cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 10 Documents clear
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Ade Putra Primadani; Asnawi Syarbini; Chusaery Rusdi Syarif
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v4i1.7667

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan minat belajar terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VII MTs Daar el Qolam Gintung Tangerang Banten. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa yang berada di kelas VII MTs Daar el Qolam Tangerang dan sampel yang digunakan berjumlah 60 orang. . Metode penelitian menggunakan rancangan eksperimen dengan melakukan perlakuan terhadap kelompok siswa (treatment) menggunakan  strategi pembelajaran berbasis masalah, sedangkan untuk kelas kontrol  menggunakan model pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data untuk memperoleh kelompok siswa yang memiliki minat tinggi dan minat rendah dengan cara memberikan angket  dengan menggunakan skala likerst, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar mengunakan tes prestasi atau tes akhir.Teknik analisis data dilakukan dengan analisisvarians (Anova)dua arah dengan taraf signifikansi = 0,05 atau5%. hipotesis  pertama  terdapat perbedaan hasil belajar fiqih antara penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VII MTs Daar el Qolam dinyatakan dengan hasil uji tukey Qh 14,33 ≥ Qt 3,85. Hipotesis kedua terdapat perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang berminat tinggi dengan siswa yang berminat rendah pada siswa kelas VII MTs Daar el Qolam dengan hasil uji tukey Qh 6,14 ≥ Qt 3,85. Hipotesis ketiga terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar fiqih kelas VII MTs Daar el Qolam secara statistik interaksi digambarkan F hitung = 8,19 ≥ Ftabel  = 3,85. Hipotesis keempat terdapat perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori pada siswa yang berminat tinggi , secara statistik pengaruh tersebut dapat dinyatakan dengan hasil uji tukey adalah Qh = 9,39 > Qt = 2,98. Hipotesis kelima terdapat perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori pada siswa yang berminat rendah dengan hasil uji tukey adalah Qh = 3,72 > Qt = 2,89 Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM),Minat Belajar, dan Hasil  Belajar
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Dimas Hadi Prasetyo; Sjaifuddin Sjaifuddin; Masrupi Masrupi
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v4i1.7672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran menggunakan media film dibandingkan pembelajaran menggunakan media cetak terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas X SMK Anisa Kabupaten Tangerang; (2) pengaruh kedisiplinan siswa tinggi dibandingkan kedisiplinan siswa rendah terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas X SMK Anisa Kabupaten Tangerang; (3) interaksi pengaruh antara pembelajaran menggunakan media film dan kedisiplinan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Sampel dalam Penelitian ini berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa di kelas yang melakukan pembelaajaran dengan menggunakan media film dan 26 siswa di kelas yang menggunakan media cetak. Instrumen yang digunakan adalah instrument disiplin siswa dan hasil belajar bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dan uji hipotesis dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat pengaruh penggunaan media film terhadap hasil belajar Bahasa inggris Hal tersebut diperoleh dari nilai probabilitas atau signifikansi pada aspek kognitif 0,001 < 0,05, aspek afektif 0,003 < 0,05 dan aspek psikomotor 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. (2) terdapat pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Bahasa Inggris; Hal tersebut diperoleh dari nilai probabilitas atau signifikansi pada aspek kognitif 0,006 < 0,05, aspek afektif 0,000 < 0,05, aspek psikomotor 0,000 <0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima (3) terdapat pengaruh interaksi antara media film dan kedisiplinan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris; Hal tersebut diperoleh dari nilai probabilitas atau signifikansi pada aspek kognitif 0,045 < 0,05, pada aspek afektif 0,042 < 0,05, pada aspek psikomotor 0,014 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.Kata Kunci: Media Film, Disiplin Siswa, Hasil Belajar Siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN DISIPLIN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MTs Hidayatul Fitriyah; Suparno Suparno; Aan Hendrayana
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v4i1.7668

