cover
Contact Name
Ali Sadikin
Contact Email
alisadikin@unja.ac.id
Phone
+6281256137743
Journal Mail Official
biodik@unja.ac.id
Editorial Address
https://online-journal.unja.ac.id/biodik/issue/archive
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Published by Universitas Jambi
ISSN : -     EISSN : 25800922     DOI : https://doi.org/10.22437/
Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology education and utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and opinion, in addition to critical examinations of biology research and teaching. Through the coverage of policy and curriculum developments, the latest results of research into the teaching, learning and assessment of biology are brought to the fore. Special emphasize are as follow: 1. Research on Learning Biology/Science (Biology learning materials at all education levels, learning planning, learning models, biology teaching skills).). 2. Pure Research of Biology developed or studied to the sources, materials, or instructional media Biology/Science(Biology learning materials at all education levels and application in society, learning media, application of information technology for biology learning). 3. Curriculum of Biology Education at all education levels (learning design, competency analysis, syllabus and learning planning) 4. Class Action Research (CAR) and Lesson Study (material analysis, methods, student needs, student personality, student problems) 5. Other Qualitative Research, Quantitative, Research & Development and Mixedof Biology Education. 6. The school management and Biology/science laboratory management. 7. Biology/Science Learning Evaluation 8. Teacher Professional Issues/Trends in Biology Education. 9. Another study for the scope of Biology Education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2016): Desember 2016" : 6 Documents clear
ANALISIS HUBUNGAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG PEMANFAATAN LIMBAH DENGAN PERILAKU PENGELOLAAN LIMBAH KELAPA SAWIT DI SMA DAN SMK KELAS XI KECAMATAN SUNGAI BAHAR wulansari eka nanda; evita anggereini; Winda Dwi Kartika
BIODIK Vol. 2 No. 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v2iNo 2.4906

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan siswa tentang pemanfaatan limbah dengan perilaku siswa dalam pengelolaan limbah kelapa sawit di SMA dan SMK Kelas XI Kecamatan Sungai Bahar.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan angket pada siswa.Serta wawancara yang dilakukan pada guru Biologi/IPA.Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis korelasi antara pengetahuan siswa tentang pemanfaatan limbah dengan perilaku siswa dalam pengolahan limbah kelapa sawit menunjukan nilai r sebesar 0,14 yakni memiliki hubungan positif namun dalam kriteria sangat rendah. Selanjutnya dilakukan analisis regresi didapatkan nilai determinasi sebesar 0,20. Hal ini bermakna bahwa 20 % perilaku siswa dalam pengelolaan limbah kelapa sawit dipengaruhi oleh pengetahuan siswa tentang pemanfaatan limbah, sisanya disebabkan oleh faktor lain.
PENERAPAN ASESMEN BERBASIS PORTOFOLIO DAN JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN BIOLOGI Ali Sadikin; Mia Aina; Nasrul Hakim
BIODIK Vol. 2 No. 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v2iNo 2.4907

Abstract

ABSTRAK.Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan motivasi belajar mahasiswa pada matakuliah perencanaan pengajaran biologi prodi pendidikan biologi melalui penerapan assessment pembelajaran berbasis portofolio dan jurnal belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus tindakan yang dilaksanakan terdiri atas empat tahapan. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan assessment pembelajaran berbasis portofolio dan jurnal belajar mampu meningkatkan kemampuan metakognitif. Persentase skor kemampuan metakognitif sebelum tindakan 65,2% termasuk dalam kategori cukup. Persentase skor emampuan metakognitif meningkat pada siklus I menjadi 70,6% termasuk dalam kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,1% termasuk dalam katgori baik. (2) Penerapan assessment pembelajaran berbasis portofolio dan jurnal belajar mampu meningkatkan motivasi belajar. Persentase skor motivasi belajar sebelum tindakan 65% termasuk dalam kategori cukup. Persentase skor motivasi belajar meningkat pada Siklus I menjadi 82,50% termasuk dalam kategori sangat baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,50% termasuk dalam kategori sangat baik.
PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN Lora Purnamasari; Zikra Zikra; Fachrul Reza
BIODIK Vol. 2 No. 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v2iNo 2.4908

