cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA" : 10 Documents clear
DESKRIPSI MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KOTA SUNGAI PENUH Nurmaliza, Nurmaliza; Meliza, Wella; Gusrita, Meri; Agustin, Sisca; Hanafi, Mahdiyyah Daeng
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i1.15559

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas X MIPA terhadap mata pelajaran fisika di SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Instrument yang digunakan adalah kuesioner. Penelitian dilakukan pada tanggal 7 Oktober 2020 – 12 Oktober 2020 di SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 di SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Descriptive Statistics. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar fisika siswa kelas X MIPA memiliki motivasi belajar yang baik. Pada kelas X MIPA 4 siswa memiliki motivasi yang cukup baik dan pada kelas X MIPA 5 siswa memiliki motivasi yang tinggi. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Fisika, SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh Abstract – This study aims to describe the learning motivation of class X MIPA students towards physics subjects at SMA Negeri 3 Sungai Penuh City. This type of research is quantitative research using a descriptive approach. The instrument used is a questionnaire. The research was conducted on 7 October 2020 – 12 October 2020 at SMA Negeri 3 Sungai Penuh City. The research perspective is the students of class X MIPA 4 and X MIPA 5 in SMA Negeri 3 Sungai Penuh City. The sampling technique used random sampling techniques. The method used in this research is Descriptive Statistics. The results of this study shows that the motivation to learn physics class X MIPA has good learning motivation. In class X MIPA 4 students have good enough motivation and in class X MIPA 5 students have high motivation. Keywords : Learning Motivation, Physics Subject, SMA Negeri 3 Sungai Penuh City 
KAJIAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA Asis, Iin Arisandi; Khaeruddin, Khaeruddin; Haris, Abdul
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i1.19035

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains dalam pemebelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian Pustaka. Dengan obyek penelitian ini adalah jurnal-jurnal model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains pada pembelajran fisika. Tempat Penlitian dilakukan perpustakaan di jurusan fisika UNM Parang Tambung. Instrumen penilitian yang digunakan adalah peniliti sendiri sebagai Key instrument. Hasil penelitian menujukkan nilai dari penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses dari 3 indikator, yaitu mengamati, hipotesis, dan merancang percobaan. Data yg diperoleh dari hasil penelitian tersebut dilihat dari hasil akhir setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri apakah berada dikategori rendah, sedang, atau tinggi Skor keterampilan proses saisn siswa pada indikator mengamati berada pada kategori tinggi, pada indikator hipotesis berada pada kategori sedang, dan pada indikator merancang percobaan berada pada kategori sedang. Penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika secara keseluruhan berada pada kategori sedang dalam 3 tahun terakhir.Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri, keterampilan proses sains siswaAbstract – This study aims to determine the description of the application of the inquiry learning model to studenst’s science process skills in physics learning. This research is library research. With the object of this research are the inquiry learning model to studenst’s science process skills in physics learning. The research site was carried out by the library in the physics department of UNM Parang Tambung. The research instrument used is the research itself as a key instrument. The results showed the value of the aplication of inquiry learning models on science process skills from 3 indicators, observing, hypothetical, designing experiments. The data obtained from the research result are seen from the final result after the aplications of the inquiry learning model is it the low, medium,or high category. The scores of student’s science process skills on the observing indikators are in the high category, the hypothetical indicators are in the medium category, and the indicator for designing experiments are the medium category. The aplication of the inquiry learning model to science process skills in physics learning as a whole is in the medium category in the last 3 years.Keywords : inquiry learning model, science process skills.
PENGARUH SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MIPA DI SMAN 11 KOTA JAMBI Sandra, Rizka Octavia; Iqbal, Muhammad; Abimantara, Alexander Yudha
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i1.15791

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk melihat bagaimana pengaruh sikap terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 11 Kota Jambi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling.Subjek penelitian sebanyak 60 siswa kelas X di SMAN 11 Kota Jambi.Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji parametrik atau uji korelasi person dimana untuk memenuhi hipotesis nilai signifikasi < dari 0.05 dengan nilai signifikasi yang didapat sebesar 0.042 maka terdapat pengaruh dari sikap siswa terhadap hasil belajar di SMA 11 Kota Jambi. Maka hipotesis yang diperoleh bahwa cukup baiknya sikap siswa membuat hasil belajar siswa cukupbaik.This study aims to see how the relationship between attitudes and learning outcomes of class X students at SMAN 11 Jambi City. This type of research is a quantitative study using a survey method with a sampling technique using purposive sampling technique. The research subjects were 60 students of class X at SMAN 11 Jambi City. The results of the study were based on hypothesis testing using the parametric test or correlation test, the value was 0.042. this means that there is a relationship between student attitudes towards learning outcomes at SMA 11 Kota Jambi.
ANALISIS KARAKTER KERJA KERAS TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI Kholilah, Kholilah; Pratiwi, Maharani Rizky; Wahyuni, Sri; Yolviansyah, Fauziah; Wicaksono, Langgengyoga
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i1.15528

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakter kerja keras terhadap mata pelajaran fisika di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peniltian analisis kuantitatif. Metode ini termasuk metode statistika deskriptif. Metode statistika deskriptif adalah metode bagian statistika mengenai pengumpulan data, penyajian, penentuan nilai-nilai statistika, pembuatan diagram atau gambar mengenai sesuatu hal, disini data yang disajikan dalam bentuk yang lebih mudah dipahami atau dibaca. . Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer adalah data asli yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti untuk menjawab masalah yang sedang di teliti. Subjek dari penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Kota Jambi, kelas XI MIPA 4 berjumlah 20 orang, kelas XI MIPA 5 berjumlah 20 orang dan kelas XI MIPA 6 berjumlah 20 orang. Dimana hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa  dari semua pernyataan yang telah diberikan SMA Negeri 1 Kota Jambi telah berhasil menerapkan nilai-nilai karakter kerja keras dalam pembelajaran FisikaThe  purpose  of  this  study  was  to  analyze  the  character  of hard work on physics subjects in SMA Negeri 1 Jambi City. The method used  in  this  research  is  quantitative  analysis  research  method.  This method is a descriptive statistical method. Descriptive statistical method is  a  method  of  the  statistics  section  regarding  data  collection, presentation,  determining  statistical  values,  making  diagrams  or pictures of something, here the data is presented in a form that is easier to  understand or  read.  .  The data  used  in  this  study  are  primary  data. Primary  data  is  the  original  data  that  the  researcher  has  collected himself  to  answer  the  problem  being  studied.  The  subjects  of  the  study were students of SMA Negeri 1 Kota Jambi, class XI MIPA 4 totaling 20 people,  class  XI  MIPA  5  totaling  20  people  and  class  XI  MIPA  6 totaling  20  people.  Where  the  results  of  this  study  state  that  of  all  the statements that have been given by SMA Negeri 1 Jambi City, they have succeeded  in  applying  the  values  of  hard  work  character  in  learning physics.  
STUDI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA DI SMA Ratnasari, Ratnasari; Haris, Abdul; Azis, Aisyah
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i1.19063

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian study library yang bertujuan untuk megetahui gambaran kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada peserta didik di SMA berdasarkan hasil-hasil penelitian dengan menggunakan jurnal/artikel berupa review untuk melihat kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik berupa kemampuan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Metode penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dengan mencari data megenai hal-hal yang berupa jurnal/artkel, buku dan sebagainya. Hasil analisis review menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika dari berbagai jurnal/artikel fisika di SMA masih dalam kategori rendah dari tahun ke tahun. Dimana indikator menganalisis (C4) menunjukkan berada dalam kategori sedang, begitupun untuk indikator mengevaluasi (C5) menunjukkan berada dalam kategori sedang, dan untuk indikator mencipta (C6) menunjukkan berada dalam kategori rendah atau secara kumulatif peserta didik belum memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi.This research is qualitative study library consistent with its objective-study category that aims to paint a picture of higher order thinking skill physical thuoght capacity on high school student based on research result using a review journal/article to stimulate learner’s hihgh level of thought ablity to analyze (C4), evaluate (C5), and create (C6). This research method uses documenting with technical content analysis by looking data on items that are journals/articles, books and so forth. Review analysis suggests idea that higher order thinking skill of physics from high school journal/ articles is still in the low category year after year. Where the analyzing (C4) indicator indicates moderate category, neither for evaluation (C5) indicator indicates moderate categori, and for the creative (C6) indicator indicates low in category or cumulatively the leaner does not have the higher order thinking skill
KAJIAN TEORITIK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE TGT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA ulpiana, ulpiana; Palloan, Pariabti; Azis, Aisyah
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i1.19046

Abstract

penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT. Penilitian ini adalah penilitian kepustakaan. Dengan obyek penilitian ini adalah jurnal-jurnal model penilitian ini dilakukan pada tahun 2020 dengan menggunakan jurnal yang didapatkan melalui google scholar. Instrument penilitian yang digunakan adalah peniliti sendiri sebagai instrument atau key instrument. Pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih lebih sedikit digunakan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dilihat bahwa mempunyai tujuan yang sama, pendapat para ahli yang berbeda, tetapi materi yang digunakan berbeda pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT. Pada tipe STAD materi yang digunakan lebih bervariasi dibanding dengan tipe TGT. Sedangkan sistem sosislaya hampi rsama tetapi yang membedekan dibagian memotivasi siswa oleh guru dimana pada TGT terdapat unsur permainan. Sistem pendukung pada STAD lebih bervariasi pada sistem pendukungnya seperti multimedia interaktif, media animasi, LKS dan media virtual sedangkan pada TGT sistem pendukungnya adalah LKS. This study aims to determine the comparison of the cooperative learning model type STAD and type TGT. This research is literature research. With the object of this research are journals obtained through google scholar. The research instrument used is the research itself as an instrument or key instrument. The STAD cooperative learning model makes students more active and can work together with goodgroups, so that all students get an explanation of thematerial being studied, the materialstudied directly by the teacher, then students are challenged to a competition with other students where thewinner gets an award. Meanwhile, the TGT type of cooperative learning model was given the task to learntogether about the material to be discussed. After that each group is in thetournament table, both the smart ones and the lessintelligent.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA Mappalesye, Nurfadlia; Sari, S. Salmiah; Arafah, Kaharuddin
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i1.19091

