cover
Contact Name
Aksa Noya
Contact Email
jilkompattimura@gmail.com
Phone
+6281248586420
Journal Mail Official
jilkompattimura@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ir. M. Putuhena, Poka-Ambon
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Published by Universitas Pattimura
ISSN : 29627230     EISSN : 2830473X     DOI : https://doi.org/10.30598
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura merupakan situs akademis yang berisi kumpulan artikel ilmiah, dengan fokus aspek keilmuan ilmu komunikasi. Ilmu Komunikasi menjadi salah satu cabang keilmuan yang sangat penting, mengingat tanpa komunikasi manusia tidak dapat berinteraksi satu sama lain. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura secara spesifik bertujuan untuk menjawab tantangan manusia di era modernisasi, dengan berkembangnya teknologi, maka literasi digitalisasi begitu bermanfaat demi mewujudkan individu atau kelompok yang cerdas, dan kreatif dalam menggunakan platform media massa dan new media. Berikut dibawah ini mekanisme proses editorial and publishing.  Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura merupakan jurnal akademik yang berkaitan dengan kajian teori dan praktik komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura didedikasikan untuk menerbitkan karya asli dalam konteks umum Media Baru dan Teknologi Komunikasi, Komunikasi Budaya, Hubungan Masyarakat, Komunikasi Konflik, Media, dan Jurnalisme.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura" : 5 Documents clear
Personal Branding Beauty Vlogger (Studi Deskriptif pada Channel Youtube Tasya Farasya) Helmawati Amier; Yustina Sopacua; Ronald Alfredo
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol2iss2pp384-392

Abstract

The purpose of this study is to describe how personal branding was built by Tasya Farasya though video on her Youtube channel. This research is a qualitative descriptive study that aims to describe how the personal branding of a beauty vlogger Tasya Farasya through her youtube channel. And to find out what are the indicators needed to build personal branding based on what was stated by Peter Montaya. Primary data is done through video objects on Tasya Farasya’s youtube channel, which sees the number of viewers(viewers), likes (likes), and comments (comments) on several predetermined videos, while seconday data retrieval is done through several sources. Taken from online media related to Tasya Farasya’s youtube beauty vlogger channel. The results of this study found that the personal branding that was formed by Tasya Farasya through the content on her Youtube video channel was judged to be in accordance with eight predetermind indicators, namely specialization, personality, perseverance, good name, leadership, appearance, unity, and difference. It can be concluded that Tasya Farasya displays all the indicators of the formation of personal branding in the video content on her youtube channel so that she can maintain the personal branding she has created.
Studi Perilaku Komunikasi Pada Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Ambon Marcenda syerentien Ohoiwirin; Olivia Tahalele
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol2iss2pp430-440

Abstract

Studi Perilaku Komunikasi Pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Ambon. Pembimbing I : S.Sos, M.Si, dana id Lestaluhu, dan Pembimbing II : Olivia Tahalele. S.IP,M.Si Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan Untuk Bagaimana Perilaku Komunikasi Pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Ambon dalam menjalankan tugas. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan informan penelitian yang terdiri dari Kepala Bagian, Kasubag Protokol dan Umum, Kasubag Komunikasi Pimpinan, dan pegawai Protokol dan Komunikasi Pimpinan.Teknik analisis menggunakan analisis data yaitu mengadakan reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perilaku Komunikasi Pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan saat menjalankan tugas, masih terdapat beberapa orang yang menerapkan perilaku komunikasi pasif dan juga agresif tetapi hanya pada saat tertentu saja. Sedangkan perilaku komunikasi asertif diterapakan mulai dari atasan hingga pegawai. Sehingga dalam menjalankan tugas, adanya penghargaan yang diberikan serta hak-hak yang diperhaikan. Namun dari hasil penelitian dan pembahasan tersebut juga dapat dilihat bahwa sering terjadinya misskomunikasi yang terjadi sehingga dapat menyebabkan banyak perbedaan pendapat antar atasan dan pegawai juga sesama pegawai, namun dari permasalahan tersebut adanya upaya-upaya yang diakukan oleh atasan kepada pegawai, sehingga dapat teratasi segala permasalahn yang ada.
Pola Komunikasi Jarak Jauh Anak Dan Orang Tua Dalam Menjaga Hubungan Kekeluargaan (Studi Kasus Pada Anak Buton Yang Merantau Di Kota Ambon) Asis Asis; Johana Nahuway
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol2iss2pp418-429

