cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA" : 10 Documents clear
METODE PEMBELAJARAN FISIKA BERDASARKAN TEORI MULTIPLE INTELIGENCE PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR Galuh K Wardhani; Ferdy S Rondonuwu; Marmi Sudarmi
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.438 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v10i3.972

Abstract

In Indonesia, there are a lot of learning activities using classical learning process even though not all students have the same level of intelligence. Therefore, teacher needs to know the dominant MI (Multiple Intelligence) in the class so that the learning process will be appropriate. In reality, there are students with MI that is tends to be naturalist intelligence. Therefore, an appropriate RPP is needed for students’ dominant intelligence so they can absorb the material at their best. Planning appropriate learning strategies for different students’ intelligence and what are the effects of the use of those learning strategies towards students’ understanding of learning material about heat transfer. This research used classroom activity research (PTK) in which the teacher acts as a researcher. This reseach was divided into four steps, that are planning, implementation, observation, and reflection. In planning, students’ multiple intelligence were assessed using multiple intelligence test. Then, the test results were analyzed to know the dominant intelligence and the style of learning of each student. Then, the teacher arranged RPP as a research instrument that is appropriate for dominant intelligence in class, evaluation test, and observation guide. In implementation, RPP was applied to learning process in class and the learning process was recorded in observation sheet. In reflection, evaluation results were analyzed to find the average score and percentage of students’ successful learning process. Meanwhile, the data on the observation sheet was analyzed descriptively and qualitatively. The evaluation result shows that 22 from 27 students or roughly 81% students get the same score or higher than 70. This result shows that learning strategies based on the dominant intelligence in class can help students to understand the material about heat transfer..Di Indonesia masih banyak kegiatan pembelajaran menggunakan pembelajaran klasikal padahal tidak semua siswa memiliki kecerdasan yang sama.  Sehingga guru perlu mengetahui MI (Multiple Intelegence) yang dominan di kelasnya, supaya pembelajarannya bisa disesuaikan. Pada kenyataannya ada siswa yang memiliki MI cenderung mengarah ke kecerdasan naturalis, maka dibutuhkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang sesuai dengan kecerdasan siswa sehingga penyerapan materi pada siswa dapat maksimal serta merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan kecenderungan kecerdasan siswa dan bagaimana dampak penggunaan strategi pembelajaran tersebut terhadap pemahaman siswa pada materi  perpindahan kalor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dimana guru bertindak sebagai peneliti. Penelitian ini terbagi menjadi empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, kecerdasan majemuk siswa dinilai dengan cara memberikan tes kecerdasan majemuk. Hasil tes kemudian dianalisa untuk mengetahui kecenderungan kecerdasan dan gaya belajar setiap siswa. Selanjutnya guru menyusun instrumen penelitian berupa RPP berdasarkan kecenderungan kecerdasan yang dominan dalam kelas, soal evaluasi, dan pedoman obsevasi. Pada tahap pelaksanaan, RPP diterapkan dalam pembelajaran di kelas dan jalannya pembelajaran direkam dalam lembar observasi. Pada tahap refleksi, hasil evaluasi dianalisis untuk mencari nilai rata-rata dan prosentase keberhasilan belajar siswa, sedangkan data pada lembar observasi dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 22 dari 27 siswa atau sebesar 81% siswa mendapatkan nilai sama atau lebih dari 70. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berdasarkan kecenderungan kecerdasan yang dominan dalam kelas dapat membantu siswa memahami materi perpindahan kalor.Kata Kunci:  kecerdasan alamiah, gaya belajar,perpindahan kalor 
PENGGUNAAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS VIDEO DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN PERUBAHANNYA Erniwati Erniwati; Rosdiana Eso; Sitti Rahmia
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.695 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v10i3.964