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Sinjai Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 yang berlangsung pada tanggal 21 September s/d 31 Oktober 2020. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi kelas X semester genap yang meliputi Hukum Gravitasi, Hukum Newton, Usaha dan Energi, Momentum dan Impuls, serta Gaya dan Getaran. Subjek coba dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 132 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi teoretik dan validasi secara empirik. Indikator kemampuan berpikir kritis yang diteliti meliputi Interpretasi, Menilai Argumen (Evaluasi), Analisis, dan Inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi secara teoretik diperoleh 43 butir soal valid dari 50 total butir soal pada instrumen awal dengan koefisien konsistensi antar pakar sebesar 0,86. Pada tahap validasi secara empirik dilakukan ujicoba sebanyak dua kali, dimana pada ujicoba pertama terdapat 9 butir dibuang, 31 butir valid dan 3 butir tidak valid. Reliabilitas instrumen sebesar 0,85. Sementara pada ujicoba kedua terdapat 2 butir dibuang dan semua butir valid sebanyak 31 butir soal dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,86. Untuk efektivitas instrumen diperoleh persentase sebesar 96,25% instrumen disetujui oleh guru fisika di sekolah yang bersangkutan. Berdasarkan hasil instrumen yang dikembangkan telah memenuhi syarat standar tes yang baik.This research is a Research and Development which aims to develop a critical thinking ability test instrument. This research was conducted in 2020/2021 academic year which took place from September 21 to October 31, 2020. The trial subjects in this study were as straight as students of class XI MIPA which consisted of 4 classes with a total of 132 student. Data collection was done through theoretical validation and empirical validation. Theoretical validation was carried out by two experts who assessed the developed instrument and then carried out empirical validation (field trials) to students. Indicators of critical thinking skills studied include interpretation, assessing arguments (evaluation), analysis, and inference. The results showed that the theoretical validation results obtained 43 valid items from the 50 total items on the initial instrument with a consistency coefficient between experts of 0.86. In the empirical validation stage, tests were conducted twice, where in the first try 9 items were discarded, 31 items were valid and 3 items were invalid. The reliability of the instrument was 0.85. While in the second trial, 2 items were discarded and all 31 items were valid with an instrument reliability of 0.86. For the effectiveness of the instrument, it was obtained a percentage of  96.25% or are in the very effective. </p
ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI MEDAN MAGNET KELAS XII IPA SMAN 6 MUARO JAMBI Meliza, Wella; Nurmaliza, Nurmaliza; Agustin, Sisca; Sastra, Amril
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i1.15671

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi siswa terhadap pembelajaran fisika pada materi medan magnet.  Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Muaro Jambi tahun ajaran 2020/2021. Kelas observasi dalam penelitian ini adalah XII IPA SMAN 6 Muaro Jambi. Penelitian ini berlangsung pada bulan Oktober 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian hubungan (interrelationship studies), studi sebab akibat (causal-comparrative). Sample penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPA.  Instrumen penelitian  yang digunakan berupa instrumen tes objektif pilihan ganda materi listrik statis sebanyak 25 butir soal dan instrumen nontes berupa angket respon siwa yaitu angket motivasi sebanyak 25 butir pernyataan. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis secara kuantitatif menghasilkan data berupa kuantitatif, menghasilkan data berupa persentase yang kemudian dikonversi menjadi data kualitatif. Teknik analisis data menggunakan SPSS 23 dengan melakukan pengujian normalitas, homogenitas, dan uji korelasi. Hasil analisis data menunjukkan nilai.   Abstract – This study aims to see the relationship between student motivation and learning physics on magnetic field material. This research was conducted at SMA Negeri 6 Muaro Jambi in the academic year 2020/2021. This research took place in October 2020. The research method used is descriptive method with a quantitative approach. The total population was the total students of class XII IPA at SMA Negeri 6 Muaro Jambi. The research instrument used was an objective test instrument of 25 items of magnetic field material choice and a non-test instrument in the form of a student response questionnaire, namely a motivation questionnaire sheet consisting of 25 statements. The data analysis technique used SPSS 23 by testing for normality, homogeneity, and testing. The results of data analysis were tested by normality test and homogeneous test obtained significance of 0.41> 0.005 and 0.79> 0.005 which means that they are normal and homogeneous. Meanwhile, when displayed suddenly a significant value was obtained 0.764> 0.005, which means that there is no effect of the magnetic field student's cognitive learning motivation.
ANALISIS JENIS MINERAL PADA GUMUK BATU PASIR SUMALU KECAMATAN RANTEBUA KABUPATEN TORAJA UTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUSEPTIBILITAS MAGNETIK Tabita, Novelita; Palloan, Pariabti; Tiwow, Vistarani Arini
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i1.19061

