruh budaya Hindu dan perkembangan ekonomi yang pesat di Gunung Bromo dan Tebing Breksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh budaya Hindu di tempat wisata Gunung Bromo dan Tebing Breksi, karena budaya Hindu telah menjadi bagian integral dari masyarakat Jawa Timur dengan adanya bukti nyata seperti: Upacara Kasada di Gunung Bromo, patung dan relief-relief di Tebing Breksi, serta perkembangan ekonomi yang berubah secara signifikan bagi masyarakat sekitar..
Pembelajaran Sejarah Lokal Dalam Bingkai Multikulturalisme Lestari, Dewi; Bahri, Bahri
Danadyaksa Historica Vol 4, No 1 (2024): Danadyaksa Historica
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jdh.v4i1.8142

Abstract

Pendidikan multikultural di Indonesia mengakui keberagaman budaya sekaligus memupuk rasa persatuan. Pendidikan merupakan sarana yang sangat efektif untuk menumbuhkan multikulturalisme. Pendidikan sejarah merupakan suatu konsep pendidikan yang berupaya untuk memajukan dan menumbuhkan nilai-nilai multikultural dalam masyarakat Indonesia melalui penggabungan nilai-nilai multikultural dalam pengajaran sejarah lokal, sehingga nilai multikulturalisme dapat di implementasikan pada peserta didik dari SD hingga kampus. Tujuan penelitian adalah untuk membahas pembelajaran sejarah lokal dalam bingkai multikulturalisme dengan berfokus pada penerapan nilai multikultutarisme, peran guru dalam mengimplementasi nilai multikulturalisme danĀ  pengintegrasian nilai multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah lokal. Metode pada penelitian kualitatif pendekataan kepustakaan, data yang di peroleh bersumber dari buku, jurnal, artikel dan ensiklopedia. Temuan penelitian menunjukan bahwa pembelajaran sejarah lokal banyak memberikan peserta didik nilai-nilai multikulturalisme salah satunya yaitu saling berhargai satu sama lain walaupun berbeda budaya, ras dan agama.
Keterlibatan Al-Mukhtar bin Abi Ubaid ats-Tsaqafi Terhadap Perkembangan Dark Age of Islam di Dinasti Umayyah dan Ajaran Agama Islam Syiah Yuwono, Ardi Tri; Wiratama, Nara Setya; Budiono, Heru; Widiatmoko, Sigit
Danadyaksa Historica Vol 4, No 1 (2024): Danadyaksa Historica
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jdh.v4i1.8234

Abstract

Dinasti Umayyah dianggap sebagai masa Dark Age of Islam oleh para sejarawan. Hal ini disebabkan oleh pertumpahan darah yang dilakukan oleh sesama umat Islam, seperti: (1) tragedi Karbala; (2) penjarahan Kota Madinah, serta; (3) melindungi Ka'bah dari pengepungan pasukan Umayyah yang mengakibatkan terbakarnya Ka'bah. Oleh karena itu, pada masa ini banyak tokoh yang mengklaim dirinya sebagai khalifah di Jazirah Arab untuk mengatasi konflik tersebut, salah satunya ialah Al-Mukhtar bin Abi Ubaid ats-Tsaqafi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Al-Mukhtar bin Abi Ubaid ats-Tsaqafi pada masa Dinasti Umayyah yang dianggap sebagai Dark Age of Islam. Penelitian ini mengaplikasikan metode sejarah dengan pendekatan kualitatif. Keterlibatan Al-Mukhtar bin Abi Ubaid ats-Tsaqafi dapat dibuktikan melalui peristiwa seperti: (1) Pengepungan Makkah yang dilakukan Dinasti Umayyah tahun 683 M; (2) Pemberontakan Kufah tahun 685 M; (3) Pertempuran Khazir tahun 686 M; (4) Pertempuran Harura dan Madhar tahun 687 M; dan lain sebagainya. Pada masa Dark Age of Islam ini, wilayah Jazirah Arab terbagi menjadi tiga kekuatan besar, yaitu Dinasti Umayyah (Suriah dan Mesir), Abdullah ibn al-Zubayr (Hijaz), dan Al-Mukhtar bin Abi Ubaid ats-Tsaqafi (Kufah). Pada akhirnya, kekuasaan Al-Mukhtar bin Abi Ubaid ats-Tsaqafi dikalahkan oleh Abdullah ibn al-Zubayr dan meninggalkan pengaruh terhadap ajaran Agama Islam Syiah, seperti: (1) konsep Bada', (2) doktrin Ghayba, dan (3) doktrin Raja'a.
Eksistensi Keberagaman Jajanan Pagi Masyarakat Palembang Oktaviani, Ria Resti; Syarifuddin, Syarifuddin
Danadyaksa Historica Vol 4, No 1 (2024): Danadyaksa Historica
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jdh.v4i1.8221

Abstract

The topic raised in this article is about the existence of the diversity of morning snacks for the people of Palembang in 2014-2021, is a study of various kinds of food sold in the morning in the city of Palembang. The existence of morning snacks in the community still exists even though morning snacks are only as a support before lunch. In this study the method used is a qualitative method by collecting primary and secondary sources through literature study, observation, and direct interviews. There is also a sociological approach that looks at the development of society in Palembang. The purpose of this research is to encourage local wisdom, especially food, to redevelop existing culinary cultural values and to preserve morning food in the future so that it still exists. Thus, it is hoped that the local wisdom of Palembang city food will be able to exist and still be known, enjoyed, and liked by the people of Palembang and the general public.
PERANAN HAJI ABDUL ROZAK SEBAGAI PEMBUKA KULINER MARTABAK HAR INDIADI PALEMBANG 1947-2001 Amelia, Siti; ., Apriana; Dina, Nurhayati
Danadyaksa Historica Vol 4, No 1 (2024): Danadyaksa Historica
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jdh.v4i1.8323

