cover
Contact Name
Ade Kristianus Kaloeti
Contact Email
adekaloeti@ukrimuniversity.ac.id
Phone
+628525658 1775
Journal Mail Official
journal.ukrim@gmail.com
Editorial Address
Cupuwatu I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55232
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
EQUILIBRIUM : JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EJBA)
ISSN : 19781180     EISSN : 30467977     DOI : -
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA) provides valuable insights into various aspects of Financial Management, Marketing, and Accounting. It encompasses a diverse array of intriguing subjects including Earnings Management, Firm Value, Stock Price, Service Quality, and the Internal Control System of Fixed Assets. This journal serves as an excellent resource for those seeking comprehensive knowledge in these fields.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 2 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)" : 7 Documents clear
Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bantul Yuliana Endah Widyaningsih; Wuku Astuti
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 2 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i2.183

Abstract

Pajak adalah salah satu sumber utama pendapatan APBN (Pengeluaran dan Anggaran Pengeluaran) yang selalu menjadi tolok ukur bagi kemajuan bangsa Indonesia dan mendukung pertumbuhan pembangunan baik pertumbuhan ekonomi maupun pembangunan infrastruktur yangmerupakan target dari APBN itu sendiri. Optimalisasi pendapatan pajak direncanakan secara realistis dengan mendasarkan pada kondisi ekonomi dan mendukung pelaksanaan administrasi sertaperpajakan yang komprehensif. Upaya pemerintah untuk meningkatkan penerimaan pajak pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatkan kepastian hukum bagi wajib pajak, meningkatkan kepatuhan wajib pajak, menciptakan iklim bisnis yang sehat dan adil, meningkatkan layanan pajak melalui peningkatan kualitas aparatur atau sumber daya manusia (SDM) perpajakan, serta upaya meningkatkan pendapatan negara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis kapabilitas kualitas layanan SDM terhadap kepuasan wajib pajak di Kantor Pajak Pratama Bantul. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan mengintegrasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, dokumentasi, dan kuesioner. Penelitian ini menemukan Profesionalisme dan Kualitas Layanan Pegawai Pratama KPP Bantul memiliki pengaruh simultan terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Selanjutnya, manfaat studi ini adalah untuk menentukan kualitas SDM Direktorat Jenderal Pajak dalam mendukung strategi pemerintah untuk mencapai target sumber APBN dari sektor Pajak.
Entrepreneurial Marketing sebagai Salah Satu Solusi Pengembangan Desa Wisata di Yogyakarta Nuning Kristiani
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 2 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i2.184

Abstract

Desa wisata merupakan usaha kecil dan menengah yang digerakkan oleh komunitas masyarakat. Sejalan dengan skema pengembangan desa wisata oleh Kementrian Pariwisata, dibutuhkan ketrampilan kewirausahaan dan pemasaran dalam mengelola desa wisata agar dapat berkembang dan memiliki keberlanjutan. Entrepreneurial marketing (EM) hadir sebagai salah satu solusi pengembangan desa wisata di Yogyakarta yang menggabungkan konsep pemasaran dan kewirausahaan. Melalui EM, pengelola usaha diarahkan untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya. Studi ini menggunakan empat dimensi yang dikemukan oleh Mort et al (2012), yaitu: opportunity creation, customer intimacy, resources enhancement, dan legitimacy. Tim pengembangan desa wisata menggagas skema pengembangan desa wisata yang berbasis budaya, alam dan buatan denganmenyiapkan infrastruktur serta fasilitas (atraksi, aksesbilitas, dan amenitas), aktivitas pemasaran (branding, advertising, dan selling) dan kesiapan sumber daya manusia. Cara pengembangan desa wisata yang sesuai dengan dimensi EM yaitu: 1) Mengembangkan produk melalui inovasi berkala, 2) Menciptakan keintiman pelanggan dengan merancang produk yang melibatkan konsumen dan komoditi wisata, 3) Strategi pemasaran pra-penjualan dan pasca penjulan agar terjadi kunjungan kembali, 4) Peningkatan infrastruktur dan aksesbilitas, 5) Peningkatan kualitas SDM pengelola, 6) Pemberdayaan masyarakat secara komunitas, 7) Merancang branding dan advertising sesuai dengan target market yang dituju.
Kelayakan Bisnis dan Akuntansi Lingkungan Pupuk Organik (Studi Kasus UD. Lestari Yogyakarta) Poly Endrayanto Eko Christmawan
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 2 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i2.185

Abstract

Kelayakan bisnis adalah manfaat ekonomis proyek. Akuntansi lingkungan merupakan proses mengumpulkan, menganalisis, memperkirakan, dan menyiapkan laporan baik data lingkungan maupun finansial dengan tujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dan biaya. Populasi dan sampel, responden dipilih secara sengaja, responden dalam penelitian adalah UD Lestari Yogyakarta. Hasil penelitian: (a) Aspek Legal dan Lingkungan, sudah memiliki badan hukum usaha; (b) aspek manajemen sumber daya manusia, setiap fungsi masing-masing bagian belum dapat berjalan secara optimal, karena keterbatasan sumber daya manusia; (c) Aspek Pasar, peluang pasar pupuk organik di Kabupaten Sleman dan sekitarnya cukup besar; (d) Aspek Teknis, meliputi perancangan kapasitas produksi, perencanaan proses dan fasilitas, serta lokasi usaha; (e) Aspek Finansial, Payback Period dengan periode pengembalian selama 1,2 tahun. Net Present Value sebesar Rp44.821.000, investasi menguntungkan; (f) RCratio :1,9753 > 1, usaha pengolahan pupuk organik memberikan keuntungan yang layak; (g) BEP Harga Pokok (BEPhj) adalah Rp405/Kg, sedangkan BEP Omzet Produksi (BEPop) adalah 12.656,25 Kg; (h) Analisis Akuntansi Lingkungan menunjukkan biaya lingkungan secara signifikan dapat dikurangi.
Kepemimpinan Institusional: Membangun Bangsa dan Negara dalam Konteks NKRI Alexander Barus
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 2 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i2.186

