cover
Contact Name
Prayudi Lestantyo
Contact Email
prayudilestantyo@uin-malang.ac.id
Phone
+6285234744044
Journal Mail Official
j-iems@uin-malang.ac.id
Editorial Address
Jalan Gajayana No. 50 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Ulul Amri
ISSN : 28301420     EISSN : 28301420     DOI : https://doi.org/10.18860
Core Subject : Education,
Ulul Amri:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, memberikan kesempatan kepada para mahasiswa, peneliti dan profesional di bidang pendidikan untuk mendiskusikan isu-isu paling aktual mengenai pengembangan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan Islam. Demikian pula, mengatasi peran manajer pendidikan yang semakin kompleks, menawarkan banyak perspektif mengenai masalah-masalah umum dan menyediakan forum untuk berbagi ide, informasi, dan keahlian. Jurnal ini mengeksplorasi penelitian dalam bidang-bidang berikut: 1. Manajemen pendidikan Islam 2. Kepemimpinan pendidikan Islam 3. Inovasi pendidikan Islam 4. Manajemen strategis dalam pendidikan Islam 5. Transformasi digital dalam pendidikan Islam 6. Pengembangan sumber daya manusia dalam pendidikan Islam 7. Penjaminan mutu dalam pendidikan Islam
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam" : 10 Documents clear
KOMPETENSI TATA USAHA (TU) MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI MIN 1 MALANG Durrotun Nafisah
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i2.1048

Abstract

Suatu kinerja pegawai tata usaha madrasah sangat penting untuk keberlangsungan mutu madrasah dalam dunia pendidikan. Dalam standar nasional pendidikan di madrasah dapat dicapai dengan tenaga tata usaha madrasah yang memenuhi kualifikasi serta kemampuan yang telah tercantum dalam kebijakan. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi tata usaha (TU) dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di MIN 1 Malang. Pada aspek peningkatkan kualitas administrasi, kompetensi kepala tata usaha di MIN 1 Malang menunjukkan bahwa staf tata usaha MIN 1 Malang mempunyai kompetensi yang sangat terperinci. Peningkatan kinerja pegawai tata usaha MIN 1 Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi banyak diwujudkan dengan cara kegiatan sehari-hari di MIN 1 Malang. Kepala tata usaha dan pegawai tata usaha MIN 1 Malang selalu sigap melayani apabila ada wali murid, alumni, ataupun tamu yang mempunyai kepentingan di MIN 1 Malang. Adapun dapat disimpulkan kompetensi kinerja pegawai tata usaha di MIN 1 Malang yaitu kompetensi teknis, sedangkan kompetensi yang paling rendah adalah kompetensi sosial sebab guru dan pegawai tata usaha lainnya jarang memberikan motivasi dan saling terbuka. Kata Kunci: Tata Usaha, Kompetensi, Pelayanan, Administrasi.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA BERBASIS ICT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN PRESTASI AKADEMIK DI SMAN 1 TUREN MALANG Isna Adilla Hafshoh
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i2.1372

Abstract

Dalam kaitannya dengan dunia pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan dapat diposisikan sebagai bagian penunjang keberhasilan siswa yang disebut dengan prestasi belajar siswa. Maka dari itu, sarana dan prasarana merupakan hal yang perlu diperhatikan baik-baik yaitu dengan meningkatkan pemakaian dan juga dalam pengelolaannya supaya tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Memasuki era teknologi 4.0 peserta didik dituntut untuk mampu mengaplikasikan berbagai macam teknologi. Maka dari itu sekolah adalah tempat yang tepat bagi peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai macam teknologi dan cara pengaplikasiannya. Kompetensi dan prestasi siswa merupakan hal yang sangat diharapkan oleh siswa maupun guru dan orang tua. Diharapkan dengan prestasi yang baik, maka langkah kedepan dari peserta didik akan cemerlang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) perencanaan manajemen sarana dan prasarana berbasis ICT dalam meningkatkan kompetensi dan prestasi akademik siswa di SMAN Turen, 2) pengimplementasian manajemen sarana dan prasarana berbasis ICT dalam meningkatkan kompetensi dan prestasi akademik siswa di SMAN 1 Turen, 3) hasil peningkatan kompetensi dan prestasi akademik siswa melalui manajemen sarana dan prasarana berbasis ICT yang diterapkan di SMAN 1 Turen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaannya dengan membuat rencana anggaran dan kebutuhan sarana dan prasarana di SMAN 1 Turen, 2) beberapa pengimplementasian menggunakan aplikasi SIMBADA, 3) hasil berupa meningkatkan kompetensi dan prestasi akademik siswa di SMAN 1 Turen.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH ALIYAH TERPADU AL-ANWAR DURENAN TRENGGALEK NADIYA FADHILA SAKTI
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i2.1459

