cover
Contact Name
Ahmad Fuadin
Contact Email
ahmadfuadin@upi.edu
Phone
+6285222333818
Journal Mail Official
artikulasi_fpbs@upi.edu
Editorial Address
Jl. Dr. Setiabudhi No.229 Bandung 40154 Jawa Barat - Indonesia Telp. 022-2013163
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
@Artikulasi
ISSN : 14124548     EISSN : 27765911     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal @Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Progran Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal ini terbit pertama kali pada Mei 2002 dengan nama Jurnal @rtikulasi. Sejak Mei 2011 jurnal @rtikulasi diterbitkan atas kerjasama Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI dengan Perhimpunan Pengajar Bahasa Indonesia (PPBI) secara cetak. Sejak 2019 mulai diterbitkan secara elektronik (e-jurnal) melalui alamat e-jurnal.upi.edu. Kemudian pada tahun 2021, Jurnal @Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia versi OJS ( Open Journal System ) terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam satu tahun setiap bulan April dan Oktober. Jurnal ini menerima tulisan hasil penelitian dengan topik berikut ini. Hasil kajian atau penelitian mengenai pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang meliputi: 1) model/strategi/metode/teknik pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; 2) media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; 3) bahan ajar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; 4) kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; 5) evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; 6) inovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; 7) kajian kependidikan bahasa Indonesia lainnya. Hasil kajian atau penelitian mengenai pendidikan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang meliputi: 1) model/strategi/metode/teknik pembelajaran BIPA; 2) media pembelajaran BIPA; 3) bahan buka pembelajaran BIPA; kurikulum pembelajaran BIPA; 4) evaluasi pembelajaran BIPA; 5) inovasi pembelajaran BIPA dan kajian kependidikan BIPA lainnya. Hasil kajian dan penelitian di bidang linguistik bahasa Indonesia, bahasa daerah, atau bahasa asing yang dikaitkan dengan kajian linguistik bahasa Indonesia (dapat dikaitkan dengan kependidikan/kepembelajaran). Hasil kajian dan penelitian di bidang kesusastraan Indonesia, daerah, atau sastra asing yang dikaitkan dengan kajian kesusastraan Indonesia (dapat dikaitkan dengan kependidikan/kepembelajaran).
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022): April 2022" : 8 Documents clear
Efektivitas Metode Partisipatori Berbantuan Media Mindomo dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Annisa Rizqi Rahmawati; Suci Sundusiah; Dheka Dwi Agustiningsih
Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan membuktikan efektivitas metode partisipatori berbantuan media Mindomo dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa. Dengan desain eksperimen semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design, siswa kelas XI SMAN 15 Bandung dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing dengan 30 siswa. Data dikumpulkan sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan prates dan pascates, serta didukung oleh observasi. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara kemampuan menulis cerita pendek kelas eksperimen yang menerapkan metode partisipatori berbantuan media Mindomo dengan kelas kontrol. Kesimpulannya, metode ini efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa.
“Ngalem” dalam Masyarakat Jawa di Kabupaten Kebumen Prapti Wigati Purwaningrum
Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena ungkapan lisan “ngalem” atau memuji dalam masyarakat Jawa, ditujukan untuk menunjukkan kekaguman. Metode simak dan catat digunakan untuk pengumpulan data. Hasilnya menunjukkan bahwa “ngalem” sering digunakan untuk memuji keindahan fisik, mencakup kepala, badan, tangan, dan kaki. Cara penyampaian pujian ini unik, menggunakan gaya bahasa metafora dengan membandingkan anggota tubuh dengan benda-benda yang tidak memiliki kesamaan, tanpa kata pembanding, namun secara analogi. Temuan juga menunjukkan bahwa sebagian informan masih mengingat ungkapan tersebut tetapi kurang memahami maknanya, dan beberapa tidak lagi mewariskannya kepada generasi muda.
Analisis Struktur dan Isi Teks Legenda serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Cerita Rakyat di SMP Kelas VII Aulia Fauziah
Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya bahan ajar teks cerita rakyat pada jenjang SMP. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar yang dapat digunakan sebagai bahan ajar pendamping di SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Metode ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan data yang telah didapatkan. Data yang dikumpulkan melalui penelitian ini adalah data kualitatif berupa deskripsi struktur dan isi teks legenda di Cirebon. Hasil kajian ini kemudian dikembangkan menjadi bahan ajar untuk siswa SMP Kelas VII. Hasil uji validasi ahli menunjukkan skor 91,67% (sangat valid), sedangkan validasi praktisi mendapatkan skor 95,85% (sangat valid). Berdasarkan hasil uji coba subbab buku teks legenda di sekolah tersebut diperoleh nilai rata-rata dari hasil angket tanggapan peserta didik terhadap subbab buku teks legenda sebesar 95,5% (sangat valid). Skor tersebut menunjukkan bahwa subbab buku teks legenda mendapat respons positif dari peserta didik untuk selanjutnya digunakan sebagai bahan ajar materi teks cerita rakyat.