Abstract

This study was an experimental study with practical application of video-based media in learning, which aims to improve student learning outcomes in the subject matter and temperature changes. Research conducted in this Kendari SMPN5 utilize VIIB class as experimental class and class VIIa as a control class. The results of this study showed that the mean scores of post-test experimental class students significantly better than the average score post-test control class indicated by the average score of students' post-test experimental class at 61.37 and scores the average post-test control class at 43.27 with thit value = 3.82> ttab = 2.01 at α = 0.05. While the average score gain results-physics students learn science class experiment significantly better than the average score gain results Physics students learn science-control class indicated by the average score of student learning outcomes gain of 0.40 and the experimental class the average score gain control class student learning outcomes of 0.24.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan penerapan media praktikum berbasis video dalam pembelajaran,yang bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan perubahannya. Penelitian yang dilakukan di SMPN 5 Kendari ini memanfaatkan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata post-test siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan daripada skor rata-rata post-test siswa kelas kontrol yang ditunjukkan oleh skor rata-rata post-test siswa kelas eksperimen sebesar 61,37 dan skor rata-rata post-test siswa kelas kontrol sebesar 43,27 dengan nilai thit = 3,82 > ttab = 2,01 pada α = 0,05. Sedangkan skor rata-rata gain hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan daripada skor rata-rata gain hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas kontrol yang ditunjukkan oleh skor rata-rata gain hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0,40 dan skor rata-rata gain hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 0,24.Kata Kunci:  media praktikum berbasis video, hasil belajar siswa
PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA ICQ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP/SEDERAJAT SEKOTA KENDARI SEBAGAI SEKOLAH PRAKTEK PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA FKIP-MIPA UHO Sitti Kasmiati; La Harudu
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.635 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v10i3.959

Abstract

It has conducted research-based learning tools Application Development Multimedia ICQ (Internal Control Question) to improve the quality of science teaching at the junior high school or the equivalents derby Kendari. The study was conducted with the specific aim is to improve the learning outcomes of Science-Physics and makes the SMP / equivalent derby Kendari as Learning Practice Model School, for students of Department PMIPA FKIP Unhalu to practice learning, such as (PPL, research / thesis) and other activities under the guidance of a teacher at your school and the faculty as a researcher and observer. This research method is a class action research that has been done for two cycles in class junior class VIII3 Neg. 4 and grade junior VIIIH Neg.5 Kendari in the subject matter Optical instruments. The data obtained through the instruments of the device applied qualitatively analyzed with descriptive statistics. To determine whether the application of the developed device can increase the average activity and student learning outcomes. From the analysis of the data it is concluded that: 1) Activity VIII3 grade students of SMP Negeri 4 Kendari are taught by applying multimedia learning Internal Control Question (ICQ) sufficiently increased from the first cycle to the second cycle, as shown by the average value of student activity in the first cycle of 2.8 and the second cycle increased by 0.5 to 3.3; 2) Results learn science-physics in the first cycle 62 minimum value and a maximum value 89 and the average value of 78; in the second cycle distribution obtained minimum value and a maximum value of 63 to 94 and the average value of 80. Improved learning outcomes IPA-physics can also be seen from the percentage of students who pass that in the first cycle of 84%, increasing to 87% in the second cycle. Likewise for SMP VIIIH class 5 Kendari Activities graders taught by applying multimedia learning Internal Control Question (ICQ) is quite an increase from the first cycle to the second cycle, with an average value of 2.8 in the first cycle and the second cycle the average activity of students has increased to 3.3; 2) Results learn science-physics students in the first cycle minimum value obtained 59 and maximum 92 with an average value of 73.7; Similarly, in the second cycle distribution obtained a minimum value of 63 and a maximum value of 94 with an average value of 80.0; This is also indicated by the percentage increase in the number of students who have completed, in which the first cycle of 65% rising to 90% in the second cycleTelah dilakukan penelitian Penerapan  Pengembangan  perangkat pembelajaran berbasis Multimedia ICQ (Internal Control Question) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP/sederajat sekota Kendari. Penelitian  dilakukan dengan tujuan khusus adalah meningkatkan hasil belajar IPA-Fisika serta menjadikan SMP/sederajat sekota Kendari sebagai sekolah Model Praktikum Pembelajaran, bagi mahasiswa Jurusan PMIPA FKIP Unhalu untuk melakukan  praktek pembelajaran, seperti (PPL, penelitian/skripsi) dan kegiatan lainnya dibawah bimbingan guru pada sekolah yang bersangkutan dan dosen sebagai peneliti dan observer. Metode penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan selama dua siklus di kelas Kelas VIII3 SMP Neg. 4 dan kelas VIIIH SMP Neg.5 Kendari pada  materi pokok Alat-alat Optik.  Data-data yang diperoleh melalui  intrumen pada  perangkat yang diterapkan dianalisis dengan statistik deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui apakah penerapan perangkat yang dikembangkan dapat meningkatakan  rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Aktivitas siswa kelas VIII3 SMP Negeri 4 Kendari yang diajar dengan menerapkan pembelajaran multimedia Internal Control Question (ICQ) cukup mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,8 dan pada siklus II meningkat sebesar 0,5 menjadi 3,3; 2) Hasil belajar IPA-Fisika  pada siklus I  nilai minimum 62 dan nilai maksimum 89 serta nilai rata-rata 78; pada siklus II diperoleh sebaran nilai minimum 63 sampai dan nilai maksimum 94 serta nilai rata-rata 80. Peningkatan hasil belajar IPA-Fisika juga dapat dilihat dari  Persentase jumlah siswa yang tuntas yaitu pada siklus I sebesar  84 % meningkat menjadi 87 % pada siklus II. Demikian juga untuk kelas VIIIH SMP Negeri 5 Kendari Aktivitas siswa kelas yang diajar dengan menerapkan pembelajaran multimedia Internal Control Question (ICQ) cukup mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II,  dengan nilai rata-rata  pada siklus I sebesar 2,8 dan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa mengalami meningkat  menjadi 3,3; 2) Hasil belajar IPA-Fisika siswa pada siklus I nilai minimum diperoleh 59  dan maksimum 92 dengan nilai rata-rata 73,7. Sama halnya pada siklus II diperoleh sebaran nilai  minimum 63 dan nilai maksimum 94 dengan nilai rata-rata 80,0. Hal ini juga ditunjukkan oleh persentase peningkatan jumlah siswa yang sudah tuntas , dimana siklus I sebesar 65 % meningkat menjadi 90 % pada siklus II.Kata Kunci:         perangkat pembelajaran berbasis multimedia, ICQ, hasil belajar fisika
SINTESIS DAN KARAKTERISASI PYRITE (FeS2) DARI DEPOSIT MINERAL KECAMATAN BONTOCANI, KABUPATEN BONE, SULAWESI Abdul Haris; Bunga Dara Amin; A. Momang; Nurhasmi Nurhasmi
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.276 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v10i3.963

