cover
Contact Name
M. Miftach Fakhri
Contact Email
fakhri@unm.ac.id
Phone
+6285656227888
Journal Mail Official
fakhri@unm.ac.id
Editorial Address
JL. Daeng Tata Raya, Kel. Parangtambung, Kec. Tamalate, Kota Makassar , Kode Pos 90244
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal MediaTIK
ISSN : 26561247     EISSN : 27155919     DOI : https://doi.org/10.59562/mediatik
Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer Engineering Education from students, lecturers, and practitioners from universities or research institutions. Jurnal MediaTIK already has a print version ISSN with the number 2656-1247 in 2019 and an online version ISSN with the number 2715-5919. MediaTIK Journal contains articles on informatics and computer engineering education in particular: Instructional Technology and Vocational Multimedia Learning, E-learning or blended learning, Information System, artificial intelligence dan robotics, embedded expert system, big data dan machine learning, software dan network engineering
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Volume 4 Issue 1, Januari (2021)" : 7 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo Fitri; Mustari S. Lamada; Zulhajji
Jurnal MediaTIK Volume 4 Issue 1, Januari (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk a) mengetahui media pembelajaran matematika menggunakan MIT App Inventor pada materi trigonometri di SMKN 2 Wajo valid digunakan, b) mengetahui media pembelajaran matematika menggunakan MIT App Inventor pada materi trigonometri di SMKN 2 Wajo praktis digunakan, dan untuk c) mengetahui media pembelajaran matematika menggunakan MIT App Inventor pada materi trigonometri di SMKN 2 Wajo efektif digunakan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan (1974) yaitu model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dissemination). Pengembangan ini tidak sampai pada tahap penyebaran (dissemination) karena adanya beberapa keterbatasan peneliti. Media divalidasi oleh 6 orang ahli dan dinilai oleh 2 orang guru serta pengujian dilakukan dengan 2 tahap uji coba. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah a) berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari uji validasi ahli materi didapatkan kualifikasi sangat valid dan ahli desain dengan kualifikasi sangat valid, b) hasil uji coba peserta didik kelompok kecil didapatkan kualifikasi sangat praktis dan uji coba kelompok besar didapatkan kualifikasi sangat praktis, c) hasil penilaian keefektifan media oleh guru didapatkan kualifikasi sangat efektif dan hasil penilaian peserta didik didapatkan dengan kualifikasi sangat efektif
Pengembangan Aplikasi Pengenalan Tokoh Pahlawan dan Kebudayaan Melalui Patung di Pantai Losari Makassar Menggunakan Teknologi Machine Learning Kit Berbasis Android Aswin Asrianto; Al Imran; Hasrul Bakri
Jurnal MediaTIK Volume 4 Issue 1, Januari (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat lunak yang bertujuan untuk menghasilkan aplikasi pengenalan tokoh pahlawan dan kebudayaan melalui patung di pantai Losari Makassar berbasis android dengan memanfaatkan teknologi machine learning kit serta untuk mengetahui hasil uji kelayakan terhadap aplikasi. Model pengembangan yang digunakan adalah prototipe dan menggunakan pengujian standar kualita ISO / IEC 25010 dengan menguji 4 aspek yaitu functionality, suitability, portability, efficiency, dan usability. Data penelitian diperoleh menggunakan wawancara, observasi dan angket. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Aplikasi pengenalanTokoh pahlawan dan kebudayaan melalui patung di pantai Losari menggunakan android dengan penyajian informasi melalui scan replika patung hingga informasi ditampilkan dari objek yang terdeteksi serta informasi detail dapat dilihat langsung melalui menu galery. 2) Hasil pengujian aplikasi menggunakan ISO / IEC 25010 pada aspek functionality, suitability, portability, efficiency, dan usability aplikasi berkualitas baik.
