cover
Contact Name
Gusti muhammad Hidayatullah
Contact Email
stiappm@gmail.com
Phone
+6282251444434
Journal Mail Official
stiapppm@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bihman Villa No.123, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al Iidara Balad : Jurnal Administrasi Negara
ISSN : -     EISSN : 26858541     DOI : https://doi.org/10.36658/aliidarabalad
Core Subject : Social,
Governance, Leadership, Public organizations, Public policy, Public service, Management, Law ethics, Bureaucratic administration and government. Human resources.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2023): Al Iidara Balad" : 5 Documents clear
KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MASYARAKAT PADA MALL PELAYANAN PUBLIK (MPP) KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA Anna Maryati
Al Iidara Balad Vol. 5 No. 1 (2023): Al Iidara Balad
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/aliidarabalad.5.1.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa kualitas pelayanan serta faktor yang menghambat kualitas pelayanan terhadap masyarakat pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. secara keseluruhan dengan melihat pengukuran dimensi kualitas pelayanan pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari: Tangibles (Berwujud) dapat dikategorikan sudah cukup mampu mendukung pelayanan hanya saja sarana dan prasarana dinilai masih kurang, Reliability (Kehandalan) dikategorikan handal, Responsiveness (Daya Tanggap) dapat dikategorikan baik, Assurance (Jaminan) dapat dikategorikan sangat baik dan dapat dipercaya oleh masyarakat, dan untuk Empathy (Empati) petugas pelayanan pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah sangat berempati terhadap masyarakat. Disamping itu faktor yang menghambat kualitas pelayanannya adalah kurangnya sumber daya manusia, kurangnya sosialisasi, system jaringan error, personal computer (PC) yang kurang memadai, informasi serta sarana dan prasarana seperti printer dan tempat parkir.
HUBUNGAN KINERJA RKAS TERHADAP MUTU LITERASI DAN NUMERASI SISWA SMP NEGERI DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2021-2023 Jumadi Jumadi; Risna Amalia
Al Iidara Balad Vol. 5 No. 1 (2023): Al Iidara Balad
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/aliidarabalad.5.1.49

Abstract

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi perencanaan, penganggran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolan (BOS) di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Literasi dan numerasi adalah pengetahuan dan kemampuan untuk: Menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan suatu masalah dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari; Menganalisis informasi yang disajikan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, grafik, dll.); Menggunakan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kinerja (strategi awal, penyusunan, pelaksanaan dan monitoring evaluasi) terhadap RKAS dalam rangka peningkatan mutu literasi dan numerasi siswa SMP di Kabupaten HSU, peneliti merasa perlu untuk melihat sejauh mana kinerja RKAS yang dibuat oleh Kepala satuan Pendidikan SMP selama tahun 2022 ini, agar dapat dijadikan dasar dalam pengambilan kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara di tahun-tahun berikutnya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja RKAS terhadap mutu literasi dan numerasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2021-2023. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal (sebab akibat) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Probability Sampling sehingga terdapat responden sebanyak 24 sekolah dengan 48 orang dan teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kinerja RKAS tahun 2021-2023 berhubungan terhadap mutu literasi dan numerasi siswa SMP Negeri di Kabuapten Hulu Sungai Utara. Hal ini dilihat dari hasil analisis uji t sebesar 6,776 dibandingkan dengan 1,677. Jadi t_hitung > t_tabel, oleh sebab itu dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis null (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan besar pengaruhnya mutasi terhadap pengembangan karir adalah 70,6% yang artinya berhubungan positif
PENGARUH MUTASI TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR PEGAWAI PADA DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PEMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA Siti Raudah; Siti Mujahadah
Al Iidara Balad Vol. 5 No. 1 (2023): Al Iidara Balad
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/aliidarabalad.5.1.50

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pegawai yang berbeda pandangan politik maka akan berdampak pada mutasi dan dipindah tempatkan sehingga menggangu kinerja, prestasi dan karir pegawai. Pegawai yang pada hakikatnya bersifat netral dan pada akhirnya pegawai tidak bersifat netral dengan terjadinya politik pragmatis, sehingga pegawai sering menjadi korban kekuasaan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mutasi terhadap pengembangan karir pegawai pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal (sebab akibat) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling karena jumlah populasi yang kurang dari 100 sehingga terdapat responden sebanyak 62 orang dan teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan mutasi dilakukan sesuai dan profesional dalam penempatan pegawai Di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Utara. Hal ini dilihat dari hasil analisis uji t sebesar 2,162 dibandingkan dengan 1,999. Jadi t_hitung > t_tabel, oleh sebab itu dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis null (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan besar pengaruhnya mutasi terhadap pengembangan karir adalah 26,9% yang artinya berpengaruh positif.
PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NO 7 TAHUN 2021 TENTANG RETRIBUSI JASA UMUM STUDI KASUS RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN KEBERSIHAN PADA PASAR INDUK AMUNTAI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA Selamat Riadi; Riswandi Ahdiat; Gusti Muhammad Hidayatullah
Al Iidara Balad Vol. 5 No. 1 (2023): Al Iidara Balad
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/aliidarabalad.5.1.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan tersebut berjalan dan apa faktor yang menghambat implementasi kebijakan retribusi pelayanan persampahan kebersihan di pasar induk Amuntai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan peraturan daerah no 7 tahun 2021 tentang retribusi jasa umum studi kasus retribusi pelayanan persampahan kebersihan pada pasar induk Amuntai kabupaten Hulu Sungai Utara sudah cukup baik hal ini dilihat dari indikator-indikator : Kemampuan Organisasi, Informasi, Dukungan. dan Pembagian Potensi. Sedangkan kendala yang dihadapi yaitu : Adanya pemungutan pembayaran (iuran), kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi kebijakan retribuasi, dan kurangnya sumber daya SDM serta sarana dan prasarana masih kurang
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AIR BERSIH TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DI KECAMATAN SUNGAI TABUKAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA Syahrian Syahrian
Al Iidara Balad Vol. 5 No. 1 (2023): Al Iidara Balad
Publisher : PPPM STIA Amuntai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36658/aliidarabalad.5.1.52

Abstract

Kualitas pelayanan publik merupakan hasil interaksi dari berbagai aspek yaitu sistem pelayanan, SDM pemberi layanan, strategi dan pelanggan (customers). Kepuasan masyarakat merupakan perasaan yang muncul sesuai dengan ekspektasi terhadap kinerja yang diharapkan melalui terpenuhinya kebutuhan dan keinginan masyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh air yang disalurkan oleh PDAM Kabupaten Hulu Sungai Utara masih kerap kali keruh, berbau bahkan tak mengalir. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan air bersih terhadap kepuasan masyarakat pada kepuasan masyarakat pada PDAM di Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal (sebab akibat) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling sehingga terdapat responden sebanyak 92 orang. dan teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan air bersih berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada PDAM di Kecamatan Sungai Tabukan Kabuapten Hulu Sungai Utara. Hal ini dilihat dari hasil analisis uji t sebesar 15,217 dibandingkan dengan 1,662. Jadi t_hitung > t_tabel, oleh sebab itu dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis null (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan besar pengaruhnya kualitas pelayanan air bersih terhadap kepuasan masyarakat adalah 84,9% yang artinya berhubungan positif

Page 1 of 1 | Total Record : 5