cover
Contact Name
Magfiroh
Contact Email
dokicti@gmail.com
Phone
+6285288852893
Journal Mail Official
dokicti@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Surya Alam 8 Blok A No. 15 Jl. Masjid Jami, Talang Jambe, Kec. Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30961
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Journal of Economics and Business
ISSN : 29883156     EISSN : 29884411     DOI : https://doi.org/10.61994/econis
Core Subject : Economy,
Journal of Economics and Business is a scientific journal published by CV. Doki Course and Training. The papers to be published in ECONIS are research articles (quantitative or qualitative research approaches), literature studies or original ideas that are considered to contribute to scientific studies of Economics, Finance and Business. It covers problems in Economics and Business studies such as theoretical and applied research with an emphasis on topics in Economics, corporate finance, financial markets and institutions, Economic Syariah and investments. Research in real estate, insurance, and consumer finance is also welcome. It is published two times a year, in Juny and December.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Economics and Business" : 6 Documents clear
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KAIN SONGKET DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI KOTA PALEMBANG Nurijal; Rista April Diyanti; Fitriyeni; Adela Monica; Maya Panorama
Journal of Economics and Business Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Economics and Business
Publisher : CV. Doki Course and Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61994/econis.v1i1.16

Abstract

Abstrak Pemasaran merupakan faktor kunci yang perlu diperhatikan untuk memenuhi atau menarik konsumen yang diharapkan. Berbagai jenis UMKM yang ada dan berbagai jenis produk yang ditawarkan semuanya hampir sama, karena produk UMKM mudah dibuat dengan bahan yang murah, perlu inovasi yang lebih kreatif agar menarik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapat. Dengan bantuan analisis SWOT, untuk mengetahui seberapa berorientasi target strategi pemasaran. Hal ini meliputi faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan, dan faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman kepemilikan UMKM. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan penelitian dokumen dan deskriptif analitik. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Sesuai dengan judul dan tujuan dari penelitian ini serta telah diuraikan mengenai lokasi penelitian dan analisa SWOT yang sudah diuraikan secara mendalam. Pada kegiatan UMKM memilki faktor internal atau sumber daya manusia dalam hal ini UMKM Pondok Kain Songket Yuk Nita memiliki berbagai jenis kain dan masih terus berinovasi agar tetap diterima di pasaran. Kata Kunci Strategi Pemasaran, UMKM, Pendapatan.Abstrak Pemasaran merupakan faktor kunci yang perlu diperhatikan untuk memenuhi atau menarik konsumen yang diharapkan. Berbagai jenis UMKM yang ada dan berbagai jenis produk yang ditawarkan semuanya hampir sama, karena produk UMKM mudah dibuat dengan bahan yang murah, perlu inovasi yang lebih kreatif agar menarik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapat. Dengan bantuan analisis SWOT, untuk mengetahui seberapa berorientasi target strategi pemasaran. Hal ini meliputi faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan, dan faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman kepemilikan UMKM. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan penelitian dokumen dan deskriptif analitik. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Sesuai dengan judul dan tujuan dari penelitian ini serta telah diuraikan mengenai lokasi penelitian dan analisa SWOT yang sudah diuraikan secara mendalam. Pada kegiatan UMKM memilki faktor internal atau sumber daya manusia dalam hal ini UMKM Pondok Kain Songket Yuk Nita memiliki berbagai jenis kain dan masih terus berinovasi agar tetap diterima di pasaran.Kata Kunci Strategi Pemasaran, UMKM, Pendapatan.
STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKSI HOME INDUSTRY BATU ZIOLIT UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN DI DESA BESOLE KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG Latif Syaipudin; Idah Nurfajriya Awwalin
Journal of Economics and Business Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Economics and Business
Publisher : CV. Doki Course and Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61994/econis.v1i1.41

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana strategi pengembangan Home industry batu ziolit CV. Batu Sinar Jaya di desa Besole kecamatan Besuki kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan omzet penjualan? 2)Bagaimana implementasi pengembangan Home industry batu ziolit CV. Batu Sinar Jaya di desa Besole kecamatan Besuki kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan omzet penjualan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulanidata yang digunakaniyaitu wawancara. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1)Strategi pengembangan home industry batu ziolit CV. Batu Sinar Jaya di desa Besole kecamatan Besuki kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan omzet penjualan yaitu dengan melakukan pengembangan usaha yang dilakukan secara offline dan online melalui media sosial sehingga strategi yang tepat akan mampu mengembangkan usaha. 2)Implementasi pengembangan home industry batu ziolit CV. Batu Sinar Jaya di desa Besole kecamatan Besuki kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan omzet penjualan yaitu melalui penerapan strategi promosi yang menyebabkan banyak pelanggan datang untuk melakukan pembelian di home industry batu ziolid, sehingga implementasi dilakukan dengan menentukan strategi secara menyeluruh dan kompleks.
MINAT MENGGUNAKAN PERBANKAN SYARIAH DI PALEMBANG: PENDEKATAN THEORY OF REASONED ACTION M. Rusydi; Maftukhatusolikhah; Syamsiar Zahrani
Journal of Economics and Business Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Economics and Business
Publisher : CV. Doki Course and Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61994/econis.v1i1.52

