cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
ISSN : 14116502     EISSN : 27228649     DOI : -
Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian buku
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2017)" : 10 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palopo Pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Nurasia Nurasia
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 18, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.562 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v18i2.5891

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI  IPA SMA Negeri 3 Palopo pada materi pokok larutan asam basa.  Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain Faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palopo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 180 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas XI IPA D dan XI IPA F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 menggunakan analisis ANACOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas XI IPA SMA  Negeri 3 palopo pada materi pokok larutan asam basa, (2) Tidak ada pengaruh gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas XI IPA SMA  Negeri 3 palopo pada materi pokok larutan asam basa, (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3  Palopo pada materi larutan asam basa. Rata-rata  keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik yang memiliki gaya belajar audiotori lebih tinggi dari pada peserta didik yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik.Kata kunci: Model pembelajaran, Gaya belajar, Keterampilan berpikir kritis ABSTRACTThis research aims to identify the influence of instructional model and learning style to critical thinking skills of students in class XI Science SMAN 3 Palopo in the subject matter acid-base solution. This type of research is quasi-experimental using factorial design 2x3. Population of the research was all students in class XI Science SMAN 3 Palopo school year 2013/2014 which amounted to 180 students. The sample was taken by simple random sampling and the selected class is XI D Science and XI F Science. The Hypothesis test was conducted by SPSS 20 Program using The ANACOVA (Analysis of Covariance) analysis. The results of this study show that (1) There is an influence of instructional model to critical thinking skills of students in class XI Science at SMAN 3 Palopo in the subject matter acid-base solution, (2) There is no influence of visual learning style, auditory and kinesthetic toward the critical thinking skills of students in class XI Science SMAN 3 Palopo in the subject matter acid-base solution, (3) There is no interaction between the instructional model and learning styles in influencing the critical thinking skills of students in class XI Science SMAN 3 Palopo the acid base solution material. Average critical thinking skills that students taught using inquiry learning model is higher than those taught using direct instructional model. Average score critical thinking skills of learners who have learning styles auditory higher than the learners who have visual and kinesthetic learning styles.Keywords: Instructional model, Learning style, Critical thinking skills
Pengaruh Penggunaan Media Animasi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 30 Makassar (Studi pada Materi Pokok Karakteristik Zat) Reni Appang Allo; Sugiarti Sugiarti; Pince Salempa
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 18, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.855 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v18i2.5900

Abstract

ABSTRAKTujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan media animasi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 30 Makassar pada materi pokok karakteristik zat. Penelitian quasi eksperiment ini menggunakan desain pretest-posstest only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 30 Makassar yang berjumlah 296 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media animasi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas eksperimen dan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa menggunakan media animasi di kelas kontrol serta variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar siswa.Instrumen pengumpulan data hasil belajar adalah tes dan instrumen pengumpulan data motivasi belajar adalah angket . Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t menghasilkan t(hitung)> t(tabel) = 10,06 >1,667 pada α ═ 0,05 untuk motivasi belajar sedangkan t(hitung)> t(tabel) = 1,722>1,667 pada α ═ 0,05 untuk hasil belajar. Hasil uji-t membuktikan bahwa penggunaan media animasi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 30 Makassar studi pada materi pokok karakteristik zat.Kata kunci: Media animasi, Inkuiri terbimbing, Motivasi, Hasil belajar, Karakteristik zat. ABSTRACTThe Purpose of this study  to determine the possitive effect of using media animation trough guided inquiry learning model on learning motivation and student achievement at class VII SMPN 30 Makassar on subject matter characteristic substance.This quasy experimental research using pretest-posstest only control design. The population was class VII of SMPN 30 Makassar which consists of 296 student.The independent variable in this study was using media animation throughguidedinquiry learning model at experiment class and guided inquiry learning models without the use of media animation in control class, the dependent variable was motivation and student achievement. The instrument for data collection for student achievement was a test and the instrument for learning motivation was a questionnaire.The hypothesis test using t-test shows that tcalculate> ttable= 10,06>1,667 on α ═ 0,05 for the motivation and the hypothesis test using t-test shows that tcalculate> ttable= 1,722>1,670on α ═ 0,05 for students learning.T-test results prove that using media animation in guided inquiry learning models givespositiveeffected to toward motivation and student achievement of class VII SMPN 30 Makassar on characteristicsubstances subject matter.Keywords: Media animations, Guided inquiry, Motivation, Student achievement, Characteristics of substances
Peran Akar Kayu Bayur (Pterospermum sp.) terhadap Fermentasi Nira Aren (Arenga pinnata) Siti Nurlina Mentari; Muhammad Jasri Djangi; Sudding Sudding
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 18, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.475 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v18i2.5901