Abstract

ABSTRAK. Penguasaan konsep dan hasil belajar biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan di MTs Al-Muhajirin Bandar Sakti masih rendah. Guru cenderung menggunakan metode ceramah, dan buku sumber yang tersedia juga terbatas sehingga pada saat proses pembelajaran siswa kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap penguasaan konsep IPA siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Al-Muhajirin Bandar Sakti Abung Surakarta Lampung Utara. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain matching prettest-posttest contol group design. Pada penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VII D dan kelas kontrol yaitu kelas VII B. Instrumen yang digunakan adalah lembaran test hasil belajar siswa secara tertulis. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep kelas kontrol 84,83 dan kelas kontrol 76,61. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel yaitu 3,745>2,00 maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa kelas VII di MTs Al-Muhajirin Bandar Sakti Abung Surakarta Lampung Utara.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI Yovy Fitria; upik yelianti; Harlis Harlis
BIODIK Vol. 2 No. 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v2iNo 2.4918

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran biologi kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen sesungguhnya (true eksperimental).Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPS siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya yaitu memperoleh persentase 78,16 % pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh persentase 73,14 %. Untuk KPS siswa yang paling tinggi adalah kegiatan merencanakan percobaan dan mengkomunikasikan sedangkan aspek KPS siswa yang paling rendah adalah kegiatan berhipotesis. Dari hasil uji statistik diperoleh thitung=4,7984 dan ttabel=1,89893, dengan thitung> ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Biologi kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi.
INOVASI PEMBELAJARAN METODE KONVENSIONAL DIKOMBINASIKAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUKMENINGKATKANHASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SUB MATERI POKOK SISTEM INDERA MANUSIA DI KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 Theresia Hartaulina Purba; Mariaty Sipayung; Adriana Lumbangaol
BIODIK Vol. 2 No. 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v2iNo 2.4919

Abstract

ABSTRAK. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada sub materi sistem indera pada manusia dengan inovasi pembelajaran melalui kombinasi metode konvensional dengan petakonsep (concept mapping) di kelasXI IPA 3 SMA Negeri 3 Binjai T.P 2012/2013.Pengamatan dilakukan pada 40 orang siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini meliputi: peningkatan hasil belajar siswa, ketuntasan belajar, dan hasil penilaian peta konsep. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif dan lembar penilaian peta konsep siswa. Data yang diperoleh, dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa inovasi pembelajaran metode konvensional dikombinasikan dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS X MIA SMA NEGERI BERAKREDITASI A SE-KOTA JAMBI
BIODIK Vol. 2 No. 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v2iNo 2.4920

Abstract

Abstrak. Penelitian deskriptif analitik ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh guru Biologi dalam implementasi Kurikulum 2013 di Kelas X MIA SMA Negeri Berakreditasi A Se-kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan hambatan yang dialami oleh guru mata pelajaran Biologi antara lain: (1) guru kurang mampu melaksanakan pembelajaran dan membimbing siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Scientific, (2) kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan metode, model, dan media yang seharusnya menimbulkan ketertarikan siswa untuk lebih aktif dalam belajar, (3) siswa yang aktif lebih sedikit, hal ini disebabkan keanekaragaman siswa, daya imajinasi, kreatif, pengetahuan, sikap/perilaku terhadap mata pelajaran berbeda, (4) terbatasnya waktu, tenaga, dan modalitas guru untuk melaksanakan semua bentuk dan teknik penilaian dalam Kurikulum 2013, dan (5) siswa sulit untuk mencerna dan memahami isi atau pesan yang di sampaikan pada buku.

Page 1 of 1 | Total Record : 6