cover
Contact Name
Sabaruddin
Contact Email
sabaruddin.iaim@gmail.com
Phone
+6281320402721
Journal Mail Official
jurnalnaskhiiaimsinjai@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Hasanuddin No. 20 Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Indonesia (92611)
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab
ISSN : 25275747     EISSN : 27163369     DOI : https://doi.org/10.47435/naskhi.v6i1
Core Subject : Education,
Aim Naskhi Journal: Journal of Education and Arabic Language Studies is a journal that focuses on the study of Arabic language education as a foreign language, Arabic linguistics, the history of Arabic language education, as well as various critical studies about the problems of learning Arabic (Method, Media, Strategies, Evaluation and the latest technology in the Arabic learning process). Scope 1. Arabic Language Education 2. History of Arabic 3. Arabic Learning 4. Arabic Literature 5. Arabic Linguistics 6. Development of Arabic in the Current Era 7. Current Arabic Learning Problems
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019" : 5 Documents clear
METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Takdir Takdir
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v1i1.65

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab sangatlah dibutuhkan suatu metode dan pendekatan yang baru agar pembelajaran bahasa Arab terasa lebih menyenangkan. Sebagian besar siswa merasa bahwa pembelajaran bahasa Arab merupakan pembelajaran yang terkesan membosankan karena selalu diperhadapakan dengan sederet hafalan, terlebih lagi pada pembahasan Nahwu dirasa sulit oleh siswa dalam mempelajarinya. Maka kehadiran Quantum dalam pembelajaran bahasa Arab dapat memberikan nuansa baru yang lebih aplikatif, komunikatif tanpa mengurangi esesnsi dari materi pembelajaran bahasa Arab itu sendiri. Dalam tataran aplikatif, model pembelajaran Quantum menekankan pada kemampuan guru untuk mengkaitkan materi pelajaran yang sedang diajarkan dengan pengalaman, peristiwa, perasaan dan pikiran yang pernah atau sedang dialami siswa. Setelah keterkaitan tersebut tercipta, maka guru akan mampu membawa dunia murid masuk kedunianya, dan disaat itulah waktu yang tepat untuk memberikan informasi baru yang akan masuk pada dunia siswa. Teknik ini akan membantu siswa untuk lebih cepat memahami materi pelajaran.
METODE GRAMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Kusnadi Kusnadi
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v1i1.66

Abstract

Metode merupakan salah satu alat untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Selain itu juga, metode juga sebagai pelicin jalan pengajaran menuju tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada metode gramatikal ini, guru tidaklah mengajarkan kemahiran berbahasa, tetapi terfokus pada pembelajaran gramatika (Nahw sharaf). Dalam pengajarannya, guru berasumsi bahwa ramatika atau kaidah-kaidah bahasa lebih penting dibandingkan dengan kemahiran berbahasa. Ciri utama yang dimiliki metode ini. Pertama, menitik beratkan keterampilan membaca, menulis, dan terjemah. Tetapi kurang memperhatikan keterampilan membaca. Kedua, menggunakan bahasa ibu peserta didik sebagai bahasa pengatar dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain, metode ini menggunakan penerjemahan sebagai strategi utama dalam mengajar. Ketiga, memperhatikan sisi gramatikal sebagai sarana pembelajaran bahasa asing. Keempat, guru sering kali memfokuskan analisis gramatika atau tata bahasa pada kalimat-kalimat bahasa yang dipelajari. Metode gramatika dan terjemah sangat menekankan pembelajaran pada kosakata dan tata bahasa. Keterampilan membaca dan menulis adalah keterampilan yang diutamakan dalam pembelajaran. Bahasa tulisan lebih diutamakan daripada bahasa lisan karena itulah kemudian para peserta didik mempelajarinya. Bahan pelajaran bahasa disusun berdasarkan urutan tata bahasa pada bahasa sasaran (bahasa arab).
PENDEKATAN DAN METODE AUDIO LINGUAL Sardiyana Sardiyana
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v1i1.67

