cover
Contact Name
Cucut Susanto
Contact Email
cucut@undipa.ac.id
Phone
+628124150373
Journal Mail Official
cucut@undipa.ac.id
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.9 Makassar , Telp.(0411) 587194
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
DIPANEGARA KOMPUTER TEKNOLOGI INFORMATIKA (DIPAKOMTI)
ISSN : 19074410     EISSN : 29632854     DOI : -
Jurnal Penelitian Universitas Dipa Makassar yang khusus untuk penerbitan Hasil Penelitian Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknik Informatika
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)" : 21 Documents clear
Perancangan Aplikasi Kelayakan Rehabilitasi Anak Jalanan Berbasis Web Pada Dinas Sosial Kota Makassar Nurlisa B. Hi Mokhsen; Susana Siletty; Abdul Rauf; Thabrani R Thabrani R
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dinas Sosial Kota Makassar memiliki program pembinaan anak yang diakomodir langsung oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Saribattang. TRC dibentuk dengan tujuan untuk memaksimalkan pemberitaan terkait penanganan anak jalanan di Kota Makassar. Permasalahan yang dihadapi adalah adanya batasan kuota penerimaan calon anak asuh dengan melihat ketersediaan fasilitas kamar tidur asrama, SDM pengurus harian dan kemampuan anggaran Panti Sosial Marsudi Putra (PSMP) Toddopuli Makassar. Aplikasi dibuat dengan menggunakan metode Additive Ratio Assessment (ARAS) untuk kriteria pemeringkatan. Tujuan utama dari metode ini adalah untuk menentukan peringkat berdasarkan utilitas. Yaitu membandingkan total nilai indeks setiap alternatif dengan total nilai indeks alternatif terbaik untuk menghasilkan keluaran yang dirangking dari data yang ada. Hasil pemeringkatan yang diperoleh setelah mengolah data kriteria anak jalanan yang dikumpulkan oleh Dinas Sosial TRC Saribattang Kota Makassar kemudian diurutkan berdasarkan peringkat tertinggi untuk mendapatkan hasil kelayakan.
Perancangan Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar Inpres Paropo Makassar Rensa Kendek; Wenni Sonya Astrina; Baharuddin Rahman; Sunardi Sunardi; Imran Djafar; Joseph Tumiwa
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah Dasar Inpres Paropo merupakan salah satu sekolah yang memberikan pelajaran Bahasa inggris untuk siswa kelas IV s/d kelas VI. Pada saat kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas, kemampuan beberapa siswa dalam mengingat kosakata masih lemah. Sehingga kurangnya minat anak-anak untuk belajar terutama pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Dengan adanya software game edukasi bahasa inggris ini penulis membuat software ini dengan menggunakan software Construct 2 yang didalamnya terdapat tampilan dimana pemain diminta untuk menyelesaikan beberapa permasalahan yang ada. Oleh karena itu dengan adanya perancangan software game edukasi bahasa inggris ini diharapkan dapat mempermudah proses pembelajaran bagi anak dengan menggunakan konsep belajar sambil bermain dan dapat menjadi wahana untuk menambah pengetahuan baru yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Perancangan Sistem E- Surat Pada SMA Kristen YHS Menggunakan Framework Codeigniter Dengan Metode SDLC Avrilyani Elvira Elvin; Nasaruddin Nasaruddin; Arham Arifin
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Korespondensi merupakan kegiatan fungsional yang biasa dilakukan oleh setiap orang dalam suatu organisasi atau kantor. Aliran dokumen atau surat antar orang atau bagian bisa menjadi sangat besar dan karenanya membutuhkan lebih banyak usaha. Di SMA Kristen YHS, tata cara pengurusan surat masuk dan surat keluar masih dilakukan secara manual, sehingga pelayanan administrasi kurang efisien dan efektif. Sulit untuk menemukan dokumen lama karena menumpuknya arsip surat, harus membuka data lama terlebih dahulu dan mencarinya satu per satu. Kesulitan melaporkan surat masuk dan keluar, dokumen hilang dan rusak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem yang dapat mengatasi kesulitan dalam mengelola dan memproses surat masuk dan keluar. Metode yang digunakan adalah metode SDLC, dimana model waterfall merupakan metode perancangan dan pengembangan perangkat lunak. Pada penelitian ini peneliti menggunakan framework CodeIgniter karena lebih mudah digunakan, lebih cepat dan membutuhkan perakitan yang minimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode sdlc dan framework Codeigniter, sistem aplikasi e-surat ini dapat mengatasi kesulitan dalam mengelola email masuk dan keluar serta penghapusan surat yang masih manual. Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan surat secara digital dan sangat memudahkan dalam pencarian surat.
Perancangan Aplikasi Pemesanan Barang Berbasis Web Menggunakan Algoritma Brute Force Pada CV Iqra 99 Makassar Budiono Pasande Rampo; Dominggus Ta’dung Tangibara; Indra samsie; Irsal Irsal
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aktivitas dunia perdagangan (commerce) dulu dilakukan melalui penawaran secara langsung tapi pertumbuhan drastis dari internet telah mengubah paradigma tersebut. Permasalahan yang dihadapi oleh CV. IQRA 99 Makassar saat ini adalah belum adanya aplikasi pemesanan barang yang mempermudah pemesanan barang. Adapun metode yang digunakan dalam pencarian menu menggunakan algoritma Brute Force sebagai mesin pencari dalam aplikasi yang di rancang. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang aplikasi pemesanan barang berbasi web pada CV. IQRA 99 Makassar agar dapat mempermudah pemesanan barang. Serta mengimplementasikan aplikasi pemesanan barang berbasis website. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library research dengan metode pengujian aplikasi di gunakan yaitu metode pengujian Black Box dengan maksud untuk mengetahui apakah sistem tersebut dapat bekerja sesuai dengan spesifikasi dan harapan pengguna serta menemukan bug atau masalah pada sistem. Hasil dari perancangan aplikasi ini berhasil di buat dan telah di uji dengan sistem pengujian Black box Serta berjalan sesuai harapan dan dapat melakukan pencarian barang menggunaka Algoritma Brute Force. Kesimpulan dari penelitian ini aplikasi pemesanan barang telah mampu dibangun dan dirancang dengan menggunakan Algoritma Brute Force serta telah dapat di terapkan dengan sistem berbasis website.
Perancangan Game Jigsaw Puzzle UntukPembelajaranMenggunakanMetodologi Multimedia Berbasis Android Andi Azhar; Imran Djafar; Joseph Tumiwa; Husain T Husain T
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Game edukasi merupakan permainan yang dikemas dalam konteks pendidikan guna merangsang daya pikir dan termasuk salah satu cara untuk melatih dan meningkatkan konsentrasi anak-anak. Minimnya pengetahuan tentang pahalawan nasional dikalangan anak-anak salah satunya karena kurangnya ketertarikan pengenalan pahlawan nasional. Oleh karna itu perlu adanya tindakan untuk mengenalkan pahlawan nasional melalui media game edukasi yang menarik pada anak-anak. Dengan permasalahan diatas maka peneliti bertujuan untuk merancang game edukasi pengenalan dengan jigsaw puzzle menggunakan platform smartphone android. Dalam perancangan game edukasi menggunakan metodologi Multimedia. Data yang digunakan berupa gambar dan informasi pahlawan nasional indonesia dari berbagai daerah.
Analisis Kombinasi Algoritma One Time Pad Dan Vigenere Cipher Untuk Keamanan Data Teks Andi Hanifah Putri Rani; Nurdin Nurdin; Rudy Donny Liklilwatil
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan pesan dengan cara menyandikannya ke dalam bentuk yang tidak dapat dimengerti lagi maknanya. Enkripsi adalah transformasi data kedalam bentuk yang tidak dapat terbaca tanpa sebuah kunci tertentu. Dekripsi merupakan kebalikan dan enkripsi, yaitu transformasi data terenkripsi kembali ke bentuknya semula. Cryptanalysis adalah ilmu untuk mengubah kembali suatu ciphertext menjadi plaintext tanpa mengetahui key-nya. Cryptanalysis dikatakan sukses jika dapat mengembalikan plaintext atau menemukan key-nya. One Time Pad adalah salah satu contoh metode kriptografi dengan algoritma jenis simetri. Sedangkan Vigenere Cipher adalah metode menyandikan teks alfabet dengan menggunakan deretan sandi Caesar berdasarkan huruf-huruf pada kata kunci. Dimana pada penelitian ini hasil perbandingan dari Algoritma tersebut diketahui bahwa Kombinasi Algoritma One Time Pad dan Vigenere Cipher merupakan Algoritma yang membutuhkan waktu terlama dalam proses enkripsi-dekripsi. Hasil dari proses pemecahan kunci Kombinasi Algoritma One Time Pad dan Vigenere Cipher memiliki jumlah pemecahan kunci dimana kunci yang tidak ditemukan lebih banyak dibanding Algoritma lainnya.
Sistem Prediksi Produksi Minuman Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor Berbasis Web Faisal Faisal; Syarifuddin Syarifuddin; Jufri Jufri; Sriwahyuningsih Sriwahyuningsih
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Produksi minuman ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat seperti pusat perbelanjaan, sekitar sekolah, pasar, rumah sakit, pinggiran jalan, taman kota, kampus dan tempat umum lainnya. Pengusaha akan menggunakan prediksi atau peramalan pada produksi minuman untuk mengetahui minuman diwaktu apa banyak terjual pada masa yang akan datang. Namun terdapat satu kasus dimana prediksi ini justru terbalik, dalam artian apabila waktu minuman diprediksi akan naik penjualannya, justru malah terjadi penurunan pada minuman tersebut diperiode yang telah di prediksi ini terjadi karena metode yang di gunakan kurang akurat dalam memprediksi penjualan dimasa yang akan datang ini juga berdampak pada sulitnya penyediaan bahan yang tepat. Pada penelitian ini dibuatkan program prediksi penjualan menggunakan metode K-Nearest Neighbor berbasis website dengan menggunakan 500 data. Hasil prediksi yang diperoleh adalah jenis minuman yang masuk kategori tinggi masuk dalam prediksi penjualan periode bulan berikutnya.
Implementasi Metode Raita Untuk Pencarian Dokumen Pada Aplikasi Arsip Digital PT.CCSI Makassar Ayub Dewa Mahendra; Novrial Lestari; Ahmad Ahmad; Suci Rahma Dani Rachman
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan dokumen PT. CCSI masih dilakukan secara manual dengan disimpan dalam sebuah box atau map sehingga rawan untuk hilang, tercecer, dan rusak. Pengelolaan dokumen secara manual yang dilakukan mempunyai beberapa kelemahan, antara lain membutuhkan ruang dan tempat penyimpanan yang besar, risiko kerusakan arsip akibat bencana. Selain itu, membutuhkan sumber daya manusia yang relatif banyak, serta waktu pencarian arsip yang lama sehingga dibuat suatu aplikasi digital pengarsipan dokumen untuk membantu pengelolaan arsip secara lebih rapi serta dapat melindungi data dari resiko kerusakan atau kehilangan. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan fokus penelitian observasi dan pengumpulan dokumen berupa arsip dari perusahaan. Menggunakan Algoritma Raita dalam membantuk proses pencarian dokumen sehingga lama waktu pencarian dapat lebih cepat dibandingkan dengan pencarian dokumen secara manual. Berdasarkan skenario pengujian menggunakan metode Black Box dengan status valid maka dapat disimpulkan bahwa sistem yang dirancang dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dengan fungsi yang baik sehingga terbebas dari kesalahan.
Penerapan Metode Simple Additive Weighting Dalam Menyeleksi Peserta Magang Pada Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan Andi Siti Annisa Salam; Rudyanto Salam; Jufri Jufri; Nurul Aini
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pendukung keputusan (SPK) dapat digunakan untuk membantu proses seleksi peserta magang dengan lebih efisien dan efektif. Dalam penelitianini, metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan. Proses seleksi peserta magang diawali dengan menentukan kriteria yang akan digunakan dalam penilaian, seperti IPK, akreditasi kampus, lokasi rumah, dan wawancara. Kemudian, bobot untuk setiap kriteria ditentukan melalui diskusi dengan pihak terkait. Setelah kriteria dan bobot ditentukan, maka selanjutnya menilai setiap alternatif (peserta) berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Nilai tiap kriteria dihitung dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan. Hasil dari penilaian kemudian dijumlahkan untuk setiap alternatif dan diberikan peringkat berdasarkan nilai tertinggi. Dengan menggunakan metode SAW, dapat dihasilkan peserta magang yang terpilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dengan adanya sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu pihak dinas perhubungan dalam memudahkan melakukan seleksi peserta magang menggunakan simple additive weighting.
Perancangan Aplikasi Seleksi Keaktifan Anggota Baru Ukm Niphaz Diploma Club Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Web Alfian Ramadhan; Rusna Rusna; Cucut Susanto; Novita Sambo Layuk
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam organisasi Niphaz Diploma Club Universitas Dipa Makassar terdapat masalah yang sering dihadapi untuk penilaian seleksi anggota baru yang masih menggunakan metode konvensional atau meminta pendapat ke Badan Pengurus Harian (BPH). Sehingga dalam penelitian ini penulis merancang dan membangun sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan langsung oleh Badan Pengurus Harian dalam mempermudah melakukan penyeleksian anggota baru setiap tahunnya. Metode FuzzyTsukamoto merupakan sebuah metode yang digunakan untuk membantu dalam pemberian rekomendasi secara cepat dan tertuju pada aturan yang berbentuk IF-THEN yang direpresentasikan himpunan Fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang monoton, serta kriteria dan Rules yang digunakan untuk menentukan hasil akhir. Dari hasil perbandingan nilai himpunan output pada himpunan fuzzy keputusan lulus lebih besar dibandingkan himpunan fuzzy keputusan tidak lulus. Maka, keputusan yang dapat diambil adalah anggota tersebut dapat dinyatakan lulus dan sebaliknya, jika himpunan fuzzy keputusan tidak lulus lebih besar dibandingkan himpunan fuzzy keputusan lulus. maka, keputusan dapat diambil yaitu anggota tersebut dinyatakan tidak lulus. Pengujian dilakukan terhadap 15 data anggota baru UKM Niphaz Diploma Club yang telah dinilai dan mendapatkan hasil akhir dalam penerapan metode FuzzyTuskamoto serta metode pengujian aplikasi yang digunakan yaitu Pengujian Black Box, ini dilakukan untuk mendeteksi secara menyeluruh fungsionalitas akan aplikasi yang dirancang dengan hasil yang didapatkan bahwa semua fungsi dari sistem, button, pengolahan data penilaian berjalan dengan baik tanpa error.

Page 1 of 3 | Total Record : 21