Abstract

This research is about synthesis and characterization of pyrite, from minerals deposite of Bontocani subdistrict, Bone regency, South Sulawesi. The sample of minerals was characterized by using X-Ray Diffraction (XRD) to determine the  crystal structure and  chemical composition of  the  minerals. Based on  the  results of  XRD characterization, we found that the composition MB_06 of Pyrite (FeS2) 64 wt.%, Hematite   iron (III) oxide (Fe2O3) 15 wt.%, Silicon Okside (SiO2) 14 wt.% dan Magnetite (Fe3O4) 4 wt.%.. And the composition MB_13 of Pyrite 9.8 wt.%, Hematite (Fe2O3) 4 wt.%, Molybdenum (Mo) 8 wt.%, dan Silicon Oxide (SiO2) 78 wt.%. This purification of pyrite had done by dissolve 4 gram of pyrite minerals with 20 ml of HCl solution 12 M then heated at certain temperature 300 0C  for 2,5 h. Based on the results of XRD characterization, we found that the composition of pyrite are 85 wt% on MB_06 and 83 wt% on MB_13. SEM characterization was used to know the accidence  of the minerals. The results of SEM analysis show that the minerals have a plate form with size of grains are ± 2 m.Penelitian ini mengenai sintesis dan karakterisasi Pyrite (FeS2), dari deposit mineral Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Karakterisasi dilakukan melalui uji X-Ray Diffraction (XRD) untuk mengetahui stuktur  kristal  dan  komposisi  kimia  mineral.  Berdasarkan hasil  karakterisasi XRD  diperoleh informasi bahwa mineral MB_06 mengandung Pyrite (FeS2) 64 wt.%, Hematite  iron (III) oxide (Fe2O3) 15 wt.%, Silicon Okside (SiO2) 14 wt.% dan Magnetite (Fe3O4) 4 wt.%. Untuk MB_13 mengandung Pyrite 9.8 wt.%, Hematite (Fe2O3) 4  wt.%,  Molybdenum (Mo) 8  wt.%, dan  Silicon  Oxide (SiO2) 78  wt.%. Pemurnian  pyrite dilakukan  dengan melarutkan  serbuk  mineral  4  gram  dengan  larutan  HCl  12  M  sebanyak 20  ml  ke  dalam  gelas  kimia  dan dipanaskan  pada  temperatur 300⁰C selama  2,5  jam  dengan  oven.  Berdasarkan hasil  karakterisasi XRD kuantitas fase (wt.%) mineral pyrite sebesar 85 wt.% untuk MB_06 dan 83 wt.% untuk MB_13. Morfologi mineral  pyrite dianalisis menggunakan Scanning Electron Microscopy-Energy Dispersive X-Ray Spectroscopy (SEM-EDS). Citra SEM menunjukkan bahwa morfologi pyrite berbentuk lempengan dengan ukuran ±2 µm.Kata Kunci:  deposit mineral, FeS2 (pyrite), purifikasi, komposisi mineral 
STUDI ANALISIS SEDIMENTASI DI SUNGAI PUTE RAMMANG-RAMMANG KAWASAN KARST MAROS Andirah Al Ansar; Muhammad Arsyad; Sulistiawaty Sulistyawaty
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.686 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v10i3.968