Abstract

Bahasa ialah suatu realitas yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tumbuh kembangnya manusia pengguna bahasa itu. Realitas bahasa dalam kehidupan ini semakin menambah kuatnya eksistensi manusia sebagai makhluk berbudaya dan beragama. Berbicara mengenai bahasa, kita akan mengenal adanya bahasa kedua atau bahasa asing selain bahasa ibu. Tujuan utama pembelajaran bahasa asing adalah kemampuan pelajar dalam menggunakan bahasa itu baik lisan maupun tulis. Kemampuan menggunakan bahasa dalam dunia pengajaran bahasa disebut keterampilan berbahasa. pendekatan teori yang mendasari pengajaran bahasa, yaitu teori tata bahasa tradisional dan struktural. Metode audiolingual adalah metode mendasarkan diri kepada pendekatan struktural dalam pengajaran bahasa. Sebagai implikasinya metode ini menekankan penelaahan dan pendeskripsian suatu bahasa yang akan dipelajari dengan memulainya dari sistem bunyi (fonologi), kemudian sistem pembentukan kata (morfologi), dan sistem pembentukan kalimat (sintaksis).Langkah-langkah pembelajaran metedo Audio Lingual yaitu pelajar harus menyimak, kemudian berbicara, lalu membaca, dan akhirnya menulis, tata bahasa harus disajikan dalam bentuk pola-pola kalimat atau dialog-dialog dengan topik-topik situasi-situasi sehari-hari, latihan (drill/al-tadribat) harus mengikuti operant-conditioning, semua unsur tata bahasa harus disajikan dari yang mudah kepada yang sukar atau bertahap (graded exercise/tadarruj/al-tadrib), kemungkinan-kemungkinan untuk membuat kesalahan dalam memberi respon harus dihindarkan, sebab penguatan positif dianggap lebih efektif dari pada penguatan negatif.
تطوير كتاب متن الأجرومية بالمدخل القرآني والاتصالي بالتطبيق على معهد مفتاح العلوم الشرعية سومطرى الغربية Husnaini Jamil
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v1i1.68

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa ilmu nahwu adalah alat utama yang dibutuhkan santri dalam memahami kitab-kitab klasik berbahasa Arab yang memuat teks-teks kajian keagamaan. Kitab pertama yang menjadi rujukan santri adalah Kitab Matan Ajrumiyyah karya Ibn Ajurrum, namun sebagai sebuah rujukan pertama, kitab ini memiliki beberapa kekurangan, seperti tampilan fisik kitab yang tidak relevan dengan situasi dan kondisi santri zaman sekarang, bahasa yang digunakan, dan tidak dilengkapinya kitab dengan berbagai komponen penunjang pengetahuan lainnya. Karena itulah, peneliti mencoba mengembangkannya dengan memanfaatkan pendekatan qur’ani dan komunikatif. Terdapat 3 tujuan dalam penelitian ini, 1) mengetahui proses pengembangan kitab Matan Ajrumiyyah dengan 2 pendekatan di atas, 2) mengetahui karakteristik kitab Matan Ajrumiyyah setelah dikembangkan, dan 3) mengetahui tingkat efektifitas dari kitab yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, penyebaran angket, dan soal latihan. Berdasarkan angket, maka produk ini layak untuk digunakan dengan persentase 85,29 % santri menyukai produk ini. Karakteristik yang dimiliki produk ini, di antaranya: mencakup semua komponen buku ajar yang baik, menggunakan bahasa yang komunikatif, contoh berasal dari ayat Alqur’an, memiliki tampilan yang menarik. Setelah diuji coba, buku ini mampu memberikan efek positif pada pemahaman santri terhadap materi ilmu nahwu yang terbukti dengan hasil uji t 2,07 < 3,71 > 2,840.
العلاقة بين الكفاءة اللغوية العربية وفهم مادة التفسير لطلبة كلية أصول الدين بجامعة علاء الدين الإسلامية الحكومية مكاسار Nur Agung
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v1i1.69

Abstract

اللّغة مبدأ من المبادئ الهامّة في بناء الحضارة الإنسانية وتطويرها. فلذلك يعلّم الله أوّل الناس الذي طلبه لبناء الحضارة في الأرض أي آدم عليه السّلام،اللغة على وجه خاصّ. وقال بعض المفسّرين، فإن اللغة التي يعلّمها الله إلى النبي آدم هي اللغة العربية. اللغة العربية لا يمكن انتفصل من الإسلام. ولذلك فإن تعلّم اللغة العربية في إندونيسيا كاد مؤكدا أن أهدافها دراسة تعاليم الإسلام وتعميقها من خلال الكتب العربية في مجال التفسير والحديث والفقه والعقيدة والتصوّف وغيرها. كانت جامعة علاء الدين الإسلامية الحكومية مكاسار لديها أقسام متنوعة، منها قسم تفسير القرآن. وفيه، كانت الطلبة تلزم عليهم تعلّم اللغة العربية، وخاصة للطلبة في المستوى الأولى إلى المستوى السادسة، لأن اللغة العربية لها مكانة هامّة للمفسّر. ولكن الطلبة في المستوى الخامسة عددهم 21 طالبا، و إنما 5 طلاب يعتبرون متعمّقين باللغة العربية.فلذلك يريد الباحث أن يعرف الكفاءة اللغوية العربية للطلبة فيه و كفاءتهم في فهم مادة التفسير وكيف علاقة كفاءة اللغة العربية وفهم مادة التفسير لهم. ومدخل هذا البحث مدخل الكمي بمنهج العلاقة (product moment ).

Page 1 of 1 | Total Record : 5