Abstract

Kepemimpinan yang dapat mempertahankan dan mempromosikan nilai-nilai luhur dan menjadi dasar dalam menjalankan roda pemerintahan adalah kepemimpinan yang ideal untuk bangsa dan negara ini. Suatu bentuk kepemimpinan yang tidak hanya menjabarkan target utama adalah langkah-langkah numerik seperti GNP, pendapatan per kapita setiap orang, tetapi juga memelihara dan mendukung nilai-nilai luhur bangsa Indonesia sebagai landasan dalam pembangunan ekonomi, sosial dan budaya. Kepemimpinan pada akhirnya juga tidak terlepas dari keterampilan manajerial dalam mengelola pemerintahan negara ini. Kombinasi kepemimpinan institusional dengan keterampilan manajerial dapat membawa bangsa dan negara ini menjadi bangsa yang kompetitif di tingkat internasional.
Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Insentif terhadap Perilaku WOM (Word of Mouth) Konsumen Jasa Angkutan Penumpang Bus Antar Kota Propinsi Kelas Eksekutif di Yogyakarta Yehizkia Putra Krisnadi; Chrisentianus Abdi Saptomo
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 2 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i2.187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil responden konsumen jasa bus kelas eksekutif antar kota antar propinsi, pengaruh kepuasan konsumen terhadap perilaku Word of Mouth, insentif terhadap perilaku Word of Mouth, serta pengaruh kepuasan dan insentif secara bersama terhadap perilaku Word of Mouth. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, kajian pustaka, dan internet. Metode pemilihan sampel adalah purposive sampling, dan diuji melalui uji validitas dan reliabilitas, analisis persentase, analisis regresi sederhana, uji t, regresi berganda dan uji F. Profil responden berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh laki-laki, status perkawinan responden yang belum menikah adalah dominan, dan klasifikasi usia responden 17-30 tahun menjadi yang tertinggi. Profil responden berdasarkan pendidikan terakhir didominasi oleh sarjana, sedangkan profil responden berdasarkan klasifikasi pekerjaan didominasi oleh pegawaiswasta. Selanjutnya, responden berdasarkan tingkat pendapatan perbulan, ?Rp 1.501.000,00 menjadi yang tertinggi, dan frekuensi penggunaan jasa bus didominasi oleh responden yangmenggunakan bus antara 10-15 kali. Studi ini membuktikan bahwa kepuasan konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku Word of Mouth (berdasarkan analisis regresi sederhana), demikian juga dengan insentif, secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku Word of Mouth. Sedangkan berdasarkan analisis regresi berganda, secara simultan kepuasan konsumen dan insentif berpengaruh signifikan terhadap perilaku Word of Mouth.
Analisis Pengaruh Indikator dalam Risk-Based Bank Rating terhadap Profitabilitas Industri Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Davids Winaldi Rampan; Agus Prasetyanta
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 2 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i2.188

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “ANALISIS PENGARUH INDIKATOR DALAM RISK BASED BANK RATING TERHADAP PROFITABILITAS INDUSTRI PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Profil Resiko Kredit terhadap Return on Asset (ROA) secara parsial, Profil Resiko Pasar terhadap Return on Asset (ROA) secara parsial dan Profil Resiko Likuiditas terhadap Return on Asset (ROA) secara parsial. Selanjutnya, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Rentabilitas terhadap Return on Asset (ROA) secara parsial, dan Permodalan terhadap Return on Asset (ROA) secara parsial. Profil Resiko Kredit, Profil Resiko Likuiditas, Rentabilitas, dan Permodalan secara bersama-sama atau simultan terhadap Return on Asset (ROA). Peneliti menggunakan data sekunder melalui studi pustaka denganmetode pemilihan sampel purposive sampling sehingga terdapat 4 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2012-2016. Alat analisis yaitu uji asumsi klasik, regresi sederhana danregresi berganda. Hasil analisis regresi sederhana dan uji t menunjukan bahwa variabel Profil Resiko Kredit dan Rentabilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset sedangkan variabel Profil Risiko Pasar, Profil Resiko Likuiditas, dan Permodalan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset. Regresi berganda dan uji F menunjukan bahwa variabel Profil Resiko Kredit,Profil Resiko Pasar, Profil Resiko Likuiditas, Rentabilitas, dan Permodalan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Online Shop Lazada di Yogyakarta Andy Purwanto; Sri Herlina
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 2 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v12i2.189

Abstract

Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana faktor harga, cara pembayaran, kepercayaan terhadap perusahaan, keuntungan belanja online, kualitas informasi, proses pengiriman barang dan garansi mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk online shop Lazada di Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian produk online shop Lazada dan teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan variabel harga dan pengiriman barang diperoleh hasil nilai thitung > ttabel sehingga dapat diketahui secara parsial berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja online di Lazada. Sedangkan variabel cara pembayaran, kepercayaan terhadap perusahaan, keuntungan berbelanja online, kualitas informasi dan garansi diperoleh hasil nilai thitung < ttabel sehingga dapat diketahui bahwa kelima variabel ini secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja online di Lazada. Secara keseluruhan variabel harga, cara pembayaran, kepercayaan terhadap perusahaan, keuntungan berbelanja secara online, kualitas informasi, proses pengiriman barang dan garansi diperoleh hasil uji Ftabel > Fhitung hal ini berarti seluruh variabel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja online di Lazada. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk online shop Lazada adalah variabel garansi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7