Perbandingan Metode Semi Average dan Metode Least Squared Pada Prediksi Penjualan Tiket Pesawat Karolina Owa Sada; Mashud; Muhammad Sabirin Hadis; Bau Endang Prawati
Jurnal MediaTIK Volume 4 Issue 1, Januari (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penjualan tiket pesawat terkadang mengalami kenaikan atau penurunan sehingga diperlukan data prediksi yang akurat sebagai bahan pengambilan keputusan manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode prediksi yang memiliki nilai persentase kesalahan terkecil dalam memprediksi penjualan tiket pesawat pada studi kasus di PT. Perintis 77 Tours and Travel. Metode prediksi yang diuji adalah metode Semi Average dan metode Least Squared menggunakan data penjualan 1038 dengan periode penjualan Januari 2016 sampai September 2017. Data prediksi dari kedua metode tersebut dibandingkan dengan data periode penjualan asli pada bulan tersebut. Oktober 2017 hingga Desember 2017 menggunakan metode Mean Absolute Percentage Error (MAPE) untuk melihat nilai persentase kesalahan setiap metode. Hasil yang diperoleh adalah metode Semi Average dengan nilai rata-rata MAPE dalam memprediksi periode penjualan dari Oktober 2017 sampai Desember 2017 sebesar 27%, sedangkan untuk metode Least Squared dengan periode penjualan yang sama sebesar 21,6% sehingga dapat membuktikan bahwa metode prediksi memiliki nilai persentase kesalahan terkecil dalam memprediksi penjualan tiket pesawat pada studi kasus di PT. Perintis 77 Tours and Travel merupakan metode Least Squared dengan nilai MAPE sebesar 21.6%.
Sistem Tes Interaktif Berbasis Computerized Adaptive Testing (CAT) Sanatang Sanatang; Muhammad Fajar B
Jurnal MediaTIK Volume 4 Issue 1, Januari (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membuat sistem tes interaktif berbasis computerized adaptive testing (CAT). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan perangkat lunak (software development) dengan menggunakan metode SDLC (Systems Development Life Cycle) dan menggunakan model Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem tes interaktif berbasis computerized adaptive testing (CAT) yang dapat digunakan pada lembaga Testing Centre untuk mengefektifkan dan mengefisienkan kinerja lembaga Testing Centre dalam pelaksanaan tes adaptif berbasis komputer. Tanggapan responden admin terhadap aspek kemudahan administrasi/pengelolaan sistem memberikan hasil rata-rata dengan persentase 95% sehingga termasuk kategori sangat baik, dan tanggapan responden testee terhadap aspek user friendly sistem meberikan hasil rata-rata dengan persentase 89% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Sistem adaptive testing yang dibangun mampu mengukur tingkat kemampuan peserta dengan berdasar pada teori respon butir dua parameter logistik.
Algoritma Sequential Search Dalam Kamus Bahasa Inawatan Berbasis Android Kristia Yuliawan
Jurnal MediaTIK Volume 4 Issue 1, Januari (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap tahun penutur bahasa inawatan mengalami penurunan. Pengunaan bahasa nasional yaitu bahasa indonesia dalam bahasakomunikasi yang berkembang dengan pesat dalam bahasa komunikasi sehari-hari memberikan dampak yang signifikan terhadap penutur bahasa inawatan yang tidak antusias dalam mengajarkan bahasa inawatan kepada keturunannya. Kurangnya minat generasi selanjutnya dalam melestarikan bahasa inawatan yang disebabkan oleh faktor lingkungan yang tidak mendukung pelestarian bahasa inawatan menyebabkan jumlah penutur bahasa inawatan semakin turun drastis setiap tahun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan alternatif dalam meningkatkan kemampuan penguasaan bahasa inawatan yaitu dengan membuat sebuah aplikasi kamus bahasa inawatan. Dalam pembuatan aplikasi ini digunakan algoritma sequential search hal ini disebabkan karena dengan metode ini digunakan dengan sederhana sehingga pencarian datanya lebih cepat sehingga waktu yang dibutuhkan lebih singkat sedangkan metode dalam pengujiannya mengunakan metode black box. Adapun mamfaat dengan adanya aplikasi kamus bahasa inawatan mempermudah masyarakat dalam mempelajari bahasa inawatan dengan efektif dan efesien.
