cover
Contact Name
Stenly Ibrahim Adam
Contact Email
stenly.adam@unklab.ac.id
Phone
+6281356880107
Journal Mail Official
servitium@unklab.ac.id
Editorial Address
Editorial Servitium Smart Journal – Universitas Klabat, Jl. A. Mononutu, Airmadidi – Minahasa Utara – Sulawesi Utara, Indonesia 95371
Location
Kab. minahasa utara,
Sulawesi utara
INDONESIA
Servitium Smart Journal
Published by Universitas Klabat
ISSN : -     EISSN : 29634474     DOI : https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2
Core Subject : Science,
Servitium Smart Journal adalah jurnal peer-review nasional pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Klabat. Jurnal Servitium akan tebit 2 kali dalam setahun yaitu bulan April dan Oktober. Makalah yang diterima dalam jurnal Servitium adalah makalah tentang hasil pelaksanaan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen atau individu dari berbagai latar belakang ilmu (interdisiplin) dengan mengikuti format yang sudah ada. Servitium adalah jurnal yang bersifat daring (on-line) yang didedikasikan untuk publikasi artikel pengabdian kepada masyarakat dengan mengedepankan aspek penerapan ilmu, teknologi, inovasi, studi dampak lingkungan, layanan publik, penelitian berbasis pengabdian kepada masyarakat, penelitian partisipatif yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.
Articles 22 Documents
MEMOTIVASI SISWA UNTUK BELAJAR DIMASA PANDEMI COVID 19 DI SMA NEGERI 9 MEDAN Arbana Syamanta; Sarma Leli Sihombing
Servitium Smart Journal Vol 1 No 1 (2022): Servitium Smart Journal
Publisher : Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31154/servitium.v1i1.1

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian tentang tingkat rendahnya motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 9 Medan adalah 40 %, sedangkan tingkat tinggi sebanyak 60 % valid, jadi dapat disimpulkan siswa  SMA Negeri 9 Medan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Persenatse untuk setiap kemungkinan jawaban diperoleh dari membagi frekuensi yang diperoleh dengan jumlah sampel, kemudian dikalikan 100%.
Meningkatkan Konsep Diri Positif Untuk Penyesuaian Diri Pada Remaja di Panti Asuhan Oktariani; Echa Syaputri
Servitium Smart Journal Vol 1 No 1 (2022): Servitium Smart Journal
Publisher : Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31154/servitium.v1i1.2

Abstract

Remaja yang tinggal di panti asuhan pada dasarnya akan mengalami masalah dengan penyesuaian diri, dimana remaja yang tinggal di panti asuhan idealnya mampu melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan dalam panti meliputi teman sebaya dan pengasuh, maupun lingkungan luar panti meliputi masyarakat sekitar panti dan sekolah. dimana dalam menyesuaikan diri di lingkungan baik di panti ataupun di luar panti tentunya banyak masalah-masalah yang dihadapi remaja tersebut, baik internal maupun eksternal dari remaja tersebut dan sering dihadapkan kepada banyak persoalan yang menuntut perubahan dalam segala hal dibandingkan ketika tinggal bersama keluarga. Masalah penyesuaian diri pada remaja ini dapat dikaitkan dengan konsep diri yang didalam diri remaja tersebut. Konsep diri mulai berkembang sejak bayi dan akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan individu itu sendiri. Konsep diri individu terbentuk melalui imaginasi individu tentang respon yang diberikan orang lain.Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan psikoedukasi untuk memberikan informasi pada remaja yang ada panti asuhan untuk bisa membentuk konsep diri yang positif di diri mereka sehingga remaja tersebut dapat dengan menyesuaikan dirinya di lingkungan dimana mereka tinggal maupun juga di lingkungan yang baru, agar mereka lebih siap untuk menghadapi segala situasi yang ada di masa yang akan datang.
Educational Film Screening : Meningkatkan Moralitas dan kepedulian akan Hak Azasi Manusia (HAM) Nurvica Sari
Servitium Smart Journal Vol 1 No 1 (2022): Servitium Smart Journal
Publisher : Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31154/servitium.v1i1.3

Abstract

In today's modern era where most people are racing in the development of technology and innovation, the ability to hone conscience and morals is no longer a priority in everyday life. Many people only care about personal needs and interests without paying attention to good norms or values. As a result, individuals become selfish creatures and are not sensitive to the value of conscience and morals. Traditional culture and values seem to have been eroded by the times. Not only that, the sense of concern for human rights also seems to fade, where when there are other individuals or groups who are persecuted, conscience does not beat to help or provide support or even care. Therefore, this community service activity is carried out to hone conscience and morals among the younger generation of the nation's successors so that later morality and concern will be honed again and conscience and morals will beat again.
Literasi Digital Game Online Terhadap Perkembangan Otak Manusia di Siswa SMK Kristen Dian Halmahera Maluku Utara Edson Yahuda Putra; Julius Alfin Marwa; Jimmy Herawan Moedjahedy; Stenly Richard Pungus; Stenly Ibrahim Adam
Servitium Smart Journal Vol 1 No 1 (2022): Servitium Smart Journal
Publisher : Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31154/servitium.v1i1.4

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh penulis dan sejumlah mahasiswa di sekolah menengah atas di kecamatan Jailolo kabupaten Halmahera Barat propinsi Maluku Utara. Menurut laporan Kominfo propinsi Maluku Utara memiliki tingkat literasi digital paling rendah di seluruh propinsi di Indonesia. Dalam berkegiatan PKM penulis memilih SMA K Dian Halmahera untuk memberikan literasi digital game online terhadap perkembangan otak manusia. Metode yang digunakan adalah seminar dalam bentuk power point dengan memberikan ilustrasi dalam bentuk video agar lebih mudah dipahami materi yang diberikan. Selanjutnya memberikan pertanyaan dan siswa langsung merespon, mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini mencatatnya. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa SMA K Dian Halmahera mempunyai kecenderungan bermain game online sebanyak 83%, dan siswa mengerti akan dampak baik negatif maupun positif dari game online. Dari hasil PKM ini menurut penulis ada beberapa hal, pertama Infrastruktur dari teknologi informasi dan komunikasi di propinsi Maluku Utara memang perlu penanganan lebih dari pemerintah dan pemangku kepentingan. Siswa SMA K Dian Harapan sudah mengerti tentang literasi digital game online terhadap perkembangan otak dan harapan penulis kedepan literasi digital di Maluku Utara akan lebih baik lagi.
Mengasah Keterampilan Pembelajaran Daring Guru-Guru SD Negeri 1 Airmadidi Alfrits Roul Sinadia; Petrus Kondo; Nofry Frans
Servitium Smart Journal Vol 1 No 1 (2022): Servitium Smart Journal
Publisher : Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31154/servitium.v1i1.5

Abstract

Latar belakang diadakannya kegiatan PKM ini ialah adanya kesenjangan kemampuan TIK para guru sekolah dasar di salah satu SD yang ada di Kabupaten Minahasa Utara dengan tuntutan pembelajaran daring di masa awal pandemi COVID-19. Tujuan dari kegiatan ini ialah melatih kemampuan para guru di sekolah tersebut menggunakan Google Classroom, Google Forms, dan Google Meet dalam pembelajaran daring mereka. Metode yang digunakan ialah pelaksanaan workshop yang mencakup pengenalan tampilan dan fitur-fitur keseluruhan aplikasi tersebut, yang diikuti dengan latihan/simulasi penggunaan ketiga aplikasi ini. Saat pelaksanaan kegiatan, ditemukan bahwa para peserta pelatihan memiliki kekurangan kemampuan TIK yang cukup serius. Namun, setelah pelatihan diadakan, hasil evaluasi dampak menunjukkan bahwa terdapat perubahan positif pada kemampuan para guru dalam menangani proses pembelajaran daring di kelas mereka masing-masing. Hal ini penting mengingat sekolah dasar tempat workshop ini diadakan merupakan sekolah percontohan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara. Dampak positif ini diharapkan dapat juga ditularkan kepada sekolah-sekolah lainnya yang ada di kabupaten ini.      
Pelatihan Penggunaan Bahasa Inggris dalam Pembelajaran di SD dan SMP Advent Tanawangko Jeanette J. Bawengan; Billy M. Sakul; Christa V. Lotulung; Meily I. E. Neman; Nofry Frans; Petrus Kondo; Virginia G. Sengkey
Servitium Smart Journal Vol 1 No 1 (2022): Servitium Smart Journal
Publisher : Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31154/servitium.v1i1.6