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui perbedaan penalaran belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, (2) mengetahui perbedaan penalaran belajar matematika antara siswa yang memiliki disiplin diri tinggi dan yang memiliki disiplin diri rendah, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan disiplin diri  terhadap penalaran belajar matematika, (4) mengetahui perbedaan penalaran belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan memiliki disiplin diri tinggi dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan memiliki disiplin diri tinggi, dan (5) mengetahui perbedaan penalaran belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan memiliki disiplin diri rendah dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan memilki  disiplin diri rendah. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Cilegon semester pertama tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen melalui desain treatment by level 2 x 2, sedangkan metode pengumpulan data melalui kuisioner. Uji validitas menggunakan koefisien korelasi Pearson dan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas Liliefors, uji homogenitas dengan perbandingan varians terbesar dibagi varians terkecil, dan uji hipotesis menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian diketahui bahwa data penalaran belajar matematika maupun disiplin diri berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan, bahwa hipotesis pertama teruji kebenarannya karena Fhitung > Ftabel (29,01 > 4,08) pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis kedua menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel (105,97 > 4,08) pada taraf signifikansi 5% sehingga hipotesis teruji kebenarannya.Untuk uji hipotesis ketiga Fhitung < Ftabel (0,22 < 4,08) pada taraf signifikansi 5%, dengan demikian hipotesis ketiga ditolak dan tidak terbukti kebenarannya. Hipotesis keempat dan kelima tidak dapat dilanjutkan, dengan kata lain hipotesis keempat dan kelima ditolak dan tidak terbukti kebenarannya. Kata Kunci :   Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Disiplin Diri dan Kemampuan Penalaran Matematis
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA M Falah; Suherman Suherman; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v4i1.7673

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, model pembelajaran, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan (inovasi). Dengan adanya inovasi tersebut di atas dituntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitarnya. Subjek penelitian adalah model pembelajaran kolaboratif dan objek penelitiannya adalah aktivitas dan hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 1 Carenang, menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 30 siswa. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pedoman observasi dan hasil belajar menggunakan test. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan menerapkan pembelajaran Kolaboratif dan kecerdasan intrapersonal dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk kegiatan belajar siswa perbandingan dari siklus I yaitu 39,96 dengan kategori kurang, siklus II 64,46 dengan kategori baik dan siklus III 78,04 dengan kategori baik. Sedangkan untuk hasil belajar perbandingan antara siklus I dengan rata-rata 37,33; siklus II dengan rata-rata 65,67; dan siklus III dengan rata-rata 72,33. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, tahapan pembelajaran kolaboratif yang diterapkan telah berhasil meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal ini dikarenakan, seluruh tahapan kegiatan pembelajaran sangat menekankan pada keterlibatan siswa dari awal sampai akhir pembelajaran. Disamping itu, guru memposisikan diri sebagai fasilitator  dan pendamping yang baik bagi aktifitas belajar siswa. Semoga Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi guru dan siswa dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada khususnya dan umumnya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kata Kunci : Pembelajaran Kolaboratif, Kecerdasan Intrapersonal, Hasil Belajar, PKn.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Pangestu Budi Santoso; Sudadio Sudadio; Maman Fathurrohman
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v4i1.7669

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bagian dan motivasi belajar terhadap hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMPN 3 Kalanganyar Kabupaten Lebak. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Kalanganyar Kabupaten Lebak. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 3 Kalanganyar Kabupaten Lebak. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kalanganyar kabupaten Lebak.  Jumlah sampel yang diambil 40 responden dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan anova dua jalur. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran bagian terhadap hasil belajar passing atas bola voli (2) Apakah terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar passing atas bola voli (3) Apakah terdapat pengaruh interaksi metode pembelajaran bagian dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar passing atas olahraga bola voli (4) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar passing atas bola voli antara motivasi belajar siswa yang tinggi dengan menggunakan metode pembelajaran bagian dan motivasi belajar tinggi dengan metode pembelajaran keseluruhan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa metode pembelajaran bagian memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passing atas bola voli dengan Fhitung = 4,521 > Ftabel = 4,08 dan nilai signifikasi 0,040 < 0,05, motivasi belajar pun memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passing atas bola voli dengan Fhitung = 6,224 > Ftabel = 4,08 dan nilai signifikasi 0,017 < 0,05, interaksi antara metode pembelajaran bagian dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikansi terhadap hasil belajar passing atas bola voli dengan Fhitung =  6,07 > Ftabel = 4,08 dan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Rata-rata siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi menggunakan metode pembelajaran bagian  (80,50) dan rata-rata siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi menggunakan metode pembelajaran keseluruhan (71,70) maka terdapat perbedaan hasil belajar passing atas bola voli antara motivasi belajar yang tinggi dengan menggunakan metode pembelajaran bagian dan menggunakan metode pembelajaran keseluruhan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bagian dan motivasi mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMPN 3 Kalanganyar kabupaten Lebak. Kata Kunci : Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli, Metode Pembelajaran  Bagian, dan Motivasi Belajar
PENERAPAN MEDIA KARTU “JEMBATAN KELEDAI” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA Resmaleni Resmaleni; Chusaery Rusdi Syarif; Yayat Ruhiat
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v4i1.7674

