cover
Contact Name
M. Miftach Fakhri
Contact Email
fakhri@unm.ac.id
Phone
+6285656227888
Journal Mail Official
fakhri@unm.ac.id
Editorial Address
JL. Daeng Tata Raya, Kel. Parangtambung, Kec. Tamalate, Kota Makassar , Kode Pos 90244
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal MediaTIK
ISSN : 26561247     EISSN : 27155919     DOI : https://doi.org/10.59562/mediatik
Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer Engineering Education from students, lecturers, and practitioners from universities or research institutions. Jurnal MediaTIK already has a print version ISSN with the number 2656-1247 in 2019 and an online version ISSN with the number 2715-5919. MediaTIK Journal contains articles on informatics and computer engineering education in particular: Instructional Technology and Vocational Multimedia Learning, E-learning or blended learning, Information System, artificial intelligence dan robotics, embedded expert system, big data dan machine learning, software dan network engineering
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 37 Documents
Search results for , issue "Volume 6 Issue 3, September (2023)" : 37 Documents clear
Pengaruh Model Blended Learning berbasis Gamifikasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Sanatang; M. Miftach Fakhri; Dwi Rezky Anandari
Jurnal MediaTIK Volume 6 Issue 3, September (2023)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran dengan konsep blended learning berbasis gamifikasi bergantung pada berbagai faktor, termasuk desain elemen gamifikasi, konteks lingkungan belajar, dan karakteristik peserta didik. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan perbedaan individu saat merancang elemen gamifikasi dalam pembelajaran campuran untuk memastikan keefektifannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh model blended learning berbasis gamifikasi terhadap motivasi belajar (learning motivation) mahasiswa, (2) Mengetahui pengaruh model blended learning berbasis gamifikasi terhadap hasil belajar (learning outcomes) mahasiswa, (3) Mengetahui pengaruh motivasi belajar (learning motivation) terhadap hasil belajar (learning outcomes), dan (4) Mengetahui pengaruh Student Motivation yang memediasi hubungan antara Gamification-based blended learning model dan Learning Outcomes. Desain penelitian yang digunakan adalah expost de facto. Sampel pada penelitian ini mahasiswa semester 4 angkatan 2021 yang mempelajari mata kuliah análisis desain sistem informasi pada jurusan teknik informatika dan komputer dengan jumlah 105 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model blended learning berbasis Gamifikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar namun tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dan (3) Motivasi belajar yang memediasi model blended learning berbasis gamifikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan 3 (tiga) hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa model blended learning berbasis gamifikasi berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar. Namun yang menjadi keterbatasan disini adalah model blended learning belum berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar.
Penerapan Fitur Direct Link Pada Sistem Manajemen Proyek Tugas Akhir Nurfadilah Hambali; Satria Gunawan Zain; Abdul Wahid
Jurnal MediaTIK Volume 6 Issue 3, September (2023)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan sistem manajemen proyek tugas akhir di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Hasil uji sistem manajemen proyek tugas akhir di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar menggunakan standar ISO 25010. Berdasarkan pengujian sistem menggunakan standar ISO 25010 dengan delapan karakterisitik dapat dinyatakan telah memenuhi kriteria efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan prototyping yang merupakan metode dari pengembangan system development life cycles (SDLC). Hasil penelitian yang didapatkan ialah berupa hasil pengembangan sistem informasi tugas akhir (SIM-TA) dengan fitur direct link dengan hasil pengujian menggunakan standar ISO 25010 pada karakteristik functional suitability bernilai 1 (sangat baik), pada karakteristik reliability didapatkan tingkat reliability sebesar 100% (Memenuhi), pada karakteristik performance efficiency didapatkan nilai performance sebesar 95% (Grade A) dan fully load time 1,54 (dapat diterima), pada karakteristik usability didapatkan presentasi kelayakan 87,8% (sangat baik), pada karakteristik security tidak ditemukan adanya virus malware pada sistem informasi, pada karakteristik compability bernilai 1 (sangat baik), pada karakteristik portability bernilai 1 (sangat baik), dan maintainability telah memenuhi 3 stamdar aspek penilaian, sehingga dapat disimpulkan bahwa keseluruhan aspek yang diuji dan telah memenuhi standar kualitas sehingga sistem ini dapat diimplementasikan.