Abstract

This study aims to: (1) describe the planning of educator resource management in Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek. (2) Describe the implementation of educator resource management at the Integrated Madrasah Aliyah Al-Anwar Durenan Trenggalek. (3) Describe the efforts of the head of the madrasa in improving the quality of educators at the Al-Anwar Integrated Madrasah Al-Anwar Durenan Trenggalek. The type of research used in this research is field research with a qualitative descriptive approach. The data processed were the results of interviews with informants, namely the Principal and Teachers at the Al-Anwar Integrated Madrasah Al-Anwar Durenan Trenggalek. Data collection techniques used are by conducting observations, interviews, and documentation. Meanwhile, the data analysis technique was carried out by means of data reduction, data presentation, verification and drawing conclusions. The results showed that the human resources at Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek could be categorized as good or adequate both in quantity and quality. The implementation of human resource management in improving the quality of educators at Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek has been carried out well, especially in terms of: HR placement, HR training and development, performance appraisal using qualitative and quantitative assessments, as well as compensation/payment of incentives. Efforts to improve the quality of educators at Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek have been carried out well in terms of understanding the demands of the profession, achieving qualifications and competencies, building good and broad peer relations through professional organizations, developing work ethic, and adopting innovations in the use of communication and information technology. Keywords: Human Resource Management and Quality of Educators. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan manajemen sumber daya pendidik di Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek. (2) Menggambarkan implementasi manajemen sumber daya pendidik di Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek. (3) Mendeskripsikan upaya kepala madrasah dalam peningkatan kualitas tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diolah adalah hasil wawancara dari informan yaitu Kepala Madrasah dan Tenaga Pendidik pada Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya manusia di Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek dapat di kategorikan baik atau memadai baik kuantitas maupun kualitas. Implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek sudah dilaksanakan dengan baik terutama dalam hal: penempatan SDM, pelatihan dan pengembangan SDM, penilaian kinerja menggunakan penilaian kualitatif dan kuantitatif, serta kompensasi/pemberian honor insentif. Upaya dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidi di Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek sudah dilakukan dengan baik dalam hal memahami tuntutan profesi, mencapai kualifikasi dan kompetensi, membangun hubungan kesejawatan yang baik dan luas melalui organisasi profesi, mengembangkan etos kerja, dan mengadopsi inovasi dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi. Kata kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia dan Kualitas Tenaga Pendidik.
STRATEGI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI MA BILINGUAL KOTA BATU Zaimatul Lutfiyah
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i2.1484

Abstract

Keberhasilan merupakan tujuan utama dalam pendidikan. Hal yang mempengaruhi keberhasilan salah satunya adalah manajemen sarana dan prasarana yang bertujuan mempersiapkan peralatan dan perlengkapan kebutuhan bagi terselenggaranya proses pendidikan. Dalam artikel ini, penulis membahas mengenai manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan prestasi akademik siswa yang terdiri dari proses perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, dan penghapusan. Metode penelitian yang digunakan adalah dekriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini yakni sumber data primer diantaranya kepala madrasah, waka sarpras, waka kesiswaan. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari artikel, jurnal serta situs internet yang berkenaan dengan penelitian yang dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah perencanaan, pengadaan, pengaturan, dan penggunaan manajemen sarana dan prasrana dalam menigkatkan mutu pembelajaran dan prestasi akademik siswa di MA Bilingual Kota Batu.
MANAJEMEN INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN MELALUI PENERAPAN APLIKASI SLiMS (SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LITERASI SISWA DI MTsN 2 KOTA KEDIRI BINTI NUR ROHMAH
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i2.2536

Abstract

Dalam dunia pendidikan salah satu sarana pendukung pendidikan adalah perpustakaan.Perpustakaan adalah penunjang pendidikan harus dikelola dengan baik dan juga maksimal untuk mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah. Manajemen inovasi pelayanan perpustakaan perlu diterapkan agar meningkatkan kepuasan serta literasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus deskriptif karena data dipaparkan dalam bentuk deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu: 1) observasi; 2) wawancara; dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data lalu penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwapertama, manajemen inovasi pelayanan perpustakaan melalui penerapan aplikasi SLiMS(Senayan Library Management System) dalam meningkatkan kepuasan dan literasi siswa mampu meningkatkan kepuasan serta literasi siswa; kedua, inovasi yang dilakukan mampu membuat siswa tertarik dalam mengunjungi perpustakaan, kemudahan dan efektifitas penggunaan aplikasi SLiMS memudahkan setiap kegiatan siswa di perpustakaan, ketiga penggunaan aplikasi SLiMS memiliki banyak keunggulan serta pelayanan perpustakaan dapat dimodernisasi dari sistem konvensional ke sistem digital dengan berbagai kemudahan serta waktu yang relatif singkat.
ANALISIS MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP MODERN AL-RIFAIE Rendra Hana Prabha Setya
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i2.2562