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran akar kayu bayur terhadap fermentasi nira aren dengan parameter pengukuran yaitu derajat keasaman (pH) dan kadar alkohol. Peran akar kayu bayur (Pterospermum sp.) dapat dilihat dari nilai pH dan kadar alkohol hasil fermentasi nira aren tanpa penambahan akar kayu bayur dengan nira aren menggunakan akar kayu bayur selama proses fermentasi 72 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akar kayu bayur yang ditambahkan pada nira aren berfungsi sebagai pengawet tuak sehingga menyebabkan kadar alkohol hasil fermentasi nira aren bertahan lebih lama pada konsentrasi 4% selama 64 jam serta memperlambat fermentasi alkohol menjadi asam asetat.Kata kunci : Nira aren (Arenga pinnta), Akar kayu bayur (Pterospermum sp), FermentasiABSTRACTThis research aimed to determine the role of wood root bayur toward the fermentation of sugarpalm nira with measuring parameters, i.e, the degree of acidity (pH) and alcohol content. Role of wood root bayur (Pterospermum sp.) was observed from the pH value and the alcohol content of fermented sugarpalm nira without the addition of wood root bayur compared to the fermented sugarpalm nira using wood root bayur during the 72 hours of fermentation. The results showed that the wood root bayur added to the sugarpalm nira served as nira preservatives, causing the alcohol content of fermented sugarpalm nira last longer at the concentration of 4% for 64 hours and retarding the fermentation of alcohol into acetic acid.Key words: Sugarpalm nira (Arenga pinnata), Wood root bayur (Pterospermum sp.), Fermentation
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) berbasis Macromedia terhadap Hasil Belajar Kimia Organik pada Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP YAPIM Maros Hikmah Rusdi; Warda Murti
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 18, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.857 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v18i2.5882

Abstract

ABSTRAKJenis penelitian ádalah penelitian eksperimen dengan subyek penelitian yaitu mahasiswa program studi pendidikan biologi yang sedang menempuh mata kuliah kimia organik pada semester genap (II) tahun akademik 2016/2017. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui pembagian kelas berdasarkan perlakuan model pembelajaran yang diberikan, kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran kooperati tipe TGT berbasis Macromedia dan kelas konstrol menerapkan model pembelajaran kooperati tipe TGT. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik pemberian pretest-postest untuk hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai yang telah divalidasi item. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS Versi 21 for Windows serta analisis N-gain. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel (4,45 > 2,019). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis Macromedia terhadap hasil belajar kimia organik mahasiswa pendidikan biologi STKIP YAPIM Maros.Kata kunci: TGT, Macromedia, Hasil belajarABSTRACTThe type of research is experimental research with the subject of research that is the biology education program students who are taking organic chemistry course in the even semester (II) of  2016/2017 academic year. The research procedure was carried out through class division based on the treatment of the given learning model, the experimental class applied the cooperative learning model TGT based on Macromedia and the constrol class applied the TGT type. Technique Data collecting in this research is done by giving pretest-postest technique for learning result. The research instrument used is essay test which has validated the item. The collected data were then analyzed using normality test, homogeneity test, and hypothesis test with SPSS Version 21 for Windows and N-gain analysis. Based on t test was obtained t count> ttable (4.45> 2.019). The results of this study indicate that there is influence of cooperative learning model type Macromedia-based TGT on organic chemistry learning result of biology students STKIP YAPIM Maros.Keywords: TGT, Macromedia, Learning Result
Pengaruh Model Pembelejaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Frater Makassar (Studi pada Materi Pokok Hidrolisis Garam) Santi Palodang; Alimin Alimin; Halimah Husain
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 18, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.12 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v18i2.5902

