cover
Contact Name
Diah Ayu Septi Fauji
Contact Email
septifauji@unpkediri.ac.id
Phone
+6285648737266
Journal Mail Official
senmea@unpkdr.ac.id
Editorial Address
JL.KH AHMAD DAHLAN NO.76 KEDIRI
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
SENMEA
ISSN : -     EISSN : 27768171     DOI : -
Prosiding ini merupakan media publikasi bagi seluruh pemakalah yang mengikuti Seminar Nasional dan Call for Paper Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (SENMEA). Seminar Nasional Manajemen , Ekonomi dan Akuntansi telah dilaksanakan berturut- turut sejak 2016. Adapun Prosiding SENMEA ini terbit satu kali setahun dengan scope ilmu - ilmu Manajemen, Ekonomi serta Akuntansi.
Articles 32 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2016" : 32 Documents clear
PENGARUH KEBIJAKAN OPERASIONAL DAN KEPUTUSAN PENDANAAN TERHADAP KUNERJA KEUANGAN PADA PT ALBA PUTRA JOMBANG Edwin Agus Buniarto
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2016
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aims of this study is to examine the financial performance in PT Alba Putra Jombang Resident. This study used data from financial statement of the PT Alba Putra Jombang Resident this study also used 36 month financial statement as the sample. Field research was applied, data collection uses documentation technique. There is one statistical analysis used in this study, that is double regression linier with SPPS software. This study is used to analyse three variables, those are Operational Policy, Capital structure and financial performance.. The result of this study found that operational Policy and capital structure influence to financial performance of the firm during 2013 – 2015. The result also show that financial structure influence financial performance more than operational Policy is influencing financial performance.
INTRODUKSI PDRB RIEL RANTAI NILAI BAGI BPS SURAKARTA DAN SUKOHARJO Agung Riyardi; Bambang Setiaji; Didit Purnomo; Triyono Triyono
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2016
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

GRDP counting based on chain value method is important to be known by Surakarta’s and Sukoharjo’s stakeholders. The provided data can accompany GRDP counting based on current and constant price methods so that the macro economy of Surakarta and Sukoharjo is described well. The aim of this public serving is to raise the know-how of Surakarta and Sukoharjo Statistics through motivation encouraging, strengthening and sustaining of GRDP chain value method counting. The public service method is an assistancy method by offering discussion, practising and performing a simple ‘animation’ of GRDP counting using chain value method. The result shows that discussion encourages motivation of GRDP counting using chain value method. The result also shows that practicing and performing a simple ‘animation’ of GRDP counting using chain value method do not strengthen and sustain the motivation to raise the know-how. Performing the microsoft powerpoint presentation as a simple ‘animation’ is too simple to sustain the know-how of GRDP counting using value chain method. Therefore, the public serving can motivate the Surakarta and Sukoharjo Statistics, but cannot strengthen and sustain the motivation to raise know-how of GRDP counting using chain value method
ANALISIS FUNGSI BIAYA PRODUKSI USAHATANI KEDELAI DI DESA KEBONAGUNG KABUPATEN GROBOGAN Bayu Nuswantara; Georgius Hartono; Tinjung Mary Prihtanti
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2016
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketergantungan terhadap impor yang semakin tinggi menyebabkan diperlukan upaya peningkatan produksi kedelai nasional, termasuk di provinsi Jawa Tengah yang menjadi salah satu provinsi sentra produksi kedelai Indonesia, salah satu sentra produksi kedelai adalah Kabupaten Grobogan. Biaya tinggi diduga menjadi salah satu penyebab rendahnya produksi usahatani kedelai. Upaya peningkatan produksi kedelai saat ini mengalami tantangan adanya potensi meningkatnya biaya produksi, sehingga posisi daya saing kedelai menjadi lebih rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis fungsi biaya produksi dari input yang digunakan dalam usahatani kedelai dengan pendekatan fungsi produksi. Penelitian dilakukan di Desa Kebonagung Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Data yang dicari dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diambil menggunakan teknik survei yakni mewawancarai petani dengan panduan kuesioner, sedangkan data sekunder diambil pada instansi terkait. Sampel ditentukan secara acak di lokasi penelitian sejumlah 50 petani. Teknik analisis data menggunakan analisis fungsi produksi Cobb Douglas kemudian dirumuskan fungsi biaya produksinya. Dari hasil penelitian usahatani kedelai dapat disimpulkan: (1) Hasil analisis fungsi produksi, menunjukkan ada lima variabel yang berpengaruh nyata terhadap tingkat produksi yakni: luas lahan, pupuk ponska, benih kedelai dan racun prevaton, sedangkan pupuk urea dan tenaga kerja tidak berpengaruh nyata, (2) Hasil estimasi fungsi biaya dengan pendekatan fungsi produksi, menunjukkan tingkat produksi, sewa lahan, harga pupuk ponska, harga benih, dan harga prevathon berpengaruh nyata terhadap biaya produksi usaha tani kedelai, sedangkan untuk upah tenaga kerja dan harga pupuk urea berpengaruh nyata terhadap biaya produksi usaha tani kedelai.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT ORANG ASLI PAPUA UNTUK BERWIRAUSAHA Naftali Mansim; Sarah Usman
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2016
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini dunia kewirausahaan tampaknya sudah mulai diminati oleh masyarakat luas. Namun, karena kurangnya informasi, banyak orang merasa masih belum jelas tentang aspek-aspek apa saja yang melingkupi dunia kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mengetahui faktor-faktor yang paling kuat dalam mempengaruhi niat berwirausaha Orang Asli Papua yang hidup di Pantai dan Hidup di Pegunungan. Metode populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability dengan mengggunakan teknik convenience sampling dan purposive sampling dengan kriteria sampel adalah Orang Asli Papua yang memiliki niat berwirausaha baik yang hidup di Pantai dan Hidup di Pegunungan. Sebelum dilakukan pengujian analisis dilakukan uji kualitas instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel, maka langkah selanjutnya melakukan analisis faktor dengan tujuan mendapatkan faktor yang layak, serta dianalisis dengan analisis linier regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil yaitu enam faktor yang terbentuk dapat menjelaskan variabel-variabel yang mempengaruhi niat masyarakat asli Papua berwirausaha sebesar 65.79%. Sedangkan sisanya sebesar 34.21% dijelaskan variabel lain yang tidak masuk dalam model ini. Diantaranya adalah achievement motivation, pengambilan resiko, keinginan untuk independen, locus of control, inovasi dan self efficacy . Faktor achievement motivation yang mempunyai peranan paling penting untuk dipertimbangkan oleh masyarakat asli Papua untuk berniat berwirausaha. Masyarakat pantai dan daerah pengunungan terdapat perbedaan niat yang mempengaruhi dalam melakukan kegiatan berwirausaha Daerah pegunungan lebih tinggi dipengaruhi oleh empat faktor. Dimana, niat wirausaha lebih tinggi dipengaruhi dikarenakan faktor achievement (keinginan berprestasi), Independent (kemandirian), risk (pengambilan risiko) dan inovasi. Sedangkan daerah pantai faktor yang lebih tinggi mempengaruhi adalah Locus of control (keinginan dalam diri) dan self efficacy (keyakinan akan kemampuan diri).
PERENCANAAN PRODUKSI BUAH PEPINO (Solanum muricatum) PADA INDUSTRI SKALA MIKRO Aditya Nugroho; . Susinggih Wijana; Nur Lailatul Rahmah
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2016
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Buah pepino merupakan buah yang termasuk dalam family solanaceae dan dapat dikembangkan sebagai bahan dasar pembuatan sirup. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan kualitas produksi sirup buah pepino pada peningkatan skala dan mendapatkan perencanaan produksi pada industri skala mikro. Penelitian dilakukan dengan melakukan peningkatan skala penelitihan terdahulu, yaitu sirup buah pepino dengan penambahan karaginan 0,4 % (b/v), dan dilakukan pengulangan sebanyak dua kali. Hasil pengujian kimia menunjukkan bahwa total padatan sirup sebesar 69,15 brix, viskositas sebesar 1,53 cps, vitamin C sebesar 3,02 mg/ 100ml, dan total gula sebesar 66,4%. Uji fisik menggunakan paired comparisen test menunjukkan hasil dari skala industri mikro tidak berbeda dengan hasil dari penelitian pendahuluan. Kebutuhan utilitas meliputi air sebesar Rp 24.743,00/ bulan, listrik sebesar Rp 37.033,00/ bulan, dan LPG sebesar Rp 246.093,00/ bulan. Analisis Finansial meliputi penetapan HPP sebesar Rp 1.240,94/ botol, BEP unit yang dicapai pada saat volume penjualan 1689 unit, dan payback period selama 2 tahun 3 bulan 18 hari.
DINAMIKA LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMILIHAN MEREK: STUDI KASUS PADA PEMBELIAN ULANG MOBIL Sanaji; Tias Andarini Indarwati
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2016
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Customer loyalty often become a company goal to maintain marketing performance. On the other hand, market situation is dynamic, both in supply and consumers demand, thereby building a truly customer loyalty to the brand is a challenge for marketers. This study used a case study approach to understand how the dynamics of costumer loyalty in brand choice, which is focused on the relation of corporate brand and experience in the use of previous brand when customer repurchase of a new car. The results showed that the corporate brand reputation still be a consideration in selection of new car, but the fit to the need of use a car become key considerations. Of the five cases observed, only one case had consistently choose the same corporate brand, and the rest swicthed to other corporate brand when purchase new car, although the contumers satisfied and not regret on previous brand, and corporate also offers the same product category with the competitors. These findings provide new understanding that in the purchase of products, the suitability of the current needs and the availability of competitors' products are the main driver of brand choice. This study provides a theoretical contributions in understanding the phenomena of loyalty and practical implications for marketers to build brand strategy and new product development.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN DI TINJAU DARI RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN RASIO PROFITABILITAS PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) JAWATIMUR Supardi Supardi; Zainollah Zainollah
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2016
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebanyakan Usaha Mikro Kecil Menengah menganggap laporan keuangan perusahaan tidak terlalu penting dan yang dipirkan adalah bagaimana hasil produknya laku terjual dan ketersediaan modal kerja. Sebagaimana fungsi laporan keuangan adalah dapat menggambarkan performance perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahuai kinerja keuangan pada UMKM di Jawa Timur khususnya ditinjau dari Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Rasio Profitabilitas perusahaan, serta perkembangannya selama 2012 sampai dengan tahun 2014. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Rasio Likuiditas perusahaan melalui rasio lancar (current ratio), rasio cepat (quick ratio), Rasio Solvabilitas meliputi (tatal debt to total asset ratio) dan (debt equity). Rasio Profitabilitas meliputi (profit margin), (return on asset) serta (return on equity) dengan menganalisis laporan keuangan pada tahun 2012 sampai tahun 2014. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada UMKM pada tahun 2012 sampai dengan tahun 2014 tingkat perputaran persediaan, perputaran piutang, perputaran aktiva cenderung menurun, perputaran aktifa tetap juga cenderung mengalami penurunan, sedangkan profit margin, return on assets dan return on equity cenderung meningkat
MODEL PERANCANGAN APLIKASI E-MARKETING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI PULAU LOMBOK Renny Nur’ainy Nur’ainy; Bagus Nurcahyo; Dyah Mieta Setyawati; Ety Sutanty
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2016
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan UMKM adalah kemampuannya menyediakan produk bagi pasar yang ada. Namun demikian, kelemahan mendasar yang dihadapi UMKM dalam pemasaran adalah rendahnya orientasi pasar, kelemahan dalam persqingan yang komplek dan tajam serta kurangnya infrastruktur pemasaran. Dalam menghadapi persaingan dan mekanisme pasar terbuka, pengawasan pasar merupakan prasyarat dalam mengembangkan daya saing. Oleh karena itu, perluasan akses pasar dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Berbasis Web sangatlah dibutuhkan sebagai media untuk komunikasi global. Salah satu yang memberikan keunggulan daya saing dalam persaingan bisnis internasional adalah teknologi informasi untuk pemasaran elektronik atau lebih dikenal dengan istilah e-marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah atau kajian terhadap kerangka kerja teoritis dan hasil empiris yang terkait dengan perancangan dan pengembangan teknologi informasi yang berhubungan dengan UMKM khususnya dibidang e-commerce dan e-marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting e-marketing bagi UMKM di Pulau Lombok dan mengembangkan model e-marketing yang sesuai dengan kebutuhan UMKM tersebut.
PENENTUAN TITIK PEMESANAN KEMBALI (REORDER POINT) DALAM PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TEPUNG TERIGU (STUDI KASUS PADA AMIRAH BAKERY TULUNGAGUNG) Nanik Madaniatul Munawaroh
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2016
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengendalian persediaan bahan baku merupakan salah satu cara yang tepat dalam mengatasi masalah pembekakan biaya persediaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengendalian persediaan bahan baku terigu dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan kembali bahan baku pada Amirah Bakery Tulungagung. Subyek dalam penelitian ini adalah Amirah Bakery Tulungagung dan obyeknya adalah pengendalian persediaan bahan baku tepung terigu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Economic Order Quantity (EOQ), Safety Stock (SS), dan Rorder Point (ROP). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah pesanan bahan baku yang optimal dengan menggunakan metode EOQ sebanyak 1286 Kg, persediaan pengaman (Safety Stock) yang harus tersedia adalah 248 Kg, dan titik pemesanan kembali (Reorder Point) yang dibutuhkan sebanyak 278 Kg
TRANSFORMASI POLA PIKIR MASYARAKAT DENGAN MENUMBUHKAN JIWA EKONOMI KREATIF SEBAGAI PENDONGKRAK UMK-M DI INDONESIA Fitria Andriani; Anis Fitria Ambarwati; Uswatun Chassanah; Nila Ida Wati
Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2016
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMK-M) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Oleh karena itu, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan sekaligus mengatasi pengangguran. Dalam konsep pembangunan, tidak hanya terkait masalah ekonomi saja tetapi juga terarah pada pembangunan sosial dimana masyarakat mampu merubah pola pikirnya dengan menumbuhkan jiwa ekonomi kreatif sebagai pemanfaatan serta pengelolaan sumber daya alam yang tidak lepas dari konsep suistainable development. UMK-M juga memiliki kontribusi besar dalam menghadapi MEA. Penting disadari bahwa menumbuhkan jiwa ekonomi kreatif sangat diperlukan guna mendongkrak UMK-M, yaitu dengan melalui transformasi pola pikir pada masyarakat Indonesia. Sesungguhnya pembangunan yang ideal tercermin dari partisipasi oleh masyarakat itu sendiri. Melalui hal tersebut sesuatu yang diharapkan dapat terwujud dari cita-cita pembangunan nasional adalah kesejahteraan masyarakat terus meningkat

Page 1 of 4 | Total Record : 32