Abstract

Manajmemen sarana prasarana terdiri dari empat tahap yang saling bekesinambungan, yaitu perencanaan, pengorganisasian , pengerahan, dan pengawasan. Pelaksanaan manajemen sarana prasarana sangat berdampak kepada peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Pelaksanaan manajemen sarana prasarana sekolah secara struktural dilaksanakan oleh kepala sekolah yang dibantu wakil kepala bidang sarana prasarana. Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah, pelaksanaan manajemen sarana prasarana harus dilakukan secara konsisten.Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti menggunakan teknin miles dan huberman dengan pelaksanaan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Melalui metode tersebut peneliti menghasilkan penelitian sesuai dengan dua fokus penelitian , yaitu pelaksanaan manajemen sarana prasarana (penrencanaan, pengorganisasian, pengerahan dan pengawasan) dan kendala pelaksanaan manajemen sarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Modern Al-Rifaie. Penelitian ini menghasilkan proses perencanaan sarana prasarana meliputi : a) analisis kebutuhan, b) pengadaan. Dalam pelaksanaan pengorganisasian meliputi kegiatan : a) pendistribusian, b) penataan sarana prasarana. Selanjutnya pada pelaksanaan tahap pengerahan meliputi kegiatan : a) pemanfaatan, b) pemeliharaan, c) penginventarisasian dan d) penghapusan sarana prasarana. Adapun penginventarisasian yang dilaksanakan adalah pencatatan penggunaan, buku induk dan inventarisasi ruang sarana prasarana sekolah. Tahap terakhir adalah pengawasan yang meliputi kegiatan : a) pemantauan penggunaan dan pemeliharaan sarana prasarana, dan b) penilaian kinerja pelaksana manajemen sarana prasarana dalam hal ini adalah tugas dari wakil kepala bidang sarana dan prasarana. Penelitian ini juga menghasilkan kendala yang dialami pada manajemen sarana prasarana meliputi : a) alur pelaksanaan manajemen sarana prasarana yang terintegrasi dengan yayasan membutuhkan waktu, b) kesadaran yang kurang dan c) kurangnya SDM pelaksana manajemen sarana prasarana.
MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT BERBASIS DIGITAL UNTUK PENINGKATKAN PUBLIKASI DAN PENCITRAAN PONDOK PESANTREN SABILURROSYAD GASEK Muhammad Syifa' Nurdi
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i2.2680

Abstract

The acceleration of information arising from the industrial revolution 4.0 has indirectly influenced organizations to compete to reach targets of organizational interests. On the other hand, in the face of the accelerated flow of information, the community realizes that they need a variety of quality information services. This phenomenon is an opportunity for organizations and public services to always provide interesting information to the public in order to improve their form of public relations and to improve the image of the organization or institution. Islamic boarding schools must not be apathetic in responding to this era of digital transformation. Islamic boarding schools must be able to follow this era, where information and communication technology is ingrained in society. Islamic boarding schools need to improve in order to implement digital-based public relations management. Digital information and communication media can be used by Islamic boarding schools to convey information such as profiles, vision and mission, facilities, programs, activities, and their advantages. This article discusses the use of technology as a form of public relations in Islamic boarding schools. Digital-based public relations management can be a big opportunity for Islamic boarding schools.
STRATEGI PENGUATAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTSN 2 KABUPATEN KEDIRI Mufti Dwi Suryansyah
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i2.2817

Abstract

Literasi digital menjadi keterampilan yang penting di era digital saat ini. Literasi digital di dunia pendidikan menjadi sarana yang membantu dalam meningkatkan pencapaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penguatan literasi digital guna meningkatkan mutu pembelajaran. literasi digital merupakan keahlian atau kemampuan dalam menggunakan dan memahami berbagai bentuk informasi yang berasal dari berbagai sumber yang sangat luas dan dapat diakses melalui internet. Hal ini dilakukan dengan fokus pada keterampilan literasi digital peserta didik sebagai subjek utama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk membahas lebih dalam akan pentingnya literasi digital di era revolusi industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi di MTsN 2 Kabupaten Kediri. Hasil penelitian ini adalah perencanaan strategi penguatan literasi digital diawali dengan (1) menentukan tujuan, (2) menentukan metode penguatan literasi digital, (3) menentukan sumber daya penguatan literasi digital, (4) strategi yang disusun untuk suksesnya program penguatan literasi digital. Lalu implementasi strategi penguatan literasi digital yang sekolah lakukan adalah dengan (1) penyampaian materi dan penugasan menggunakan berbagai media sosial, (2) menggunakan teknologi komunikasi dan informasi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, (3) memanfaatkan laptop dan proyektor kelas untuk menunjang dan mempresentasikan hasil pembelajaran, (4) memanfaatkan digital library sebagai sumber referensi pembelajaran, (5) penggunaan e-modul, (6) bekerja sama dengan instansi luar dalam menunjang materi dan sarana pembelajaran. Setelah itu evaluasi dilakukan dengan cara (1) melihat ketercapaian tujuan dengan perencanaan, (2) monitoring implementasi strategi yang telah ditetapkan, (3) tindak lanjut dari evaluasi yang sudah dilakukan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan gambaran tentang strategi yang efektif dalam menguatkan literasi digital pada peserta didik. Oleh karena itu pembelajaran literasi digital perlu diterapkan karena merupakan solusi praktis untuk membangun kompetensi literasi digital bagi guru dan peserta didik, agar terbentuk SDM yang memiliki karakter dalam memajukan pendidikan di Indonesia.
Implementasi Implementasi Budaya Kompetitif untuk Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan di Ma`had Al-Fikri Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Blitar Ika Widia Astuti
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i2.2914

