cover
Contact Name
Ririh Anggraini Setyahety
Contact Email
wiryakarya@unipma.ac.id
Phone
+6281231355643
Journal Mail Official
ririh@unipma.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya"
ISSN : -     EISSN : 28279336     DOI : 10.25273
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat "Wiryakarya" adalah jurnal pengabdian masyarakat di bidang ekonomi, sosial, dan kewirausahaan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 01 (2022)" : 9 Documents clear
Strategi Pengelolaan Keuangan Keluarga Bahagia pada Penerima Bantuan PKH Di Desa Pelang Lor, Dusun Tambakselo Barat RT/RW 03/03, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi Rihan Mustafa Zahri; Wahyu Wirasari
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 1, No 01 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v1i01.11790

Abstract

PKH merupakan program bantuan sosaial dari pemerintah untuk keluarga Miskin (KM) bersyarat kepada keluarga miskin sebagai penerima manfaat. Keluarga penerima manfaat maksimal 4 orang jiwa dalam satu keluarga dengan kriteria sebagai berikut: Ibu hamil senilai, Anak usia 0 sd 6 tahun, Anak Sd, SMP senilai, SMA, Disabilitas dan Lansia senilai (Petunjuk Teknis PKH, 2020). Program PKH ini bertujuan untuk memerangi kemiskinan agar untuk meningkatkan kualitas hidup dalam prilaku pendidikan, kesehatan dan sosial di Indonesia serta memutus rantai kemiskinan digenerasi yang akan datang. Akan tetapi dengan adanya bantuan tersebut masyarakat kurang memperhatikan pengelolaan keuangannya dengan baik sehingga kerap uang bantuan tersebut langsung habis dibelanjakan untuk membeli sembako atau pun membayar utang dll. Hal tersebut meningkatkan pola konsumtif masyarakat tetapi tidak meningkatkan taraf hidup yang berkelanjutan demi mensukseskan program pemerintah.Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang perencanaan pengelolaan keungan yang efektif dan efisien bagi ibu-ibu penerima bantuan, sehingga menimbulkan keungan keluarga yang bahagiadan berkelanjutan. Hasil penelitian ini bahwa program pengabdian masyarakat ini telah terpenuhi dengan beberapa indikator yaitu terlaksananya program pelatihan pengelolaan keuangan keluarga bahagia, terlaksananya pendampingan pengelolaan keuangan keluarga bahagia dan para ibu rumah tangga bisa membuat pengelolaan keuangan dengan baik.Kata Kunci: PKH, Pengelolaan Keuangan, Keluarga Bahagia.
Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun Dian Citaningtyas Ari Kadi; Rizal Ula Ananta Fauzi; Hari Purwanto
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 1, No 01 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v1i01.11795

Abstract

Tujuan dari implementasi pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dari labeling produk dan packaging mulai dari desain, model desain, pembentukan, sampai pengerjaan akhir kepada pelaku UMKM keripik tempe Barokah di Desa Garon Balerejo Madiun. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi, praktik, dan pengamatan. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan metode yang ditentukan sebelumnya. Selain meningkatkan pengetahuan peserta dalam labeling produk, peserta juga memiliki kemasan baru dan menarik. Hasil survei kemasan baru menunjukkan bahwa responden rata-rata menyukai kemasan baru para peserta. Dengan kata lain, kemasan baru dapat menarik konsumen.Kata Kunci: Labeling, Packaging, UMKM.
Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah dengan Manajemen Keuangan Syari’ah (Pada Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Kemensos Desa Pelang Lor Kec Kedunggalar Kab Ngawi) Erma Wulan Sari; Virza Dhea Choirunnisa
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 1, No 01 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v1i01.11791

Abstract

Keluarga Sakinah adalah keluarga yang dalam kehidupan rumah tangganya merasakan kehidupan yang tenteram, rukun dan damai, serta mampu memenuhi kebutuhannya secara layak dan seimbang, baik duniawi maupun ukhrawi. Dalam kenyataannya untuk mewujudkan keluarga sakinah bukanlah suatu hal yang mudah. Salah satu faktor penyebab belum bisa terwujudnya keluarga sakinah adalah    pengelolaan keuangan keluarga yang kurang baik. Hal ini disebabkan masih minimnya pengetahuan ibu-ibu terkait tentang pengelolaan keuangan keluarga. Dengan demikian perlunya suatu pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola keuangan keluarga sesuai dengan syariat islam.  Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman ibu-ibu terkait tentang bagaimana cara mengelola keuangan keluarga secara Syariah guna mewujudkan keuarga yang Sakinah. Objek penelitian ini adalah ibu-ibu penerima manfaat bantuan Kemensos Desa Pelang Lor, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi. Metode yang digunakan yaitu dengan ceramah dan diskusi. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan semangat dari para ibu-ibu untuk segera menerapkan perencanaan pengelolaan keuangan keluarga secara syari’ah. Saran dalam pengabdian ini adalah adanya kegiatan sosialisasi lanjutan sehingga dapat lebih meningkatkan pemahaman ibu-ibu tentang pentingnya pengelolaan keuangan keluarga sesuai dengan syariat-syariat islam.Kata Kunci: Keluarga Sakinah, Pengelolaan Keuangan Syari’ah.
Pelatihan Pengemasan Produk Pada Usaha Krupuk Puli “Bu Dian” Rejomulyo Kota Madiun Anggita Langgeng Wijaya; Riful Nur Chaniah; Astika Kusuma Ayu Rosalianita Sari
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 1, No 01 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v1i01.11796

