cover
Contact Name
Ade Kristianus Kaloeti
Contact Email
adekaloeti@ukrimuniversity.ac.id
Phone
+628525658 1775
Journal Mail Official
journal.ukrim@gmail.com
Editorial Address
Cupuwatu I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55232
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
EQUILIBRIUM : JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EJBA)
ISSN : 19781180     EISSN : 30467977     DOI : -
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA) provides valuable insights into various aspects of Financial Management, Marketing, and Accounting. It encompasses a diverse array of intriguing subjects including Earnings Management, Firm Value, Stock Price, Service Quality, and the Internal Control System of Fixed Assets. This journal serves as an excellent resource for those seeking comprehensive knowledge in these fields.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)" : 7 Documents clear
Analisis Pengaruh Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Prodi Manajemen terhadap Peminatan Karir dalam Bidang Perbankan Roky Sugianto Saleleubaja; Chrisentianus Abdi Saptomo
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i1.200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil responden yang memiliki minat berkarir di dunia perbankan, juga pengaruh persepsi, kualitas motivasi, motivasi berkarir, dan motivasi ekonomi, baik secara parsial maupun simultan terhadap minat berkarir di perbankan, serta untuk mengetahui faktor dominan apa saja yang mempengaruhi minat karier di perbankan. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi referensi dalam mengumpulkan data, dengan metode cluster sampling dan purposive sampling. Data dianalisis dengan analisis persentase, regresi sederhana, uji t, regresi berganda, uji F, dan uji asumsi klasik. Hasil analisis persentase menunjukkan profil responden yang memiliki minat berkarir di perbankan didominasi oleh pria (63,2%), rentang usia 17-25 tahun (99,2%), tingkat pendapatan rata-rata per bulan adalah ? Rp. 1.000.000 (64,8%), dan sebagian besar responden berasal dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. Hasil regresi sederhana dan uji t, menunjukkan bahwa persepsi, motivasi kualitas, motivasi karier, motivasi ekonomi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat karir di perbankan, demikian juga hasil regresi berganda dan uji F, membuktikan bahwa persepsi, motivasi kualitas, motivasi karier, motivasi ekonomi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat karir di perbankan. Selanjutnya, hasil Koefisien determinasi menyatakan variabel motivasi ekonomi adalah yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat karier.
Analisis Efektivitas Penggunaan Bintang Iklan Dian Sastrowardoyo Versi Film AADC II dengan Pendekatan Epic Model terhadap Keputusan Beli Air Mineral Aqua di Kota Yogyakarta Ziw Urim Togatorop; Sri Herlina
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i1.201

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang efektivitas iklan televisi air mineral botol “Aqua” yang menggunakan Dian Satrowardoyo sebagai bintang merek dalam versi AADC II. Penelitian ini menggunakan pendekatan model EPIC untuk keputusan pembelian merek “Aqua” di Yogyakarta untuk memahami dampak Emphaty, Persuasion, Impact, Communication (EPIC) terhadap keputusan pembelian AADC II Aqua Product Version di Yogyakarta. Hasil uji-t, menunjukkan bahwa empati, persuasi, dampak, variabel komunikasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk “Aqua”. Penelitianmenunjukkan bahwa Aqua memiliki skor efektivitas 3,814 (Empati), 3,945 (Persuasi), 3,85 (Dampak), dan 3,62 (Komunikasi). Dengan demikian, setiap dimensi iklan menunjukkan tetap dalam skala efektif. Berdasarkan jenis kelamin, mayoritas responden adalah perempuan (jumlah 58) dan laki-laki adalah 42 orang. Berdasarkan usia, sebagian besar responden berada dalam usia antara 16 hingga 25 tahun (80 orang). Mayoritas responden adalah mahasiswa yang berjumlah 56 orang (56%), dan kisaran tingkat pendapatan Rp 1.000.000, - hingga Rp 2.000.000, - berjumlah 41. Durasi menonton adalah 1 hingga 3 jam dengan frekuensi dominan "sering" adalah 62 orang dan sebagian besar orang dengan perilaku penonton menonton iklan berjumlah 46 orang.
Pengaruh Motivasi, Ketersediaan Informasi dan Reputasi Institusi terhadap Kepercayaan Mahasiswa dan Dampaknya pada Niat Registrasi Ulang (Studi pada Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang) MS. Eric Santosa
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i1.202

Abstract

Mendapatkan banyak siswa sebagai institusi pendidikan tinggi adlah tujuan yang mengarah pada kebanggaan. Tidak dapat dihindari bahwa pekerjaan yang baik dari setiap kepala lembagaselalu terkait. Namun, itu tidak mudah. Setiap kepala lembaga seperti itu pertama-tama harus mempertimbangkan tujuan dengan serius, menyelidiki faktor apa pun yang mungkin memberikan kontribusi tinggi pada tujuan, mengelola strategi, menyiratkan strategi dan diawasi dengan cermat. Penelitian ini ingin membantu para kepala lembaga untuk menemukan faktor-faktor yang dapat memengaruhi tujuan, dirancang sesuai dengan kebutuhan lembaga yaitu Stifar Semarang. Meskipun masih dipertanyakan apakah kontribusi motivasi siswa, ketersediaan informasi, dan reputasi terhadap kepercayaan siswa terhadap pendaftaran kedua, kepercayaan itu sendiri diyakini mendorong siswa untuk menerapkan pendaftaran kedua. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan pengaruh motivasi siswa, ketersediaan informasi, dan reputasi terhadap kepercayaan siswa pada pendaftaran kedua, serta menyelidiki kepercayaan siswa apakah itu mempengaruhi niat untuk menerapkan pendaftaran kedua atau tidak. Data disampaikan melalui sensus 162 siswa baru yang sudah lulus latihan pertama di Stifar Semarang, dan dianalisis dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasilnya menunjukkan bahwa sementara motivasi suden dan ketersediaan informasi tidak mempengaruhi kepercayaan siswa, reputasi secara signifikan mempengaruhi. Demikian pula, kepercayaan secara signifikan mempengaruhi niat untuk menerapkan pendaftaran kedua.
Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Manajemen Laba Melalui Aktivitas Riil Evander; Dewi Ratnaningsih
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i1.203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governanceterhadap manajemen laba melalui aktivitas riil. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen-komponen dari good corporate governance, yaitu kepemilikan institusional, ukuran komite audit, proporsi dewan komisaris independen, dankepemilikan manajerial. Sampel penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2013-2015. Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Sampel akhir yang diperoleh sebanyak 288 sampel. Penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, ukuran komite audit, dan proporsi dewan komisaris independen memiliki pengaruh negatif terhadap manajemen laba riil. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba riil.
Pemanfaatan Exelsa Moodle pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer dalam Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Christina Heti Tri Rahmawati
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i1.204