Abstract

Research on sedimentation analysis in Pute river at Rammang-Rammang Maros Karst Region aims to calculate suspended load and bed load, describing sedimentation rate, and analyze the types of sediment contained in Pute river. Water samples of Pute River water were taken using by water sample sediment tool. Sampling was conducted at two points called the dock I (4 ° 55'59,02 " LS and 119 ° 35'51,69" BT) and dock II (4° 55' 30,01" LS and 119° 35' 27,77" BT). Water samples are then processed in Laboratory to determine the sediment concentration. The  data were analyzed with formulate for getting suspended load value and bed load value. Suspended load value and bed load value were analyzed to estimate in a tabulation manner to presume of total sedimentation rate. For analyzing a types of sediment with using a sieve method. From the sedimentation analysis in Pute river obtained results: To suspended load in the dock I ranged from 0,1104-5,9221 g/s and dock II ranged from 0,2156-4,4297 g/s. For bed load value of dock I ranged from 0,0793-5,3821 g/s and dock II ranged between 2,7307-106,6038 g/s. Total value of sedimentation on the dock I ranged between 0.1573-9,5096 g/s and dock II ranged between 3,3721-109,9574 g/s, so the sediment load in the pute river included in the high category in accordance with Letter of Decree by The Minister of Forestry in 2005. Characteristics of sediment crawl based on particle diameter, obtained for the dominant type of sedimentation dock I is a coarse gravel. As for the dock II is dominant types of medium sand..Penelitian tentang analisis sedimentasi di Sungai Pute Rammang-Rammang kawasan karst Maros bertujuan untuk menghitung besar debit muatan sedimen melayang dan dasar, mendeskripsikan tingkat sedimentasi, serta menganalisis jenis-jenis sedimen yang terdapat di Sungai Pute. Pengambilan sampel air dari Sungai Pute menggunakan alat water sampler sediment. Ada 2 titik pengambilan sampel yang disebut dermaga I (4°55’59,02” LS dan 119°35’51,69” BT) dan dermaga II (4°55’30,01” LS dan 119°35’27,77” BT), kemudian sampel air diolah di laboratorium untuk menentukan konsentrasi sedimen. Data-data dianalisis secara formula untuk mendapatkan nilai besar debit muatan sedimen melayang dan debit muatan sedimen dasar, kemudian dianalisis secara tabulasi untuk mengetahui besar sedimentasi total, selain itu untuk menganalisis jenis-jenis sedimen digunakan metode ayakan dengan 7 sieve. Dari analisis sedimentasi di sungai Pute diperoleh hasil: debit muatan sedimen melayang di dermaga I berkisar 0,1104-5,9221 gram/s dan dermaga II berkisar 0,2156-4,4297 gram/s. Untuk debit muatan sedimen dasar di dermaga I berkisar 0,0793-5,3821 gram/s dan dermaga II berkisar antara 2,7307-106,6038 gram/s. Nilai sedimentasi total pada dermaga I berkisar antara 0.1573-9,5096 gram/s dan dermaga II berkisar antara 3,3721-109,9574 gram/s. Berdasarkan muatan sedimen total maka Sungai Pute termasuk dalam kategori tinggi sesuai SK Menteri Kehutanan Tahun 2005. Berdasarkan diameter partikelnya maka hasil karakteristik sedimen merayap pada dermaga I diperoleh dominan batu kerikil kecil, sedangkan untuk dermaga II dominan jenis sedimen pasir sedang.Kata Kunci:         sedimentasi, sieve net, Rammang-rammang, water sampler sediment
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 9 MAKASSAR Syirlatifah Syirlatifah; Abdul Haris; Anis Anis
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.655 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v10i3.967