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar  Kimia dengan menggunakan media kartu jembatan keledai. Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diagnostik model Kemmis dan McTaggar  sebanyak 2 siklus. Temuan penelitian menunjukkan bahwamedia kartu jembatan keledaiefektif digunakan dalam pembelajaran Kimia di X MIPA 3 MAN  2 Cilegon.Terdapat peningkatan efektivitas penerapan media kartu jembatan keledai siklus I; 61,36 %, siklus II; 72,45 %.  Persentase prestasi belajar peserta didik pada siklus I; 61 % siswa memperoleh nilai ≥72  dan 39 % siswa memperoleh nilai <72. Prestasi belajar siswa pada siklus II sebanyak 76% siswa memperoleh nilai  ≥72. Sedangkan perolehan  nilai <72 sebanyak 24%. Kata Kunci : media kartu jembatan keledai,prestasi belajar
ASESMEN KETERAMPILAN PENGASUHAN ORANGTUA UNTUK MEMBANTU PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v4i1.7665

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan pengasuhan orangtua untuk membantu perkembangan sosial anak usia dini 4-5 tahun. Metode penelitian ini adalah kualitatif naturalistik. Temuan-temuan penellitian ini adalah: (1) asesmen diperlukan untuk membantu orangtua mengetahui dan melakukan intervensi kemajuan perkembangan anak usia dini 4-5 tahun. Keterampilan pengasuhan yang sudah optimal pada kriteria Konsisten, tetapi 1 intrumen membangun rasa percaya diri anak masih Cukup sehingga sangat berdampak pada. perkembangan sosial anak pada kriteria Cukup. Jadi percaya diri menjadi variable yang sangat penting pada perkembangan anak; (2) solusi hasil asesmen bahwa orangtua harus mampu menciptakan suasana dan variasi kegiatan yang dapat menstimulasi perkembangan sosial anak usia dini 4-5 tahun. Berdasarkan temuan-temuan penelitian sebaiknya orangtua menciptakan permainan atau aktivitas untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak usia dini yaitu permainan harus bertolok pada tema misalnya tema binatang dengan jenis permainan: (1) picture and picture, (2) stik emosi binatang, (3) bermain warna-warna binatang dengan bernyanyi, (4) bunyi berantai, (5) bermain harta karun, (6) bermain tangkap-tangkap, (7) bermain gambar bertanya, (8) bermain binatang abjad, (9) bermain dokter hewan, dan (10) petugas pembersih kandang binatang. Kata kunci: asesmen, keterampilan pengasuhan orangtua, perkembangan sosial, anak usia 4-5 tahun.
PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMA Yuyun Yuniar; Sudadio Sudadio; Maman Fathurrohman
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v4i1.7670