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh positif pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap   hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Frater Makassar (studi pada materi pokok Hidrolisis Garam). Desain penelitian adalah “Pretest-Posttest Control Group Design”. Variabel dalam penelitian ini  adalah model pembelajaran dan hasil belajar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif Jigsaw dan pembelajaran langsung, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Frater Makassar yang terdiri dari 3 kelas.  Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA1sebagai kelas control dengan teknik pengambilan sampel melalui random sampling. Jumlah siswa masing-masing kelas adalah 25 siswa pada kelas XI MIA3  dan 23 siswa pada kelas XI MIA1. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest yang selanjutnya dikonversi ke skor N-Gain. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,20 dan kelas kontrol 67,379 dengan standar deviasi berturut-turut adalah 7,511dan 10,70. Ketuntasan kelas sebesar 76% dan 30,34%. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa nilai thitung= > ttabel=1,6775. Oleh karena,  thitung > ttabel ,berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model  pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Frater Makasssar pada materi pokok hidrolisis garam.Kata kunci: Jigsaw,  Hasil belajar, Hidrolisis garam ABSTRACTThis study was a quasi-eksperimental research which aim to determine the existence positive effect on the cooperative learning model Jigsaw types to the learning outcomes of students of class XI MIA Senior High School Frater Makassar (studies on the subject matter of Salt Hydrolysis). The study design was “ pretest-postest control group design”. Variables in this study are learning models and learning outcomes.The independent variable in this study is that learning learning model Jigsaw type and direct learning and the dependent variable is students learning outcomes of class XI MIA Senior High School Frater Makassar. The population in this study was class XI MIA of Senior High School Frater Makassar where consist  of 3 classes. The sample in this study consists of two classes  while the sample is class XI MIA3 as experimental class and class XI MIA1as the control class which removal technique by random sampling. The numbers of students in each class are 25 students in class XI MIA3 and 23 students in the class XI MIA­­1­. Data retrievals of learning outcomes were achieved by administering pretest and posttest furthermore converted to a score N-Gain. Learning outcomes data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The analysis were showed the average value of the experimental class was 78,20 and control class was 67,379 with a standard deviation are respectively were 7,511 and 10,708  and the grade of completencess were 76% and 30,34%. The result of inferential analysis using t-test showed that tcount > ttabel=1,6775. Therefore, tcount> ttabel, it means that H0 was rejected or H1 was accepted. It can be concluded that the cooperative learning model Jigsaw type was positive effect on students learning outcomes of class XI MIA Senior High School Frater Makassar  the subjet matter of salt hydrolysis..Keywords: Jigsaw, Learning outcomes, Salt Hydrolysis
Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Hidrólisis Garam di Kelas Xi Ipa SMA Negeri 1 Mare) Evi Aspirani
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 18, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.576 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v18i2.5897

Abstract

ABSTRAKJenis penelitian adalah eksperimen semu menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mare. Sampel dipilih secara acak dan diambil dua kelas dari lima kelas.  Pengujian hipotesis dilakukan  menggunakan analisis varian dua arah GLM Univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar kimia peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe TPS dengan tipe GI pada materi pokok hidrólisis garam di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mare (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mempunyai kemampuan awal yang tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan awal  yang tinggi memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam dibandingkan kemampuan awal yang sedang dan rendah (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik.Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, Kemampuan awal ABSTRACTThe type of research is quasi eksperiment with factorial design of 2 x 3. Population of this research was XI grade students of SMA Negeri 1 Mare. Sample was taken randomly 2 of five classes. The hypothesis test was done by two way analysis of variance GLM Univariate. The result shoms that (1) there is no differences of chemistry learning outcomes between students who were taught by using cooperative learning type TPS and by using cooperative learning type GI on the subject matter hydrolysis of salt in ClassXI Science of SMA Negeri 1 Mare; (2) there is differences of learning outcomes between students with high, fair, and low ability. Student with high skill give a big influence of their learning outcomes than students with fair and low skill; (3) there is no interaction between learning model with the basic skill of student toward their learning outcomes.Keywords: Cooperative learning models, Basic skill
Kapasitas Adsorpsi Arang Aktif dari Kulit Singkong terhadap Ion Logam Timbal Diana Eka Pratiwi
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 18, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.093 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v18i2.5898

