cover
Contact Name
Mustofa
Contact Email
mustofa@uny.ac.id
Phone
+6285292126258
Journal Mail Official
mustofa@uny.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus Karangmalang Yogyakarta, 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
ISSN : 18298028     EISSN : 26555182     DOI : 10.21831
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2019)" : 5 Documents clear
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER 6 STKIP PGRI TULUNGAGUNG Mujib Farkhan
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 16, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.213 KB) | DOI: 10.21831/jep.v16i1.20922

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan praktik kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Semester VI STKIP PGRI Tulungagung sebanyak 127 orang dengan jumlah sampel 31 orang. Adapun teknik pengumpulan datanya menggnakan angket. Teknik analisis menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil analisa data pada penelitian ini menujukan : 1) Terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha, 2) Terdapat pengaruh praktik kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha, dan 3) Secara simultan ada pengaruh pendidikan kewirausahaan dan praktik kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha.Abstract: This study aims to analyze the effect of entrepreneurship education and entrepreneurial practices on entrepreneurial readiness. The populations in this study were 127 students of Economic Education Study Program VI STKIP PGRI Tulungagung with a sample of 31 people. The data collection technique uses a questionnaire. The analysis technique uses multiple linear regression test. The results of data analysis in this study address: 1) There is an effect of entrepreneurship education on entrepreneurial readiness, 2) There is an effect of entrepreneurial practices on entrepreneurial readiness, and 3) Simultaneously there is an influence of entrepreneurship education and entrepreneurial practice on entrepreneurial readiness.
PENGARUH SIKAP UNTUK KELUAR DARI KEMISKINAN TERHADAP KEBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN Maimun Sholeh
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 16, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.468 KB) | DOI: 10.21831/jep.v16i1.32901

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh sikap masyarakat miskin untuk keluar dari kemiskinan terhadap keberdayaan masyarakat miskin khususnya masyarakat miskin yang diberdayakan oleh lembaga zakat sehingga bisa dibuat strategi  yang tepat untuk meningkatkan keberdayaan mereka. Penelitian ini merupakan studi eksplanatori dilakukan dengan menggunakan pendekatan SEM (Structural Equation Model). Anggota sampel ditentukan dengan metode non-probability sampling khususnya dengan purposive sampling. Data dikumpulkan secara cross section dianalisis secara kuantitatif. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sikap untuk keluar dari kemiskinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberdayaan.Abstract: This study aims to decide the effect of the attitude of the poor to get out of poverty on the empowerment of the poor, especially the poor who are empowered by zakat institutions so that proper strategies can be made to increase their empowerment. This research is an explanatory study conducted using the SEM (Structural Equation Model) approach. The sample members are determined by the non-probability sampling method especially with purposive sampling. Data collected by cross-section were analyzed quantitatively. In this study it can be concluded that the attitude to get out of poverty has a positive and significant effect on empowerment.
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI TERHADAP PERILAKU ANTI KORUPSI Eko Siam Muwardi; Ali Muhson
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 16, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.429 KB) | DOI: 10.21831/jep.v16i1.23572

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap efikasi diri, pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi, pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi, pengaruh efikasi diri terhadap perilaku anti korupsi, pengaruh prestasi belajar ekonomi terhadap perilaku anti korupsi dan  pengaruh lingkungan keluarga terhadap perilaku anti korupsi pada siswa SMAN 1 Karanganyar Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif teknik analisis jalur (path analisis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri. Lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Efikasi diri tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku anti korupsi. Prestasi belajar ekonomi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku anti korupsi. Lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku anti korupsi.Abstract: This study aims to find out: the effect of the family environment on the self-efficacy, the effect of the family environment on the economics learning achievement, the effect of the self-efficacy on the economics learning achievement, the effect of the self-efficacy on the anti-corruption behaviour, the effect of the economics learning achievement on the anti-corruption behaviour, and the effect of the family environment on the anti-corruption behaviour among students of SMAN 1 Karanganyar, Kebumen Regency. This research was an ex post facto study using the quantitative approach. The data were collected using questionnaires and documentation and were analyzed using the path analysis technique. The results of the study are as follows. The family environment variable has a significant positive effect on the self-efficacy and on the economics learning achievement. The self-efficacy variable does not have an effect on the economics learning achievement. The self-efficacy variable has a significant positive effect on the anti-corruption behavior. The economics learning achievement does not have an effect on the anti-corruption behavior. The family environment variable has a significant positive effect on the anti-corruption behavior.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA N 1 WATES Latifah Larassati; Tejo Nurseto
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 16, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v16i1.23413