Abstract

Komunikasi antara anak dan orang tua tentu saja berbeda dengan komunikasi anak dan teman. Dan setiap anak dengan orang tua menghendaki kedekatannya antara satu sama lain, bahkan kalau bisa setiap saat. Namun dari kenyataan yang terjadi hubungan antara orang tua dengan anak mengalami hubungan jarak jauh karena perbedaan tempat tinggal, sang anak harus merantau di daerah lain untuk melanjutkan studi atau bekerja, hal ini juga terjadi pada anak Buton yang merantau di kota Ambon yang terpisah jauh dari orang tanya dan mengharuskan mereka berkomunikasi jarak jauh. Ketidak hadiran orang tua setiap saat dan setiap waktu menyebabkan permasalahan karena kurangnya pengawasan dari orang tua karena waktu bertemu sangat sedikit. Komunikasi antara anak dan orang tua tentu saja memiliki pola-pola tertentu, dan Pola komunikasi keluarga antara anak dan orang tua merupakan salah satu faktor yang penting dalam perkembangan pribadi anak. Oleh karena itu pentingnya pola komunikasi dalam keluarga untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi jarak jauh anak dan orang tua pada anak Buton yang merantau di kota Ambon. Metode penelitian yang di gunakan penulis adalah deskriptif kualitatif. Bahwa data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka- angka. Pengambilan data primer dilakukan melalui wawancara terhadap sejumlah informan anak Buton dan orang tuanya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi keluarga jarak jauh yang paling dominan pada anak Buton dan orang tuanya adalah pola komunikasi laissez faire. Hal ini dikarenkan intensitas komunikasi antara anak dan orang tua sangtlah rendah juga tingkat pengawasan dan keterlibatan orang tua dalam aktifitas anak diperantauan sangtlah minim, bahkan keduanya terkesan tidak tertarik untuk membangun komunikasi. Selain pola komunikasi laissez faire ada pola komunikasi lain yang dilakukan dalam interaksi anak buton dan orang tuanya seperti pola komunikasi konsensual, pola komunikasi protektif dan pola komunikasi pluralistik. Kata Kunci : pola komunikasi, jarak jauh, anak dan orang tua
Strategi Promosi Wisata Bukit Indah Desa Bombay Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara Dewi Heatubun; Fatmawati Rumra
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol2iss2pp393-407

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi promosi wisata bukit indah. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bombay kecamatan kei besar kabupaten Maluku tenggara. Bukit Indah sendiri terletak di Kabupaten Maluku Tenggara “Desa Bombay, Kec. Kei Besar. Bukit ini mempunyai potensi alam yang indah dan sayangnya belum banyak yang mengetahui keindahan Bukit Indah tersebut. Keindahan Bukit Indah terletak di bagian wisata alamnya yang sangat lokal dan wisata bukit indah ini sendiri terdapat di daerah pegunungan, wisata bukit indah juga tak kala menarik seperti wisata pengunungan di kota ambon. Pengambilan data primer dilakukan melalui wawancara terhadap sejumlah informan yang terlibat dalam strategi promosi wisata bukit indah. Adapun informannya yaitu pengelola wisata bukit indah, kepala bidang pemasaran dinas pariwisata dan pengunjung. Strategi promosi yang digunakan oleh pengelola wisata bukit indah untuk mempromosikan wisata bukit indah yaitu dengan menngunakan strategi periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung.Pengembangan kawasan wisata merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pendapatan daerah. Strategi ini umumnya diterapkan oleh daerah-daerah yang memiliki sumber daya alam yang dapat menjadi daya tarik wisata. Hasil penelitian menunjukan bahwa kerja sama antara pengelola wisata bukit indah dengan dinas pariwisata kabupaten Maluku tenggara sangat baik, sehingga starategi promosi yang dilakukan melalui akun-akun media sosial milik pengelola maupun dinas pariwisata berjalan dengan sukses dan menarik banyak pengunjung yang berkunjung ke wisata bukit indah. Jenis media sosial yang digukanan pengelola wisata adalah facebook, instagram, youtube dan google.
Analisis Komunikasi Dalam Penyebaran Informasi Covid-19 Di Kota Ambon Gladys Joy Tanamal; Sandra Telussa; Said Lestaluhu
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol2iss2pp408-417

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi dalam penyebaran informasi Covid-19 di kota Ambon, dan untuk menganalisis sistem komunikasi yang digunakan dalam penyebaran informasi Covid-19 di kota Ambon dikarenakan adanya ketidakpercayaan masyarakat terhadap informasi yang disampaikan oleh pemerintah terkait dengan kasus covid-19 di Kota Ambon. Pengumpulan data primer dilakukan dengan teknik wawancara mendalam terhadap beberapa informan yang dianggap terlibat dalam penelitian ini. Sedangkan pengumpulan data sekunder diperoleh dari dokumen, artikel, dan buku yang mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah Kota Ambon menyampaikan informasi dengan memperhatikan stakeholder, yakni Pemerintah, Satgas Covid-19, Diskominfo, Kemenkes, dan tokoh-tokoh masyarakat sebagai sumber informasi. Pesan yang disampaikan meliputi segala informasi yang berkaitan dengan perkembangan Covid-19 dan cara penanganannya. Informasi yang ada dikemas sebaik mungkin dan diedarkan melalui media-media komunikasi terpercaya, baik itu media online, media elektronik, maupun media massa. Kemudian muncul berbagai persepsi dari masyarakat sebagai bentuk respon mereka terhadap informasi yang ada, baik itu respon positif dan juga negatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5