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mensintesis karbon aktif dari limbah kulit singkong dan menentukan kapasitas adsorpsi maksimum karbon aktif hasil sintesis terhadap ion logam timbal. Sintesis karbon aktif dilakukan dalam beberapa tahap, meliputi preparasi kulit singkong, karbonisasi, dan aktivasi karbon dengan H3PO4 10 %. Adsorpsi ion logam timbah oleh karbon aktif dilakukan dengan metode batch pada pH 6 dan waktu kontak selama 210 menit, dengan variasi konsentrasi ion logam timbal sebesar  1,2,3,4, dan 5 ppm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adsorpsi ion logam timbal oleh karbon aktif kulit singkong mengikuti pola isoterm Langmuir dengan kapasitas adsorpsi maksimum sebesar 0.198 mg/g.Kata kunci: Kulit singkong, Karbon aktif, Adsorpsi, Logam timbal ABSTRACTThis study aims to synthesis the activated carbon from cassava peel and utilize the activated carbon as adsorbent for lead ion. The synthesis of activated carbon consists of several stages, i.e : preparation of cassava peel, carbonization process, and activation process using H3PO4 10 %. Adsorption of lead ion by activated carbon using batch method at pH 6 and contact time of 210 minutes, with the variation of lead ion concentration of 1, 2, 3, 4, and 5 ppm. The result shows that the adsorption of lead ion by activated carbon from cassava peel follows the Langmuir isotherm with the maximum adsorption capacity of 0.198 mg/g.Keywords: Cassava peel, Activated carbon, Adsorption, Lead ion
Pengaruh Perbandingan Monomer dan Crosslinker terhadap Karakter Pori Keramik Berpori Gelcasting Porous Ceramic Matrix Lapindo Mud Suriati Eka Putri
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 18, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.873 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v18i2.5890

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan monomer dan crosslinker terhadap karakter pori keramik berpori gelcasting dengan matriks lumpur lapindo. Prinsip dasar metode gelcasting adalah polimerisasi in situ. Monomer yang digunakan akrilamid (AM) dan crosslinker metilenbiskrilamid (MBAM). Polimer yang terbentuk bertindak sebagai template pori pada saat sintering. Pada penelitian ini dikaji perbandingan AM:MBAM sebesar 6:1; 12:1; 18:1; 24:1. Diameter pori diukur  menggunakan metode bubble point. Pori yang dihasilkan sebesar 0,33 μm hingga 2,02 μm.Kata kunci: Lumpur Lapindo, Keramik, Pori, Gelcasting ABSTRACTThis study aims to determination the influence of ratio monomer and crosslinker toward pore character of gelcasted ceramic matrix Lapindo mud. The principle gelcasting method is polymerization insitu. Monomer used was acrylamide (AM) and crosslinker methylenbisacrylamide (MBAM). Polymer act as pore template while sintering process. This research study ratio AM:MBAM of 6:1; 12:1; 18:1; 24:1. Pore diameter was measured by bubble point method. The range of pore was 0,33 μm until 2,02 μm.Keywords: Lapindo Mud, Ceramics, Pores, Gelcasting
Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa) Andi Khaerunnisa Hardyanti Arki; Army Auliah; Iwan Dini
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 18, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.678 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v18i2.5899

