cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
fauziddin@gmail.com
Phone
+6282285580676
Journal Mail Official
global@mardi.id
Editorial Address
Perumahan Mutiara Cadika Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Indonesia
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
ISSN : -     EISSN : 30477077     DOI : https://doi.org/10.37985/24scg430
The journal publishes scientific articles based on field research and programs in the multidiscipline area, which can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in various research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was published in 2024. Published articles four times a year (March, June, September, and December)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin" : 7 Documents clear
Menjembatani Kesenjangan Gender dalam Keluarga TKW: Menuju Harmoni yang Sejati Annisa Rahmadhani; Yani Achdiani; Lia Shafira Arlianty
Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Media Kreatif Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/4sda1w29

Abstract

Artikel ini membahas bagaimana cara menjembatani kesenjangan gender dan pengaruh pentingnya kesetaraan gender dalam mencapai keharmonian keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur (literature study). Data yang digunakan dalam penelitian ini mengumpulkan data yang berupa hasil-hasil penelitian seperti jurnal, skripsi, tesis, dan artikel ilmiah yang relevan untuk mengetahui cara menjembatani kesenjangan gender dan pentingnya kesetaraan gender dalam mencapai harmoni keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang dilakukan secara bersamaan dalam tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesetaraan gender memberikan manfaat dan dampak positif bagi keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW). Namun, dalam literatur dari beberapa sumber, penulis menemukan masalah yang hampir serupa dimana untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) itu tidaklah mudah. Oleh karennya dibutuhkan kerja sama yang baik, rasa saling melengkapi dan menghargai antar satu anggota dengan anggota yang lain, khususnya bagi suami istri yang harus membagi peran agar keduanya tidak merasa paling banyak berkorban atau dengan kata lain mencapai kesetaraan gender. Hasil literatur tersebut didukung dari berbagai hasil-hasil penelitian oranglain yang telah dilakukan sebelumnya
Pengaruh Augmented Reality terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Dwi Via Maisyaroh; Kartika Rinakit Adhe; Nurul Khotimah; Nurhenti Dorlina Simatupang
Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Media Kreatif Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/rdscts44

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Albata Islamic Montessori School Wiyung Kota Surabaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Augmented Reality terhadap kemampuan mengenal huruf pada  kelompok A. Jumlah sampel  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  adalah  sebanyak 11 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang digunakan yaitu pre experimental dengan one group pretest posttest design. Metode pengujian hipotesis yang digunakan yaitu Wilcoxon Macthed Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai menunjukkan hasil perolehan 0,011 dimana nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikan α 0.05, maka didapat diputuskan bahwa Hipotesis 0 (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga adanya  pengaruh  media Augmented Reality terhadap  kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Albata Islamic Montessori School Wiyung Kota Surabaya.
Pengaruh Media Buku Digital Tema Cuaca terhadap Literasi Sains Anak Usia 5-6 Tahun Amanda Reza Oktavia; Kartika Rinakit Adhe; Nurul Khotimah; Nurhenti Dorlina Simatupang
Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Media Kreatif Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/36bp4a19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media buku digital tema cuaca terhadap kemampuan literasi sains anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model pre-eksperimental design tipe one group pretest posttest. Penelitian dilakukan pada lembaga RA Mansyaul Ulum Sukosongo dengan jumlah sampel sebanyak 15 anak. Untuk menguji pengaruh media menggunakan uji paired sample t-test dengan hipotesis adanya pengaruh media buku digital tema cuaca terhadap kemampuan literasi sains anak usia 5-6 tahun. Hasil uji paired sample t test yang telah dilakukan mendapatkan nilai signifikansi <0,001. Nilai tersebut berada <0,05 yang artinya hipotesis dari penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media buku digital tema cuaca terhadap kemampuan sains anak usia 5-6 tahun
Pengaruh Unplugged Coding terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Feby Audi Lestari; Kartika Rinakit Adhe; Nurul Khotimah; Nurhenti Dorlina Simatupang
Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Media Kreatif Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/z3447a66

Abstract

Artikel ini berisi tentang media yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan model penelitian design pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini ialah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 7 anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media buku unplugged coding terbukti efektif mampu meningkatkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Dibuktikan dengan hasil olah data yang diperoleh dari pretest dan posttest diolah menggunakan Uji Paired Samples Test dengan hasil menunjukkan nilai signifikansi <0,001. Oleh karena itu, media buku unplugged coding literasi dapat menjadi salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun.
Penerapan Nilai-Nilai Haji dari Hadis Nabi dalam Konteks Globalisasi Nurul Hasanah Simamora; Idris Siregar; Nur Syahri Siregar
Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Media Kreatif Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/s6m7bj43

