cover
Contact Name
Lalu Usman Ali
Contact Email
ahsjurnal@gmail.com
Phone
+6285333491112
Journal Mail Official
ahsjurnal@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Kila Rengganis Blok E5 Bajur Kecamatan Labuapi, Kab. Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 83361
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Semesta
ISSN : -     EISSN : 29868874     DOI : -
Core Subject : Education,
SEMESTA : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran [e-ISSN: 2986-8874] adalah Jurnal Open Access yang diterbitkan oleh Yayasan Alpatih Harapan Semesta. SEMESTA membahas terkait tentang dinamika ilmu pendidikan dan pengajaran yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat Pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Penulis bisa berasal dari mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, maupun pemerhati pendidikan dan pengajaran. Jurnal SEMESTA dimaksudkan untuk mengkomunikasikan penelitian asli dan isu terkini tentang pendidikan dan pengajaran termasuk: penelitian tentang strategi pembelajaran dan pengajaran, pengembangan kurikulum, penilaian dan pengembangan materi, Inovasi Pembelajaran guru, Pendidikan Dasar, Penelitian Tindakan Sekolah dan kebijakan evaluasi pendidikan. Jurnal SEMESTA menerbitkan artikel penelitian yang bersifat komprehensif dengan mengundang ulasan dari para ahli terkemuka di bidangnya. Makalah yang masuk akan ditinjau oleh rekan sejawat dan dipilih berdasarkan studi ilmiah yang tinggi dan kemampuan untuk memberikan kontribusi penting di lapangan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): Juli 2023" : 6 Documents clear
Strategi Manajemen Kesiswaan Dalam Memotivasi Untuk Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lombok Tengah) Sunardi; Marzaenal Adipta
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is analyze application and implication student management strategy in motivational to shape student character (study cases in MTsN 1 Lombok Tengah). The Method in this research is qualitatif method. Data collected from interviews, observations and documentation.  Researcher try to analyze application and implication strategic of vice head of student field in motivational to shape student character. The result show that application student management strategy in motivating to shape student character that done by vice head of student field throught apply function of management  that well by starting from planning by make work program, then organizationing for shaping and coordination with all guide of extraculiculer in madrasa. Then implementation with carry out work program that arranged before by each duty of guide together. The last is monitoring that apply evaluation intensively and periodicly of work program and continously coordinance with guide and other vice head to reach the goal that clearly. After that implication student management strategy in motivating to shape student character by work program that implicate to madrasa especially student. Student commonly growing own talent and own interest by many guidiance activity in madrasa and get achievement in each own field. Student commonly get attention that similar by teacher especially student guider  field  for smoothness and the succes of learning in madrasa.
Model Pola Asuh Orang Tua dan Dinamika Interaksi Sosial Anak Pengguna Gedget (Studi Kasus Pengguna Gadget di Desa Pejanggik) Muhammad Awwad; Isman Heri Safta
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya pengguna gadget diberbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. fokus penelitian ini adalah anak-anak sebagai pengguna gadget. Menariknya berbagai macam tontonan yang dapat diakses pada gadget berdampak pada kecanduan anak dalam menggunakan gadget. hingga mengakibatkan anak banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget, sehingga waktu untuk belajar menjadi banyak tersita dan waktu bermain bersama teman-teman sebaya menjadi berkurang karena berdiam di kamar sendiri dalam menggunakan gadget. penelitian dilakukan di dusun yang mendapatkan bantuan dari pihak telkomsel untuk memberikan layanan internet gratis.. Dengan adanya layanan internet gratis mengakibatkan anak yang sebelumnya jarang pegang hp menjadi lebih sering dengan intensitas waktu yang cukup lama. Selain itu, anak yang sebelumnya tidak memiliki hp android menjadi tuntutan kepada orang tua mereka untuk dapat membelikan anaknya hp android. Layanan internet gratis tanpa batas waktu mengakibatkan anak menjadi lebih senang pegang hp. Fenomena ini berimplikasi pada kurangnya interaksi sosial anak pada teman sebaya. Selain itu, anak lebih cenderung pendiam, serta anak lebih bersifat ekslusif. Terdapat beberapa model pola asuh orang tua dalam mengatasi anak yang candu memainkan hp android, seperti pola asuh otoriter dan demokrasi.