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran ekonomi kelas X; dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, praktisi pembelajaran dan peserta didik kelas X IPS 1 SMA N 1 Wates. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) mengembangkan media pembelajaran kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran melalui lima tahapan, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi; 2) Media pembelajaran Kartu Uno dinyatakan layak digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran ekonomi dan termasuk dalam kriteria sangat baik, berdasarkan dari: a) ahli materi memperoleh rata-rata skor akhir 3,82 (kriteria baik), b) ahli media memperoleh rata-rata skor akhir 4,325 (kriterwia sangat baik), c) praktisi pembelajaran memperoleh rata-rata skor akhir 4,818 (kriteria sangat baik), dan tanggapan peserta didik dari kelompok kecil memperoleh rata-rata skor akhir 4,552 (kriteria sangat baik) dan uji coba pemakaian memperoleh rata-rata skor 4,637 (kriteria sangat baik).Abstract: This study aims to: 1) develop uno card learning media as a learning tool for class X economic learning; and 2) learning the feasibility of learning media. This research uses the development research method using the ADDIE development model. The subjects of this study were media experts, material experts, learning and students of class X IPS 1 of SMA N 1 Wates. The results showed that: 1) developing card learning media as a learning evaluation tool through five stages, namely, analysis, design, development, development, and implementation; 2) Uno Card Learning Media is declared appropriate to be used as an evaluation tool for economic learning and is included in an excellent assessment, based on a) material experts get an average score of 3.82 (right criteria), b) media experts get an average final score of 4,325 (excellent criteria), c) agreed to learn an average final score of 4,818 (excellent criteria), and students' responses from small groups obtained an average final score of 4,552 (excellent criteria) an average score of 4,637 (excellent criteria).
PENGARUH DIMENSI EKTERNAL PERSEPSI TERHADAP MUTU LAYANAN DI FK UNIVERSITAS LAMPUNG siti juriah
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 16, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v16i1.24122

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi eksternal persepsi yang meliputi: peralatan untuk pelayanan, warna dari obyek-obyek pelayanan, keunikan atau kekontrasan stimulus, gaya individu dalam menarik perhatian, dan motion atau gerakan pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap mutu layanan di FK Universitas Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional teknik kuesioner yang diberikan kepada 91 sampel dari populasi sebanyak 771 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling sebanyak 10% untuk masing-masing angkatan. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistik inverensial dengan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peralatan untuk pelayanan, warna dari obyek-obyek pelayanan, keunikan atau kekontrasan stimulus, gaya individu dalam menarik perhatian, dan motion atau gerakan pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap mutu layanan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.Abstract:The purpose of this study is to decide the effect of external dimensions of perception which include: service equipment, the color of service objects, uniqueness or contrast of stimulus, personal style of attracting attention, and motion or service movements both partially and simultaneously to service quality at the FK, University of Lampung. This type of research is a correlation research technique questionnaire given to 91 samples from a population of 771 students of the Faculty of Medicine, University of Lampung. Sampling uses a proportional stratified random sampling technique of 10% for each class. Data were analyzed using inferential statistical methods with linear regression. The results showed that there was a significant influence between the equipment for service, the colour of service objects, the uniqueness or contrast of stimulus, the personal style of attracting attention, and the motion or movement of service both partially and simultaneously to the quality of service in FK Lampung University.

Page 1 of 1 | Total Record : 5