Rekonstruksi Kata Ambyar ditinjau dari Pergeseran Struktur dan Semantik Sri Handayani
Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan bahasa (language change) yang terjadi dalam bahasa Jawa dengan mengambil fenomena bahasa yaitu meluasnya penggunaan kata ambyar yang terjadi di masyarakat secara struktur dan semantik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menerapkan studi kasus sebagai desain penelitian. Objek penelitian ini adalah kata ambyar yang digunakan oleh penutur bahasa Jawa atau bukan penutur bahasa Jawa. Data utama penelitian diperoleh dari angket Google Form dan wawancara kepada informan penutur asli bahasa Jawa. Beberapa teori tentang fungsi dan perubahan bahasa dan fenomena bahasa digunakan sebagai landasan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergeseran kata ambyar mendominasi tingkatan struktur kalimat dan makna semantik. Dalam struktur kalimat kata ini mengalami perubahan fungsi dari predikat kalimat ke keterangan kalimat baik keterangan yang menyatakan rasa dan situasi. Dalam bentuk lain, kata ambyar bisa menjadi frasa kata benda. Sedangkan ditinjau dari makna, kata ambyar mengalami pergeseran makna untuk mengekspresikan rasa seperti sedih, kecewa, gembira, suasana yang meriah, suasana santai, rindu, kesal, situasi yang rumit, sakit hati, suasana kacau atau rumit, dan keadaan yang sangat ironis.
Analisis Wacana Covid-19 pada Baliho dan Banner di Daerah Waru Madura Nirma Amalia; Ika Febriani
Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masa pandemik wabah Covid-19 menyebabkan media baliho dan banner saat ini digunakan untuk memberikan informasi dan imbauan kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan. Baliho dan banner tentang imbauan Covid-19 mengandung wacana yang berisikan teks, koteks, dan konteks. Penelitian mendeskripsikan penggunaan teks, koteks, dan konteks pada media baliho dan banner imbauan Covid-19 di daerah Waru, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan cara memilah, menguraikan, dan akan ditarik suatu simpulan. Teknik validitas data penelitian dengan cara menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian disimpulkan terdapat 13 banner imbauan Covid-19 yang mengandung teks, koteks dan konteks, serta terdapat 8 baliho imbauan Covid-19 yang mengandung teks, koteks, dan konteks.
Stereotipe, Diskriminasi, Segregasi Sosial, dan Resistensi dalam Novel Ivanna van Dijk karya Risa Saraswati Meisa Arya Putri Gunawan; Yostiani Noor Asmi Harini; Yulianeta Yulianeta
Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Isu rasialisme menjadi konflik yang menonjol dalam novel Ivanna van Dijk karya Risa Saraswati. Dalam novel dikisahkan bagaimana bangsa Belanda memandang kaum pribumi sebagai sesuatu yang hina. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk rasialisme yang direpresentasikan dalam novel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan poskolonial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasialisme bangsa Belanda direpresentasikan melalui tindakan para tokoh beridentitas bangsa Belanda dalam bentuk rasialisme berupa stereotipe, tindakan diskriminasi, segregasi terhadap tokoh dalam keluarga van Dijk, dan resistensi.
Analisis Konflik Batin Tokoh dalam Novel Ivanna van Dijk karya Risa Saraswati Laura Mawita B. R. Sembiring; Dheni Harmaen; Desti Fatin Fauziyyah
Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur novel Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati dan mendeskripsikan konflik batin yang dialami tokoh utama dalam Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan struktural. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya teknik catat dan baca, serta dokumentasi. Adapun hasil penelitian yaitu: pertama, struktur intrinsik yang terdapat pada novel Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati meliputi cerita, tema, latar (tempat, waktu, suasan), tokoh dan penokohan, plot (eksposisi, komplikasi, klimask, dan penyelesaian), sudut pandang (orang pertama tunggal dan orang ketiga tunggal), serta gaya bahasa (simile, metafora, alegori, personifikasi, hiperbola, tautologi, dan sarkasme). Kedua, konflik tokoh yang terdapat pada novel Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati meliputi konflik batin dan konflik fisik serta terdapat konflik internal dan eksternal.
Analisis Kurikulum BIPA bagi Ekspatriat Jepang Rosmalela Sidik
Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didorong oleh terbatasnya kurikulum pembelajaran BIPA bagi ekspatriat Jepang. Untuk memenuhi kesesuaian kurikulum BIPA bagi ekspatriat Jepang diperlukan analisis pada kurikulum maupun silabus yang sudah ada yang selama ini digunakan pada pengajaran BIPA bagi ekspatriat Jepang. Penelitian ini merupakan studi kasus kurikulum berupa silabus pada salah satu perusahaan yang melayani pengajaran BIPA bagi ekspatriat Jepang selama 20 tahun. Silabus yang digunakan dalam penelitian ini merupakan silabus yang ditujukan bagi klien dengan target kelulusan ujian i-kentei pada level E. Dengan menggunakan analisis secara eksplanasi, penelitian ini berupaya menjelaskan tiga sumber data berupa wawancara, observasi dan analisis dokumen silabus. Wawancara dilakukan pada divisi pendidikan dan pelatihan perusahaan mengenai kurikulum yang digunakan dan bagaimana proses penyusunannya dalam pembelajaran BIPA bagi ekspatriat Jepang pada jenjang BIPA 1, observasi dilakukan sendiri oleh penulis pada salah satu klien yang mengikuti program pembelajaran selama 7 bulan dan mengikuti ujian i-kenti level E pengamatan juga dilakukan pada bagaimana silabus ini digunakan pada saat pembelajaran BIPA bagi ekspatriat Jepang selama satu kali periode program. Analisis silabus yang sudah digunakan juga dilakukan dengan tujuan memahami penggunaan teori pada silabus yang digunakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8