Abstract

This study amis is to improve learning outcomesof  physics class XI IPA 1 SMAN 9 Makassar 2013/2014 school year. This research is Classroom Action Research consisting of two cycles and involves three variables, namely learners of class XI IPA 1 SMAN 9 Makassar academic year 2013/2014, generative learning model and physics student learning outcomes. The subject of this research is class XI IPA 1 SMAN 9 Makassar 2013/2014 school year. The instrument used was a test of learning outcomes in the form of essay test given at the end of each cycle. Results of this research revealed that there is an increase in learning outcomes of physics class XI IPA 1 SMAN 9 Makassar from the first cycle to the second cycle after the implementation of generative learning model with experimental methods in physics learning and discussion. It can be seen from the average values obtained at the end of each cycle in which the evaluation in the first cycle is 72.62 while in the second cycle is 84.13. By comparing the average value of the above it can be concluded that an increase in physics student learning outcomes after applicable generative learning model. From the observation of student activity is also seen an increase from the first cycle to the second cycle. This is also support an increase in physics student learning outcomes. We can conclude that the adoption of generative learning model in study of physics is thought to enhance learning outcomes for physics students with learning model is the students themselves who discover new knowledge that will be easier to understand the concept of the material that will affect improve learning outcomes.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa  kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas dua siklus dan melibatkan tiga variabel yaitu peserta didik  yakni siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2013/2014, model pembelajaran generatif dan hasil belajar fisika siswa. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal essay pada akhir setiap siklus. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar dari siklus I ke siklus II setelah diterapakan model pembelajaran generative dengan metode eksperimen dan diskusi dalam pembelajaran Fisika. Hal ini dapat dilihat dari nilai nilai rata-rata yang diperoleh pada evaluasi akhir setiap siklus dimana pada siklus I adalah 72,62 sedangkan pada siklus II adalah 84,13. Dengan membandingkan kedua nilai rata-rata di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah diterapakan model pembelajaran generatif. Dari hasil observasi aktivitas siswa juga terlihat terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal inilah yang juga menunjang terjadinya peningkatan hasil belajar fisika siswa. Kita dapat menyimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran generative dalam pembelajaran fisika dianggap mampu meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik karena dengan model pembelajaran ini siswa sendiri yang menemukan pengetahuan barunya sehingga akan lebih mudah memahami konsep materinya yang akan berdampak meningkatkan hasil belajarnya.Kata Kunci:  model pembelajaran generatif, hasil belajar fisika
PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INQUIRY TERBIMBING Agustinus Jarak Patandean
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.985 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v10i3.962

Abstract

The purpose of this study was 1) improve learning outcomes physics student on the subject of motion and force through the implementation of portfolio assessment in physics-based inquari guided learning, and 2) to describe the students' response to learning model that is implemented. This research is a class action involving 35 students in the 2012/2013 academic knowledge. Actions carried out in two cycles of learning. Data collected by the observation, tests, questionnaires and interview guides, and analyzed descriptively. The results showed 1) Application of portfolio assessment in physics-based inquari guided learning can improve student learning outcomes. An increase in the acquisition of student learning outcomes by 8.3% on cognitive competence of students (from an average score of 74.3 with good qualifications in the first cycle to 80.5 with good qualifications in the second cycle), occurs peningkata acquisition results affective competencies students 17.4% (of the average scores of 69.0 with a pretty good qualification in the first cycle was increased to 81.0 with good qualifications in the second cycle), and an increase in students' competence psikokmotor by 15.4% (from the mean - an average of 68.4 with a pretty good qualification in the first cycle was increased to 78.9 with good qualifications in the second cycle). 2) Student responses to the application portfolio assessment in learning physics guided bebasis inquari is very positive.Tujuan penelitian ini adalah 1) meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan gerak dan gaya melalui implementasi penilaian portofolio dalam pembelajaran fisika berbasis inquari terbimbing, dan 2) mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran yang diimplentasikan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan 35 orang siswa pada tahuan ajaran 2012/2013. Tindakan dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Data dikumpulkan dengan pedoman observasi, tes, kuesioner dan pedoman wawancara, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran fisika berbasis inquari terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terjadi peningkatan perolehan hasil belajar siswa sebesar 8,3% pada kompetensi kognitif siswa (dari skor rata-rata sebesar 74,3 dengan kualifikasi baik pada siklus I  menjadi 80,5 dengan kualifikasi baik pada siklus II), terjadi peningkata perolehan  hasil kompetensi afektif siswa sebesar 17,4% (dari skor rata- rata sebesar 69,0 dengan kualifikasi cukup baik pada siklus I menjadi sebesar 81,0 dengan kualifikasi baik pada siklus II), dan terjadi peningkatan kompetensi psikokmotor siswa sebesar 15,4% (dari skor rata- rata sebesar 68,4 dengan kualifikasi cukup baik pada siklus I menjadi sebesar 78,9 dengan kualifikasi baik pada siklus II). 2) Respon siswa terhadap penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran fisika bebasis inquari terbimbing adalah sangat positif.Kata Kunci:  inkuiri terbimbing, penilaian portofolio
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MA’RANG KABABUPATEN PANGKEP Bulkis Bulkis; Muhammad Tawil; Aisyah Azis
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v10i3.970

Abstract

 This study was True Experimental Design which aimed to determine whether or notcritical thinking skills and understanding of physics concept sat the eighth grade students of SMP Negeri 1 Ma'rang are increase. The independent variables were conventional learning approach and advance organizer learning approach, while the dependent variable was thecritical thinking skills and understanding of physics concepts. The population was all eighth grade studentsof SMP Negeri 1 Ma'rang, while the sample consisted of class VIII­A as experimental class with a number of students were 22 students and class VIIIB as class control with the number of students were 20students. At theend of the lesson, both classes were given a test of critical thinking skills and understanding of concepts formeasuring critical thinking skills and students’understanding of physics concepts in the Cahaya material. The data analysis used descriptive statistics and inferential statistics. Descriptive analysis showed that the mean score of critical thinking skills and understanding of physics concept sat the eighth grade students of SMP Negeri 1 Ma'rang using an advance organizer approach was higher than the score of critical thinking skills and students’understanding of physics concepts that was taught using conventional approach.Penelitian ini adalah penelitian True Experimental Design yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ma’rang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran pendekatan konvensional dan pembelajaran pendekatan advance organizer, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ma’rang, sedangkan sampelnya adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 22 orang dan kelas VIIIB sebagai kelas control dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes akhir keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi Cahaya. Analisis data hasil penelitian ini menerapkan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ma’rang yang diajar dengan pendekatan advance organizer lebih besar daripada skor keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ma’rang yang diajar dengan pendekatan konvensional.Kata Kunci:  Advance Organizer, keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep fisika
BUKU FISIKA PESERTA DIDIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN KETUNTASAN BELAJAR M Agus Martawijaya
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v10i3.966