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengemasan produk pada usaha Krupuk Puli Bu Dian yang terletak di Jalan Sembada Mulya Rejomulyo Kota Madiun Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada Desember 2020 dengan teknik pelaksanaan kegiatan dengan metode penyampaian materi, diskusi, demontrasi dan praktik pengemasan produk bagi mitra pengabdian masyarakat. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukan bahwa terdapat tambahan pengetahuan serta kemampuan bagi usaha Krupuk Puli Bu Dian tentang dasar pengemasan produk. Produk Krupuk Puli Bu Dian Rejomulyo Madiun kini memiliki tampilan kemasan yang lebih menarik dan siap dipasarkan di media sosial. Kata Kunci: Pelatihan, Pengemasan Produk, Krupuk Puli, Madiun.
Pemberian Merek Dan Kemasan Pada Produk Sambal Pecel Khas Madiun Buatan Bu Windarti Septyana Luckyta Sari; Putri Oktovita Sari
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 1, No 01 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v1i01.11792

Abstract

Industri sambal pecel sebagai makanan khas Madiun memerlukan berbagai inovasi dalam hal kemasan, hal ini untuk menunjang daya pemasaran yang semakain luas. Pemilihan kemasan yang berkualitas, diharapkan ketahanan sambal pecel dapat bertahan lebih lama, sehingga konsumen di berbagai wilayah dapat menikmati makanan khas Madiun dengan cara pemesanan melalui media sosial. Di lain sisi dengan semakin berkembangnya pariwisata di daerah Madiun, tentunya menjadikan sambal pecel sebagai oleh-oleh adalah hal yang harus dibaca oleh pelaku UMKM dengan cara turun gunung ke daerah wisata atau menitipkan ke toko disekitaran wisata. Pemberian merek dan logo merupakan hal yang penting untuk memulai bisnis ke sekala menengah, untuk itu kami sebagai mahasiswa memberi ide terbaik untuk produk sambal pecel dengan memberi merek selanjutnya kami membantu pembuatan logo dan mencetak di percetakan terbaik dan murah, harapannya kedepan produk sambal pecel dapat meraup keuntungan besar dan membantu menyediakan lapangan pekerjaan.Kata Kunci: Sambal Pecel, Merek, Kemasan, Pemasaran.
Pelatihan Strategi Pemasaran UMKM di Era Industri 4.0 Moh. Ubaidillah
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 1, No 01 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v1i01.11797

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh tenaga ahli akademik perguruan tinggi yang menjadi salah satu dari tuntutan Tri Dharma Perguruan tinggi. Sasaran dari kegiatan ini adalah Para pelaku UMKM karena usahanya yang lebih mengutamakan padat karya dapat membantu mengatasi permasalahan negara dalam hal pengangguran. Di Era Industri 4.0 semua aktivitas produksi dan transaksi sudah menggunakan teknologi yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Pelaku UMKM harus beradaptasi di era industri 4.0 agar tetap eksis terutama di sektor pemasaran karena berpengaruh pada pendapatan. Sebagai akademisi, punya tanggung jawab profesi untuk berperan aktif dalam membantu pelaku UMKM berbagai masalah yang dihadapinya.Metode palaksanaan pengabdian masyarakat ini diawali dengan survey kepada pelaku UMKM dan kepala DAPM dikecamatan Padas kebupaten Ngawi. Selanjutnya, koordinasi dengan kepala DAPM untuk menentukan jadwal dan lokasi kegiatan. Acara kegiatan pengabdian masyarakat ini diisi dengan materi tentang era industri 4.0, macam-macam medias sosial, e-commerce, strategi pemasaran dan praktek. Hasil pengabdian masyarakat ini pelaku UMKM dapat memahami materi apa itu era industri, macam-macam media sosial, e-commerce dan strategi pemasaranan. Pelaku UMKM juga punya akun dan dapat mengoperasikan baik itu media sosial maupun e-commerce. Pelaku UMKM diharapkan mempunyai blogger dan WEB untuk memudahkan pelanggan mencari informasi.Kata Kunci: UMKM, Era Industri 4.0, e-Commerce.
Pelatihan dan Pemasaran pada Bina Komunitas Bank Sampah Matahari Winongo Kota Madiun Liliek Nur Sulistyowati; Prima Utama Wardoyo Putro
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 1, No 01 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v1i01.11793