Abstract

Riset ini didasari oleh adanya anomali di tingkat pertumbuhan perbankan Syariah, yang awalnya dicanangkan pada dekade pertama berkisar 3,5%--5% tetapi hingga dekade terakhir stagnan di angka 5%. Penelitian ini ingin mengkaji lebih jauh minat masyarakat untuk menggunakan perbankan Syariah dengan menggunakan pendekatan Theory of Reasoned Action. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berusaha menemukan hubungan sebab akibat (causality) antara Variabel Sikap Terhadap Keperilakuan dan Norma Subyektif dengan Minat menggunakan Perbankan Syariah. Data diperoleh dengan menyebarkan 200 kuesiner di Kota Palembang. Analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap keperilakuan (attitude toward behavior/ATB) berhubungan positif dengan minat menggunakan produk perbankan syariah. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan nilai probability yang menunjukkan nilai 0.000 (lebih kecil dari 0.05) dan C.R = 3,810 (lebih besar dari 1.96). Norma Subyektif berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap Minat. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan nilai probability yang menunjukkan nilai 0.048 (lebih kecil dari 0.05) dan C.R = -1,980 (lebih kecil dari 1.96). Sikap terhadap Keperilakuan tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Norma Subyektif. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan nilai probability yang menunjukkan nilai 0.423 (lebih besar dari 0.05) dan C.R = 0,801 (lebih kecil dari 1.96). Minat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Penerimaan perbankan Syariah. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan nilai probability yang menunjukkan nilai 0.000 (lebih kecil dari 0.05) dan C.R = 5,651 (lebih besar dari 1.96).
SISTEM MUKHABARAH PENGGARAP TANAH DENGAN PEMILIK TANAH PERKEBUNAN JAGUNG DI DESA KOTAWAY KECAMATAN BUAY PEMACA Muhammad Jauhari; Milani Agustin
Journal of Economics and Business Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Economics and Business
Publisher : CV. Doki Course and Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61994/econis.v1i1.104

Abstract

Mukhabarah adalah bentuk kerja sama antara pemilik tanah dan penggarap dengan perjanjian bahwa hasilnya akan dibagi antara pemilik tanah dan penggarap menurut kesepakatan bersama, sedangkan biaya dan bibitnya dari penggarap tanah. Mukhabarah disesbut juga dengan “paroan”. Dan masyarakat sering mempraktikkannya, karena terdapat manfaat yang besar, baik bagi pemilik tanah maupun bagi petani penggarap. perkebunan jagung di Desa Kotaway Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten OKU Selatan menggunakan penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya tingkah laku,Sudut pandang, arahani dan sebagainya secara menyeluruh dan dalam bentuk lisan, bahasa dan tulisan pada suatu kejadian yang alamiah, pendekatan dalam penelitian ini kualitatif. Mukhabarah yang di lakukan pada dasarnya tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak, bisa setengah, sepertiga, seperempat, dan sebagainya. Kerja sama yang dilakukan masyarakat Desa Kotaway Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten OKU Selatan merupakan sistem kerja sama mukhabarah
ANALISIS SWOT PERKEMBANGAN ZAKAT DAN STRATEGI PENGEMBANGAN ZAKAT DI INDONESIA DALAM REVOLUSI ERA SOCIETY 5.0 M. Azmi; Ratna Susanti; Zurkarnaen Zurkarnaen; Mario Rahmad Adi Pratama
Journal of Economics and Business Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Economics and Business
Publisher : CV. Doki Course and Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61994/econis.v1i1.106

Abstract

Zakat institutions must be managed professionally in accordance with Islamic law, trustworthiness, benefits, fairness, legal certainty, integrated and accountability, so as to increase the effectiveness and efficiency of services in the management of zakat towards good institutional governance (Good Corporate Governacne) with a strategy building a strong foundation in terms of increasing human resources, product development innovation and zakat and waqf programs, harmonization of regulations. In the Era 5.0 revolution, there will be many influences that will occur, that is, with the rapid development of technology, it will facilitate service and management by the amil zakat agency and distribute it to Indonesian people, and the definite target is to improve the quality of human resources with the aim of realizing the ideals of the Indonesian state according to Pancasila important values.
ERA DIGITAL: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM DUNIA KERJA Rina Agustina; Silva Nur'aini; Luluwatun Nazla; Siti Hanapiah; Lina Marlina
Journal of Economics and Business Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Economics and Business
Publisher : CV. Doki Course and Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61994/econis.v1i1.138

Abstract

Perusahaan yang mampu memanfaatkan teknologi dengan efektif dan efisien dapat mengembangkan model bisnis baru, menciptakan lapangan kerja baru, dan memperluas segmentasi pasar. Para pekerja dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan kreativitas, dan mengakses kesempatan kerja secara global. Namun, dengan adanya hal tersebut dihadapkan dengan tantangan yang cukup signifikan karena omatisasi dan kecerdasan buatan dapat menggantikan pekerjaan manusia dalam beberapa sektor, pekerjaan inilah yang dilakukan oleh mesin cenderung terancam penggantian, yang dapat menyebabkan peningkatan angka pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tantangan yang dihadapi oleh individu terkait pengganguran di era digital, serta menganalisis peluang dalam dunia kerja yang dapat muncul dalam menghadapi tantangan untuk mengurangi tingkat pengangguran. Jenis penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan teknik library research atau kajian kepustakaan yakni dengan mengumpulkan data dari buku, majalah, atau dokumen terkait yang dapat mendukung penelitian. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwasannya pentingnya masyarakat untuk terus belajar dan beradaptasi dengan cepat serta kemampuan untuk menguasai teknologi dan mengembangkan keterampilan yang relevan akan menjadi kunci sukses dalam menghadapi perubahan yang terjadi di dunia kerja yang kini semakin digital

Page 1 of 1 | Total Record : 6