Abstract

Student’s physics book based on local wisdom occupies a strategic position in learning to improve the character and learning completeness. This is quite reasonable because through the book, some of physical materials can be loaded, especially the materials that can not be presented as a real or abstract. In addition, the book can be inserted by characters based on local wisdom, so that the character and learning completeness of student can be increased. The existence of student’s physics book reinforces the meaning of education as a process of cultural values transformation  in addition to the nature of physics as a subject. Therefore, the physics educators who carry out their professional duties in a community environment, especially in the region of South Sulawesi and West Sulawesi should be able to make local wisdom as a basis for the development of student’s physics book that would be used in the implementation of learning. Thus, physics educators quite a role as a learning manager that implements one of the local wisdom expressions in South Sulawesi and West Sulawesi which stating Assamaiyyako Muabbulo sipeppa, Mupenrekenga Nanre Manasu (using a bamboo stick style in a discussin, so that you can give a good results).Buku fisika peserta didik berbasis kearifan lokal menempati posisi strategis dalam pembelajaran untuk meningkatkan karakter dan ketuntasan belajar peserta didik. Hal ini cukup beralasan karena melalui buku sejumlah materi fisika dapat dimuat, utamanya materi-materi pelajaran yang tidak dapat disajikan secara nyata atau abstrak. Selain itu, pada buku fisika peserta didik dapat disisipkan muatan-muatan karakter yang berbasis kearifan lokal, sehingga karakter dan ketuntasan belajar peserta didik dapat meningkat. Keberadaan buku fisika peserta didik semakin memperkuat makna pendidikan sebagai proses transformasi nilai-nilai budaya di samping hakikat fisika sebagai mata pelajaran. Oleh karena itu, pendidik mata pelajaran fisika yang melaksanakan tugas profesionalnya pada suatu lingkungan masyarakat, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat harus mampu menjadikan kearifan lokal yang ada sebagai basis dalam pengembangan buku fisika peserta didik yang kelak digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian, pendidik mata pelajaran fisika cukup berperan sebagai seorang manajer pembelajaran yang mengimplementasikan salah satu ungkapan kearifan lokal masyarakat Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat yang menyatakan Assamaiyyako Muabbulo sipeppa, Mupenrekenga  Nanre Manasu (bermusyawaralah ala bambu sebatang, supaya kalian memberikan hasil yang baik).Kata Kunci:  Buku Fisika Peserta Didik, Kearifan Lokal, Karakter, dan Ketuntasan Belajar 
ANALISIS PERSEPSI GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP KUALITAS BAHAN AJAR FISIKA KELAS XI SMA NEGERI DI KABUPATEN PINRANG Nurhani Nurhani
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v10i3.961

Abstract

This is a descriptive study using survey which aims at describing the perception of teachers and students on Physies instructional materials used in class XI of senior high schools in Pinrang. The population was all Physics teachers and students in class XI science at SMAN in Pinrang. The samples comprised to 6 schools namely, SMAN 1 Pinrang, SMAN 2 Pinrang, SMAN 4 Pinrang, SMAN 6 Pinrang, SMAN 7 Pinrang, SMAN 11 Pinrang with the total number of 473 students. Data was collected using questionnaire and analyzed by employing manual calculation technique. The result of descriptive analysis indicates that the perception of teachers and students’ on the qualyty of Physics instructional materials used in class XI of SMAN in Pinrang 74,9%, which is classified in good category.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat survey yang bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi Guru dan peserta didik terhadap bahan ajar mata pelajaran Fisika kelas XI SMA yang digunakan di Kabupaten Pinrang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Fisika dan peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri kabupaten Pinrang, dan sampel terdiri 6 sekolah adalah SMA Negeri 1 Pinrang, SMA Negeri 2 Pinrang, SMA Negeri 4 Pinrang, SMA Negeri 6 Pinrang, SMA Negeri 7 Pinrang, SMA Negeri 11 Pinrang dengan jumlah peserta didik 473 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Tehnik analisa data menggunakan teknik perhitungan manual. Hasil analisa deskriptif menunjukkan bahwa: gambaran persepsi guru dan peserta didik terhadap kualitas bahan ajar Fisika kelas XI SMA yang digunakan di Kabupaten Pinrang menunjukkan persentase sebesar 74,9 % yang berada pada kategori “baik”.Kata Kunci:  persepsi guru, peserta didik, buku ajar, LKPD 

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 3 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 1 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 2 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 3 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 2 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 1 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 3 (2019): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 2 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 3 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 1 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 13, No 3 (2017): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 3 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 2 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 1 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 3 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 2 (2015): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 11, No 1 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 10, No 3 (2014) Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 3 (2012) Vol 8, No 3 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 1 (2012) Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011) Vol 7, No 1 (2011) Vol 7, No 1 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA More Issue