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai haji yang terkandung dalam hadis nabi terkait dengan globalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis riset kepustakaan atau studi pustaka, yang melibatkan  pengumpulan, membaca, mencatat, dan mengolah data dari berbagai sumber literatur seperti buku, majalah, dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan nilai-nilai haji dari hadis Nabi dalam konteks globalisasi membutuhkan kesadaran dan komitmen bersama dari umat Islam dan juga seluruh umat manusia. Dengan menjadikan nilai-nilai haji sebagai landasan dalam interaksi antarmanusia dan dalam pembangunan masyarakat global yang lebih adil, harmonis, dan berkelanjutan, dapat kita menciptakan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang. Nilai-nilai haji yang diambil dari hadis Nabi Muhammad Saw mengajarkan prinsip-prinsip universal yang sangat relevan dalam konteks globalisasi. Kesetaraan, persaudaraan, perdamaian, kebersamaan, solidaritas, ketaatan, pengabdian, kesabaran, pengorbanan, ketulusan, dan keikhlasan adalah nilai-nilai yang dapat membantu umat manusia mengatasi tantangan global dan menciptakan dunia yang lebih adil, damai, dan berkelanjutan.
Stimulasi Melatih Perkembangan Bahasa Anak melalui Metode Bercerita Vika Ikhtiarani; Rinzani Amalyani; Ely Nuzuly Ramadhanty; Fidrayani Fidrayani
Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Media Kreatif Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/c6847t66

Abstract

Melalui cerita, anak-anak dapat belajar mengkomunikasikan diri dengan lebih baik, mengembangkan keterampilan kognitif dan sosial, serta menstimulasi imajinasi mereka. Oleh karena itu, implementasi metode bercerita harus diutamakan sebagai sarana pembelajaran dalam pendidikan anak sejak usia dini dan harus dioptimalkan untuk memastikan perkembangan bahasa anak yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber tertulis yang relevan, seperti buku, artikel, dan jurnal. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi keterkaitan antara penggunaan metode bercerita dengan peningkatan kemampuan berbahasa anak usia dini. Berdasarkan hasil studi, disimpulkan bahwa metode bercerita memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mendengarkan, berbicara, dan memahami bahasa. Bercerita juga memberi anak kesempatan untuk mengasah penggunaan bahasa dalam situasi yang memiliki makna, mendukung perkembangan kognitif dan sosial anak-anak. Oleh karena itu, penggunaan cerita sebagai alat pembelajaran dalam PAUD harus diutamakan dan dioptimalkan. Kerjasama antara guru dan orang tua menjadi sangat penting untuk membangun fondasi yang kuat untuk kemajuan bahasa anak. Dengan memberikan stimulasi bahasa yang tepat, baik melalui cerita, pembicaraan, atau kegiatan lainnya, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan bahasa mereka secara lebih efektif.
Program Mengajar Bahasa Arab untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar Siswa SDN Planjan 1 Ahmad Dimyati Ridwan
Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Media Kreatif Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/mm78hn58

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah kegiatan berbasis kurikulum. Salah satu bentuk kegiatannya adalah kerja nyata pada lingkungan masyarakat untuk memberdayakan masyarakat pedesaan yang dirancang oleh mahasiswa bersama dosen pembimbing lapangan untuk mampu mengantarkan mahasiswa menjadi individu yang lengkap dalam kaitannya dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan. KKN merupakan kegiatan intrakulikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Tujuan dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Mandiri ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas para siswa dalam mempelajari bahasa Arab di SDN Planjan 1. Metode pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan melakukan pemetaan masalah dan kebutuhan para siswa. Setelah proses analisis dilakukan, disusun program kerja yang sesuai dan dibutuhkan oleh para siswa. Selain melaksanakan program mengajar bahasa Arab, para mahasiswa KKN juga turut membantu para guru dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDN Planjan 1. Hasil dari kegiatan mengajar ini adalah minat belajar bahasa Arab dan kemampuan para siswa dalam memaknai bahasa Arab secara benar.

Page 1 of 1 | Total Record : 7