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1). Meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas XI IPA.2 SMAN 1 Cimarga Kabupaten Lebak pada pokok bahasan gaya elastisitas melalui penerapan pembelajaran inkuiri  (2). Meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA.2 SMAN 1 Cimarga Kabupaten Lebak pada pokok bahasan gaya elastisitas melalui penerapan pembelajaran inkuiri (3) Meningkatkan motivasi  dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA.2 SMAN 1 Cimarga Kabupaten Lebak. Subjek penelitian ini adalah guru fisika dan siswa kelas XI IPA.2 SMAN 1Cimarga Kabupaten Lebak.Metode Ppenelitian ini adalah Penelitian Tondakan Kelas atau di singkat PTK, dengan langkah penelitian sebagai berikut: (1)perencanaan (2) tindakan (3)pengamatan (4) refleksi. pada pokok bahasan gaya elastisitas melalui penerapan pembelajaran inkuiri.Lokasi penelitian dilaksanakan di SMAN 1Cimarga Kabupaten Lebak Dalam siklus I nilai rata-rata skor motivasi belajar siswa sebesar  72,30%  meningkat pada siklus II menjadi 83,30%. Hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan Dalam siklus I nilai rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar  76,20  meningkat pada siklus II menjadi 82,40.  Berdasarkan hasil analisis tersebut maka guru hendaknya dapat membiasakan penggunaan metode inkuiri pada proses pembelajaran karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: pembelajaran inkuiri, motivasi  belajar dan hasil belajar
PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR Akto Gunawan; Ahmad Suryani Naomi; Suherman Suherman
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v4i1.7666

Abstract

Penelitian ini mengenai pengambangan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran IPA kelas 6 di SDN Serang 2 Kota Serang, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Metode Pengembangan Model Belajar Blended Learning pada mata pelajaran IPA siswa Kelas 6 di SDN Serang 2 Kota Serang menggunakan model ADDIE dengan merancang tahapan yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengembangan dilakukan melalui tahap persiapan, pengembangan produk pembelajan IPA kelas 6 yang digunakan di google aplication dan evaluasi dengan uji coba produk kepada siswa. Produk penelitian ini berupa pembuatan web sdnserang2.sch.id yang digabungkan dengan google aplikasi. Dalam web tersebut ditambahkan menu kelas maya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajar. Produk di validasi oleh ahli media dan ahli materi. Sebelum pengujian produk siswa diberi quisoner untuk mengetahui kebutuhan siswa tentang pembelajaran blended learning. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan maka dapat dihasilkan sebuah website media pembelajaran menggunakan google app yang teruji validitasnya berdasarkan ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Secara umum website sdnserang2.sch.id dengan kelas maya ini tidak perlu direvisi dan berhasil diterapkan di SDN Serang 2. Kata kunci: Pembelajaran IPA, Blended learning dan model ADDIE
PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Futihat Futihat; Chusaery Rusdi Syarif
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v4i1.7671

Abstract

Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tidak dapat hanya disampaikan dengan manual, namun membutuhkan metode yang tepat agar materi yang disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh peserta didik. Pemilihan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar. Kompetensi yang harus dicapai peserta didik pada materi atau pembelajaran IPA tidak hanya sebatas tahu namun lebih jauh peserta didik diharapkan memiliki motivasi belajar untuk lebih memahami dan menyadari bahwa Ilmu Pengetahuan Alam adalah bagian dari pada kehidupan bukanlah hal yang mudah bagi sebagian peserta didik karenanya dibutuhkan cara yang dianggap memiliki tingkat kemudahan yang dapat dilakukan oleh setiap peserta didik. Metode mind maping sebagai salah satu metode pembelajaran yang dianggap tepat untuk mencapai kompetensi pembelajaran IPA, karena dengan menggunakan metode mind maping yaitu dengan menyampaikan berbagai macam bentuk dan teknik penyampaian materi lebih menarik   diharapkan peserta didik  dapat menerima dengan penuh konsentrasi  melalui penggunaan mind maping yang didesain dengan cara menampilkan berbagai macam gambar dan penjelasan yang cukup menarik mampu menghantarkan peserta didik memiliki motivasi belajar IPA dengan mudah dan mendapat nilai ujian rata-rata 7.65. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode mind maping dan motivasi mengantarkan peserta didik untuk belajar IPA dengan memperoleh nilai rata-rata 7.96. Metode mind maping juga sangat tepat digunakan pada peserta didik yang memiliki motivasi rendah, metode mind maping) mampu memfasilitasi peserta didik untuk mendapatkan kemampuan belajar IPA dengan memperoleh nilai rata-rata 6.00. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanan pembelajaran dengan menggunakan metode mind maping mendapat sekor 6.50. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode mind maping dan motivasi mampu memfasilitasi peserta didik mempengaruhi siswa belajar dengan cepat dan mudah.Kata Kunci : Metode mind Maping, motivasi, hasil belajar IPA Kelas IX

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue