cover
Contact Name
-
Contact Email
changlun@unsoed.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
changlun@unsoed.ac.id
Editorial Address
Jl. Profesor DR. HR Boenyamin No.708, Dukuhbandong, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, 53122
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Changlun: Journal of Chinese Language, Literature, Culture and Linguistic
ISSN : 29884845     EISSN : 29874769     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini merupakan jurnal elektronik (online) berbahasa Indonesia untuk mempublikasikan karya tulis dan/atau hasil penelitian tentang bahasa Mandarin, pendidikan bahasa Mandarin, sastra Tiongkok, budaya Tiongkok dan budaya Tionghoa Indonesia. Jurnal ini diprakarsai dan dikelola oleh Program Studi D3 Bahasa Mandarin, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2023): Juni 2023" : 5 Documents clear
Studi Perbandingan "bai" dan "putih" dalam Bahasa Mandarin dan Indonesia Berdasarkan Tesaurus Fransiska Wiratikusuma
CHANGLUN: Chinese Language, Literature, Culture and Linguistic Vol 2 No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Program Studi D3 Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.changlun.2023.2.1.7184

Abstract

Pembentukan kata memiliki peran penting dalam mempelajari bahasa kedua. Untuk lebih menguasai bahasa kedua, pertama-tama pemelajar harus memahami pembentukan kata-kata sasaran. Dengan mengacu pada kelompok kata "putih" dalam kamus tesaurus "Xiàndài hànyǔ fēnlèi cídiǎn" “现代汉语分类词典” dan Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia, makalah ini menganalisis klasifikasi konstitutif kelompok kata dari “putih”, dengan tujuan dapat menjadi acuan nilai pengajaran bahasa Mandarin dan bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.
Penerjemahan Peta Informasi Tempat Wisata Berbahasa Mandarin Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Layanan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Neri Meivita; Monika Herliana; Tri Asiati
CHANGLUN: Chinese Language, Literature, Culture and Linguistic Vol 2 No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Program Studi D3 Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.changlun.2023.2.1.7453

Abstract

This article is titled "Translation of Information Map of Tourist Attractions in Mandarin as an Effort in Improving the Services of the Yogyakarta City Tourism Office". The purpose of writing this article is to produce an information map of Chinese-language tourist attractions as an effort to improve services at the Yogyakarta City Tourism Office, which is aimed at foreign tourists coming to Indonesia, one of whom is tourists with a Mandarin language background. In translating Chinese maps, the author uses a communicative method so that the information on the map is conveyed effectively to Chinese-speaking tourists. The technique used to support this method is the description technique. The result of writing this article is an information map of tourist attractions in Mandarin which can improve the services of the Yogyakarta City Tourism Office. Keywords: information, services, maps.
Pengembangan Modul Cetak Menulis Hanzi Terintegrasi Website Untuk Melatih Kemampuan Menulis Hanzi Siswa Bahasa Mandarin Sma Islam Almaarif Nurul Izzah; Dudy Syafruddin; Sunarti Sunarti
CHANGLUN: Chinese Language, Literature, Culture and Linguistic Vol 2 No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Program Studi D3 Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.changlun.2023.2.1.7477

Abstract

Penulisan hanzi merupakan salah satu materi yang sulit dipelajari pada keterampilan berbahasa Mandarin. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung siswa sering kali mengalami kesulitan dalam menulis hanzi. Hal tersebut disebabkan oleh masih kurangnya pemanfaatan media yang dapat melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu diperlukan pengembangan media yang menunjang pembelajar menulis hanzi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengukur kelayakan dari media pembelajaran modul cetak menulis hanzi terintegrasi website. Pengembangan media ini menggunakan model ADDIE. Data yang digunakan yaitu data campuran (mixed) berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk mengetahui kelayakan dari ahli media, ahli materi dan siswa. Data kualitatif digunakan untuk mengetahui jawaban dari guru bahasa Mandarin. Hasil yang diperoleh yakni media modul cetak menulis hanzi terintegrasi website ‘sangat layak’ untuk digunakan dalam pembelajaran menulis Hanzi. Hal tersebut berdasarkan pada penilaian ahli media yang memperoleh hasil persentase sebesar 94%, dan ahli materi sebesar 97% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba produk yang dilakukan kepada 11 siswa yakni memperoleh hasil persentase sebesar dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian, media tersebut dapat menjadi solusi atas kesulitan penulisan hanzi pada siswa.
Kemampuan Membaca Teks Bahasa Mandarin Siswa Kelas X MIA MAS An Nuriyah Bontocini Jeneponto ifah Musdalifah; Syarifah Fatimah Al Ilmullah; Arini Junaeny
CHANGLUN: Chinese Language, Literature, Culture and Linguistic Vol 2 No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Program Studi D3 Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.changlun.2023.2.1.7546

