cover
Contact Name
Anita Nurgufriani
Contact Email
jurnalbahasatsb@gmail.com
Phone
+6285338894705
Journal Mail Official
jurnalbahasatsb@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Taman Siswa No. 1 Palibelo, Bima, NTB 84173
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880316     EISSN : 26850133     DOI : https://doi.org/10.37630/jpb
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, seperti: Pendidikan bahasa Indonesia; Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA); Pengajaran dan pembelajaran; Bahasa dalam pendidikan; Linguistik; Pengembangan kurikulum bahasa; Tes bahasa; Sastra dalam dunia pendidikan dan pengajarannya.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA" : 2 Documents clear
Efektifitas Penggunaan Aplikasi Eclipse Crossword (Teka Teki Silang) Pada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 56 Tolobali Kota Bima Ika Irawati; Ica Haryati; Deddy Meirawan
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 56 Kota Bima yang diajar menggunakan media teka teki silang Eclipse crossword dan yang diajar menggunakan media konvensional, dan keefektifan penggunaan media teka teki silang Eclipse crossword. Penelitian ini merupakan quasi experimental, jenisnya nonequivalent control group. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri kecamatan Rasana’E Barat yang berjumlah 11 sekolah dengan jumlah siswa 600 orang. Berdasarkan teknik purposive sampling, dipilihlah SD Negeri 56 Kota Bima sebagai tempat penelitian dan kelas VIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB sebagai kelas kontrol, sehingga jumlah keseluruhan sampel sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung sebesar 8,486 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,021 dengan taraf signifikansi 0,05 dan db=58. Hal ini menunjukkan nilai thitung (th) lebih besar daripada nilai ttabel (tt) yang berarti ada perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata akhir peserta didik kelas eksperimen sebesar 74,17 lebih besar daripada nilai peserta didik kelas kontrol yaitu 54,17. Hal ini berarti bahwa penggunaan aplikasi teka teki silang Eclipse Crossword lebih efektif daripada media konvensional. Bobot keefektifan sebesar 53,73%. Implikasi dari penelitian ini adalah aplikasi teka teki silang Eclipse Crossword dapat digunakan.
Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Bercerita untuk Siswa Sekolah Dasar Mulyadi Mulyadi
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui model bercerita, pada siswa Kelas I SDN Samili Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian 15 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini (1) penerapan model bercerita dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa, Hal ini ditandai dengan prosentase pada indikator menunjukkan pada pra siklus diperoleh 57,5%, siklus I 59,16%, siklus II 86,66%, (2) sedangkan pada indikator menghubungkan isi cerita dengan kata-kata sendiri pada pra siklus diperoleh prosentase 38,33%, siklus I 59,16 %, siklus II 88,33%. (3) pada indikator mengurutkan isi cerita berdasarkan naskah asli menceritakan kembali isi cerita tersebut pada pra siklus 30,83%, siklus I 65,83%, siklus II 89,16%. (4) membaca beberapa paragraf dengan kalimat sederhana pada pra siklus 39,16%, siklus I 57,5%, siklus II 86,66%.

Page 1 of 1 | Total Record : 2