cover
Contact Name
Laili Dimyati
Contact Email
lailidimyati@lembahdempo.ac.id
Phone
+62 82371405765
Journal Mail Official
srahayu2119@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kol M. Nuh Jembatan Beringin Pagar Alam Sumatera Selatan Phone. 0730-624445 | Mobile. 08117104411
Location
Kota pagar alam,
Sumatera selatan
INDONESIA
Ekonomia
ISSN : 18582451     EISSN : 29643503     DOI : https://doi.org/10.54342/itbis-e
Core Subject : Economy, Science,
Ekonomia adalah jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Lembah Dempo. Ekonomia diterbitkan dua kali selama satu tahun, yaitu pada februari dan juli. Ekonomia bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran kritis tentang ilmu ekonomi dan bisnis, ilmu manajemen dan ilmu akuntansi. Penyebarluasan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dalam praktik secara nyata oleh stakeholder terkait dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan untuk tujuan pendidikan dan pengembangan ekonomi. Ekonomia adalah jurnal online peer-review akses terbuka yang menyediakan forum untuk berbagi kajian ilmiah tentang manajemen, akuntansi, dan pembangunan ekonomi. Redaksi menyambut artikel dan laporan penelitian yang membahas isu-isu terkini seperti: Manajemen keuangan, Manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen syariah, akuntansi umum, akuntansi pemerintahan, perencanaan pembangunan, ekonomi moneter, ekonomi industri dan bisnis ekonomi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2020): FEBRUARI" : 7 Documents clear
PENGARUH PELATIHAN DAN PEMBERDAYAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DI PERUSAHAAN BATU BARA PT. MUSTIKA INDAH PERMAI Hestin Hestin
Ekonomia Vol. 10 No. 1 (2020): FEBRUARI
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan terhadap Kepuasan Kerja Di Perusahaan Batu Bara PT. Mustika indah permai, pengaruh Pemberdayaan terhadap Kepuasan Kerja Di Perusahaan Batu Bara PT. Mustika Indh Permai serta Pelatihan dan Pemberdayaan terhadap Kepuasan Kerja Di Perusahaan Batu Bara PT. Mustika Indah Permai. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden yang disebar kepada karyawan PT. Mustika indah Permai. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linier berganda dan uji perbedaan rata-rata. Hasil Pelatihan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel (4,687 > 1,703). Pemberdayaan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel (11,594 > 1,703). Serta Pelatihan dan Pemberdayaan secara simultan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung > F tabel (198,233 > 2,51) dan nilai signifikansi < taraf signifikansi (?) 0,05 (0,000 < 0,05).
PENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA GUNUNG DEMPO PAGAR ALAM SUMATERA SELATAN GUSTIANA GUSTIANA; ELVERA ELVERA; LAILI Dimyati
Ekonomia Vol. 10 No. 1 (2020): FEBRUARI
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Gunung Dempo Kota Pagar Alam Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode analisa kualitatif dan kuantitatif, analisa kualitatif yaitu dengan membandingkan tabel hasil dari kuesioner dan wawancara, lalu diberikan interpestasi untuk menjelaskan semua hasil analisis data dan analisis kuantitatif yaitu suatu analisa yang dapat dinyatakan dalam bentuk angka-angka dan dihitung dengan menggunakan rumus statistik, khususnya pengaruh citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Gunung Dempo Kota Pagar Alam Sumatera Selatan dengan mengembangkan dan menguji kebenaran suatu teori dengan cara mengumpulkan dan mencatat serta menganalisa data-data yang diperoleh dari Dinas Pariwisata Kota Pagar Alam. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana didapat signifikansi sebesar 0,000. Nilai 0,000 ini < 0,05 dengan nilai konstanta regresi sederhana : 4,970, koefisien regresi variabel citra destinasi : 0,770. Hal ini berarti Ho Ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh antara citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Gunung Dempo Kota Pagar Alam Sumatera Selatan.
PENGARUH KEPERCAYAAN, DAN KEAMANANTERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM BELANJA ONLINE (Studi pada Mahasiswa STIE Rahmaniyah Sekayu): - Heriyana Heriyana
Ekonomia Vol. 10 No. 1 (2020): FEBRUARI
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kepercayaan dan keamanan terhadap keputusan mahasiswa dalam belanja online. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan Software SPSS Versi 20. Ruang lingkup penelitian terbatas pada Pengaruh variable kepercayaan dan keamanan terhadap keputusan belanja online. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil melalui penyebaran kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang ada di STIE Rahmaniyah Sekayu. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 67 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variable kepercayaan dan keamanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam belanja online.