Abstract

Penelitian ini sedang menyelidiki penggunaan Exelsa Moodle untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran praktis Aplikasi Komputer dalam Teknologi Informasi terutama bagi siswa yang termasuk dalam Program Studi Manajemen CD di Universitas Sanata Dharma. Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan 17 siswa dari Program Studi Manajemen yang terlibat dalam mata pelajaran praktis Aplikasi Komputer dalam Informasi dan Teknologi menjadi sampel penelitian ini. Untuk mengumpulkan data, beberapa hasil evaluasi pembelajaran diintegrasikan, seperti skor tugas praktis, skor kuis daring, skor Tes Jangka Menengah, skor tes penyisipan, dan skor tes akhir. Selain itu, data juga diperoleh dari refleksi yang diunggah ke www.exelsa2012.usd.ac.id dan juga evaluasi yang dilakukan akhir semester melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penggunaan Exelsa Moodle dapat meningkatkan nilai tes formatif siswa, meskipun penurunan skor terjadi karena siswa tidak pernah berpengalaman dalam menggunakan Prezi namun sebagai presentasi online; (2) berdasarkan refleksi dan kuesioner yang diberikan kepada siswa, kegiatan pembelajaran yang terintegrasi dengan Exelsa Moodle dapat menjadi cara yang efektif untuk menguasai Aplikasi Komputer Teknologi Informasi lebih lanjut. Selain itu, para siswa mendapat motivasi yang lebih tinggi dalam mengikuti dan menerapkan teknologi informasi.
Implementasi Akuntansi dalam Organisasi Nirlaba (Studi Kasus Masjid Al-Wahab Yogyakarta) Yuliana Endah Widyaningsih
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i1.205

Abstract

Masjid merupakan salah satu bentuk organisasi nirlaba dalam bidang keagamaan, sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 45 tahun 2011 tentang Organisasi nirlaba, bahwa organisasi nirlaba juga harus dan berhak untuk membuat laporan keuangan dan melaporkan kepada para pemakai laporan keuangan. Untuk itu masjid juga harus dan berhak untuk membuat laporan keuangan yang akuntabilitas dan melaporkan kepada pemakai laporan keuangan masjid (jamaah). Akuntansi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu sistem informasi berupa laporan keuangan yang dibutuhkan oleh berbagai pihak baik pihak internal maupun pihak eksternal organisasi. Kegiatan yang dilakukan dalam proses akuntansi meliputi pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisisan data keuangan dari suatu organisasi. Dengan demikian, masjid memerlukan akuntansi sebagai alat bantu dalam pengelolaan, perencanaan dan pengawasan keuangan dengan berpedoman pada PSAK 45 tahun 2011 tentang Standar Pelaporan keuangan Organisasi Nirlaba yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sehingga laporan keuangan yang dihasilkan oleh masjid dapat dipercaya dan transparan dalam pelaporannya.
Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Kofisyop di Kota Yogyakarta Titus Hervi Arianto; Hadi Purnomo
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i1.206

Abstract

Penelitian ini adalah "ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN TERHADAP PRODUK PEMBELIAN DI KOFISYOP YOGYAKARTA". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pemasaran berdasarkan pengalaman yang terdiri dari: sense, feel, think, act, dan relate secara parsial dan simultan dengan variabel keputusan pembelian. Proses pengumpulan data dibagi menjadi data primer melalui kuesioner dan data sekunder melalui studi literatur. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode purposive sampling pada 100 responden yang membeli produk Kofisyop. Alat analisis yang digunakan adalah analisis persentase, regresi linier sederhana, uji-t, regresi linier berganda, uji F, dan koefisien determinasi R2. Hasilmenunjukkan bahwa persentase tertinggi konsumen yang membeli produk Kofisyop adalah pria berusia 18-25 tahun, pendidikan sekolah menengah atas, jenis pekerjaan siswa dengan tingkat pendapatan Rp. 1.000.000,00 - Rp. 2.000.000,00, status belum menikah dan frekuensi kunjungan lebih dari lima kali setahun. Hasil analisis regresi sederhana dan uji-t menunjukkan bahwa variabelvariabel tersebut meliputi experiential marketing, sense, feel, think, act, dan relate secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk di Kofisyop. Hasil analisis regresi berganda dan uji F menunjukkan bahwa variabel experiential marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji melalui R2 dapat dilihat bahwa variabel experiential marketing memiliki nilai pengaruh 38% terhadap keputusan pembelian, sedangkan 62% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Page 1 of 1 | Total Record : 7