cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 10 Documents clear
PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN MATERI TEKS CERAMAH DI KELAS XI SMA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i2.23224

Abstract

Teknologi digital menjadi hal yang lumrah digunakan oleh pendidik agar tidak lagi tertinggal dengan perkembangan saat ini di bidang pendidikan, salah satunya media pembelajaran digital. Kendati demikian, dilakukan sebuah praktik baik penggunaan media digital dalam pembelajaran teks ceramah di kelas XI SMAN 4 Kota Serang. Tujuan praktik baik ini yaitu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran teks ceramah dengan menggunakan media wordwall. Metode yang digunakan yakni observasi atau pengamatan langsung. Dari tahap awal, pelaksanaan, dan akhir praktik baik menghasilkan temuan adanya peningkatan antusias siswa selama kegiatan belajar mengajar teks ceramah, kemampuan siswa dalam memahami teks ceramah, terciptanya pembelajaran yang student centered learning, proses pembelajaran yang menarik perhatian, penggunaan media yang relevan dengan kebutuhan siswa. Selanjutnya, rata-rata hasil tes keseulurhan 7,7/10 dari 34 siswa yang menjawab, hanya dalam waktu yang sangat cepat dengan rata-rata waktu 2-4 menit siswa mencapai nilai di atas KKM. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media wordwall memberikan dampak positif terhadap pembelajajran teks ceramah.
RETRACTED: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN Rina Nurasyiah; Luluk Asmawati; Fadlullah Fadlullah; Cucu Atikah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i2.22977

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design dengan membandingkan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam mencapai tujuan tersebut digunakan Pre and Post Group (PPG). Pre and post design (PPG) diterapkan di KB Al Marjan dan KB Al Gozali Cipanas , populasi penelitian adalah 48 siswa dan sampel penelitian adalah 28 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik snowballing sampling. Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai T yang diamati adalah 8,131 dan nilai Sig 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran flashcard  mampu meningkatkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di KB Al Marjan dan KB Al Gozali Cipanas. Penggunaan media pembelajaran oleh guru dalam proses pembelajaran membantu siswa mengembangkan dan menstimulus kemampuan siswa.
PENJAMINAN MUTU EKSTERNAL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i2.23225

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dua hal utama dalam system penjaminan mutu pada lembaga pendidikan yaitu Penjaminan mutu eksternal serta tujuan implementasi penjaminan mutu pada lembaga pendidikan. Dalam mendapatkan data penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif jenis library research, dengan cara mengumpulkan data-data dari buku ,jurnal dan artikel. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan content, analysis. Hasil Penelitian ditemukan bahwa : Pertama, Penjaminan mutu internal meliputi: 1) kebijakan dan prosedur untuk penjaminan mutu; 2) persetujuan, pemantauan dan tinjauan berkala program dan penghargaan; 3) penilaian mahasiswa, 4) jaminan kualitas staf pengajar/dosen; 5) sumber belajar dan dukungan siswa; 6) sistem informasi; 7) informasi public. Kedua penjaminan mutu eksternal yaitu: 1) Penggunaan prosedur ; 2) pengembangan proses; 3) kriteria untuk keputusan; 4) proses sesuai dengan tujuan; 5) pelaporan; 6) prosedur tindak lanjut; 7) tinjauan pelaksanaan secara berkala; dan 8) analisis seluruh system, ketiga, Ilmu tujuan untuk penjaminan mutu pada lembaga pendidikan peningkatan, inovasi, komunikasi, motivasi dan pengawasan atau control.
MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PESERTA DIDIK DI PAUD BINA BANGSA Cucu Atikah; Putricia Regina Meliawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i2.22978

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang manajemen penyelenggaraan peserta didik, tercapainya manajemen peserta didik membutuhkan berbagai aspek penting maka dari itu artikel ini dibuat untuk mengetahui tahapan serta aspek apa saja yang dibutuhkan dalam manajemen peserta didik. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian adalah kepala PAUD Bina Bangsa yang memiliki peran sebagai pembuat kebijakan, diantaranaya dalam manajemen peserta didik. dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD Bina Bangsa telah memenuhi standar dalam manajemen peserta didik yaitu: a) Perencanaan peserta didik dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah peserta didik serta perbandingan antara guru dan anak. b) kehadiran peserta didik akan dicatat kedalam buku absensi. c) Pelaporan serta pencatatan peserta didik dilaksanakan dalam bentuk buku raport. d) Pembinaan peserta didik akan dilakukan melalui beberapa layanan seperti bimbingan dan konseling serta layanan kesehatan. e) Evaluasi peserta didik akan dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan portofolio. f) Kelulusan serta alumni peserta didik dibuktikan dengan pemberian ijazah
PENJAMINAN MUTU INTERNAL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i2.23226

Abstract

Penjaminan mutu pendidikan adalah suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelengaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah sistem penjaminan mutu yang berjalan di dalam lembaga pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen dalam satuan pendidikan.SPMI selanjutnya disebut sebagai system penjaminan mutu pendidikan pada satuan pendidikan ,mencakup seluruh aspek penyelengara pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP).
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI UNTUK ANAK USIA DINI DI KAMPUNG BAHARI Dina Kusuma Wardhani; Lania Rizka Salam; Yanti Puspita
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i2.22974