Abstract

The high value of needs demands that the millennial generation explore their potential, this is a new demand for every institution to create excellence both in the governance carried out and in the output of the institution. Ma`had is one of the breakthroughs in creating superior character, highly intellectual and having a good understanding of religion. The talent interest development program is a form of Ma`had's effort to create a competitive culture within students so that it can be applied in the school environment. Ma`had's role is highly expected to form a competitive advantage so that the process can be formed more easily and directed. Based on the background above, the author formulates it into the following problem formulation: 1) How to instill competitive advantage values ​​in Ma`had Al-Fikri (State Madrasah Aliyah) 2 Blitar, 2) How is the program implemented in creating a competitive culture in Ma`had Al -Fikri Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Blitar, 3) What are the implications of competitive culture for improving the quality of education at Ma`had Al-Fikri Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Blitar. This study uses a descriptive qualitative approach with a type of field study research, the informants used are Ma'had caregivers and students (students). Data collection was carried out by observation, interview and documentation methods. While the analysis was carried out using qualitative analysis in the form of data reduction, data presentation and drawing conclusions. This research results that, 1) There are seven types of competitive advantage embedded in Ma`had Al-Fikri, namely discipline, cleanliness, competitive, tenacity, language, visionary and sportsmanship. The seven values ​​are instilled through regulation, habituation, motivation, reward and punishment. 2) Ma`had Al-Fikri implements thirteen development programs through five techniques, namely repetition, habituation, development, training and program evaluation 3) The implications of a competitive culture for improving the quality of education can be seen in three ways, namely increasing academic achievement, increasing students' critical thinking in solving problems associated with the knowledge possessed, and increasing the quality of graduates.
EFEKTIFITAS APLIKASI KRAPYAK-U SEBAGAI ADMINISTRASI KEPESANTRENAN DIGITAL DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA amala bilqis ahmad
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i2.2915

Abstract

Digital boarding school administration is a digital boarding school management concept that involves the use of information and communication technology (ICT) in various aspects of boarding school activities. In digital pesantren administration, all administrative activities are carried out through digital platforms such as websites, mobile applications, or information management systems (SIM) to optimize the efficiency and productivity of pesantren management. This abstract will discuss several main aspects of digital boarding school administration, including the benefits and challenges of implementing them. One of the main benefits of digital boarding school administration is increased efficiency and accuracy in administrative management, such as making financial reports, managing student data, and processing payments. This can also facilitate communication between administrators, teachers, and students. Krapyak-U as a form of implementing digital boarding school administration is expected to become a platform for facing certain challenges, such as data security and information integrity, lack of technology accessibility for certain users, and decreased interpersonal interaction between administrators and students. Therefore, Islamic boarding school managers need to carefully consider the benefits and challenges of implementing digital Islamic boarding school administration, and choose a platform that suits the needs and capabilities of the Islamic boarding school. Several information technology applications that can be used for digital boarding school administration include educational information management systems (SMIP), e-learning platforms, academic information systems, financial and accounting applications, and dormitory management applications. Through the use of this information technology, Islamic boarding schools can facilitate various administrative processes, such as registration of new students, payment of tuition fees, financial management, class management, monitoring the progress of students, etc. As for Krapyak-U, it was raised at the time of COVID-19, this made digital boarding school administration even more relevant and important. With social restrictions and restrictions on movement, information technology can be an alternative to maintain connectivity between administrators, students and other stakeholders. In addition, the use of information technology can also help all elements of the Islamic boarding school to continue learning and interacting even though they are not in the physical environment of the pesantren. Thus, digital pesantren administration can provide many benefits and opportunities for Islamic boarding schools in facing challenges and opportunities in the digital era.

Page 1 of 1 | Total Record : 10