cover
Contact Name
Ike Betria
Contact Email
jurnalbakoba@gmail.com
Phone
+6281270889797
Journal Mail Official
jurnalbakoba@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan IPS, Universtias Pasir Pengaraian Jl. Tuanku Tambusai, Rambah. Kabupaten Rokan Hulu, Riau. 28558
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
Bakoba: Journal of Social Science Education
ISSN : -     EISSN : 27978036     DOI : -
Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat bukan cerminan sikap dan /atau pandang redaksi. Seluruh isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education" : 6 Documents clear
BENTUK INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT PRIBUMI DENGAN MASYARAKAT PENDATANG DI DESA TAMBUSAI UTARA KECAMATAN TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU Lis Ria Arzika; Romika Rahayu
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk interaksi sosial antara masyarakat pribumi denganmasyarakat pendatang di desa Tambusai Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapunpendekatan yang digunakan yiaitu pendekatan kualitatif dengan model studi kasus. Metodepengumpulan data yang digunakan berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitianini mengungkapkan bahwa : 1) Kerja sama terlihat dalam kegiatan mingguan, kegiatan bulanan,kegiatan memperingati hari raya Islam, gotong royong dalam kegiatan pengabdian masyarakat danacara pesta, serta kerjasama lainnya. 2) Persaingan terjadi di bidang ekonomi, persaingan untukmenduduki suatu jabatan, persaingan untuk menyalurkan pendapat dan persaingan untuk memilihindividu yang layak mendapat jabatan dan peran. 3) Konflik terjadi dalam kasus pencurian tandan buahsegar (TBS) yang dilakukan oleh 2 komunitas pendatang, kasus persaingan dalam menyalurkanpendapat saat membangun jalan desa, konflik antar masyarakat yang berprofesi sebagai pedagangkarena perbedaan harga, dan konflik karena perbedaan pendapat. 4) Akomodasi dilakukan dengan sifatfundamental dalam mengatasi kesulitan seperti pengenalan, diagnosis, kesepakatan solusi, dan evaluasi.Namun, akomodasi yang sering yaitu dengan mengundang pihak ketiga (perangkat desa TambusaiUtara).
UPAYA PELESTARIAN KESENIAN KUDA LUMPING TURONGGO SETO PADA MASYARAKAT DESA PASIR MAJU KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU Widiya Ningsih; Ilham Rahmawati
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai tradisi pada kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto di Desa Pasir Maju dan (2) upaya masyarakat dalam melestarikan kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto di Desa Pasir Maju. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengetahui seluk beluk kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto, masyarakat yang mampu memandu jalannya pertunjukan kesenian Kuda Lumping, serta masyarakat yang mengetahui keberadaan kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik proposive sampling-nonprobalistic. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) terdapat nilai-nilai tradisi yang dapat dijadikan sebagai pedoman dan acuan dalam kehidupan masyarakat meliputi nilai religi, nilai gotong royong, nilai tanggungjawab, nilai persatuan, nilai etika, nilai solidaritas, dan nilai estetika, 2) Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto adalah adanya dukungan dari orang tua, masyarakat, dan anggota, dukungan dari lembaga pendidikan, pembinaan dari pemerintah, melakukan berbagai inovasi, mengajarkan ke generasi muda, dan melakukan latihan dan pertemuan rutin.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA Reni Tania; Welven Aida
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bangun Purba. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IX dengan jumlah siswa 44 dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas IX A dan kelas IX B yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik simple random sampling dan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah dengan cara di undi (random). Untuk memperoleh data tentang pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Instrumen penelitian yang di gunakan adalah soal berbentuk uraian. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji t-test adalah = 4,2436 > = 2,0190 dengan α = 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bangun Purba.
PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH RAMBAH Yupita Herni Yanti Gea; Rina Ari Rohmah
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gaya mengajar guru IPS kelas VIII SMPMuhammadiyah Rambah, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMPMuhammadiyah Rambah, (3) pengaruh gaya mengajar guru terhadap aktivitas siswa. Pengambilansampel dilakukan secara total sampling, yaitu total populasi sebanyak 60 siswa. Instrumen yangdigunakan berupa angket (angket). Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis denganmenggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gaya mengajar guruIPS kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah termasuk dalam kategori sedang / sedang, (2) Keaktifansiswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah adalah tergolong sedang /sedang, (3) Gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan siswa dalampembelajaran IPS, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 6,125 sedangkan t_tabelsebesar 1,671 pada taraf signifikansi 5% yang berarti H_a diterima. Selain itu diperoleh persamaanregresi Y ̂ = 35,367 + 0,629X, terlihat dari koefisien determinasi bahwa besarnya pengaruh variabel Xterhadap variabel Y adalah 39%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru berpengaruhpositif dan signifikan terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMPMuhammadiyah Rambah.
PENANAMAN SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS VIII SMPN 3 ROKAN IV KOTO Febria Syabatini; Ryan Prayogi
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menumbuhkan sikap sosial harus dilakukan dengan pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk mendorong motivasi siswa dalam menanamkan nilai-nilai sikap sosial. Penelitian ini membahas tentang cara guru IPS dalam menanamkan bentuk sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan peristiwa atau fenomena tertentu dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII sebanyak 28 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah 13 siswa dari seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan triangulasi dari sumber data angket, wawancara dan observasi yang dideskripsikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini merupakan keseluruhan penelitian yang membahas tentang kategori cukup baik, hal ini menyatakan bahwa dalam penelitian penanaman sikap sosial siswa oleh guru melalui pembelajaran IPS telah menghasilkan bentuk penanaman sikap sosial jujur ​​sebesar 68,37% dan sikap disiplin 76,55%, sikap tanggung jawab 76,2%, sikap sopan santun 71,95%, sikap peduli 71,2%, dan sikap percaya diri 74,15%, dengan persentase rata-rata sikap yang diperbesar 73,07%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap sosial harus ditanamkan kembali oleh guru Ilmu Sosial
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP N 3 TAMBUSAI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 Erni Yunita; Hardianto
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 1 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP N3 Tambusai. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran model discovery learningterhadap hasil belajar IPS siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N3 Tambusai. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 35 siswa dan kelasVII B yang berjumlah 35 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control groupdesain. Instrument penelitian menggunakan instrument tes. Hasil pengujian hipotesis denganmenggunakan rumus uji-t diperoleh data

Page 1 of 1 | Total Record : 6