HUBUNGAN PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT DAERAH BESEMAH KOTA PAGARALAM Ruaman Yudianto; Ahmad Feriyansyah; sastra mico
Ekonomia Vol. 10 No. 1 (2020): FEBRUARI
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pelayanan dengan kepuasan konsumen pada Rumah Sakit Daerah Besemah Kota Pagaralam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode Populasi dan Sampel. Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis permasalahan yang ditemukan menggunakan metode asosiatif dengan menganalisis data yang terkumpul dari sampel dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rumah Sakit Daerah Besemah Pagaralam merupakan sarana pelayanan kesehatan pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara bermutu, terjangkau, adil dan merata. Pelayanan kesehatan dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat dan sangat strategis dalam upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat baik golongan atas maupun golongan bawah khususnya di Kota Pagar Alam. Berdasarkan hasil pengujian signifikansi pada bagian pembahasan yang dilakukan dengan menggunakan rumus regresi sederhana, dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang positif walaupun relatif lemah, dimana dapat kita lihat dari persamaan garis regresi Y = 3,03 + 0,9 (X). Hal tersebut menerangkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit Daerah Besemah Kota Pagaralam sangat berhubungan dengan kepuasan konsumen rumah sakit. Dari hasil pengujian koefisien korelasi hasilnyapun positif yaitu 0,61. Jumlah nilai tersebut terletak diantara 0,60 dan 0,90 dan hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara nilai kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada rumah sakit daerah besemah. Secara umum hasil penelitian ini memang sesuai dengan hipotesis yang telah di uraikan pada bagian sebelumnya, akan tetapi untuk jangka pendek dan jangka panjang peneliti mengemukakan beberapa saran dalam rangka untuk membuat pihak pengelola ataupun manajemen Rumah Sakit Daerah Besemah Pagaralam dapat lebih maju dan bertahan sebagai rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan prima kepada para konsumen dan juga guna menciptakan tingkat kepuasan konsumen yang sesuai dengan harapan para pengunjung rumah sakit tersebut.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL UNTUK MENILAI KESEHATAN BANK KONVENSIONAL BUMN (BRI, MANDIRI DAN BNI46 ) PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2015 Novriansyah Novriansyah; Shinta Oktarina; Deki Fujiansyah
Ekonomia Vol. 10 No. 1 (2020): FEBRUARI
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Laporan keuangan merupakan informasi yang diharapkan mampu memberikan bantuan kepada pengguna untuk membuat keputusan ekonomi yang bersifat finansial. Laporan laba rugi merupakan laporan keuangan yang menggambarkan hasil usaha perusahaan dalam suatu periode tertentu.Dalam laporan laba rugi tergambar jumlah pendapatan dan sumber pendapatan yang diperoleh. Tujuan penelitian pembuatan ini adalah untuk mengetahui kesehatan Bank konvensional dilihat dari sisi Laporan Keuangan. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriftif, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis fakta-fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu, baik berupa keadaan, permasalahan, sikap, pendapat, kondisi, prosedur atau sistim secara faktual dan cermat. Berdasarkan perhitungan analisis Return On Asset, Bank Rakyat Indonesia memiliki bobot sebesar 3,81 % yang dikategorikan sehat. Bank Mandiri memiliki bobot sebesar 3,05 % yang dikategorikan sehat. Dan Bank Negara Indonesia 1946 memiliki bobot sebesar 2,25 % yang diktegorikan sehat. Dari hasil analisis Return On Asset semua bank yang menjadi objek penelitian memiliki tingkat rentabilitas (earning) yang sehat. Dalam analisis tersebut terlihat bahwa bank yang memiliki tingkat rentabilitas (earning) yang peling rendah dalah Bank Negara Indonesia 1946 dan bank yang memiliki kualitas rentabilitas (earning) yang paling baik adalah Bank Rakyat Indonesia
SISTEM PELAKSANAAN PRINSIP – PRINSIP MOTIVASI KERJA PADA KANTOR SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KOTA PAGAR ALAM Zulaiha Zulaiha; Mastriati Hini Hermala Dewi; Herma Diana
Ekonomia Vol. 10 No. 1 (2020): FEBRUARI
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Sistem Pelaksanaan Prinsip – Prinsip Motivasi Kerja Pada Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pagar Alam. Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis permasalahan yang ditemukan menggunakan metode analisis deskriftip kualitatif dengan menganalisis data yang terkumpul dari penelitian lapangan, wawancara, interview, kuesioner/ observasi dan lain–lain menggunakan pendekatan teoritis. Tehnik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kepustakaan, penelitian lapangan, wawancara, interview, dan kuesioner/ observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Pelaksanaan Prinsip – Prinsip Motivasi Kerja Pada Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pagar Alam antara lain adalah : Gaji atau upah, Memperhatikan rasa harga diri, Memenuhi kebutuhan rohani, Memenuhi kebutuhan berprestasi, Menimbulkan rasa aman dimasa depan, Memperhatikan lingkungan tempat kerja, Memperhatikan kesempatan untuk maju, Menempatkan pegawai pada tempat yang tepat, serta prinsip motivasi mengenai Menciptakan persaingan yang sehat yang diberikan oleh Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pagar Alam sudah terlaksana dengan baik serta dapat meningkatkan semangat kerja pegawai.
PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIKA WARDAH DI KOTA PAGAR ALAM: ( Studi Pada Masyarakat Pengguna Kosmetika Wardah di Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam) Nopera Peronika; Junaidi Junaidi; Yadi Maryadi
Ekonomia Vol. 10 No. 1 (2020): FEBRUARI
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to explain: 1. The influence of brand image on buying interest, 2. To find out how much the brand image variable influences buying interest. With a quantitative approach. There are two variables used in this study, namely Brand Image (X) and Buying Interest (Y). Data collection was obtained through the distribution of questionnaires directly to buyers of Wardah Cosmetics Products at the Pagar Alam Square Supermarket in Pagar Alam City. The samples used in this study were 66 respondents using simple linear statistical analysis techniques and incidental sampling techniques. Sampling was carried out on respondents who used Wardah products to find out the magnitude of the influence of brand image on buying interest. The results of a simple linear regression analysis test in this study indicate that the brand image has a positive effect on interest can be seen from the results of a simple regression analysis, namely: Y = 16,191 + 0.578. where a constant value of 16,191 brand image regression coefficient has a positive effect, which means that if the brand image increases by one unit, buying interest will increase by 0.578 units. Brand image has a significant effect on buying interest in Wardah Cosmetics products in Pagar Alam City which are obtained from the results of the t test where the significance value is 0.000, which means it is smaller than 0.05 so the hypothesis is accepted.

Page 1 of 1 | Total Record : 7