Abstract

Kegiatan PKM ini adalah kegiatan PKM tim FKIP UNKLAB berbentuk pelatihan penggunaan Bahasa Inggris dalam kegiatan pembelajaran guru-guru di SD dan SMP Advent Tanawangko. Persekolahan ini dimiliki oleh organisasi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur (GMAHK UKIKT). Organisasi ini memiliki program menjadikan persekolahan Advent sekolah dwibahasa atau bilingual: Indonesia-Inggris. Kemampuan Bahasa Inggris para guru SD dan SMP Advent Tanawangko masih rendah. Itu sebabnya mereka ingin meningkatkan kemampuan dalam berBahasa Inggris sebagai respon atas program GMAHK UKIKT melalui pelatihan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, tim PKM FKIP UNKLAB telah menyusun sebuah silabus notional/functional yang memiliki tiga kompetensi yang akan dikembangkan. Kompetensi pertama (Competency 1) adalah kemampuan menggunakan Bahasa Inggris di awal pembelajaran, kompetensi kedua (Competency 2) adalah kemampuan menggunakan Bahasa Inggris pada kegiatan pembelajaran inti, dan kompetensi ketiga (Competency 3) adalah kemampuan menggunakan Bahasa Inggris pada kegiatan penutupan pembelajaran. Untuk mengevaluasi hasil pelatihan ini, tim juga telah menyusun sebuah asesmen awal yaitu sebuah tes online dan melakukan dua asesmen akhir yaitu interaksi langsung dengan peserta latihan dan asesmen video. Evaluasi hasil menunjukkan bahwa sebagian peserta telah mampu menggunakan Bahasa Inggris dalam pembelajaran.
Edukasi Kerangka Kewarganegaraan Digital Kepada Siswa Sekolah Menengah di SLA Tompaso Debby Erce Sondakh; Stenly Richard Pungus; Jimmy Moedjahedy
Servitium Smart Journal Vol 1 No 2 (2023): Servitium Smart Journal
Publisher : Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kita saat ini hidup dalam lingkungan digital yang terhubung 24/7. Ketika media dan teknologi digital semakin terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari dan memberikan manfaat positif bagi penggunanya, pada saat yang sama, kecanduan teknologi, cyberbullying, kejahatan dunia maya, dan masalah privasi dalam jaringan menjadi ancaman. Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk membekali pengguna teknologi digital dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berkembang menjadi warga digital yang baik, pengguna teknologi yang berpengetahuan luas dan bertanggung jawab. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk mengedukasi siswa sekolah menengah di kabupaten Minahasa, provinsi Sulawesi Utara, tentang kompetensi wajib yang harus dimiliki warga digital, mencakup identitas warga digital, tata kelola waktu penggunaan screen, perundungan siber, keamanan, privasi, berpikir kritis, jejak digital, dan empati. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat mencakup persiapan materi dan administrasi, pelaksanaan kegiatan yang terdiri atas pengukuran awal, pemberian materi (edukasi), dan pengukuran akhir (evaluasi). Hasil pengukuran menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman siswa tentang kompetensi warga digital setelah sesi pemberian materi.
Pengenalan Computational Thinking Bagi Siswa Vokasi SMKN 1 Sorong Debby Erce Sondakh; Stenly Richard Pungus; Marchel Thimoty Tombeng
Servitium Smart Journal Vol 2 No 1 (2023): Servitium Smart Journal
Publisher : Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31154/servitium.v2i2.9

Abstract

Tuntutan terhadap kemahiran dalam teknologi informasi dan pemecahan masalah yang kompleks di tempat kerja digital membuat computational thinking menjadi suatu keharusan bagi siswa saat ini. Artikel ini menjabarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di SMKN 1 Sorong, untuk mensosialikasikan computational thinking. Menggunakan metode unplugged konsep abstraksi, algoritma, dekomposisi, dan pengenalan pola diperkenalkan kepada siswa. Siswa yang tidak memiliki komputer atau elektronik dapat memperoleh manfaat dari pendekatan unplugged. Karena infrastruktur yang relative buruk, pendekatan unplugged cocok untuk sekolah di Papua. Sebanyak 31 siswa yang mengikuti pemberian materi pendahuluan, aktivitas unplugged dan mengerjakan sampel soal Bebras Challenge secara berkelompok. Antusiasme para siswa selama mengikuti kegiatan ini menunjukkan efektifitas metode ini untuk memperkenalkan computational thinking.
PENGENALAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) KEPADA SISWA/I SMK NEGERI 1 SORONG Rolly Junius Lontaan; Semmy Wellem Taju
Servitium Smart Journal Vol 1 No 2 (2023): Servitium Smart Journal
Publisher : Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Artificial Intelligence (AI) adalah cabang ilmu komputer yang perkembangan sangat pesat dan sangat membantu kita dalam memecahkan berbagai macam permasalahan dari yang sederhana hingga yang kompleks oleh sebab itu pengenalan AI sangat penting bagi siswa di SMK Karena teknologi ini semakin banyak digunakan di berbagai bidang termasuk pada bidang pendidikan. Sebagai siswa yang memasuki dunia profesional masa depan, pemahaman tentang AI akan sangat berharga dalam mempersiapkan Anda menghadapi perubahan dan tantangan era digital. Dalam pengenalan AI, siswa akan mempelajari tentang aplikasi AI dalam kehidupan sehari-hari, seperti chatbot, dan machine learning. Melalui kegiatan magang siswa di Universitas Klabat Siswa SMK Negeri 1 Sorong diperkenalkan tentang AI untuk mempersiapkan diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan pengembangan keterampilan siswa. Kegiatan ini telah menjadikan siswa/i SMK Negeri 1 Sorong mengenal, mengetahui dan bahkan membuat aplikasi sederhana mengenal obyek dan Chatbot with AIML.
Pemahaman Cara Kerja Otomasi Kantor Berbasis IT Didukung Jaringan Komputer Terpadu Jimmy H. Moedjahedy; Green Ferry Mandias; Jacquline M. S. Waworundeng; Reynoldus Andrias Sahulata
Servitium Smart Journal Vol 1 No 2 (2023): Servitium Smart Journal
Publisher : Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberadaan pendidikan vokasi bernilai strategis terutama dalam menghadapi era globalisasi sebagai pendidikan yang mempersiapkan tenaga terampil dan terdidik untuk menjawab kebutuhan pasar yang sangat kompetitif. Sektor industri yang bertumpu pada otomasi menjadikan perkantoran harus dilengkapi dengan berbagai instrumen yang beroperasi secara otomatis. Untuk menghasilkan kinerja yang optimal, diperlukan peralatan otomatis dengan jaringan kerja yang terintegrasi. Menanggapi kebutuhan tersebut maka para peserta didik SMK Negeri 1 Modoinding yang merupakan sekolah vokasi, diperlengkapi dengan pengetahuan melalui pelatihan untuk memahami bagaimana cara kerja dan pengelolaan perkantoran dengan prasarana dan sarana yang memungkinkan diberlakukannya otomasi melalui daya dukung kerja yang terintegrasi dengan menggunakan jaringan komputer. Melalui metode pelatihan dan pendampingan di saat pelaksanaan kegiatan dan pemberian materi, maka terlihat hasil dari pembekalan serta pelatihan menunjukkan adanya pemahaman yang sangat baik setelah dilakukan pelatihan. Evaluasi di awal pelatihan menunjukkan 74% peserta pelatihan belum pernah menggunakan media simulasi dalam pembelajaran otomasi dan jaringan komputer. Setelah sesi pelatihan selesai, dilakukan evaluasi dan hasil data akhir menunjukkan angka 100% sebagai indikasi tingginya tingkat pemahaman peserta dan kesediaan menggunakan tools yang diajarkan pada proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan telah membawa dampak positif serta manfaat yang membekali peserta pelatihan dengan pengetahuan dan keterampilan dalam hal otomasi perkantoran berbasis IT didukung oleh jaringan komputer yang dapat diaplikasikan secara praktis di sekolah maupun di dunia kerja.

Page 1 of 3 | Total Record : 22