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca teks bahasa Mandarin siswa kelas X MIA MAS An Nuriyah Bontocini Jeneponto dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA sebanyak 28 orang siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 13 orang siswa. Data instrumen penelitian ini diperoleh melalui tes membaca teks bahasa Mandarin dan angket. Metode yang diterapkan dalam pengumpulan data adalah teknik tes, teknik simak, teknik rekam, pemberian angket. Instrumen penelitian ini berupa tes membaca teks bahasa Mandarin dan angket pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca teks bahasa Mandarin siswa Kelas X MIA MAS An Nuriyah Bontocini Jeneponto berada dalam kategori cukup (61%). Data penelitian ini di analisis menggunakan teknik persentase. Hasil angket diperoleh data bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca teks bahasa Mandarin siswa yaitu: 1) Faktor Pendukung: Siswa sangat berminat belajar bahasa Mandarin dan cara guru mengajar disenangi oleh siswa. 2) Faktor Penghambat: Siswa menganggap bahasa Mandarin sulit, kurangnya buku di sekolah, dan siswa belajar bahasa Mandarin di lingkungan sekolah saja.
Pemanfaatan Buklet Kesenian Alat Musik Bundengan Berbahasa Mandarin Di Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo ajeng dina triana; Nunung Supriadi
CHANGLUN: Chinese Language, Literature, Culture and Linguistic Vol 2 No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Program Studi D3 Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.changlun.2023.2.1.7831

Abstract

Artikel ini berjudul “Pemanfaatan Buklet Kesenian Alat Musik Bundengan Berbahasa Mandarin di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo”. Tujuan pembuatan artikel ini adalah mengikuti promosi dengan media cetak berupa buklet kesenian alat musik bundengan berbahasa Mandarin menggunakan metode komunikatif untuk memperkenalkan alat musik bundengan kepada wisatawan berbahasa Mandarin. Artikel ini dilatarbelakangi karena terdapat wisatawan berbahasa Mandarin yang berkunjung ke Wonosobo dan belum tersedia informasi terkait alat musik bundengan berbahasa Mandarin. Penulis menggunakan empat metode dalam pengumpulan data, yaitu metode observasi, wawancara, studi kepustakaan dan jelajah internet. Dalam menerjemahkan dokumen, penulis menggunakan metode komunikatif dan teknik deskripsi. Hasil dari penulisan artikel ini, yaitu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan berbahasa Mandarin dengan mengenalkan kesenian alat musik bundengan berbahasa Mandarin untuk membantu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Wonosobo mengenalkan dan melestarikan kesenian alat musik bundengan yang hampir punah dan belum banyak diketahui oleh wisatawan berbahasa Mandarin. Selain itu juga dapat meningkatkan pelayanan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo terhadap wisatawan asing terutama wisatawan berbahasa Mandarin. Kata Kunci: penerjemahan, metode komunikatif, teknik deskripsi, dinas pariwisata dan kebudayaan, buklet This article is entitled "Utilization of the Bundengan Musical Instrument Art Booklet in Mandarin at the Tourism and Culture Office of Wonosobo Regency". The purpose of making this article is to participate in a promotion with print media in the form of a booklet on the art of the bundeng musical instrument in Mandarin using communicative methods to introduce the bundengan musical instrument to Chinese-speaking tourists. The background of this article is because there are Chinese-speaking tourists visiting Wonosobo and there is no information regarding the bundengan musical instrument in Mandarin. The author uses four methods in collecting data, namely observation, interviews, literature studies and internet surfing. In translating documents, the authors use communicative methods and descriptive techniques. The results of writing this article are efforts to increase Mandarin-speaking tourist visits by introducing the art of the bundeng musical instrument in Mandarin to help the Tourism and Culture Office of the Wonosobo district introduce and preserve the art of the bundeng musical instrument which is almost extinct and not widely known by Chinese-speaking tourists. Besides that, it can also improve the services of the Wonosobo Regency Tourism and Culture Office for foreign tourists, especially Mandarin-speaking tourists. Keywords: translation, communicative method, description technique, tourism and culture agency, booklet

Page 1 of 1 | Total Record : 5