Upaya Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Whole Language Pada Siswa Kelas 1 SDN Tanjung Jati 2 Cindy Erra Agustin; Agung Setyawan
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Whole Languge Pada Siswa kelas 1 SDN Tanjung Jati2. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 dengan dengan mengguankan jenis pendekatan whole language yang ada di sekolah dasar SDN Tanjung Jati 2, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Dan cara mengumpylan data yang diperoleh dengan melalui observasi secara langsung kepada peserta didik dan tes. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yatu silkus satu dan siklus dua. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terjadi kenaikan pada kemampuan membaca siswa kelas satu SDN Tanjung Jati 2 Kecamatan Kamal, Kabupatan Bangkalan. Dimana pada siklus satu persentase kemampuan membaca siswa kelas yaitu sebesar 30% siswa yang mencapai KKM, sedangkan pada hasil pada siklus dua yaitu sebesar 78 % siswa yang mencapai KKM. Berdasaerkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan whole language dalam proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.
Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Muhadharah Untuk Meningkatkan Kecakapan Public Speaking Santri di Pondok Pesantren Al-Ijtihad Al-Mahsuni Danger Tahun 2022 Mariawati; Diana Susmita
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler muhadharah untuk meningkatkan kecakapanpublic speaking dan mendeskripsikan tentang faktor penghambat dan pendukung pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler muhadharah di Pondok Pesantren Al-Ijtihad Al-Mahsuni Danger. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian yang didapatkan di lapangan dengan tehnik pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata yang kemudian dituangkan dalam bentuk deskripsi atau narasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler muhadharah untuk meningkatkan kecakapan public speaking terbukti mampu untuk meningkatkan kecakapan public speaking santri, hal ini dapat dilihat adanya peningkatan terhadap public speaking santri yang mana pada awal-awal para santri masih gugup dan malu untuk berbicara di depan teman-temanya yang lain akan tetapi setelah rutin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler muhadharah para santri menjadi punya mental yang luar biasa untuk tampil di depan umum. Adapun faktor penghambatnya yaitu: faktor alam, adanya kegiatan semester, tempatnya yang tidak representatif, soundnya kurang representatif, dan dekorasinya tidak ada. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan dari ketua yayasan, para asatidz, semua santri dan santriwati, Majelis Pembimbing Santri (MPS) nya aktif, kreatif, dan inovatif, pimpinan pondoknya setiap malam muhadharah selalu hadir di tengah-tengah para santri, dan yang terakhir koordinatornya aktif mengikuti dan mengevaluasi kegiatan muhadharah setiap malam jum’at.
Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Administrasi di SMAN 10 MATARAM M Faqih; Rasyid Ridho; Anggita Permatasari
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims at determining: 1) the level of quality of administrative services, 2) the level of student satisfaction, and 3) the effect of the quality of administrative services on student satisfaction in SMAN 10 Mataram. The research approach used is quantitative with associative methods. The sample used in this study was 100 which were determined by stratified random sampling. Data were collected using the questionnaire method and then analyzed using descriptive statistics and simple linear regression analysis. The results of the analysis show that: 1) The quality of administration services at SMAN 10 Mataram is 3.27 which is in the very good category; 2) Student satisfaction at SMAN 10 Mataram is 3.24 which means that student satisfaction is high; and 3) The results of the regression analysis show: a.) There is a significant correlation between X and Y with a correlation coefficient of 0.657; b.) The regression equation obtained is Y = 0.824 + 0.740(X); c.) The regression model is a significant model based on the F-count value of 72.24 and a significance level of 0.000, d.) The effect of X and Y is a significant effect based on the t-count value of 8.616 and a significance level of 0.000; and e) The influence of X on Y is 43.1%.
Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Sikap Sosial Siswa di MI NW Kelayu Jorong Muslihan
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh pola asuh orangtua terhadap sikap sosial siswa kelas V MI NW Kelayu Jorong. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan korelasi yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu 21 responden dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster sampling (area sampling). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner, untuk mengumpulkan data pola asuh orangtua yang diterapkan oleh orangtua dengan sikap sosial siswa. Dalam teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orangtua terhadap sikap sosial siswa kelas V MI NW Kelayu Jorong, diperoleh koefisien korelasi rxy sebesar 0,517 dan dibuktikan thitung sebesar 2,635 pada taraf signifikan 5% atau 0,05 sebesar 1,696 artinya thitung > ttabel dengan menunjukkan kategori pengaruh yang kuat. Jadi terdapat pengaruh antara pola asuh orangtua dengan sikap sosial siswa kelas V MI NW Kelayu Jorong

Page 1 of 1 | Total Record : 6