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui latar belakang Haji Abdul Rozak membukakuliner martabak HAR India ke Palembang pada tahun 1947 (2) Untuk mengetahui peranana Haji Abdul Rozak dalam memperkenalkan kuliner martabak HAR India ke Palembang padatahun 1947-2001 (3) Untuk mengetahui Bagaimana dampak dari upaya Haji Abdul Rozak dalam mengembangkan kuliner Martabak HAR bagi kehidupan masyarakat Palembang dalam bidang ekonomi dan sosial budaya. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Metode kualitatif historis dan deskriptif, dengan pendekatan geografis, sosiologis, antropologis, kultural dan ekonomi. Setelah data terkumpul melalui metode heuristik, selanjutnya dilakukan verifikasi, interpretasi, dan pada tahap akhir dilakukan penulisan sejarah (historiografi). Hasil dari penelitian ini adalah dampak yang ditimbulkan dari keberadaan kuliner martabak India diPalembang berdampak pada sektor ekonomi dengan hadirnya kuliner martabak HAR dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, menjadi ide jualan yang menarik bagi orang lain, dampak sosial budaya yaitu adanya pengaruh budaya India yang juga masuk menjadi bagian dari budaya Palembang. Seperti halnya makanan atau kuliner India yang asli, kini dapat Anda temukan di Palembang, misalnya makanan asli Palembang yaitu ragi dan celimpungan.
Peningkatan Motivasi Sejarah dan Tradisi Lokal Melalui Studi Sejarah Yohana Satinem, Sarkowi, Agus Susilo,
Danadyaksa Historica Vol 4, No 1 (2024): Danadyaksa Historica
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jdh.v4i1.8232

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran Sejarah saat ini semakin kompleks. Pembelajaran Sejarah dinilai membosankan bagi peserta didik apalagi dijam-jam siang hari. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Guru Sejarah untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapinya. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk meningkatkan motivasi Sejarah dan tradisi lokal melalui studi Sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi yang dikombinasikan dengan pendekatan kualitatif. Dalam metode deskriptif ini, peneliti berusaha untuk menelaah hasil penelitian yang telah didapatkan selama penelitian. Sumber penelitian ini adalah berupa pengamatan secara langsung dilapangan yang ditunjang dengan wawancara terbatas dengan peserta didik. Hasil kegiatan penelitian kemudian ditulis dalam kajian ilmiah yang baik. Hasil dan pembahasan adalah sistem pembelajaran Sejarah di Sekolah, yaitu dalam pembelajaran Sejarah saat ini tentunya mengikuti perkembangan kurikulum yang berlaku saat ini. Selain itu juga disesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Tentunya sistem pembelajaran Sejarah harus sesuai dengan tujuan nasional. Sedangkan studi Sejarah dan tradisi lokal sebagai peningkatan motivasi belajar, yaitu Guru Sejarah dapat memanfaatkan sumber Sejarah dan tradisi lokal yang berkembang di daerahnya. Kegiatan kunjungan lapangan akan menambah wawasan dan pengetahuan bagi peserta didik. Selain itu, pemanfaatan aspek digital juga membantu Guru dalam mengajar Sejarah di kelas. Simpulannya adalah menjadi Guru Sejarah harus penuh semangat dan jangan mudah putus asa. Guru Sejarah harus memanfaatkan aspek-aspek lokal yang ada disekitarnya. Selanjutnya pergunakan digitalisasi sebagai penunjang pembelajaran Sejarah di Sekolah.
INTEGRASI NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TORAJA UTARA Setiamin, Asnah Setiamin; Riang Tati, Andi Dewi Riang Tati
Danadyaksa Historica Vol 4, No 1 (2024): Danadyaksa Historica
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jdh.v4i1.8156

Abstract

Students are the country's future generation, nationalism is crucial.Thus, the purpose of this study is to examine and summarise how North Toraja 1 State High School students cultivate nationalism via historical knowledge and other types of nationalism.This research uses a descriptive qualitative approach using historical research methods ,namely heuristics,criticism,interpretation and historiographycombined with questionnaires and observations in the schoolenvironment.The result of the research show that North Toraja State 1 High School student know nationalism well through learning history and the forms of activities carried out by students at school as a form of contemporary nationalism.
ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH IPS LANJUTAN DENGAN TEMA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA Riang Tati, Andi Dewi Riang Tati
Danadyaksa Historica Vol 4, No 1 (2024): Danadyaksa Historica
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jdh.v4i1.8155

Abstract

Effective learning is by utilizing technology. One form of utilizing this technology is the use of animated video media. Advanced Social Studies learning on a historical theme is considered one of the difficult and boring subjects for students of the Makassar State University Primary School Teacher Education Study Program (PGSD). This is because the learning media used is not interesting. This research aims to determine the perceptions of students and lecturers regarding the use of animated video media in advanced social studies learning. The type of research used is a case study or case study which is an empirical science to analyze phenomena in real life settings. This research requires 7 students from the class of 2023, class A4. Descriptive qualitative data analysis through data reduction in the form of summaries and centralizing data based on a learning interest questionnaire. The interviews conducted were explained in narrative form. Displaying data brings data that is then concluded. The research results found that the use of animated video media had a good impact on students' interest in learning.

Page 1 of 1 | Total Record : 8