Analisis Performansi LMS SYAM OK dalam Pembelajaran di UNM Veronika Asri Tandirerung
Jurnal MediaTIK Volume 4 Issue 1, Januari (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran yang diterapkan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 adalah pembelajaran dalamjaringan (Daring). Pembelajaran ini memerlukan internet sebagai sumber utama pembelajaran dan berbagai platform digital pembelajaran yang open source sehingga dapat digunakan oleh semua satuan Pendidikan. Berbagai platform tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pembelajaran di Perguruan Tinggi yang selama ini terlaksana secara tatap muka dan diintegrasikan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tentunya tidak mengalami banyak kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Akan tetapi belum seragamnya platform pembelajaran yang digunakan dosen sehingga perlu adanya Learnng Management System yang terpadu dan terintegrasi sehingga proses pembelajaran dapat dimonitoring dan dapat dilakukan evaluasi demi terjaminnya mutu dan kualitaspembelajaran di masa pandemi. Universitas Negeri Makassar sebagai salah satu perguruan tinggi jauh sebelum masa pandemic sudah memiliki LMS untuk pembelajaran berbasis e-learning, akan tetapi penggunaannya belum dimaksimalkan karena masih banyak dosen yang menggunakan platform e-learning yang lain. Di masa pandemic, UNM memusatkan pelaksanaan pembelajaran melalui LMS SYAM OK. Dengan kebijakan ini, perlu dilakukan analisis performansi terhadap website LMS sehingga dapat memberikan masukan dan menjadi bahan evaluasi dalam peningkatan maupun pengembangan LMS ke depannya. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian performansi, kecepatan, load dan stress. Pengujian dilakukan melalui Pingdom tools, GTMetrix, webpage test dan Load storm. Hasil pengujian performansi dengan Pingdom tools yakni LMS SYAM OK berada pada grade C artinya cukup Baik sedangkan menurut GTMetrix berada pada kategori F artinya kurang baik. Hasil pengujian load testing menunjukkan hasil cukup baik dan hasil pengujian stress menunjukkan nilai cukup tinggi.
Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadusatu Pintu Provinsi Papua Barat Berbasis Visual Basic.Net Nur Hidayatullah Ahmad; Kristia Yuliawan
Jurnal MediaTIK Volume 4 Issue 1, Januari (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penataan data dan informasi aktivitas kantor secara teratur dan berkesinambungan tidak hanya membuat data dan informasitersebut menjadi rapi dan teratur tetapi juga akan sangat berguna bagi kantor itu sendiri dalam melakukan evaluasi serta menentukan tolak ukur antara aktivitas yang telah di laksanakan dengan aktivitas yang akan di laksanakan di masa yang akan datang. Meskipun metode tersebut telah di terapkan secara komputerisasi namun aplikasi yang digunakan masih terbatas pada penggunaan aplikasi perkantoran yang umum digunakan misalnya Ms. Office Excel dimana penggunaannya masih sangat banyak memakan waktu ketika melakukan pendataan SKP. Tingkat kesalahan dalam melakukan pembuatan SKP juga menjadi tidak terkendali yang mana hal tersebut membuat informasi yang di simpan menjadi tidak akurat sehingga proses yang dilakukan akan menjadi tidak maksimal. Selain hal tersebut di atas, keamanan data juga menjadi hal yang kurang di perhatikan karena data yang telah di input dapat diubah oleh siapapun juga yang dapat meng-akses komputer tempat dimana data tersebut di simpan. Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP) merupakan sebuah solusi untuk menyelasaikan permasalan diatas. Hasil pembahasan yang diperoleh dari aplikasi ini adalah efesiensi waktu dalam memasukkan data, menyimpan, menyunting, mencari dan menata data SKP secara komputerisasi tanpa mengesampingkan aspek keamanan data, aplikasi ini juga memberikan metode pengamanan akses data dengan menghadirkan hak akses data untuk Pengguna yang berbeda – beda menurut kegunaanya sebagai pengguna aplikasi ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 7