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang analisis jenis mineral pada Gumuk Pasir Sumalu Kecamatan Rantebua Kabupaten Toraja Utara dengan menggunakan metode suseptibilitas magnetik.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa nilai suseptibilitas magnetik pada Gumuk Pasir Sumalu di Kecamatan Rantebua Kabupaten Toraja Utara dan Untuk mengetahui jenis mineral gumuk pasir Sumalu di Kecamatan Rantebua Kabupaten Toraja Utara.Lokasi penelitian berada pada  Lintang Selatan dan Bujur Timur. Pengambilan sampel dilakukan pada 30 titik dengan kedalaman masing-masing 30 cm. Pengukuran suseptibilitas magnetik menggunakan alat Bartington MS2B dan pengukuran jenis unsur mineral magnetik menggunakan alat X-Ray fluorescence (XRF), sedangkan pengukuran mineral magnetik menggunakan alat X-ray Diffraction (XRD)tipe Rigaku MiniFlex II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai suseptibilitas magnetik pada Gumuk Pasir Sumalu Kecematan Rantebua Kabupaten Toraja Utara berkisar 5.7 × 10-8 m3/kg sampai dengan 14.7 × 10-8 m3/kg yang termasuk dalam golongan , Biotite (Mg, Fe, Al silicate), pyroxene (. Unsur mineral magnetik pada Gumuk Pasir Sumalu  dominan mengandung  Si, Fe, Al, Mg, sedangkan mineral magnetik utama penyusun gumuk pasir ini adalah Quartz, HematiteKaolinite ,Periclase dan Titanium Oxide).
ANALISIS KARAKTERISTIK KAWASAN WISATA GUA LEANG LONRONG TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG BULU SARAUNG Soma, Armanto Zet Tandi; Arsyad, Muhamad; Tiwow, Vistarani Arini
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i1.19362

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan karakteristik Kawasan Wisata Gua Leang Lonrong dan menganalisis struktur bawah permukaan Kawasan Wisata Gua Leang Lonrong. Pengambilan data karakteristik Kawasan Wisata Gua Leang Lonrong dengan berupa pengamatan langsung dan mengunakan data sekunder. Dari hasil penelitian didapatkan karakteristik kawasan Wisata Gua Leang Lonrong yaitu data kelembaban, temperatur dan intensitas cahaya yang masing-masing pada jarak kedalam 75 m dari mulut gua yaitu 77,5%Rh, 27ºC, 0,0 Lux dan pada mulut gua(0 m) yaitu 81,1%Rh, 29ºC, 144,6 Lux kemudian pada jarak 100 m dari mulut gua yaitu 83,8%Rh, 29,9ºC, 10,5 Lux. Didapatkan juga data curah hujan dengan karateristik hujan monsun, ditemui pula flora dan fauna, berupa kupu-kupu, belalang, talas, porang, juga dari penelitian ini didapatkan aliran air bawah permukaan dan ornamen gua berupa stalaktit, stalakmit dan flowstone. Dan untuk pengambilan data bahwa permukaan Kawasan Wisata Gua leang Lonrong dengan metode resistivitas (geolistrik) dengan 3 bentangan lintasan masing-masing 100 meter dan pengolahan data dan analisis degan mengunakan software Res2denv. Dari hasil pengolahan data diperoleh Pseucode-section pada bentangan lintasan pertama degan nilai resistivitas 5,19-28,3 Ωm dengan nilai error 2,4%, pada bentangan lintasan kedua dengan nilai resistivitas 3,07-21,3 Ωm dengan nilai error 4,0% dan pada bentangan lintasan ketiga diperoleh nilai resistivitas 4,68-26,6 dengan niali error 4,5%. Dari hasil analisis tersebut diperoleh batu gamping lanau dan batu gampig pasir.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 3 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 1 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 2 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 3 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 2 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 1 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 3 (2019): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 2 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 3 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 1 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 13, No 3 (2017): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 3 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 2 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 1 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 3 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 2 (2015): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 11, No 1 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 10, No 3 (2014) Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 3 (2012) Vol 8, No 3 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 1 (2012) Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011) Vol 7, No 1 (2011) Vol 7, No 1 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA More Issue