Abstract

 ABSTRAKPenelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan langkah-langkah metode pembelajaran kooperatif tipe TPS sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar. Empat tahapan PTK, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar yang terdiri dari 7 langkah yaitu: (1) menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengaitkan materi pembelajaran dengan materi sebelumnya; (2) memberikan masalah kepada siswa secara tertulis yang diselesaikan secara individual dengan memberikan Time Of Think selama 15 menit; (3) mengelompokkan siswa secara berkelompok secara sejajar yang kemudian mendiskusikan hasil pemikiran individualnya secara silang; (4) membagikan hasil diskusi kelompok kepada kelompok lain dengan mempresentasekan secara singkat; (5) memberikan tes kepada siswa berupa soal essay yang dikerjakan oleh siswa seara individual untuk menguji kemampuan yang dimilikinya; (6) memberikan reward dalam bentuk pujian kepada setiap siswa yang memiliki nilai tertinggi; dan (7) meminta siswa untuk menyimpulkan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hasil belajar siswa siklus I yaitu 62.13% tidak mencapai ketuntasan. Hasil belajar siswa siklus II yaitu 87.06% mencapai ketuntasan.Kata kunci: TPS, Hasil belajar, Asam basa ABSTRACTThis classroom action research aims to know how to apply the cooperative learning method of TPS type to enhance the student’s achievement of the class XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar. There are four stage of CAR, (1) planning, (2) action, (3) observation and (4) reflection. The research was done in two cycle. The result showed that TPS learning method could enhance the student’s achievement of class XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar, there are 7 steps are: (1) explain the learning purpose and linking the learning materials with that have been studied previously; (2) giving problem to the student who solved individually by providing the time of think for 15 minutes; (3) Grouping students in parallel and share the results of discussions within the group as a cross; (4) share the group discussion result to the other group by short presentation; (5) provided the test to the students in the form of essay is done by individually to test its capabilities; (6) given the reward in the form of compliment to every student who has the highest score; dan (7) asked the student to summarize the learning result according to the learning purpose. The student’s achievement for cycle I is 62.13% incomplete. The student’s achievement for cycle II is 87.06% complete.Keywords: TPS, Student’s achievement, Acid-base.
Pengembangan Modul Analisis Volumetri Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada LSP P1 Analis Kimia SMK-SMAK Makassar I Ketut Suryawirawan
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 18, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.971 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v18i2.5895

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain/alur kerja pengembangan modul melaksanakan analisis volumetri berbasis SKKNI, CBT dan pembelajaran mandiri dan untuk mengetahui kualitas modul yang telah dikembangan sampai pada hasil uji coba lapangan skala luas. Pegembangan modul melaksanakan analisis volumetri berbasis SKKNI di LSP P1 Analis Kimia SMK-SMAK Makassar berpedoman pada langkah-langkah pokok pengembangan Borg & Gall (1983) yang dikombinasikan dengan langkah-langkah pengembangan modul yang terdapat dalam panduan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidik Kementerian Pendidikan. Modul yang dikembangkan yaitu: Panduan modul, Buku informasi, Buku Kerja dan Buku Penilaian. Ditinjau dari ketepatan cakupan isi, penggunaan bahasa, tampilan, sajian dan kelengkapan modul telah divalidasi oleh tiga orang ahli dan hasilnya valid dan reliabel. Berdasarkan uji validitas korelasi bivariate product moment dan uji reliabilitas koefisien Alpha Cronbach prestasi hasil belajar setelah mempelajari modul dengan software SPSS 22 diperoleh hasil modul melaksanakan analisis volumetri  telah valid dan reliabel. Hasil uji coba oleh empat orang asesor atau 100% dan 38 dari 40 atau 92,50% peserta uji kompetensi memberikan respon positif mengenai penggunaan modul sebelum uji kompetensi, dengan demikian telah terpenuhi aspek kepraktisan. Tingkat ketuntasan belajar siswa diukur dari prestasi belajar kognitif dan psikomotorik setelah mempelajari modul sebesar 97,50% telah memenuhi kriteria keefektifan.Kata kunci: SKKNI, CBT, Valid dan Reliabel ABSTRACTThe objectives of the research are to discover the design/workflow of volumetric analysis module based on SKKNI (Indonesian National Work Competence Standart), CBT, and independent learning to discover the quality of module developed until lerge scale field test result. The development of volumetric analysis module based on SKKNI in LSP P1 of Chemistry Analysis of SMK-SMAK Makassar is based on basic stages by Borg & Gall’s (1983) development stages combined with module development stages contained in Directorarate General of Educator and Teacher Quality Improvement of Education Minister guide. The module developed re: Module Guide, Information Book, Work Book and Assessment Book. In terms of content coverage accuracy, languange usange, display, course and completeness of the module had been validated by three experts and the result is valid and reliable. Based on validity test of bivariate product moment correlation and reliability test of Alpha Cronbach coefficient of learning result achievement and after studying the module with SPSS 22 software, it is obtained  the result of volumetric analysis module is valid and reliable. The test result based on four assessor is 100% or 38 out of 40 or 92,50% of competency test give positive response on the untilization of module before competency test; therefore, practicality aspect had been fulfilled. The students’ learning completeness levels measured from cognitive and psychomotor learning achievements after studying the module is 97,50% which had fulfilled effectiveness criteriaKeywords: SKKNI, CBT, valid and reliable

Page 1 of 1 | Total Record : 10