Pengembangan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Qr Code Suhartono; Inka Febrianti; Dwi Rezky Anandari Sulaiman
Jurnal MediaTIK Volume 6 Issue 3, September (2023)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkakn sistem informasi bimbingan konseling berbasis Qr Code pada smk negeri 4 gowa. SIMBK ini digunakan sebagai sarana untuk melengkapi kebutuhan guru BK dan siswa dalam hal pelayanan administrasi dan bimbingan konseling. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Reseach and Development (R&D) dan dirancang dengan model pengembangan prototyping dengan tahapan: analisis dan pengumpulan data sistem, membangun prototyping, evaluasi prototyping, pengkodean sistem, menguji sistem, evaluasi sistem dan penggunaan sistem. Pengujian perangkat lunak dilakukan dengan menggunakan standar ISO 25010 yang berfokus pada 3 karakteristik, yaitu functional suitability, usebility, dan portability. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara ,dokumentasi dan angket. Sistem divalidasi oleh dua orang ahli sistem dan dievaluasi dengan 60 responden. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan sebuah sistem bimbingan konseling berbasis qr code telah memenuhi standar ISO 25010 pada aspek a) functiona suitability semua aspek berjalan dengan baik; b) usebility diperoleh tanggapan pengguna terhadap sistem informasi bimbingan konseling berbasis qr code adalah sangat baik; c) portability dengan hasil dapat berjalan dengan baik pada perangkat browser dan platrform yang berbeda.
Pengembangan Sistem Informasi Homestay Berbasis Web di Kabupaten Bulukumba Zulhajji; Iwan Suhardi; Ainun Safitri
Jurnal MediaTIK Volume 6 Issue 3, September (2023)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi internet dan website berkembang begitu cepat serta menjadi salah satu hal yang penting bagi kehidupan sehari-hari saat ini, website adalah media publikasi elektronik yang memiliki beragam keunggulan. Berdasarkan keunggulan tersebut pemanfaatan website dalam bidang penyewaan ataupun mencari informasi akan memberikan banyak manfaat yang sangat penting bagi pengunjung mencari informasi tentang homestay dibulukumba. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi homestay berbasis web di kabupaten Bulukumba dan menguji kualitas dan kelayakan sistem berdasarkan standar kualitas ISO/IEC2501. Penelitian ini adalah Research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi homestay berbasis web di kabupaten Bulukumba, melakukan pengujian tingkat kelayakan sistem informasi homestay Berbasis web di kabupaten Bulukumba, dan mengetahui hasil uji pengembangan sistem informasi homestay berbasis web di kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prototype dengan tahapan: Pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, evaluasi prototype, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, dan penggunaan sistem. Pengujian standar kualitas ISO/IEC 25010 dengan 4 pengujian yaitu Functional suitability, Reability, Portability, dan Usability. Adapun hasil pengujian pada functional suitability yang diuji oleh ahli sistem dengan mengisi kuesioner yang berisi 44 pertanyaan yang terkait dalam sistem yang dikembangakan. Dari pengujian ini diperoleh hasil sangat baik; pada pengujian reability dengan memperoleh persentase kesuksesan 100% yang menggunakan click test, time test dan ramp test; pada pengujian portability bernilai 1 yang berarti sistem ini berjalan dengan baik diberbagai perangkat; pada pengujian usability yang di uji dengan jumlah 12 pertanyaan dengan 30 respoden memperoleh nilai dikategori sangat baik
Perancangan Sistem Informasi Manajemen Karyawan Berbasis Website dengan Metode Waterfall M. Miftach Fakhri; Muh. Sunan Jaya Irmawan; Ana Sulistiana Alwi; Indah Febriyani Asril; Nur Qirani Ridhaihi; Della Fadhilatunisa