Abstract

PAUD Inklusi Kid’s Club merupakan salah satu sekolah yang menggabungkan anak berkebutuhan khusus dengan anak regular dalam satu kelas selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam mengajar dikarenakan kurangnya pendidik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan Implementasi penerapan pendidikan inklusi pada anak berkebutuhan khusus di PAUD Inklusi Kid’s Club dapat dipahami dari penerapan kurikulum untuk anak berkebutuhan khusus yang menggunakan kurikulum merdeka untuk anak usia 5-6 tahun dan kurikulum 2013 untuk anak usia 3-4 tahundengan adanya modifikasi. Peran guru terhadap anak berkebutuhakn khusus di PAUD Inklusi Kid’s Club Kampung Bahari adalah sebagai korektor, inspirator, informatory, organisator, motivator, inisiator, fasilitator, pembimbing, demonstrator, mediator, evaluator, supervisor, dan pengelola kelas. Kendala dalam pengimplementasian pendidikan inklusi yaitu kurangnya guru pendamping anak berkebutuhan khusus sehingga pembelajaran menjadi kurang maksimal. Hal ini dikarenakan hanya ada 2 guru untuk 1 kelasnya. Solusi dari permasalahn tersebut antar lain seharusnya ada 5 guru untuk satu kelas agar masing-masing guru memegang atau memperhatikan 3 anak agar proses pembelajaran menjadi maksimal dan guru juga dapat memperhatikan aspek-aspek perkembangan yang dimiliki oleh setiap anak dengan cermat.
PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU Lista Qoriatun Najilah; Suherman Suherman; Cucu Atikah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i2.22979

Abstract

Supervisi kepala sekolah sangatlah penting untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja mengajar guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervise kepala sekolah terhadap kinerja guru. Metode penelitian menggunakan ekxpo pakto dan metode survei dengan pendekatan kuantitatif, Sample dalam penelitian ini berjumlah 127 responden guru sekolah tingkat SMP dan MTs di wilayah Kecamatan Cinangka. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP dan MTs di Kecamatan Cinangka yang dilihat dari nilai thitung 7.950 > ttabel 1.674, dan nilai signifikan 0.00 < 0.05 yang menandakan bahwa hipotesis pertama di terima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh supervise kepala sekolah terhadap kinerja guru
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI VIDEO PADA MATERI SURAT-SURAT PENDEK Rahmat Mulyadi; Nandang Faturrohman; Lukman Nulhakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i2.22975

Abstract

Media pembelajaran sangat penting digunakan dalam proses pembelajaran sebagai pendukung tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis prezi video pada materi surat-surat pendek untuk siswa kelas 4 di SDN 3 Padasuka Lebak-Banten. Penelitian ini termasuk ke dalam Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis, desain, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas ipembelajaran dengan menggunakan imedia ipembelajaran berbasis prezi video diperoleh skor ketuntasan belajar atau KKM sebesar 91,4%. Penggunaan media pembelajaran berbasis prezi video yang dikembangkani peneliti sudah efektifi dalam meningkatkan iefektivitas pembelajarani Pendidikan Agamai Islam dan Budii Pekerti materi surat- surat pendek kelas i4 SDN 3 Padasuka Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak.
Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Negeri Senangsari
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i2.23123

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang menjadi panduan dalam melakukan langkah-langkah kegiatan. Dalam mengaplikasikannya Langkah-langkah model pembelajaran terdapat pendekatan; strategi, metode, Teknik yang digunakan oleh guru untuk menunjang pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi adalah bagaimana cara menciptakan lingkungan belajar murid, mendefinisikan tujuan pembelajaran, proses penilaian berkelanjutan sehingga tercipta kelas efektif. Berpikir kreatif merupakan kegiatan kognitif yang dapat meciptakan solusi untuk menyelesaikan suatu masalah pada saat kegiatan pembelajaran Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, kualitatif, dengan analisis display data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan wawancara Penelitian ini meliputi perumusan kurikulum, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan sekaligus mengkaji kondisi nyata obyek penelitian berdasarkan data-data autentik sehingga dapat mendeskripsikan secara lengkap kegiatan pembelajaran yang ada di PAUD Terpadu Negeri senangsari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dokumen kurikulum dan perencanaan pembelajaran telah disusun dengan baik. Hal ini dapat dilihat bagian-bagian pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi sesuai dengan ketentuan. Sehingga kegiatan pembelajaran di PAUD Terpadu Negeri Senangsari dapat tercapai dengan baik untuk pengembangan berpikir kreatif anak usia 5-6 tahun. Hasil evaluasi penelitian terhadap pembelajaran anak dengan model pembelajaran berdiferensiasi, sesuai dengan tujuan yang diharapkan, dari dari 20 yang ada di kelompok B, sebagian besar anak-anak  bernilai baik sekali, sebagaimana hasil evaluasi dengan nilai kriteria sebagai berikut: BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), BSB (Berkembang Sangat Baik).
UJI VALIDITAS E-MODUL PRATIKUM BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR POKOK BAHASAN ASAM BASA Wahyu Fatihah; Syadeli Hanafi; Lukman Nulhakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i2.22976

Abstract

E-modul praktikum merupakan media sekaligus bahan ajar digital dengan memberikan kesempatan berlatih kepada peserta didik untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas belajar dari teori yang telah dipelajari sebelumnya.  Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan e-modul praktikum yang telah dibuat berdasarkan uji validitas. Metoda penelitian menggunakan R&D (Research and Development), dengan model ADDIE  (Analize,  Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji validitas dilakukan oleh ahli media dengan hasil 93 (sangat layak), dan ahli materi dengan hasil 95 (sangat layak). Hasil validitas rata-rata 94 (sangat layak). Setelah dilakukan revisi atas saran dan masukan para ahli, maka dihasilkan e-modul praktikum berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas belajar pokok bahasan Asam Basa bersifat interaktif sebanyak 71 lembar dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue