cover
Contact Name
Dede Solihin
Contact Email
cakrawalajurnalekonomimanajeme@gmail.com
Phone
+6285781477624
Journal Mail Official
cakrawalajurnalekonomimanajeme@gmail.com
Editorial Address
JI. Pesantren No. 23 Desa Kabasiran Kec. Parung Panjang, Bogor 16360 Telp. 0215979070
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
ISSN : 30469910     EISSN : 30468884     DOI : 10.70451
Core Subject : Economy, Education,
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis merupakan jurnal yang membahas secara detail berbagai penelitian empiris pada topik ekonomi, bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini menyediakan forum pertukaran ilmiah bagi akademisi, praktisi, dan peneliti independen dengan menerbitkan penelitian empiris berkualitas, dengan fokus pada Ekonomi dan Bisnis (Sumber Daya Manusia, Keuangan, Pemasaran, dan Kewirausahaan) yang mengeksplorasi praktik terbaik, dalam penelitian. Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis terbit setiap 3 Bulanan yaitu bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh YAYASAN PENDIDIKAN MULIA BUANA (YPMB) dalam membantu para akademisi, peneliti dan praktisi untuk menyebarkan hasil penelitiannya. Semua publikasi di Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun.
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis" : 30 Documents clear
Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Ranch Market Kembangan Jakarta Barat Nawawi, Iman; Solihin, Dede
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : YAYASAN PENDIDIKAN MULIA BUANA (YPMB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70451/cakrawala.v1i3.49

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Ranch Market Kembangan Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel berjumlah 100 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y=8,054+1,180X1. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung 14,583 > ttabel 1,98447. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Toko Ranch Market Kembangan Jakarta Barat. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y=7,887+0,961X2. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung 18,142 > ttabel 1,98447. Dengan demikian H0 ditolak dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Ranch Market Kembangan Jakarta Barat. Store atmosphere dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y=6,403+0,318X1+0,744X2. Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung 172,905 > Ftabel 3,09. Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT Nitoza Indonesia Mandiri Kota Tangerang Adella Fajriliya Berliana; Rino Dedi Aringga
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : YAYASAN PENDIDIKAN MULIA BUANA (YPMB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70451/cakrawala.v1i3.50

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT Nitoza Indonesia Mandiri Kota Tangerang, baik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 responden. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t parsial dan uji F simultan. Hasil dari penelitian ini adalah Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT Nitoza Indonesia Mandiri Kota Tangerang, hal ini dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier sederhana Y=27,385+0,414X. Nilai korelasi sebesar 0,601 (sangat kuat). Nilai koefisien determinasi RSquare sebesar 36,1%. Nilai tHitung > tTabel 1,999 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Nitoza Indonesia Mandiri Kota Tangerang, hal ini dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier sederhana Y=21,403+0,553X. Nilai korelasi sebesar 0,679 (sangat kuat). Nilai koefisien determinasi RSquare sebesar 46%. Nilai tHitung 7,215 > Ttabel 1,999 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Nitoza Indonesia Mandiri Kota Tangerang, hal ini dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier berganda Y = 19,337+0,196X1+0,405X2. Nilai korelasi sebesar 0,713 (sangat kuat). Nilai koefisien determinasi RSquare sebesar 50,9%. Nilai Fhitung 31,084 > Ftabel 3,15 dengan tingkat siginifikan 0,000 < 0,05.
Pengaruh Disiplin dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bank J Trust Indonesia Kantor Cabang Sahid Sudirman Center Wildan Lazuardi; Dede Solihin
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : YAYASAN PENDIDIKAN MULIA BUANA (YPMB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70451/cakrawala.v1i3.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Bank J Trust Indonesia Kantor Cabang Sahid Sudirman Center. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan metode Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Pada PT Bank J Trust Indonesia Kantor Cabang Sahid Sudirman Center yang berjumlah 67 karyawan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 67 responden dengan teknik sampling jenuh. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t parsial dan uji F simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin terhadap kinerja karyawan pada PT Bank J Trust Indonesia Kantor Cabang Sahid Sudirman Center hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai thitung 9,115 > ttabel 1,998 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Bank J Trust Indonesia Kantor Cabang Sahid Sudirman Center hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai thitung 7,909 > ttabel 1,998 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Bank J Trust Indonesia Kantor Cabang Sahid Sudirman Center hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan nilai Fhitung 65,475 > Ftabel 3,14 dengan tingkat siginifikan 0,000 < 0,05.
Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Penta Valent Cabang Kota Tangerang Muarrif Al Chair; Udin Saprudin
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : YAYASAN PENDIDIKAN MULIA BUANA (YPMB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70451/cakrawala.v1i3.54

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Penta Valent. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel secara parsial dan simultan menggunakan sampling jenuh dan diperoleh sampel sebanyak 56 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 48,3% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,105> 2,005). Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 39,6% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (5,952> 2,005). Motivasi dan Disiplin Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan persamaan regresi Y = 1,125+ 0,397X1 + 0,188X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 76,4% sedangkan sisanya sebesar 20% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (37,114 > 3,160). Dengan demikian, terbukti Ho ditolak dan Ha diterima.
Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Jespro Network Rent di Jakarta Barat Michael Michael; Fauziah Septiani
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : YAYASAN PENDIDIKAN MULIA BUANA (YPMB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70451/cakrawala.v1i3.55

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaf dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan pembelian pada Periode 2018-2021 yaitu sebanyak 4.800 pelanggan di PT Jespro Network Rent Jakarta Barat, dengan jumlah sample sebanyak 98 responden yang diambil dengan melakukan metode proposional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Uji asumsi klasik yang digunakan meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, dan Uji Heterokedastisitas. Dan Analisis Penelitian Verikatif meliputi Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Regresi Linear Berganda, Koefisien Korelasi dan Koefisien Determinasi. Uji Hipotesis yang digunakan (Uji t) dan (Uji f) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan Thitung sebesar 4,434 > nilai Ttabel 1,985 dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai Thitung sebesar 11,627 > nilai Ttabel 1,985. Secara simultan hasil pengolahan data menunjukan harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Jespro Network Rent di Jakarta Barat, dengan di perolehnya nilai Fhitung > Ftabel 67,330 > 3,09 . Dengan nilai persamaan regresi berganda Y = Y = 5,453 + 0,066 X1 + 0,722 X2 Dengan koefisien determinasi sebesar R2 sebesar 58,6%. Kemudian sisanya di pengaruhi oleh faktor lain.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Aneka Buana Pondok Labu Aulia Syafira Putri; Sulistiyani Sulistiyani
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : YAYASAN PENDIDIKAN MULIA BUANA (YPMB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70451/cakrawala.v1i3.56

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Aneka Buana Pondok Labu, Untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Aneka Buana Pondok Labu, Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Aneka Buana Pondok Labu. Metode penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasinya adalah 18.743 konsumen, pengambilan sampel dapat menggunakan rumus Slovin, maka sampel adalah seluruh konsumen yang berjumlah 100 konsumen. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi ganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis, hasil perhitungan uji t variabel Kualitas Pelayanan (X1) dengan thitung sebesar 4,845 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (4,845 > 1.984) dan signifikansi lebih kecil dari 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdarsarkan hasil perhitungan uji t variabel Harga (X2) dengan thitung sebesar 7,570 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (7,570 > 1.984) dan signifikansi lebih kecil dari 5% (0.000) maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil di atas yakni uji ANOVA diperoleh nilai Fhitung sebesar 81.374 sedangkan Ftabel ( 0,05) untuk n = 97 sebesar 2.70. Jadi Fhitung > dari Ftabel ( 0,05) atau 81.374 > 2.70, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1), Harga (X2) dan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Panin Bank Kantor Cabang Utama Senayan Jakarta Selatan Reza Renaldi; Retno Japanis Permatasari
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : YAYASAN PENDIDIKAN MULIA BUANA (YPMB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70451/cakrawala.v1i3.57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh motivasi kerja dam disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Panin Bank Kantor Cabang Utama Senayan Jakarta Selatan.Sampel penelitian sebanyak 92 oranga responden.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kuantitatif melalui pendekatan asosiatif. Hasil secara parsial menunjukan bahwa terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, berdasarkan hasil uji t (uji parsial) pada variabel Motivasi Kerja (X1) yang menunjukan nilai thitung> ttabel dan nilai signifikan < 0,05 yaitu; 7,361 > 1,987 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, berdasarkan hasil uji t (uji parsial) pada variabel Disiplin Kerja (X2) yang menunjukan nilai thitung> ttabel dan nilai signifikan < 0,05 yaitu; 3,611 > 1,987 dan signifikan 0,001 < 0,05. Hasil secara simultan menunjukan terdapat pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, berdasarkan hasil uji F (uji simultan) pada variabel Motivasi Kerja (X1) dan Disiplin Kerja (X2) yang menunjukan nilai Fhitung> Ftabel dan nilai signifikan < 0,05 yaitu; 64,549 > 2,71 dan signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai Adjusted R Square sebesar 0,583 atau 58,3%. Hal ini berarti, variabel motivasi kerja dan disiplin kerja mampu menjelaskan besaran pengaruh terhadap variabel kinerja karyawan sebesar 58,3% sedangkan sisanya sebesar 41,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jco Donut & Coffee Mall Puri Indah Putra Jayanto; Nurmin Arianto
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : YAYASAN PENDIDIKAN MULIA BUANA (YPMB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70451/cakrawala.v1i3.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT JCO Donut & Coffee di Mall Puri Indah, Jakarta Barat baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah insidental sampling menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji kuantitatif, uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,368 > 1,986) dan sig. (0,001 < 0,05). Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel (7,307 > 1,986) dan sig. (0,000 < 0,05). Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dimana diperoleh nilai F hitung > F tabel (190,957 > 3,10) dan sig. (0,000 < 0,05).
Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bogor Anisa Anisa; Diana Azwina
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : YAYASAN PENDIDIKAN MULIA BUANA (YPMB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70451/cakrawala.v1i3.59

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bogor. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah metode teknik sampling jenuh, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh oleh kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 56 pegawai. Pengujian data kuesioner dianalisis dengan menggunakan perhitungan SPSS versi 26, pada uji hipotesis tingkat signifikansi a = 5%. Hasil penelitian ini adalah Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,594 artinya disiplin kerja terhadap kinerja pegawai memiliki tingkat hubungan yang positif dengan koefisien determinasi sebesar 35,3% serta uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (5,430 > 2,00488) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja pegawai. Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,770 artinya motivasi kerja terhadap kinerja pegawai memiliki tingkat hubungan yang positif dengan koefisien determinasi sebesar 59,3% serta uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,872 > 2,00488) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Disiplin kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,813 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki tingkat hubungan yang positif dengan koefisien determinasi sebesar 66,0% serta uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau 51,490 > 3,17 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya secara simultan disiplin kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bogor.
Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Enseval Putera Megatrading Depok Didi Suprianto; Rahmi Andini Syamsuddin
Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : YAYASAN PENDIDIKAN MULIA BUANA (YPMB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70451/cakrawala.v1i3.60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Enseval Putera Megatrading Depok, untuk menganalisis pengaruh secara parsial antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Enseval Putera Megatrading Depok, untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh secara simultan antara disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Enseval Putera Megatrading Depok. Metode penelitian ini bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, adapun populasi yang digunakan sebanyak 65 responden dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 65 responden yang didapat dari penentuan sampel dengan menggunakan sampel jenuh yaitu menggunakn sampel berdasarkan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, teknik analisis data dengan uji validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis uji t uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa disiplin kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan, dilihat dari nilai thitung > ttabel (8,054 > 1,99) dengan nilai (sig) 0,000 < 0,05. Motivasi kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan dilihat dari nilai thitung > ttabel (9,354 > 1,99) dengan nilai (sig) 0,000 < 0,05 dan secara simultan didiplin kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dilihat dari nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (57,013 > 3,15) dengan nilai signifikasinya 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil koefisien determinasi memiliki kontribusi pengaruh sebesar 63,6% dan sisanya sebesar 36,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Page 1 of 3 | Total Record : 30