Jurnal MediaTIK Volume 6 Issue 3, September (2023)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengembangan dan implementasi Sistem Informasi Manajemen Karyawan (SIMK). SIMK yang dikembangkan memiliki beragam fitur yang meliputi manajemen data karyawan, pengaturan absensi, pemrosesan cuti, serta pengelolaan gaji dan peminjaman. Dalam pengembangan sistem ini, metode penelitian Research and Development (R&D) dan metode pengembangan waterfall diterapkan. Pendekatan R&D digunakan untuk menganalisis kebutuhan dan merancang solusi yang sesuai dengan masalah dari Perusahaan tersebut. Sementara itu, metode pengembangan waterfall digunakan untuk mengatur alur pengembangan sistem secara terstruktur, dimana meliputi analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil pengujian menggunakan metode black box menunjukkan bahwa SIMK yang dirancang telah memenuhi persyaratan fungsional yang ditetapkan. Dengan demikian, sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam pengelolaan karyawan.
Pengembangan Media Video Tutorial Pembuatan Motif Batik Flora Menggunakan Adobe Photoshop pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer Terapan Nurhasna; Hamidah Suryani; Irmayanti
Jurnal MediaTIK Volume 6 Issue 3, September (2023)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan pengembangan media pembelajaran video tutorial pembuatan motif batik flora menggunakan Adobe Photoshop. (2) Respon mahasiswa terhadap media pembelajaran video tutorial pembuatan motif batik flora menggunakan Adobe Photoshop. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 15 orang yang merupakan mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Program Studi D3 Tata Busana Angkatan 2020 dan 2021 yang telah lulus pada mata kuliah Aplikasi Komputer Terapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial pembuatan motif batik flora menggunakan Adobe Photoshop pada mata kuliah Aplikasi Komputer Terapan mencapai kategori “Sangat Layak” dengan presentasi penilaian ahli materi sebesar 92% dan ahli media sebesar 96%. (2) Respon mahasiswa terhadap media pembelajaran video tutorial pembuatan motif batik flora menggunakan Adobe Photoshop pada mata kuliah Aplikasi Komputer Terapan memperoleh presentase sebesar 85,8% berdasarkan uji coba kelompok kecil dimana nilai tersebut termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Pada SMA Makassar Berbasis Website Dewi Fatmarani Surianto; Shasa Inayah Vega; Nafil Rizqullah Rajab; A. Arianugerah Ilham; Della Fadhilatunisa
Jurnal MediaTIK Volume 6 Issue 3, September (2023)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era saat ini, kemajuan teknologi telah mencapai sektor pendidikan dan digunakan secara luas di berbagai sekolah. Namun, SMA Makassar masih menghadapi kendala dalam mengadopsi teknologi tersebut. Salah satu contoh kendala tersebut adalah proses pendaftaran siswa baru yang masih dilakukan dengan cara konvensional. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan merancang sebuah sistem informasi yang dirancang khusus menggunakan platform website sebagai proses penerimaan siswa baru di SMA Makassar. Penelitian ini memiliki kepentingan yang signifikan dalam mencegah hambatan perkembangan teknologi di tingkat sekolah dan mengurangi risiko kesalahan yang mungkin terjadi akibat metode manual. Penelitian ini mengadopsi Model Waterfall dalam mengembangkan sistem, yang melibatkan tahap analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan penerapan. MySQL digunakan sebagai basis data, sedangkan PHP dan HTML digunakan sebagai bahasa pemrograman utama. Metode pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Black Box Testing dengan hasil yang diperoleh adalah valid pada fitur-fitur yang dibangun.
Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Agile Andika Isma; Aldy Kurniawan Muhlis; Ardiansyah; Asriayani; Della Fadhilatunisa
Jurnal MediaTIK Volume 6 Issue 3, September (2023)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu dokumen terpenting yang memberikan informasi mengenai CV Speed Computer adalah laporan keuangan. Sistem informasi yang akan diterapkan berbasis web. Sistem informasi berbasis web untuk CV. Speed Komputer bekerja dengan cara yang membuat pengasuh tidak mungkin menggunakan keyboard dan mouse manual. Adanya sistem tersebut dapat mepermuda komposisi pencatatan dan perhitungan transaksi dan laporan keuangan pada toko tersebut serta meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi. Pada pembuatan sistem informasi ini peneliti menggunakan Metode Agile. Metode agile adalah sebuah pendekatan yang terdiri dari langkah-langkah untuk menganalisis dan merancang sistem yang dikembangkan melalui penggunaan siklus yang lebih spesifik untuk aktivitas yang dilakukan.
Analisis Tingkat Adopsi Mobile Payment di Kalangan Pengusaha Kecil dan Menengah Hans Christian Marwi
Jurnal MediaTIK Volume 6 Issue 3, September (2023)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jumlah pemakai smart phone saat ini semakin meningkat di kalangan umum dan pengusaha sehingga telah memudahkan penggunaannya untuk transaksi e-commerce. Dalam bidang e-commerce, sistem mobile banking menjadi salah satu sarana utama saat transaksi on line. Namun tidak semua pengguna memiliki rekening bank dan sebagian besar pemilik UKM tidak mengintegrasikan fasilitas mobile banking ke dalam sistem e-commerce mereka. Sebagai gantinya, antara lain mereka memakai sistem mobile payment yang dapat melibatkan mobile banking (harus mempunyai rekening bank) atau pihak lain yang bergerak di bidang keuangan digital (tidak harus memiliki rekening bank). Penelitian ini berusaha mengetahui seberapa besar tingkat adopsi mobile payment di kalangan pengusaha kecil dan menengah di Makassar dalam melakukan transaksi bisnis mereka sehingga dapat diketahui keuntungan-keuntungan yang mereka dapatkan dan masalahmasalah yang mereka alami agar sistem mobile payment dapat lebih ditingkatkan kemampuannya. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan survei on line dan kunjungan ke lokasi serta dilanjutkan dengan secara kualitatif dengan interview pada beberapa responden terpilih. Hasil penelitian diharapkan memberikan kontribusi untuk menyempurnakan sistem mobile payment agar penggunaannya lebih marak sehingga dapat menumbuhkan dan mengembangkan kegiatan ekonomi para pelaku UKM di Makassar.
Rancang Bangun Sistem Informasi Laboratorium Kesehatan pada Prodi Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Muhammadiyah Makassar Hasnah; Rahmawati
Jurnal MediaTIK Volume 6 Issue 3, September (2023)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi Laboratorium dapat mengintegrasikan semua proses yang berlangsung didalam laboratorium. Kegiatan dimulai dari pranalitik, analitik, pasca analitik, inventarisasi alat dan bahan serta penjadwalan, semua kegiatan terintegrasi dengan sebuah sistem. Tujuan utama dari sistem informasi laboratorium kesehatan untuk mengumpulkan, mengolah, mengatur dan menyajikan data dengan serapih mungkin, mudah dibaca dan tepat waktu. Sistem informasi Laboratorium pada Poltekkes Muhammadiyah khususnya prodi Teknologi Laboratorium Medis (TLM) masih menggunakan cara manual yang mana menggunakan buku sebagai media pelaporan serta pencatatan hasil setiap mahasiswa yang melakukan praktikum. Sistem Informasi Laboratorium Kesehatan pada prodi TLM dirancang berbasis web sehingga mudah di akses. Hasilnya berupa aplikasi system informasi laboratorium yang dapat di akses pada sisfoh5.id

Page 1 of 4 | Total Record : 37