Abstract

Limbah yang semakin lama semakin meningkat dari berbagai jenis merupakan permasalahan yang sangat krusial dan pelik untuk segera dilakukannya pemecahannya. Hampir di semua negara belahan dunia menghadapi permasalahan limbah sampah. Masyarakat dan pemerintah harus berpadu dan kerjasama untuk mengatasi masalah sampah, salah satunya dengan membentuk “Bank Sampah”. Bank Sampah Matahari sejauh ini melakukan pemilahan, penyetoran dan penjualan produk olahan sampah terutama anorganik.Pengabdian masyarakat yang dilakukan di Bank Sampah Matahari melmpunyai program kerja di bidang pelatihan untuk meningkatkan wawasan, hardskill dan softskill, di bidang pemasaran bertujuan mengenalkan produk hasil olahan sampah anorganik ke masyarakat luas dengan biaya yang minimal dan di bidang administrasi, bertujuan untuk membantu menertibkan pencatatan transksi setiap kegiatan dan pengadaan buku tabungan untuk para ibu anggota Bank Sampah Matahari. Model yang digunakan adalah pelatihan secara bergantian, diskusi serta pendampingan sehingga transfer ilmu dapat maksimal karena dilakukan secara kontinu. Faktor yang mendukung dilakukannya program berbagai aspek ini adalah antusias dan semangat dari para ibu anggota Bank Sampah untuk belajar dan melakukan pelatihan secara berkesinambungan. Hasil yang dapat diperoleh dengan adanya pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya kreativitas dalam menghasilkan berbagai macam produk olahan sampah anorganik, pemasaran online yang minim biaya serta diperolehnya pendapatan sampingan untuk para ibu anggota Bank Sampah Matahari.Kata Kunci: Sampah, Bank Sampah, Anorganik, Produk Olahan.
Pelatihan Pengemasan Dan Promosi Guna Meningkatkan Nilai Jual Pada “Pabrik Kerupuk Rambak Pak Sunar” Anny Widiasmara; Ayu Lestari
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 1, No 01 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v1i01.11798

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan di salah satu UMKM yaitu “Pabrik Kerupuk Rambak Pak Sunar”. Kegiatan ini dilakukan dengan pendampingan usaha dan implementasi berupa pelatihan pengemasan dan promosi. Kegiatan produksi masih menggunakan alat sederhana dengan proses pengemasan berupa plastik yang tidak menggunakan sticker logo. Pasca kegiatan ini, mitra telah berhasil melakukan pengemasan inovatif dan mampu melakukan perluasan pangsa pasar melalui promosi dengan memanfaatkan jejaring sosial berbasis digital. Kegiatan dilakukan sebelum dan setelah pelatihan dan pendampingan,Sebelum mengikuti pelatihan pengemasan dan promosi melalui media sosial nilainya adalah 57,5% ,sedangkan setelah mengikuti kegiatan pelatihan pengemasan dan promosi meningkat menjadi 88,19%.Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat produkif bagi mitra dalam pengembangan usaha dan laba bersih usaha.Kata Kunci: UMKM, Kerupuk Rambak, Pengemasan, Promosi.
Pendampingan Pengelolaan Keuangan tentang Bagaimana Membedakan antara Kebutuhan dan Keinginan pada Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Kemensos Ds. Pelang Lor Dsn. Tambakselo Timur RT.09 /RW.01 Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi Rollis Ayu Ditasari; Nur Ayu Amaliana
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 1, No 01 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v1i01.11794

Abstract

PKH atau Program Keluarga Harapan adalah program perlindungan sosial melalui pemberian uang non tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Mereka yang berhak mendapatkan PKH adalah yang memiliki ibu hamil/nifas/menyusui, dan/atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD, dan/atau memiliki anak usia SD dan/atau SMP dan/atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar. Peserta PKH akan menerima bantuan apabila menyekolahkan anaknya dengan tingkat kehadiran tertentu, memeriksakan kesehatan dan/atau memperhatikan kecukupan gizi dan pola hidup sehat anak dan ibu hamil. Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai Program Conditional Cash Transfers atau Program Bantuan Tunai Bersyarat.Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengurangi angka dan  memutus rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin.Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis data yang dilakukan menggambarkan bahwa, pelaksanaan program keluarga harapan {PKH) sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. dampak dari pelaksanaan PKH ini juga meningkatkan pengetahuan keluarga tentang pengelolaan keuangan dengan baik yaitu bagaimana membedakan antara kebutuhan dan keinginan dalam kehidupan sehari-hari selain itu masyarakat penerima bantuan juga berwirausaha burung perkutut di rumahnya masing-masing. Kata Kunci: PKH, Kebutuhan dan Keinginan, Burung Perkutut.

Page 1 of 1 | Total Record : 9